10 Ciri-Ciri Kucing Kedinginan Yang Wajib Kamu Ketahui

Kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa kucing adalah hewan yang tak mudah kedinginan atau tak bisa kedinginan. Kita beranggapan demikian karena kita melihat bahwa bulu-bulu kucing begitu tebal.

 

Ciri Ciri Kucing Kedinginan

 

Sehingga merasa bahwa dengan bulu-bulunya ini kucing bisa berada di lingkungan bersuhu rendah tanpa khawatir kedinginan. Padahal kenyataannya tidak demikian. Meskipun kucing adalah hewan yang memiliki bulu yang tebal serta lebat, kucing pun dapat merasakan kedinginan.

Kucing akan merasa kedinginan di kala kehangatan bulunya tak mampu menahan rasa dingin dari suhu udara yang berada di sekitarnya. Jadi bisa di simpulkan bahwa kucing sama dengan manusia, sama-sama bisa merasakan kedinginan.

Hanya saja yang membedakan adalah ketika kucing kedinginan, kucing tak bisa berkata bahwa ia sedang kedinginan. Untuk mengetahui apakah kucing peliharaan kedinginan atau tidak, hanya bisa di lakukan dengan satu cara.

Caranya yakni melihat kucing menunjukkan ciri atau pertanda tertentu bahwa kucing sedang kedinginan. Lalu apa sajakah ciri-ciri atau pertanda kucing yang sedang kedinginan ? Apa saja ciri atau pertandanya dapat Good Owner ketahui dengan membaca tulisan Anggora berikut ini. Baca hingga akhir ya.

 

10 Ciri Ciri Kucing Kedinginan Yang Wajib Kamu Ketahui

Kucing kedinginan tak bisa di anggap sepele dan di biarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat. Sebab bila di biarkan begitu saja tanpa di rawat, kucing dapat mengalami Hipotermia. Hipotermia adalah kondisi di mana kucing mengalami kedinginan ekstrim atau cukup parah.

Bila kucing mengalami Hipotermia dan di biarkan saja maka kucing memiliki resiko besar kehilangan nyawanya. Banyak kasus di mana pemilik yang abai ataupun awam tak tahu bahwa kucing mereka kedinginan sehingga pada akhirnya mereka kehilangan kucing karena kelalaian mereka sendiri.

Nah jika kamu tak ingin ini terjadi pada kucing kamu maka kamu wajib tahu ciri atau pertanda kucing sedang kedinginan. Apa saja ciri-cirinya bisa kamu lihat di bawah ini :

1. Bulu Kucing Mengembang

Ciri pertama dari kucing kedinginan adalah bulu kucing mengembang. Sewaktu kucing kedinginan, bulu-bulu di tubuh kucing mengembang dan tampak seperti berdiri. Ini mirip seperti saat manusia kedinginan atau merinding, bulu kuduk mereka pun akan naik.

Mengembangnya bulu kucing ini pun juga mirip dengan kondisi di mana kucing sedang berkelahi. Hanya saja mengembangnya bulu kucing tak begitu terlalu mengembang seperti saat kucing sedang berkelahi. Hanya sekitar 1/3 dari keadaan kucing saat mereka sedang berkelahi.


2. Perubahan Perilaku Kucing Untuk Sesaat

Ciri yang selanjutnya adalah kucing mengalami perubahan perilaku yang hanya sesaat yakni hanya saat ia merasa bahwa udara sekitarnya membuat ia kedinginan.  Perubahan perilaku kucing yang umum terjadi saat ia merasa kedinginan yakni kucing yang tadinya aktif akan menjadi lebih pemalas dan cenderung lebih sering tidur.

Kucing pun terkadang akan kehilangan nafsu makannya. Namun kamu jangan khawatir karena biasanya ketika udara kembali hangat dan kucing merasa bahwa ia tak lagi kedinginan, kucing akan kembali berperilaku normal seperti biasanya.

Kamu hanya harus khawatir jika setelah udara sudah hangat dan kucing perilakunya tak berubah.  Sebab bisa jadi kucing tak kedinginan tetapi kucing sedang sakit. Bila ini terjadi pada kucing kamu sebaiknya segera bawa ia ke dokter hewan. 


3. Kucing Hilang Nafsu Makan

Beberapa kucing yang kedinginan akan kehilangan nafsu makannya. Hilangnya nafsu makan kucing di picu oleh dinginnya udara yang membuat kucing malas bergerak dan lebih berkeinginan untuk tidur. Seringkali pemilik yang memanggil kucing untuk makan malah di abaikan ketika mereka sedang kedinginan. 

Untuk membuat kucing makan satu-satunya cara adalah membawa makanan ke dekat kucing dan memancingnya untuk mau makan dengan mendekatkan makanan ke lubang hidungnya. Kucing yang mencium aroma makanan akan tertarik dengan aromanya dan mulai bernafsu makan serta mau makan kembali.


4. Kucing Tidur Di Tempat Hangat

Kucing yang kedinginan biasanya akan lebih memilih tidur di tempat yang hangat seperti di bawah lampu, di atas perangkat elektronik, di dekat perapian, di atas kasur atau selimut dan tempat-tempat hangat lainnya.

Di saat suhu udara dingin, kamu sebagai pemilik pastinya sering menemukan mereka tidur di tempat tempat yang di sebutkan di atas. 


5. Kucing Tidur Dalam Posisi Melingkar

Selain mencari tempat-tempat yang hangat untuk di jadikan tempat untuk tidur, kucing pun akan mengubah posisi tidurnya. Kucing yang kedinginan umumnya akan sering tidur dalam posisi melingkar.

Bagi kucing posisi ini adalah posisi tidur yang paling ideal dan mampu membuat tubuh lebih hangat di saat udara dingin menyerang


6. Kucing Berkumpul Di Satu Tempat

Bagi kamu pemilik kucing yang memelihara lebih dari satu kucing pastinya kamu tak asing dengan pemandangan di mana seluruh kucing berkumpul pada satu tempat yang sama. Mereka berkumpul berdekatan dengan sangat rapat.

Mereka berkumpul untuk tidur bersama atau berkumpul hanya untuk sekedar saling menghangatkan tubuh. Mereka sering kali melakukan hal ini pada saat suhu udara sangat dingin.


7. Tubuh Kucing Terasa Dingin

Kucing kedinginan juga bisa kita ketahui dengan memeriksa fisik kucing. Cobalah pegang tubuh kucing kesayan kamu terutama pada bagian telinganya. Jikalau telinga kucing di rasa sangat dingin maka bisa kita pastikan bahwa kucing sedang merasa kedinginan. 

Lalu bagaimana jikalau telinga kucing terasa panas bila di pegang ? Ini berarti kucing kamu tak sekedar kedinginan tapi juga sedang sakit demam.


8. Detak Jantung Kucing menjadi Semakin Rendah

Ciri ketujuh dari kucing yang kedinginan adalah detak jantung kucing lebih rendah dari biasanya. Detak jantung kucing yang biasanya 140 hingga 220 kali per menit kini menjadi lebih rendah. Bila ini terjadi pada kucing kamu sebaiknya segera hangatkan tubuh kucing.

Hangatkan tubuh kucing kamu untuk menghindari hal yang tak di inginkan. Sebab jika di biarkan kucing bisa beresiko mengalami kematian.


9. Napas Kucing Menjadi Lambat

Bila kucing merasa bahwa suhu udara sangat dingin, kucing akan bernapas lebih lambat dari yang biasa ia lakukan. Kucing biasa melakukan hal ini ketika suhu udara di sekitarnya di rasa benar-benar sangat dingin.

 

10. Kucing Gemetaran

Ciri kucing kedinginan yang terakhir adalah kucing akan tampak gemetaran. Sama seperti ciri nomor 9 di atas, ciri yang satu ini pun akan muncul pada kucing di kala ia merasa bahwa tubuhnya sangat kedinginan.

Bila kucing kamu menunjukkan ciri yang satu ini maka kamu mesti waspada dan bersegeralah menghangatkan kucing. Jangan di biarkan karena kucing kamu bisa terkena hipotermia kemudian mati akibat merasa kedinginan.

Banyak kasus di mana pemilik kucing kehilangan kucingnya karena abai ketika hal ini terjadi. Bila kamu tak ingin ini terjadi pada kucing maka segera hangatkan tubuh kucing kamu di saat ia tampak gemetaran.

Untuk menghangatkan tubuh kucing, kamu bisa menggunakan dengan hair dryer, selimut hangat, mendekatkan tubuhnya ke perapian dan cara-cara lainnya.

 

Sedikit Informasi Tambahan

Jangan pernah menyepelekan kedinginan pada kucing. Karena jikalau kamu menyepelekan hal ini, kamu bisa saja kehilangan kucing kamu. Oleh karena itulah sebisa mungkin hindari kucing kamu menjadi kedinginan.

Baik itu kedinginan karena faktor alami seperti suhu lingkungan yang dingin ataupun kedinginan akibat kamu asal memandikan kucing di waktu yang tak tepat. Serta usahakan setiap kali kamu melihat kucing kedinginan, kamu secepat mungkin membuat tubuhnya hangat kembali.

Dengan melakukan hal ini kamu dapat menghindari kucing kamu terkena demam, batuk, peyakit pernapasan dan hipotermia.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai 10 ciri-ciri kucing yang merasa kedinginan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url