7 Cara Mudah Mengatasi Kucing Mabuk Perjalanan

Banyak dari kita yang sewaktu bepergian dalam jangka waktu yang lama ke luar kota atau tempat tujuan lainnya, enggan untuk menitipkan kucing kita. Kita cenderung lebih memilih untuk membawa kucing bersama kita dalam perjalanan di bandingkan menitipkannya.

 

Cara Mengatasi Kucing Mabuk Perjalanan

 

Hal ini di sebabkan banyak alasan sih seperti kejadian masa lalu yang membuat kita trauma sebab kita menitipkan kucing yang ada kucingnya malah hilang, biaya penitipan kucing yang tergolong mahal atau memang karena kita sendiri yang tak mau berpisah dengan si kucing yang telah kita anggap sebagai keluarga sendiri.

Terlepas dari apapun alasannya, membawa kucing dalam perjalanan tidak di larang. Hanya saja saat kita membawa kucing dalam  perjalanan, apalagi perjalanannya cukup jauh pastinya kita akan menemui masalah dengan kucing kita.

Salah satu masalahnya adalah kucing mabuk perjalanan. Kucing mabuk perjalanan adalah  hal umum serta normal terjadi. Tetapi tetap saja hal ini akan mengganggu kita dan membuat kita iba terhadap kondisi si kucing.

Nah bagi kamu yang ingin agar kucing kamu mabuknya dapat di atasi, kamu bisa kok dengan mudah mengatasinya. Bagaimana caranya ? Caranya dapat Sobat Anggora lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya.


7 Cara Mudah Mengatasi Kucing Mabuk Perjalanan

Serupa dengan manusia, kucing pun dapat merasakan mabuk ketika ia berada dalam mobil ataupun berada di atas sepeda motor. Mabuk pada kucing ini sendiri menurut Anggora ciri-cirinya serupa dengan apa yang di alami oleh manusia yakni :

  • Kucing muntah-muntah

  • Kucing lemas

  • Kucing tidak mau makan

  • Kucing menjadi pendiam

  • Dan lainnya

 

Selain beberapa ciri di atas sebenarnya masih ada banyak ciri atau pertanda lainnya bahwa si kucing sedang mabuk perjalanan. Dan kebanyakan ciri atau pertanda tersebut serupa dengan yang ada pada manusia yang sedang mabuk dalam perjalanan.

Untuk mengetahui apa saja ciri lainnya dari kucing yang sedang mabuk perjalanan, kamu dapat melihatnya dengan mengklik di sini.

Mengatasi kucing yang sedang mabuk perjalanan sebenarnya mudah di lakukan jikalau kita tahu bagaimana caranya. Lantas bagaimanakah cara mengatasi kucing yang mabuk dalam perjalanan ? Berikut ini beberapa caranya :

1. Gunakan Kendaraan Pribadi Atau Milik Kamu Sendiri

Sebaiknya gunakanlah kendaraan milik kamu sendiri di saat kamu hendak bepergian bersama kucing kamu. Jangan bepergian menggunakan transportasi umum seperti bus antar kota dan transportasi umum lainnya.

Kenapa ? Karena jikalau kamu memakai transportasi umum, kamu tidak akan bisa meminta supir untuk berhenti sebentar dalam waktu yang sering. Wajar jikalau sang supir menolak, karena ia tak ingin waktu tempuh menjadi lebih lama karena sering berhenti sebentar dengan alasan agar kucing tenang dan tak terlalu mabuk.

Oleh karena itulah jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil di rumah maka sebaiknya kamu menggunakan kendaraan milik kamu sendiri ketika kamu bepergian dalam waktu yang lama dan cukup jauh dengan kucing kamu.

Oh iya cara ini tak berlaku jikalau kita harus pergi melewati laut ataupun melewati udara, karena tak mungkin bagi kita untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk melintasi laut atau terbang di udara, hehehe.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian maka kamu dapat berhenti sesering mungkin di tengah perjalanan untuk menenangkan kucing, membuat kucing tak mudah mabuk, meredakan mabuknya, memberikan ia makan atau minum dan mengelus-elusnya agar ia tak terlalu takut dan stress.

Sedikit catatan, jangan pernah mengeluarkan kucing dari dalam kandang jikalau kamu tak mengikat kucing sama sekali. Ini bisa membuat kucing kabur dan kamu akan kesulitan menangkapnya.


2. Jangan Pergi Sendirian

Usahakan untuk bepergian bersama dengan orang lain seperti teman kerja, teman dekat, ataupun dengan anggota keluarga. Intinya kamu tidak pergi sendirian kecuali jikalau keadaannya memang terpaksa karena tak ada orang lain yang bisa di ajak pergi bersama.

Dengan adanya orang lain yang bersama dengan kamu, ia bisa membantu kamu dalam mengawasi si kucing. Sehingga kamu dapat lebih fokus dalam mengendarai kendaraa. Selain itu kita pun tak perlu sering berhenti hanya untuk melihat keadaan sobat bulu kesayangan kita.

Kita cuma perlu berhenti ketika teman kita berkata bahwa kucing dalam keadaan yang tak baik seperti kucing terlihat sangat kehausan, kelaparan, ketakutan dan lainnya. Bukan cuma bisa membantu mengawasi kucing, teman seperjalanan pun dapat membantu kita untuk menenangkan kucing dan membuat rasa mabuknya berkurang dengan cara mengelus kepalanya.

 

3. Siapkan Kebutuhan Kucing

Menyiapkan kebutuhan kucing adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kucing yang mabuk dalam perjalanan. Kamu perlu mempersiapkan air minum, makanan, vitamin, obat anti mabuk khusus kucing dan berbagai kebutuhan kucing lainnya.

Sediakan sesuai dengan berapa lama kamu akan melakukan perjalanan. Misalnya jika kamu hendak bepergian selama 24 jam atau sehari semalam maka kebutuhan kucing yang harus kamu siapkan adalah kebutuhan kucing yang cukup untuk waktu 24 jam.

 

4. Gunakan Kandang Yang Memiliki Banyak Ventilasi Udara

Kucing mabuk juga bisa di akibatkan oleh kandang kucing ( Pet Cargo ) yang terlalu tertutup. Semakin tertutup kandang dan semakin sedikit ventilasi udara maka akan membuat kucing semakin mudah mabuk. Kucing juga akan mudah stress.

Bukan cuma itu saja kandang yang terlalu tertutup dan memiliki sedikit ventilasi udara ini pun dapat membuat kucing kekurangan cairan lalu mengalami dehidrasi. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan kucing peliharaan kita.

Karena itulah jika kamu memutuskan untuk membawa kucing dalam perjalanan maka gunakanlah kandang kucing ( per cargo ) yang terbuka dan memiliki banyak ventilasi udara. Jangan menggunakan pet cargo yang terlalu tertutup.

Jangan juga menggunakan kotak kardus ataupun kotak lainnya yang terkesan terlalu tertutup dan mudah di robek. Karena kotak ini tak hanya bisa membuat kucing mudah mabuk juga membuat kucing gampang kabur dengan cara merobeknya dengan cakarnya.

Jadi, jika kamu ingin agar si kucing tak mudah mabuk atau tak terlalu mabuk sewaktu sedang dalam perjalanan, sebaiknya kamu menggunakan kandang kucing yang terbuka dan memiliki banyak ventilasi udara.

 

5. Buat Kucing Tetap Tenang

Buatlah kucing tetap tenang. Untuk membuat kucing tetap tenang selama di perjalanan kamu dapat melakukan berbagai hal seperti :

  • Berkendara dengan baik serta menghindari banyaknya getaran yang akan terjadi pada kendaraan. Getaran-getaran ini sering kali terjadi di saat kita melewati jalan rusak, bergerak zig-zag ketika menyusul kendaraan lain dan lainnya. Usahakan semulus mungkin dalam berkendara. Dengan sedikitnya getaran dan perjalanan mulus maka kucing akan tak mudah mabuk atau mabuk kucing tak terlalu berat

  • Berkendaralah dengan berhati-hati. Hal ini akan berpengaruh tak hanya pada keamanan kamu juga ketenangan si kucing

  • Pastikan kucing tak melihat area yang banyak orang atau kendaraan yang melintas. Sebab beberapa kucing cenderung mudah mabuk di saat ia melihat banyak objek bergerak cepat di depannya. Ini serupa dengan yang di alami oleh beberapa orang yang mabuk perjalanan

  • Jangan biarkan kucing kepanasan. Tubuh yang panas tak hanya akan membuat kucing kehausan juga akan membuat kucing sakit kepala dan mudah mabuk

  • Bila kucing di rasa ketakutan, usaplah kepalanya untuk menenangkannya. Ini akan membuat kucing tenang dan terkadang bia membuat kucing tertidur sehingga ia lupa dengan rasa mabuk perjalanan yang sedang ia rasakan

  • Dan lainnya.


6. Sering Berhenti Selama Di Perjalanan

Cara yang selanjutnya adalah sering berhenti selama dalam perjalanan. Selama kamu berhenti di tengah perjalanan, manfaatkanlah waktu ini untuk meregangkan dan mengistirahatkan tubuh. Manfaatkan juga hal ini untuk memeriksa kondisi kucing.

Bila kucing terlihat tampak sangat haus dan kelaparan maka kamu dapat memberinya makanan dan minuman. Kamu pun dapat mengelus-elus kepala dan berbicara dengan kucing untuk menenangkannya. Tapi ingat saat mengelusnya, hanya mengelus kucing dari celah kandang.

Karena jika di keluarkan, ada resiko kucing akan kabur kemudian menghilang. Berhenti sejenak di tengah perjalanan bukan cuma untuk memeriksa kucing tapi juga bisa membuat mabuk kucing sedikit mereda.


7. Gunakan Obat Anti Mabuk Bagi Kucing

Beberapa saat sebelum memulai perjalanan, gunakanlah obat anti mabuk pada kucing. Gunakan obat ini beberapa menit sebelum kamu berangkat. Obat jenis ini terbilang ampuh menekan rasa mabuk pada kucing.

Bagi kamu yang bingung di mana membeli obat ini, kamu dapat membelinya di pet shop atau toko online. Harganya terbilang cukup murah, hanya 15 hingga 25 ribuan saja. Gunakan obat ini 3 kali sehari dan saat menggunakannya sebaiknya kamu mengikuti cara penggunaan yang ada pada kemasan.

Berikan pada kucing sebelum berangkat, di tengah perjalan pada siang hari dan saat malam hari. Juga berikan pada kucing ketika kamu tiba di tempat tujuan. Setelah tiba di tempat tujuan kamu dapat memberikan obat ini terus menerus hingga si kucing sudah tak mabuk lagi dan kembali bersikap normal.

 

Sedikit Informasi Tambahan Dari Anggora

Di saat kamu tengah membawa kucing dalam perjalanan, selalu pantau kondisi kucing kamu. Bila kamu merasa ada yang aneh dengan kucing maka sebaiknya kucing segera di bawa ke dokter hewan terdekat.

Satu lagi informasi penting, sewaktu mengeluarkan kucing dalam kandang ketika hendak memberi makan, memberi minum atau mengelus-elus kucing, pastikan bahwa si kucing telah di ikat dengan tali pengikat khusus kucing.

Ini untuk mencegah kucing kabur dan hilang, Banyak kasus di mana kucing melarikan diri kemudian menghilang di saat sang pemilik memberi kucing makan atau minum di luar kandang. Meskipun kamu berhasil menemukan si kucing, kucing akan sangat  sulit di tangkap.

Ini karena rasa takut, stress atau mabuk kucing membuat tingkat kewaspadaan kucing menjadi sangat tinggi dan membuat ia menjadi sangat waspada pada siapapun bahkan terhadap pemiliknya sendiri yang berusaha mendekatinya.

 

Itulah dia bagaimana cara mudah mengatasi kucing yang mabuk perjalanan. Semoga dengan adanya tulisan kenangananggora.com dapat membantu kamu mengatasi masalah mabuk pada kucing kamu dan bisa membuat perjalanan kamu bersama kucing kamu jauh lebih menyenangkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url