3 Manfaat Air Liur Kucing Yang Perlu Kamu Tahu

Di jilati kucing tentunya bukanlah hal asing bagi para pemilik kucing dan tentunya pemilik kucing sudah biasa dengan hal ini. Saya sendiri kadangkala sering kali di jilati oleh salah satu sobat bulu kesayangan saya.

 

Manfaat Air Liur Kucing
Foto Kucing Dengan Air Liur Di Lidahnya


Ketika kucing menjilat tubuh kita tentunya akan ada air lir yang menempel di tubuh kita. Air liur kucing ini tidaklah berbahaya. Hanya saja saat liur kucing menempel di tubuh atau baju, sebagian dari kita akan merasa jijik dan langsung membersihkan air liur kucing ini.

Berhubungan dengan air liur kucing, pernahkah kamu berpikir bahwa air liur yang terlihat sederhana sebenarnya terdiri atas berbagai unsur. Dan pernahkah kamu berpikir apa saja sih manfaat air liur ini bagi kucing itu sendiri.

Jika kamu pernah berpikiran demikian dan sedang mencari jawabannya maka kamu berada di tempat yang tepat. Karena di kesempatan ini Anggora akan membahas kandungan air liur kucing beserta manfaatnya. Simak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir ya Good Riders.

 

Apakah  Kandungan Air Liur Kucing Berbahaya ?

Seperti yang telah Anggora jelaskan di atas bahwa air liur kucing tak begitu berbahaya. Air liur kucing tak berbahaya hanya berlaku bagi kucing yang sehat dan bagi orang yang sehat serta imunitas kuat.

Ini tak berlaku pada kucing sakit ataupun kucing yang terinfeksi toksoplasma. Meskipun air liur kucing sehat tak berbahaya. Jadi, kamu tak perlu terlalu khawatir lagi di saat tubuhmu terkena liur kucing.

Tetapi di saat bagian tubuh seperti tangan yang biasa kita gunakan untuk makan terkena air liur kucing. Maka tetap wajib bagi kita membasuh tangan kita dengan sabun hingga bersih sebelum kita hendak makan.

Kucing jalan sempoyongan apa penyebabnya ? Lihat penyebabnya di sini.


Apa Saja Kandungan Dalam Air Liur Kucing ?

Walaupun air liur kucing Cuma terlihat seperti air liur pada umumnya namun air liur kucing sendiri terdiri atas unsur tertentu. Beberapa dari unsur tersebut aman dan beberapa lainnya mungkin bisa berbahaya bagi orang dengan gangguan kondisi kesehatan tertentu seperti alergi dan imunitas rendah.

Beberapa unsur pembentuk air liur antara lain :

1. Protein

Kandungan air liur yang pertama adalah protein. Ketika manusia mengalami alergi dengan air liur kucing maka salah satu sumber pemicunya adalah protein. Tak hanya alergi dengan air liur, alergi dengan bulu pun di sebabkan oleh kandungan protein.

Ini sebab sisa air liur sewaktu kucing tengah membersihkan badannya menempel ke bulu kucing. Akibatnya orang yang memiliki tubuh sensitif ketika mereka menyentuh bulu kucing, tubuh mereka mengalami penolakan dan timbullah reaksi alergi.

 

2. Bakteri

Dalam liur kucing ternyata juga terdapat mikroorganisme berupa bakteri. Baik kucing rumahan maupun kucing liar keduanya memiliki liur yang mengandung bakteri. Bakteri ini dapat berpindah ke tubuh manusia ketika kucing mencakar dan menggigit anggota tubuh kita.

Jadi saat kamu baru saja di gigit dan di cakar kucing, basuhlah bagian tersebut menggunakan sabun kesehatan hingga kamu rasa bersih. Bakteri semacam pastuerella penyebab infeksi, bartonella henseale penyebab kulit juga kelenjar getah bening (cat scratch fever).

Bakteri yang baru di sebutkan di atas di katakan bahwa di akibatkan oleh cakaran dan gigitan kucing.

Kucing kamu cuma mau minum saja ? Lihat penyebabnya di sini.

 

3. Enzim

Masih belum dapat di pastikan tetapi dari banyak sumber berkata bahwa dalam liur kucing terdapat enzim. Fungsi enzim ini adalah sebagai antibiotik. Inilah salah satu alasan mengapa setiap kali tubuh kucing terluka ia akan menjilatinya. 

 

Apa Saja Manfaat Air Liur Kucing ?

Setelah mengetahui kandungan air liur kucing, kamu juga mungkin penasaran apakah air liur kucing juga memiliki manfaat. Air liur atau ludah kucing juga memiliki beberapa manfaat. Apa saja manfaatnya dapat kamu lihat di bawah ini :

  • Adanya Histatin. Histatin merupakan senyawa kimia yang memiliki khasiat mampu mempercepat proses kesembuhan luka hewan dengan cara penyebaran dan perpindahan sel kulit yang baru.

  • Air liur akan menciptakan senyawa Oksida Nitrat. Senyawa ini memiliki khasiat mampu mencegah infeksi pada luka dan memperlambat laju pertumbuhan bakteri.

  • Adanya protein yang terkenal dengan sebutan Nerve Growth Factor. Ini sangat membantu untuk mempercepat proses kesembuhan luka.

Baca juga cara menghilangkan telur lalat pada kucing di sini.

 

Bagaimana Cara Menjaga Diri Kita Tetap Sehat Meskipun Kucing Menjikati Kita ?

Agar tubuh kita tetap sehat walaupun kucing sering kali menjilati tubuh kita maka kamu bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini :

  • Bersihkan tangan setelah terkena ludah kucing

  • Terapkan Deworming ( pemberian obat cacing ) secara teratur

  • Rajin memandikan kucing

  • Rutin membersihkan litter box setiap hari

  • Jangan biarkan kucing makan makanan sisa berbau busuk, kotor ataupun basi

  • Jaga lingkunga dimana kucing tinggal tetap sehat

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai keunikan gigi kucing dan gigi kucing ada berapa jumlahnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham kelebihan gigi kucing dan jumlah gigi kucing ada berapa banyak.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.


Tags : manfaat air liur kucing

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url