8 Cara Mudah Mengatasi Kucing Tidak Bisa Mengeong

Banyak dari kita pemilik kucing yang mungkin menikmati mendengarkan suara mengeong kucing. Karena itulah di saat kucing tak pernah mengeong sama sekali pastinya kita akan merasa bahwa ada sesuatu hal yang aneh terjadi pada kucing.


Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Mengeong

 

Kalau kucing tidak mengeong hanya dalam beberapa jam atau beberapa saat maka hal ini masih terbilang wajar dan normal terjadi pada kucing dan jika kucing jarang mengeong namun ia terlihat bahagia dan sehat, mungkin ini hanya sifat kucing saja yang unik.

Tetapi jikalau kucing tak pernah mengeong sama sekali dalam sehari atau dalam beberapa hari tentunya ada yang salah pada kucing. Apalagi jikalau kucing yang tidak bisa mengeong tersebut tampak tertekan dan lesu.

Jika ini terjadi pada sobat bulu kesayangan kita, ini akan membuat kita menjadi sangat khawatir dan mencari cara bagaimana agar si kucing kembali bisa mengeong dan ceria kembali. Nah bagi Good Owner yang memiliki kucing yang tak dapat mengeong dan ingin mengatasinya.

Kamu bisa melihat bagaimana cara mengatasinya pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca perlahan sampai akhir tulisan ya.


8 Cara Mengatasi Kucing Tidak Bisa Mengeong

Meongan kucing merupakan salah satu keunikan tersendiri pada kucing. Oleh sebab itu di kala kucing berhenti mengeong, seolah ada yang hilang pada diri kucing itu sendiri dan membuat kita sebagai pemilik menganggap bahwa kucing mungkin sedang memiliki masalah tertentu.

Dan ini juga akan membuat kita sebagai pemilik sesegera mungkin berupaya mengatasi masalah kucing tak bisa mengeong ini. Nah untuk mengatasinya, kamu dapat menerapkan beberapa cara berikut ini :

1. Berikanlah Makanan Kucing Yang Sesuai Dengan Usianya

Ternyata makanan juga berpengaruh loh pada suara kucing. Contohnya kamu memberi kucing kamu yang masih anakan ( kitten ) makanan kucing khusus kucing dewasa, yang mana teksturnya sangat berbeda bila di bandingkan dengan makanan kucing khusus kitten.

Pemberian makanan kucing yang tak tepat dan tak sesuai dengan usianya ini bisa membuat kucing bermasalah dengan suaranya. Suara kucing akan menjadi serak sehingga saat ia mengeong suaranya jadi tidak terdengar jelas.

Oleh karena itulah cara pertama untuk mengatasi kucing yang tidak bisa mengeong adalah dengan memberikannya makanan kucing yang tepat yakni makanan kucing yang sesuai dengan usianya saat ini.

Ini bertujuan untuk mencegah agar pita suara kucing tidak rusak lalu infeksi yang mana akan membuat kucing bersuara serak, tidak bisa mengeong serta merasa kesakitan.


2. Biarkan Kucing Beristirahat

Cara kedua untuk mengatasi kucing yang tak bisa mengeong adalah dengan cara membiarkannya beristirahat. Cara ini terbilang cukup efektif bagi kucing yang tak bisa mengeong akibat mengalami masalah ringan pada tenggorokannya.

Dengan membiarkan kucing beristirahat dengan baik biasanya kucing yang tadinya tak bisa mengeong akan kembali normal seperti biasanya.


3. Tidak Melakukan Sembarang Pengobatan Terhadap Kucing

Jangan melakukan sembarang pengobatan pada kucing yang tidak bisa mengeong karena jikalau salah memberikan obat pada kucing, kucing bukannya sembuh yang ada malah kondisi kesehatan kucing semakin memburuk.

Pemberian sembarangan obat sering terjadi pada cat lovers yang hanya memberikan obat berdasarkan pengalaman orang lain saja. Padahal sebenarnya bisa saja masalah yang di alami kucing peliharaan kamu berbeda dengan yang di alami kucing lainnya.

Sehingga obat yang kamu berikan pada kucing tak ada manfaatnya sama sekali atau justru malah membahayakan kesehatannya.


4. Periksalah Bagian Dalam Mulut Kucing

Cobalah untuk memeriksa bagian dalam mulut kucing peliharaan kamu, biasanya ada masalah di dalam mulut kucing yang membuat kucing menjadi malas mengeong dan bahkan menjadi tak bernafsu makan.

Masalah ini biasanya di sebabkan oleh kucing menderita penyakit tertentu seperti sariawan, radang gusi, radang mulut dan sejenisnya. Bukan cuma karena penyakit saja terkadang duri yang nyangkut di gusi, di mulut bagian atas atau di gigi pun bisa menjadi penyebab utama kucing tak mau mengeong.

Kucing yang memiliki masalah mulut dan dengan duri atau tulang biasanya menunjukkan pertanda sebagai berikut :

  • Kucing sering mengeluarkan air liur

  • Kucing selalu memegang atau menggaruk mulutnya

  • Kucing terkadang batuk

  • Kucing malas atau tidak mau mengeong seharian

 

Jika kamu menemukan beberapa ciri di atas kemungkinan besar kucing memiliki masalah pada bagian dalam mulutnya.


5. Cari Tahu Apa Sebab Mengapa Kucing Tak Bisa Mengeong

Sesudah memeriksa bagian dalam mulut kemudian kamu tak melihat ada masalah di sana maka yang selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab lain yang kemungkinan menjadi penyebab utama yang membuat kucing tak bisa mengeong.

Cari tahu apakah kucing mengalami radang tenggorokan, pita suara rusak atau sejenisnya. Untuk mengetahui apakah kucing mengalami masalah pada tenggorokannya kamu dapat mengetahuinya dengan melihat beberapa pertanda yang di tunjukkan oleh kucing, seperti :

  • Kucing menjadi lebih pendiam

  • Kucing tampak lemas

  • Kucing kehilangan nafsu makan

  • Kucing hanya mau makan ketika di sajikan padanya wet food

  • Kucing menjadi lebih sering tidur dan tak aktif seperti biasanya

  • Kucing jarang mengeong atau tak pernah mengeong lagi


6. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Setelah kamu tahu apa sebab kucing tak dapat mengeong dan ternyata penyebabnya adalah suatu hal yang tak dapat kamu tangani secara mandiri di rumah maka yang bisa kamu lakukan hanyalah membawa kucing berobat ke dokter hewan terdekat.

Penyakit seperti radang tenggorokan, kucing menelan benda asing dan tersangkut di tenggorokan, kerusakan pada pita suara kucing dan masalah lain yang sejenisnya tidak bisa kita atasi sendiri di rumah.

Ini juga tak boleh kita biarkan begitu saja tanpa adanya tindakan medis karena nantinya bisa berakibat fatal bagi kucing seperti kucing menjadi kehilangan suaranya secara permanen alias bisu ataupun dapat menyebabkan kematian bagi kucing.

Karena itulah ketika kita merasa bahwa kita tak dapat menangani masalah ini sendiri maka sebaiknya kita meminta pertolongan dokter hewan.

 

7. Lakukan Operasi Bila Di Perlukan

Jika kucing tak bisa mengeong adalah karena masalah yang berat seperti kelumpuhan area laring maka untuk mengatasi hanya dapat di lakukan dengan melakukan operasi. Tindakan operasi ini tentunya membutuhkan seorang ahli seperti dokter hewan untuk melakukannya.

Demi kesembuhan kucing kita dan agar ia bisa kembali mengeong dengan normal maka mau tak mau kita mesti membiarkan dokter melakukan operasi.


8. Membersihkan Kandang Kucing

Cara yang terakhir ini bisa di bilang merupakan tindakan preventif pasca kesembuhan kucing. Setelah kucing sudah bisa mengeong lagi maka selalu jaga kebersihan kandang atau tempat di mana kucing sering berada.

Rajin-rajinlah membersihkan kandang kucing untuk mencegah kucing kembali tak dapat mengeong karena sakit akibat infeksi bakteri ataupun virus.


Itulah dia beberapa cara mudah mengatasi kucing yang tak bisa mengeong atau mengeluarkan suara. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url