close

5 Penyebab Kenapa Kucing Habis Mandi Selalu Tidur

Memandikan kucing bukanlah hal asing lagi bagi kita para cat lovers dan sangat wajib kita lakukan demi menjaga tubuh kucing tetap sehat dan juga bersih terawat. Kita wajib melakukan hal ini minimal sekali sebulan atau maksimal 2 kali dalam sebulan.

 

Kenapa Kucing Habis Mandi Tidur
Foto Kucing Yang Hendak Tidur Sehabis Mandi

 

Di saat kucing di mandikan, kebanyakan kucing akan berontak serta berusaha kabur dari kita. Karena itulah banyak di antara kita yang mungkin kesulitan dalam melakukannya namun pada akhirnya kita berhasil memandikan sobat bulu kesayangan kita.

Setelah selesai memandikan kucing, sering kali kita akan menemukan kucing kita hendak pergi tidur atau tertidur dalam keadaan pulas. Saat menyaksikan hal ini, tak jarang dalam hati kecil kita bertanya, mengapa sih kucing selalu tidur sehabis di mandikan ?

Nah untuk menjawab pertanyaan ini Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora berikut ini secara seksama hingga akhir.

 

5 Sebab Kenapa Kucing Habis Mandi Tidur

Setelah kucing mandi umumnya kucing akan tidur. Hal ini tak cuma berlaku bagi kucing kampung alias domestik saja tetapi juga di lakukan oleh para kucing ras. Kucing tidur sehabis mandi sebenarnya di sebabkan oleh beberapa hal.

Apa saja sih penyebab kenapa kucing setelah mandi selalu tidur ? Di bawah ini beberapa penyebab utama kucing tidur sesudah mandi :

1. Kucing Merasa Nyaman

Setelah selesai di mandikan, kucing biasanya akan merasakan sangat nyaman dengan kondisinya saat ini. Bagaimana tidak, saat ini tubuhnya telah bersih sepenuhnya dari kotoran yang menempel di tubuhnya.

Bukan cuma itu saja, tubuh kucing juga terasa harum dan wangi. Tentunya hal ini akan membuat kucing semakin nyaman untuk tidur. Kucing biasanya akan tertidur selama 1 sampai 2 jam setelah selesai di mandikan.

Bahkan jika kucing merasa tubuhnya benar-benar sangat nyaman, kucing bahkan bisa tidur hingga 3 jam lamanya.

Kucing kamu tidurnya selalu melingkar, mengapa begitu ? Ketahui apa sebabnya dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Kelelahan

Sebab yang ke dua yakni kucing kamu merasa benar-benar sangat kelelahan. Seperti yang kita tahu bahwa kucing selalu di identikkan dengan hewan yang benci air. Hal ini memang tak sepenuhnya bener tapi kalau urusan takut di mandikan maka ini adalah fakta yang benar.

Ini benar mengingat banyaknya kucing yang berontak, mengeong-ngeong keras kemudian selalu berusaha kabur ketika kucing sedang di mandikan. Kucing yang selalu berontak atau melawan juga mengeong keras sewaktu di mandikan membuat kucing akan mengalami kelelahan.

Hal inilah yang membuat kebanyakan kucing yang sudah selesai mandi selalu memilih untuk tidur. Kucing memilih tidur hanya untuk menghilangkan rasa lelahnya sehingga nantinya saat terbangun tubuhnya akan kembali pulih serta bertenaga.  

 

3. Kucing Kedinginan

Penyebab yang ketiga yakni kucing merasa kedinginan. Inilah salah satu yang membuat kucing selalu saja pergi tidur sehabis mandi. Tubuh kucing memang sudah di keringkan dengan menggunakan pengering rambut tapi tetap saja tubuh kucing akan merasa kedinginan.

Ini serupa dengan kita manusia yang mana di saat kita selesai mandi lalu telah mengeringkan badan tetap saja sesaat kita akan merasakan badan kita kedinginan atau merasa seluruh tubuh kita sejuk. Saat kucing merasa tubuhnya dingin atau agak dingin, kucing akan baring lalu tertidur.

Dan hal ini tentunya tak aneh bagi kita sebab kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang senang tidur di kala ia merasa kedinginan atau di kala cuaca di sekitarnya terasa begitu dingin.

Kucing yang merasa kedinginan tak jarang akan tiba-tiba tidur bersama kita. Bukan cuma itu saja alasannya tetapi ada hal lainnya. Apa saja sebab lainnya kucing tiba-tiba tidur dekat dengan kita dapat kamu baca di sini.

 

4. Kucing Merasa Badannya Lebih Segar Dan Lebih Baik

Setelah mandi, kucing akan merasa tubuhnya lebih segar dan terasa jauh lebih baik. Kotoran yang telah di bersihkan, kutu-kutu yang telah di singkirkan dengan shampo anti kutu serta bakteri yang telah hilang sehabis mandi membuat kucing merasa badannya jauh lebih baik.

Di tambah lagi dengan tubuhnya yang tersa nyaman dan terasa agak dingin maka hal ini akan membuat kucing kesayangan kita hanya akan menghabiskan sedikit waktunya untuk tidur sesaat setelah dia selesai kita mandikan.


5. Kucing Memang Ingin Tidur

Sebab yang terakhir adalah kucing memang ingin tidur. Mungkin kita beranggapan bahwa cuma beberapa penyebab di atas saja yang membuat kucing akan tidur sehabis mandi. Padahal sebenarnya ada satu penyebab lagi yang membuat kucing akan tidur sehabis mandi.

Penyebabnya tiada lain adalah karena memang kucing hanya ingin tidur. Mungkin saat kita memandikan kucing, waktunya berdekatan dengan jadwal tidur kucing sehingga setelah hal ini selesai maka kucing akan langsung pergi tidur.

Kucing ekor pendek memiliki 6 kelebihan. Apa saja kelebihannya dapat kamu lihat di sini.


Lalu Ketika Kucing Tidur Apa Tindakan Kita ?

Bila memang tiada hal yang penting yang akan kita lakukan pada kucing sebaiknya kucing di biarkan saja tertidur pulas dan tak usah di bangunkan. Sebab tidur juga merupakan hal yang penting bagi kucing dan hal ini berkaitan dengan kebutuhan tidur harian kucing.

Bukan cuma itu saja, ini juga sangat bagus bagi bagi pertumbuhan kucing terutama bagi kucing yang belum dewasa. Selain bagus untuk pertumbuhan, cukupnya tidur kucing juga bagus untuk memperkuat imun tubuh, mengurangi stress serta meningkatkan kesehatan kucing.

 

Apakah Kucing Yang Tidur Setelah Mandi Berkaitan Dengan Penyakit Tertentu ?

Setahu Anggora hal ini tak ada kaitannya dengan penyakit tertentu malahan hal ini dapat di bilang cukup normal terjadi pada hewan kesayangan kita. Hal ini pun bisa di katakan cukup baik bagi sobat bulu kesayangan.

Namun bila kamu ragu kamu bisa bertanya langsung perihal ini ke dokter hewan terdekat sekaligus menanyakan hal lainnya yang berkaitan dengan hal ini pada dokter.

Baca juga 6 cara supaya kucing tidak buang air besar sembarangan di rumah dengan mengklik di sini.


Bisakah Kita Mencegah Kucing Agar Tak Tertidur ?

Sebagian kucing memang terkadang tidak akan pergi tidur sehabis mandi tetapi kebanyakan dari mereka akan tidur setelah selesai mandi.  Jadi, sangat sulit bagi kita untuk mencegah kucing agar tak tertidur sehabis mandi.

 

Kesimpulan

Nah dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa penyebab kucing tidur setelah mandi adalah :

  1. Kucing merasa nyaman

  2. Kucing kedinginan

  3. Kucing kelelahan

  4. Kucing merasa badannya lebih segar dan enak

  5. Kucing memang ingin tidur


Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa penyebab kucing tertidur setelah selesai mandi dan beberapa hal yang berkaitan dengannya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu memahami hal ini serta menambah wawasan kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

 Tags : kenapa kucing habis mandi tidur terus

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url