close

6 Alasan Mengapa Kucing Tidur Melingkar

Kucing juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya. Kucing biasanya menghabiskan 12 hingga 16 jam untuk tidur. Di saat kucing tidur ada yang unik dari hewan yang satu ini.

 

Mengapa Kucing Tidur Melingkar
Foto Kucing Tidur Melingkar

 

Hal unik tersebut adalah posisi tidur kucing. Ketika kucing tidur tak jarang kucing akan tidur dalam posisi melingkar. Posisi tidur ini seringkali kita lihat pada kucing-kucing liar yang ada di jalanan. Posisi tidur yang unik satu ini pun juga tak jarang di lakukan oleh kucing peliharaan di rumah.

Melihat posisi tidur kucing yang unik karena tidur melingkar pastinya banyak dari kita yang penasaran kenapa kucing tidur dalam posisi melingkar dan apakah posisi ini akan berdampak pada kesehatan kucing itu sendiri ?

Bagi kamu yang penasaran ingin tahu jawabannya, maka kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.


Mengapa Kucing Tidur Melingkar

Kucing bisa tidur dalam beberapa posisi namun sering kali kucing tidur dalam posisi melingkar. Baik kucing liar maupun kucing rumahan tak jarang tidur dalam pose ini. Apakah kucing sekedar tidur melingkar atau adakah penyebab lain kenapa kucing tidur melingkar ?

Kucing tak sekedar tidur melingkar karena ia ingin dan juga ada alasan mengapa kucing tidur melingkar. Alasannya antara lain sebagai berikut :

1. Untuk Melindungi Bagian Vitalnya

Ketika kucing tidur melingkar, kucing sedang melindungi organ-organ vital pada tubuhnya. Organ tersebut antara lain perut, dada, kemaluan dan lainnya. Posisi ini adalah posisi yang menurut kucing paling pas untuk melindungi bagian vital tubuhnya dari musuhnya.

Bagi kucing liar posisi ini adalah posisi terbaik untuk menjamin keselamatan hidup mereka. Bukan hanya meningkatkan keselamatan diri dari serangan musuhnya juga menjamin keselamatannya dari manusia yang seringkali menendang serta memukul tubuhnya di kala ia sedang tertidur pulas.

Kucing juga melakukan hal lain loh untuk melindungi dirinya yakni dengan menyembunyikan kotorannya. Baca selengkapnya mengenai hal ini dengan mengklik di sini.  


2. Menjaga Tubuhnya Agar Tetap Hangat

Alasan kedua mengapa kucing tidur melingkar adalah untuk menjaga tubuhnya agar tetap hangat. Ini biasanya di lakukan kucing di waktu suhu udara di sekitarnya sangat dingin. Dengan tidur dalam posisi ini kucing bisa menjaga tubuhnya tetap hangat di saat ia sedang tertidur.


3. Kucing Merasa Kedinginan

Selain demi menjaga tubuhnya tetap hangat, posisi tidur melingkar juga kucing lakukan karena kucing merasa kedinginan. Kucing rumahan yang biasanya merasa bahwa ia kedinginan akan tidur dalam posisi melingkar atau tidur berkumpul bersama dengan kucing lainnya yang ada dalam satu rumah.

Sementara untuk kucing liar, biasanya kucing-kucing ini akan mencari tempat yang teduh, hangat serta tak terkena hujan atau salju kemudian tidur di sana dengan posisi melingkar. Tempat yang seringkali di jadikan kucing liar untuk tidur adalah teras rumah, bawah mobil, halte bus dan tempat sejenisnya.

Kucing yang kedinginan tubuhnya bisa gemetaran. Baca penyebab lain kucing gemetaran di sini

 

4. Kebiasaan Kucing

Kebiasaan merupakan salah satu alasan kenapa kucing tidur dalam posisi melingkar. Meskipun tak ada bahaya di sekelilingnya ataupun suhu udara di sekitarnya tak begitu dingin, kucing seringkali tidur dalam posisi ini.

Ini karena kucing sudah terbiasa tidur dengan posisi ini akibatnya hal ini menjadi kebiasaan sehari-hari kucing dan tidak bisa di hilangkan dari kucing serta telah menjadi bagian dari perilaku pribadi bawaan kucing itu sendiri. 


5. Kucing Merasa Nyaman Dengan Posisi Ini

Alasan selanjutnya yakni kucing sudah merasa nyaman dengan posisi ini. Karena itulah kucing sering kali lebih memilih untuk tidur dengan posisi ini di bandingkan tidur dengan posisi membentuk huruf L yang juga sering di lakukan oleh kucing.

Ketika kucing merasa nyaman, kucing juga akan sering berguling-guling di depan kita. Baca selengkapnya mengenai kucing sering berguling di depan kita di sini.


6. Faktor DNA

Alasan terakhir mengapa kucing senang tidur dalam posisi melingkar adalah karena faktor DNA ( Deoxyribonucleic Acid ). DNA hewan biasanya akan mempengaruhi bagaimana hewan itu dalam menjalani kehidupannya.

Sebab di dalam DNA tersimpan informasi pengetahuan tentang bagaimana hewan bertahan hidup, mendapatkan makanan dan aturan hidup lainnya. Dan informasi ini akan terus di wariskan ke generasi selanjutnya.

Informasi ini juga ada dalam DNA kucing. Itulah mengapa kucing bisa tahu bagaimana caranya membersihkan tubuhnya, menyembunyikan kotorannya, merawat anaknya dan hal lainnya meskipun tak ada yang mengajarinya.


Apakah Tidur Dengan Posisi Ini Berpengaruh Bagi Kesehatan Kucing ?

Tidur dengan posisi melingkar biasanya tidak berpengaruh ataupun berdampak pada kesehatan kucing. Jika ada yang berkata bahwa kucingnya sesak nafas karena ia sering tidur dengan posisi ini maka hal ini adalah tidak benar.

Kucing sesak nafas mungkin karena ia sebelumnya telah terinfeksi penyakit atau virus tertentu seperti virus Panleukopenia kemudian ia tidur dengan posisi ini karena posisi ini bisa membuatnya mudah tertidur.

Tetapi sang pemilik kucing yang masih awam mengira bahwa kucing sesak nafas karena ia sering tidur dalam posisi ini. Jadi, sekali lagi Anggora katakan bahwa tidur dalam posisi ini aman bagi kucing dan tak akan mengganggu kesehatan kucing sama sekali.

Kenapa kucing jalan sempoyongan ? Cari tahu apa penyebabnya dengan mengklik di sini.

 

Apakah Tidur Melingkar Bisa Membahayakan Kucing ?

Tidur melingkar tak hanya tak mengganggu kesehatan kucing juga tak akan membahayakan kucing itu sendiri. Justru tidur dengan posisi ini malah di anggap sebagai posisi tidur teraman sebab posisi ini dapat melindungi bagian vital kucing di saat mereka sedang tidur.

Sehingga kucing tak akan terlalu khawatir lagi jika mereka sedang tertidur. Di samping itu bagi beberapa kucing posisi tidur melingkar merupakan posisi tidur yang paling nyaman. Posisi ini juga bisa membuat kucing tetap hangat di kala cuaca sedang dingin.

Demikian pembahasan mengenai mengapa kucing tidurnya melingkar. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu memahami alasan mengapa kucing tidurnya melingkar dan amankah posisi tidur ini bagi kucing kamu.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url