Apakah Kucing Tahan Berada Di Ruangan Ber-AC ? Ini Jawabannya !

Selain anjing, kucing merupakan hewan yang banyak sekali di jadikan hewan peliharaan. Ini karena hewan yang satu ini begitu lucu, menggemaskan dan juga berbulu. Selain itu kucing pun memiliki perilaku yang sulit di tebak yang tak jarang membuat pemiliknya terhibur.

 

Apakah Kucing Tahan AC

 

Di indonesia sendiri kebanyakan orang memelihara kucing kampung juga kucing ras seperti Anggora, Persia, Mix dome dan jenis lainnya. Kebanyakan dari kita memelihara kucing dalam rumah, baik itu di kurung dalam kandang atau ruangan maupun di bebaskan berkeliaran dalam rumah.

Bagi mereka yang baru saja mulai memutuskan untuk memelihara kucing biasanya akan mengalami masalah-masalah tertentu dan memiliki banyak pertanyaan seputar hal yang berhubungan dengan cara merawat kucing.

Salah satu pertanyaan yang sangat sering muncul bagi mereka yang baru saja mulai memelihara kucing adalah pertanyaan mengenai apakah kucing tahan suhu dingin dari AC ( Air Conditioner ) ? Pertanyaan ini muncul mengingat sang pemilik yang mungkin khawatir kucingnya jatuh sakit kalau terkena AC.

Bagi kamu yang penasaran akan hal ini dan ingin tahu jawabnya maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya. Baca perlahan dan hingga akhir ya Sobat Anggora.


Apakah Kucing Tahan Berada Di Ruangan Ber-AC  ?

Kucing adalah hewan yang memiliki bulu yang lebat, terutama jenis kucing ras seperti kucing Anggora, Persia, Mainecoone dan beberapa jenis kucing lainnya. Melihat kucing yang memiliki bulu lebat, tentunya banyak dari kita yang berpikir kucing tahan terhadap udara yang dingin.

Kucing memang tahan terhadap suhu udara dingin namun hanya dalam batas suhu tertentu saja. Jika suhu udaranya terlalu dingin dan di luar batas kemampuan tubuh kucing maka kucing tak akan bisa menahannya.

Lalu bagaimana dengan udara dingin yang di hasilkan oleh AC ? Apakah kucing bisa tahan dengan udara dingin yang tak alami ini ? Sama seperti suhu udara dingin yang di hasilkan secara alami oleh alam maka kucing pun dapat menahan suhu dingin yang di hasilkan secara tak alami oleh AC.

Semakin lebat bulu kucing maka kucing akan semakin tahan terhadap suhu udara yang dingin. Kondisi ini mirip dengan kondisi di mana semakin tebal pakaian yang di gunakan oleh manusia maka semakin hangat tubuh manusia sehingga mereka akan mampu menahan suhu udara yang lebih rendah.

Kucing memiliki ketahanan terhadap suhu dingin dalam tingkatan tertentu karena mereka memang mempunyai bulu lebat. Tetapi bila suhu udara yang di hasilkan oleh AC sangat amat dingin maka tubuh kucing pastinya tak akan mampu menahannya.

Jadi, dari penjelasan Anggora di atas dapat di simpulkan bahwa kucing tahan berada di ruangan ber-AC selama pengaturan suhu udaranya tak terlalu rendah.

 

Berapa Suhu Ideal Ruangan Yang Memiliki Air Conditioner Untuk Kucing ?

Bagi kamu yang memiliki alat pendingin seperti Air Conditioner di dalam rumah kamu maka kamu dapat mengatur suhunya agar ideal bagi kucing. Ideal di sini berarti kucing tak akan merasa kedinginan dan juga akan tetap merasa nyaman ketika berada di dalamnya.

Lalu berapakah suhu ideal dari Output AC yang ideal bagi kucing ? Berdasarkan pengetahuan dan informasi yang Anggora dapat dari berbagai sumber yang terpercaya bahwa suhu ideal ruangan ber-AC bagi kucing adalah antara 20-25 celcius dengan kelembapan 40 hingga 50 persen.

Dengan mengatur suhu udara ruangan pada suhu ini maka kamu tak akan perlu khawatir lagi jikalau kucing kamu jatuh sakit atau mengalami Hipotermia. Bukan cuma itu saja kucing pun akan merasa nyaman berada dalam ruangan dalam jangka waktu yang lama.


Tetap Awasi Kucing Kamu

Dengan mengatur suhu udara sesuai ukuran suhu udara ideal yang telah Anggora sarankan pada tulisan di atas, kucing memang tak akan bermasalah dengan kesehatannya bahkan kucing pun akan merasa nyaman dengan kondisi sekitarnya.

Namun tetap saja sebagai pemilik kita mesti berjaga-jaga dengan terus mengawasi kondisi tubuh si kucing. Bila kita melihat bahwa sobat bulu kesayangan merasakan kedinginan maka tak ada salahnya untuk menaikkan suhu AC.

Kamu bisa tahu bahwa kucing kamu merasakan kedinginan dengan melihat ciri-ciri tertentu yang biasa di tunjukkan oleh kucing yang merasa kedinginan. Apa saja ciri-cirinya dapat kamu lihat di bawah ini :

  • Tubuh Kucing Gemetaran

  • Detak jantung rendah

  • Tampak Lemas

  • Napas lambat

Bila kamu melihat ciri di atas terdapat pada kucing kesayangan kamu maka di sarankan bagi kamu untuk memeriksa kucing ke dokter hewan.


Bila Kucing Berada Dalam Suhu Ruangan Yang Ideal Apakah Kucing Masih Bisa Jatuh Sakit ?

Tentu saja kucing akan bisa jatuh sakit walaupun kita mengatur output suhu AC ( Air Conditioner ) dengan ukuran suhu yang ideal bagi kucing. Kucing tetap akan beresiko mengalami flu dan penyakit pernapasan lainnya.

Ini bukan karena suhu udara yang terlalu dingin, bukan. Tetapi ini di karenakan kucing terinfeksi oleh virus ataupun bakteri yang berbahaya yang dapat membuat kucing terkena penyakit seperti flu atau lainnya dan bermasalah dengan sistem pernapasannya.

Oleh karena inilah jikalau kita merasa bahwa suhu AC di dalam ruangan tak terlalu begitu dingin namun kucing terlihat aneh atau seperti sedang sakit maka kamu bisa beranggapan bahwa kucing kamu sakit karena terinfeksi virus, bakteri atau parasit tertentu.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing tahan suhu dingin dan pertanyaan yang berkaitan dengannya. Dengan adanya artikel dari kenangananggora.com ini, semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url