10 Cara Mudah Menenangkan Kucing Yang Ketakutan

Rasa takut adalah hal yang umum di miliki setiap makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Rasa takut dapat berakibat positif maupun negatif bagi mereka yang merasakannya. Rasa takut bisa di gunakan sebagai cara untuk melindungi diri atau sebaliknya malah bisa merusak diri itu sendiri.

 

Cara Menenangkan Kucing Yang Ketakutan

 

Salah satu makhluk hidup yang tak terlepas dari rasa takut adalah kucing. Kucing yang merupakan hewan mamalia ini memiliki rasa takut terhadap hal-hal tertentu. Hal ini adalah hal yang wajar dan normal bagi kucing.

Ini tak akan mengganggu kesehatan mental maupun fisik kucing dengan catatan ketakutan tersebut bukanlah ketakutan yang berlebihan dan berlangsung secara terus menerus. Jika ini terjadi terus menerus maka di khawatirkan kucing dapat mengalami stress.

Meskipun kita tahu bahwa rasa takut pada kucing adalah hal yang tak berbahaya tapi sebagai pemilik kucing, sewaktu kita melihat kucing ketakutan akan ada keinginan untuk menenangkan kucing dan untuk membuat ia tak ketakutan lagi.

Menurut Anggora sendiri ini terjadi karena hubungan antara pemilik dan kucing yang terlalu dekat yang mana hubungan ini sendiri lebih seperti hubungan keluarga. Menenangkan kucing adalah hal yang mudah bagi mereka yang tahu caranya.

Bagi mereka yang tak tahu caranya mungkin akan penasaran untuk tahu bagaimana melakukannya. Bagi kamu yang ingin tau caranya, Good Owner dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya.

 

10 Cara Menenangkan Kucing Yang Ketakutan

Menenangkan kucing yang ketakutan sebenarnya mirip seperti menenangkan anak manusia yang ketakutan. Kamu bisa menenangkan kucing dengan sangat mudah dengan menggunakan beberapa cara tertentu. Berikut ini beberapa caranya :

1. Biarkan Kucing Sendiri Atau Menyendiri

Sewaktu kucing sedang ketakutan cobalah untuk membiarkan kucing sendirian. Karena jikalau kamu langsung berusaha menenangkannya dengan cara memeluk tubuhnya atau memegang lalu mengelus-elus tubuhnya yang ada kucing yang panik malah berontak kemudian ia mencakar kamu.

Tentunya kamu tak inginkan tangan kamu terluka dan terasa perih karena tindakan kucing yang mencakar kamu karena ia merasa panik. Maka dari itu sebaiknya ketika kucing baru saja ketakutan sebaiknya biarkan ia sendiri atau menyendiri untuk beberapa saat.

Lalu setelah kamu merasa bahwa rasa takut si kucing sudah agak mereda maka barulah kamu mendekatinya untuk menenangkannya. Jadi, ingat ya kalau si kucing masih dalam keadaan sangat ketakutan serta panik, biarkan ia sendiri dulu untuk beberapa saat sampai rasa takutnya sedikit mereda.


2. Biarkan Kucing Bersembunyi Di Tempat Yang Ia Rasa Aman

Pastinya kamu sering melihat kucing saat ketakutan ia akan berlari ke tempat yang tersembunyi dan ia rasa aman. Jika kamu melihat hal ini sebaiknya biarkan kucing tetap di tempatnya atau mungkin kamu bisa mengangkatnya ke tempat yang lebih tertutup dan jauh dari hal yang ia takuti.

Dengan membiarkan kucing bersembunyi di tempat yang ia rasa aman atau memindahkannya ke ruangan atau tempat yang lebih tertutup akan membuat kucing menjadi lebih tenang serta akan membuat rasa takutnya sedikit demi sedikit sirna.

Bila kamu membiarkan kucing di tempat tersebut untuk beberapa saat maka kucing yang tadinya tampak ketakutan, kini sikapnya akan kembali seperti biasanya dan ia pun akan berperilaku normal seperti sebelum ia ketakutan.


3. Hilangkan Hal Yang Membuat Ia Takut

Bila cara ke dua masih di rasa belum cukup untuk menenangkan kucing yang ketakutan maka cobalah menggunakan cara ketiga yakni menghilangkan sumber penyebab yang membuat kucing menjadi begitu ketakutan.

Contohnya bila si kucing ternyata ketakutan karena di kejar oleh kucing lain maka agar si kucing tak takut lagi, kamu cukup mengusir kucing yang mengejarnya agar ia pergi jauh dan tak mengganggu kucing kamu lagi.

Bila si kucing ternyata takut dengan peralatan rumah tangga yang kamu beli maka kamu cukup membuat kucing tak melihat benda tersebut dengan cara menyimpannya di tempat yang tersembunyi ketika kita sedang tak menggunakannya. 

Beberapa kucing memang ada yang takut terhadap peralatan rumah tangga tertentu seperti sapu lidi, benda elektronik yang mengeluarkan suara keras seperti vacum cleaner, blender dan sejenisnya.


4. Temani Kucing

Saat sedang ketakutan, manusia biasanya butuh seorang teman di dekatnya untuk membantu ia dalam melawan rasa takutnya. Nah hal serupa juga berlaku pada kucing yang sedang merasa sangat ketakutan.

Kucing butuh pemiliknya agar ia mampu melawan rasa takutnya serta untuk membuatnya merasa nyaman. Karena itu temanilah kucing di saat kucing yang kamu telah biarkan menyendiri tampak tak panik dan tak terlalu ketakutan lagi.

Temani si kucing sampai kamu merasa bahwa si kucing sudah tenang dan tak ketakutan lagi. 

 

5. Ajak Bicara Kucing

Sembari menemani kucing yang sedang ketakutan, kamu dapat mengajak ia berbicara. Bicaralah dengan lembut dan katakan hal-hal yang dapat membuat kucing tenang seperti :

  • Saya sudah mengusir kucing yang mengejar kamu

  • Itu cuma peralatan rumah, tak akan menyakitimu

  • Jangan takut ada pemilik kamu di sini

  • Kamu aman di sini bersama saya

  • Benda yang kamu takuti sudah di simpan jadi jangan takut lagi ya

  • Dan perkataan lainnya yang membuat kucing tenang

 

Meskipun kucing tak paham dengan bahwsa manusia tapi dengan caranya sendiri kucing mampu menangkap apa yang pemiliknya coba katakan padanya. Bagi kamu yang merupakan pemilik kucing pastinya tahu maksud yang Anggora katakan ini.

 

6. Elus-Elus Tubuh Kucing

Mengelus tubuh kucing yang sedang merasa ketakutan merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing melawan rasa takutnya dan membuat ia nyaman. Kamu dapat mengelus kucing sembari mengajak ia berbicara.

 

7. Beri Makanan Yang Kucing Sukai

Cara yang ke tujuh adalah memberikan kucing makanan yang ia sukai untuk menenangkannya. Beberapa kucing akan tenang dengan menggunakan cara ini. Karena ketika kucing sedang ketakutan kemudian ia di beri makanan maka hal ini dapat membuat pikirannya teralihkan dari rasa takutnya.

Ketika pikirannya teralihkan maka kucing yang tadinya sangat amat ketakutan akan lupa akan rasa takutnya. Pada beberapa kucing cara ini mungkin tak mampu menghilangkan rasa takut kucing sepenuhnya namun cara ini mampu meredakan rasa takut kucing.

Cara ini merupakan salah satu cara yang menerut Anggora sangar efektif selain 6 cara di atas. Hanya saja meskipun cara ini cukup sangat efektif, ia punya sisi negatifnya tersendiri. Yakni kucing yang kita biasakan memberi makanan di saat ia ketakutan akan menjadi lebih sering meminta makanan di luar jam utamanya.

Yang mana bila kita terus ikuti kemauannya, ini dapat membuat si kucing beresiko mengalami Obesitas.


8. Kenalkan Pada Hal Yang  Baru Secara Perlahan

Kucing rumahan sering kali takut terhadap benda-benda baru yang asing dan baru pertama kali ia lihat berada dalam rumah. Itulah mengapa tak jarang kita melihat kucing menjadi sangat waspada dan agak takut berada di sekitar benda yang baru pertama kali ia lihat.

Contohnya adalah ketika kita membawa kucing yang baru saja kita adopsi ke dalam rumah, kucing kita yang sudah lama kita pelihara dalam rumah akan takut jika kucing lain tersebut mendekatinya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang marah lalu menghajar kucing yang baru saja di adopsi tersebut.

Untuk mengatasi ketakutan akan hal baru tersebut, satu-satunya cara yang dapat kita ambil adalah dengan cara memperkenalkan hal baru tersebut secara perlahan pada kucing. Dengan menggunakan cara ini, lama kelamaan kucing akan tak takut lagi terhadap hal baru tersebut.


9. Gunakan Bantuan Hormon Atau Obat Penenang

Bila beberapa cara di atas masih belum mampu untuk menenangkan kucing maka kamu dapat mempertimbangkan menggunakan obat penenang tertentu. Kamu dapat menggunakan hormon atau obat penenang dalam bentuk diffuser yang dapat di letakkan di dalam rumah atau di tempat kucing sering berada untuk membantu meredakan rasa takut atau rasa stressnya.

Namun untuk menggunakan hormon atau obat penenang ini kamu butuh rekomendasi dari dokter hewan.


10. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat kamu lakukan di saat kamu telah melakukan 9 cara di atas namun tak membuahkan hasil sama sekali. Bawalah kucing yang mengalami ketakutan tadi untuk berobat ke dokter hewan.

Dokter hewan akan menanyai hal seputar rasa takut kucing dan akan membantu menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini. Di samping itu, dokter pun akan memberikan obat-obatan untuk membantu menenangkan kucing sekaligus memberikan multivitamin yang baik untuk tubuhnya.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mudah menenangkan kucing yang ketakutan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url