close

6 Penyebab Kenapa Kucing Tiba-Tiba Tidur Dengan Kita

Pernah gak sih cat lover yang tadinya tidur sendirian lalu tiba-tiba saat terbangun ada kucing kesayangan yang tidur dengan kita. Pastinya banyak di antara kita cat lovers yang mengalami hal ini, bahkan Anggora sendiri pun juga pernah mengalaminya.

 

Kenapa Kucing Tiba-Tiba Tidur Dengan Kita
Foto Kucing Tiba-Tiba Tidur Dekat Dengan Pemiliknya

 

Ini terjadi bukan cuma sekali saja tetapi berulang-ulang kali. Bagi sebagian pemilik kucing, hal ini adalah hal yang unik dan mengherankan terutama bagi pemilik kucing yang kucingnya sangat cuek dan enggan bermanja dengan majikannya.

Mengapa kucing yang tadinya tidak mau tidur dengan kita tiba-tiba tidur dengan kita ? Apakah ada alasan tertentu yang membuat kucing melakukan hal ini ? Untuk kamu yang penasaran akan hal ini maka kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir untuk mengetahuinya.


Alasan Kucing Tidak Suka Tidur Dengan Manusia

Seperti yang kita tahu kebanyakan kucing sangat tidak suka tidur dengan manusia meskipun manusia itu sendiri merupakan pemiliknya yang selama ini selalu merawatnya dengan baik. Walaupun ada kucing yang suka tidur dengan manusia paling hanya terhitung sedikit saja.

Sebenarnya ada banyak alasan yang membuat kucing tidak suka tidur dengan manusia. Beberapa alasan kucing tak suka tidur dengan manusia antara lain :

  • Trauma masa lalu

  • Dengkuran manusia sangat menakutkan serta mengganggu bagi sebagian kucing

  • Kucing merasa bahwa kasur terlalu hangat di tambah lagi dengan pelukan manusia yang bisa membuat suhu tubuhnya terasa semakin hangat, ini akan membuat kucing kepanasan sehingga tak bisa tidur

  • Kucing tak menyukai bau badan manusia yang sedang tidur

  • Tempat tidur terlalu bau atau terlalu harum sehingga terasa sangat menusuk bagi penciuman kucing yang cukup tajam 

  • Kucing takut tertindih oleh manusia yang tidurnya bergerak kesana kemari sembarangan

  • Kucing takut di tendang atau di pukul secara tak sengaja oleh manusia yang sedang tertidur

Bagaimanakah hukumnya tidur dengan kucing dalam islam ? Lihat penjelasannya dengan mengklik di sini.


Lalu Kenapa Kucing Tiba-Tiba Tidur Dengan Kita ?

Setelah membaca alasan kucing tidak suka tidur dengan manusia pada pembahasan di atas, kini kita paham mengapa kucing tidak mau tidur dengan kita. Lalu kenapa kucing mendadak mau tidur dengan kita ? Ini tentu saja ada penyebabnya.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kucing tiba-tiba tidur dengan kita. Nah penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Kucing Mulai Suka Dengan Kamu

Sukanya di sini bukan suka yang aneh-aneh ya hehe. Kucing mulai menyukai kamu sebagai pemiliknya. Tak hanya suka dengan kamu saja, kucing juga merasa tidak terganggu dengan bau yang di timbulkan oleh tubuh ataupun bau tempat tidur kamu.

Kucing malah menganggap bau tersebut adalah bau yang biasa dan tak membencinya sama sekali. Karena inilah kucing bisa merasa nyaman dan senang tidur dengan kita.

Baca juga 6 alasan mengapa kucing tidur terus tetapi masih mau makan di sini.

 

2. Tempat Kamu Tidur Adalah Tempat Favorit Kucing Untuk Tidur

Penyebab kedua adalah kamu tidur di tempat favoritnya sehingga mau tidak mau kucing terpaksa tidur dengan kamu. Jadi ketika kucing tiba-tiba tidur di dekat kamu jangan mengira bahwa dia suka dengan kamu, karena bisa jadi dia hanya tidur bersama kamu karena itu adalah tempat tidur favoritnya.


3. Suhu Udara Terlalu Dingin

Penyebab selanjutnya adalah suhu udara terlalu dingin. Meskipun kucing memiliki bulu-bulu yang lebat terutama kucing ras seperti Persia yang bulunya 2 kali lebih tebal dari pada jenis kucing domestik ( kucing kampung ).

Tetap saja kucing bisa mengalami yang namanya kedinginan. Sewaktu kucing merasa udara terlalu dingin dan kedinginan maka kucing akan mencari tempat yang hangat ataupun berkumpul berdekatan dengan kucing lainnya untuk saling menghangatkan.

Karena kebetulan di rumah kamu tempat yang terhangat adalah tempat di mana kamu sedang tidur dan tak ada kucing lainnya di rumah selain kucing peliharaan kamu, kucing akan memutuskan untuk tidur di tempat kamu tidur dan berdekatan dengan kamu agar tubuhnya kembali hangat.

Suhu yang dingin juga dapat membuat kucing gemetaran. Ketahui penyebab kucing gemetaran lainnya di sini.


4. Merasa Aman Dan Nyaman

Ketika kucing tidur dengan kamu kemungkinan kucing merasa aman serta nyaman tidur di dekatmu. Karena jika kucing tidur dengan kamu ia tak perlu khawatir lagi jikalau ada musuh ( predator alaminya ) menyerang ataupun di ganggu oleh orang jahat.

Selain karena aman, alasan lainnya mengapa kucing tidur dengan kita adalah karena kucing merasa nyaman tidur di dekat orang yang menyayanginya. 


5. Kucing Sedang Birahi

Kucing yang sedang birahi biasanya akan lebih manja dari biasanya namun sikap manja ini hanya akan di miliki oleh kucing betina yang sedang birahi. Sementara untuk kucing jantan, kucing tidak akan memiliki sikap manja ini.

Kucing jantan yang birahi akan lebih senang keluyuran keluar rumah di bandingkan bermanja dan berdiam diri di rumah. Di saat kucing betina kamu sedang birahi, besar kemungkinan kucing senang tidur di dekat kamu yang sedang pulas tertidur.

Baca juga cara mengawinkan kucing Anggora dengan kucing kampung di sini.


6. Pertanda Kucing Akan Pergi Meninggalkan Kita

Yang satu ini agak jarang terjadi tetapi tak menutup kemungkinan akan terjadi pada kucing kesayangan kita. Saat kucing yang tadinya sangat cuek pada kita kemudian tiba-tiba menjadi sangat manja dan sering mendadak tidur bersama atau di dekat kita, bisa jadi ini pertanda kucing akan pergi.

Kucing bisa pergi menghilang ataupun pergi meninggalkan dunia ini. Ini bukanlah pendapat yang omong kosong karena Anggora sendiri pernah mengalaminya. Pernah suatu ketika salah satu kucing saya yang tadinya sangat cuek mendadak menjadi sangat baik dan manja.

Kucing ini seringkali minta di elus dan tidur di dekat saya. Awalnya saya berpikir bahwa tak ada yang aneh dengan sikap kucing tetapi setelah beberapa hari kemudian akhirnya saya sadar bahwa kucing bersikap demikian karena dia akan pergi meninggalkan Anggora.

Karena setelah beberapa hari kemudian saya menemukan kucing tersebut sudah tak bernyawa tenggelam di sumur tetangga. Jadi, jika sikap kucing berubah dan mendadak selalu manja dan ingin tidur dengan kita.

Itu berarti kucing ingin pamitan dan ingin bermanja dengan pemiliknya untuk terakhir kalinya. Selalu rawat kucing dengan baik dan sayangi kucing peliharaan kamu setiap harinya agar kamu nantinya tak menyesal ketika kucing kamu mendadak pergi meninggalkan kamu. 

 

Kucing Tidur Dengan Kita, Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Yang kita lakukan cukup membiarkan kucing tidur di dekat kita. Atau kalau kita ingin bergerak pergi meninggalkan tempat tidur, cobalah setidaknya untuk bergerak hati-hati dan menyingkirkan kucing dari tubuh kita secara perlahan agar tak mengganggu tidur kucing serta membuatnya terbangun.

Baca juga bahaya kucing makan cicak dengan mengklik di sini.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab mengapa kucing tiba-tiba tidur dengan kita. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham akan hal ini. Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kenapa kucing tiba tiba ingin tidur dengan kita

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url