close

6 Cara Kucing Mengenali Pemiliknya

Bicara mengenai kucing tentunya akan banyak sekali hal menarik yang bisa kita bahas. Salah satu hal menarik yang yang bisa kita bahas adalah bisakah kucing mengenali pemilik atau majikannya ? Pastinya banyak dari kita yang akan menjawab Iya, mereka bisa mengenalinya.

 

Cara Kucing Mengenali Pemiliknya
Foto Kucing Yang Melihat Pemiliknya

 

Jawaban ini berdasarkan apa yang kita lihat dan juga berdasarkan pengalaman pribadi. Kita pernah melihat bahwa orang yang memelihara kucing bisa dengan mudah memanggil kucing peliharaaannya dan mungkin orang yang bisa memanggil kucing peliharaan tersebut adalah kita sendiri.

Memang benar bahwa kucing dapat mengenali majikannya tetapi bagaimanakah cara kucing mengenali majikannya ? Apakah mereka mengenali kita dengan wajah seperti apa yang kita lakukan sebagai manusia ? Oh tentu tidak.

Lalu bagaimanakah cara sebenarnya kucing mengenali pemiliknya ? Nah bagi Good Readers yang penasaran dan ingin segera mengetahuinya, silahkan simak tulisan Anggora di bawah ini.

 

Bagaimanakah Cara Sebenarnya Kucing Mengenali Majikannya Atau Pemiliknya ?

Kucing memiliki cara tersendiri dalam mengenali pemiliknya. Ini tak seperti manusia yang mengenali seseorang dari wajah dan namanya saja. Kucing sendiri tak bisa membedakan seseorang dengan orang lainnya dari wajahnya.

Kucing tak memiliki kemampuan ini dan bahkan kucing tak peduli jika tak memiliki kemampuan ini. Kucing juga tak peduli seperti apa wajah pemiliknya. Mau jelek atau rupawan ( tampan atau cantik ) mereka tak peduli, mereka tetap akan menganggap mereka sebagai pemilik dan menyayangi mereka.

Jika kucing tak bisa menilai siapa pemiliknya atau majikannya melalui wajahnya, lantas bagaimanakah kucing mengenali pemiliknya ? Berikut ini beberapa cara kucing dalam mengenali siapa pemiliknya yang sebenarnya :

1. Kucing Mengenali Pemiliknya Melalui Suara

Cara pertama bagi sobat bulu kesayangan kita untuk mengenali kita sebagai pemiliknya adalah dengan mendengarkan suara. Perlu kita tahu bahwa kucing memiliki pendengaran yang sangat amat tajam dan baik.

Pendengaran kucing bahkan lebih baik dua kali lipat dari pendengaran anjing. Karena ini kucing bisa dengan mudah membedakan jenis suara orang yang di sekitarnya. Kemampuan membedakan suara ini juga di dukung dengan ingatan yang baik dari si kucing.

Walaupun suara kita mirip dengan si pemilik kucing dan bagaimanapun cara kita berusaha semaksimal mungkin dalam meniru suara pemiliknya tetap saja kucing akan bisa dengan mudah membedakan apakah kita pemiliknya atau bukan dengan menggunakan suara.

Jika kamu berniat menipu si kucing dengan meniru suara pemiliknya sebaiknya pikir ulang lagi deh sebab kucing akan dengan mudah tahu bahwa kamu bukan pemilikna melalui suara.

Apakah kucing jantan kenal dengan anaknya ? Baca penjelasannya dengan mengklik di sini.


2. Kucing Mendengarkan Intonasi Suara

Kemampuan kucing dalam mengenali pemiliknya melalui suara juga di dukung kemampuan kucing dalam mengenali intonasi suara pemiliknya. Meskipun kucing terlihat seperti hewan polos yang mudah di tipu tapi sebenarnya tidak demikian.

Sebaik apapun kita meniru suara pemiliknya, kucing masih bisa membedakan suara tersebut melalui jenis suara dan intonasi suara pemiliknya. Kucing paham bahwa saat pemiliknya memanggil namanya, biasanya tiap pemilik akan mengeluarkan suara dengan intonasi yang berbeda-beda.

 

3. Kucing Mengenali Pemilik Melalui Gerak Tubuh ( Gesture )

Selain melalui jenis suara dan intonasi suara, kucing juga dapat mengenali tuannya melalui gesture alias gerak tubuh seseorang. Kucing yang biasanya di bebaskan keluar masuk rumah umumnya memiliki kemampuan ini.

Ini karena kucing ini sudah terbiasa di luar rumah dan sudah tahu bagaimana kejamnya dunia. Kucing akan sangat waspada terutama pada orang-orang yang berkeliaran di sekitarnya. Ketika ada seseorang yang mendekatinya dengan suara dan gesture yang tak ia kenal maka kucing akan langsung menjauh.

Kucing mulanya akan mencurigai dengan menatap orang tersebut, ketika ia merasa tak mengenal suara, gesture dan bau orang tersebut maka kucing akan bersegera berlari serta bersembunyi menjauhi orang tersebut.

Baca juga 8 alasan kucing takut melihat kita di sini.


4. Kucing Mengenali Pemilik Melalui Sifat

Cara ke empat kucing mengenali majikan atau pemiliknya adalah dengan melihat sifatnya. Kucing dapat mengenali sifat seseorang. Kucing akan cenderung menjauhi orang-orang yang bersikap buruk dan terlihat jahat.

Sebaliknya kucing akan nyaman berada dengan pemiliknya dan orang-orang baik serta ramah padanya. Hal ini telah di buktikan oleh sebuat riset. Ketika kamu lebih dominan di jauhi oleh kucing maka ini berarti mereka tak mengangap kamu sebagai pemiliknya.

Bahkan kamu malah di cap sebagai orang buruk, jahat serta menyebalkan di mata mereka.

 

5. Mengenali Pemilik Melalui Bau Tubuhnya

Selanjutnya cara bagi kucing mengenali pemiliknya adalah menggunakan bau. Kucing peliharaan akan mengingat dengan baik bau tubuh tuannya. Ketika bau yang di ciumnya berbeda maka kucing akan dengan cepat menganggap bahwa orang yang di dekatnya bukan tuannya.

Salah satu contoh adalah ketika seseorang yang merupakan pemiliknya menggunakan banyak parfum maka kucing akan merasa asing dengan bau pemiliknya tersebut. Kucing juga akan membenci pemiliknya tersebut karena bau parfumnya yang sangat menusuk hidung mereka.

Apa penyebab kucing mengeluarkan lendir bau dari mulutnya ? Lihat apa saja penyebabnya di sini.


6. Kucing Memiliki Ingatan Tentang Tuannya

Meskipun kucing tak bisa berpikir dan mengingat dengan baik seperti manusia. Tetapi kucing masih bisa mengingat informasi tertentu. Informasi seperti suara, gesture, sifat, bau pemiliknya tersimpan dalam otaknya. Tanpa adanya ingatan akan informasi ini mustahil kucing bisa mengenali pemiliknya.


Bisakah Kucing Lupa Akan Pemiliknya Yang Telah Lama Merawatnya ?

Jawabannya adalah bisa. Ada kasus di mana seekor kucing yang telah hilang dari rumah pemiliknya selama seminggu dan setelah di temukan ia tak mengenali majikannya sama sekali. Ini mungkin karena hilangnya ingatan kucing tentang pemiliknya serta adanya trauma terhadap manusia.

Ketika kucing di temukan, kucing yang tadinya hilang akan merasa ketakutan ketika pemiliknya berusaha menangkapnya untuk membanya pulang ke rumah dan tak jarang kucing akan mengancam bahkan mencakar sang pemilik.

Tetapi kamu tak perlu khawatir tentang hal ini karena seiring berjalannya waktu kucing akan kembali mengenali pemiliknya. 

Kucing kamu lari dari rumah ? Cari tahu apa penyebabnya dengan mengklik di sini.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara kucing mengenali majikan atau pemiliknya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham mengenai hal ini. Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.


Tags : cara kucing mengenali pemiliknya, bagaimana cara kucing mengenali pemiliknya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url