7 Cara Agar Kucing Tidak Buang Air Besar Di Halaman Rumah

7 Cara Agar Kucing Tidak Buang Air Besar Di Halaman | Memelihara kucing memang tak selamanya menyenangkan ada saat di mana kita sedih dan juga kesal karena si kucing. Kita sedih karena kucing mungkin jatuh sakit, sementara kita kesal karena kucing sering kali melakukan hal usil.


Cara Agar Kucing Tidak Buang Air Besar Di Halaman Rumah
Foto Kucing Buang Air Besar Di Halaman Rumah

 

Seperti menjatuhkan perabotan yang ada di dalam rumah sampai hancur, mencakar sofa dan jok kereta,  mencuri makanan dan juga buang air sembarangan di dalam rumah dan di halaman rumah kita. Meskipun kucing sering usil, seringkali kita tak bisa marah kepada sobat bulu kita.

Bicara tentang buang air, baik itu kucing rumah maupun kucing liar seringkali buang air besar sembarangan di halaman rumah kita. Ini tentunya akan membuat kita kesal dan berpikir bagaimana sih agar kucing-kucing ini tak lagi buang air besar di halaman rumah kita.

Mungkin kamu telah melakukan berbagai cara dan ternyata hasilnya adalah nihil. Juga kamu telah mengikuti cara dari berbagai artikel yang ada internet dan juga mengikuti saran dari pecinta kucing lainnya tetapi juga tak membuahkan hasil.

Nah pada kesempatan ini Anggora akan berbagi cara mudah mencegah agar kucing tak buang air sembarangan di halaman rumah. Good Readers bisa menyimak caranya di bawah ini.


7 Cara Mencegah Agar Kucing Tidak Buang Air Besar Di Halaman

Kucing buang air di halaman rumah agak menganggu sih dan menambah pekerjaan kita sebagai pemiliknya. Kita harus membersihkan dan membuang kotoran dari halaman agar bau busuknya tak mengganggu hidung kita, juga supaya suatu saat nanti kita tak sengaja menginjaknya.

Lalu bagaimana sih cara supaya si kucing liar dan kucing peliharaan tak buang air kecil dan besar di halaman rumah. Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mencegah agar kucing tak buang air di halaman rumah.

1. Sediakan Litter Box

Bagi kamu yang memelihara kucing rumahan, salah satu cara supaya kucing kamu tak buang air sembarangan adalah menyediakan litter box. Setelah di rumah di sediakan litter box, langkah selanjutnya adalah membiasakan kucing untuk buang air besar serta kecil di dalamnya.

Setelah kucing terbiasa, kebiasaan kucing yang sering buang air di halaman rumah lama kelamaan akan menghilang. Walaupun kadangkala kucing akan buang air besar juga di halaman namun kucing akan jarang melakukannya.

Untuk membiasakan kucing buang air di litter box mungkin akan memakan waktu yang lama yakni sekitar 1 sampai 2 bulanan. Bahkan tak jarang waktu membiasakan kucing buang air di litter box hingga 3 bulanan.

Kecepatan membiasakan kucing buang air besar di litter box biasanya tergantung dari usia, jenis kucing dan juga perilaku kucing itu sendiri.

Kalau kucing masih saja sembarangan buang air besar, mungkin ada beberapa penyebab tertentu yang membuat ia begitu. Cari tahu penyebabnya dengan mengklik di sini.


2. Memakai Aroma Tertentu

Pastinya kita tahu bahwa kucing memiliki indra penciuman yang tajam. Indra penciuman kucing bahkan lebih kuat 9 sampai 14 kali lipat dari penciuman manusia. Kita dapat memanfaatkan kelebihan kucing yang satu ini agar kucing tak lagi buang air besar dan kecil di halaman rumah.

Gunakan aroma yang menyengat seperti aroma peppermint, lavender, kayu manis dan sejenisnya untuk di semprotkan di halaman rumah atau di teras rumah. Kucing yang mencium aroma menyengat dan tak di sukainya ini tentunya akan menjauh dari tempat tersebut.

Walaupun cara ini hanya dapat di gunakan dalam jangka waktu yang pendek tapi cukup efektif untuk mencegah agar kucing liar dan kucing rumah tak buang air besar dan kecil di halaman rumah kita.


3. Memanfaatkan Cahaya Matahari

Kucing merupakan hewan yang matanya sangat sensitif terhadap cahaya. Demi mencegah kucing buang air sembarangan di luar rumah, kita dapat menggunakan botol air bekas dan kemudian mengisinya dengan air.

Tempatkan botol-botol ini di pagar rumah, taman atau area-area yang kamu tak ingin kucing masuk buang air di dalamnya. Posisikan dalam keadaan vertikal ataupun dalam keadaan horizontal. Pantulan cahaya yang terpantul ke botol akan membuat botol agak bercahaya.

Ini membuat mata kucing terganggu ketika mendekati area tersebut dan kucing akan lebih memilih untuk menjauh dari tempat tersebut.

Baca juga cara mengusir kucing dengan mudah di sini.

 

4. Menggunakan Kulit Jeruk

Cara lain yang bisa kamu coba agar kucing tak sembarangan buang air besar dan kecil di halaman rumah adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Potong-potong kulit jeruk kecil kecil kemudian tempatkan di sekitar taman atau halaman rumah.

Sama seperti aroma pepermint dan lavender, kucing pun tak suka dan membenci bau kulit jeruk. Selain jeruk, kamu juga dapat menggunakan buah lain seperti lemon dan limau sebagai pengganti buah jeruk.


5. Menutupi Tanah Di Halaman

Ketika kucing hendak buang air besar biasanya kucing akan memilih tempat yang ada tanahnya, tanahnya lunak dan mudah di gali. Selain tempat yang ada tanahnya, kucing juga suka buang air besar di tempat yang banyak pasirnya.

Jadi, tutuplah tanah dengan kerikil, batu kali, rumput dan semacamnya serta hilangkan pasir di halaman rumah. Cara ini mampu membuat kucing tak akan buang air di tempat tersebut dan juga mempercantik halaman dan juga taman rumah kita.

Mengapa kucing selalu menyembunyikan kotorannya di dalam tanah ? Lihat penjelasannya dengan mengklik di sini.

 

6. Siram Dengan Air

Cara yang satu ini mungkin agak sedikit kejam yakni menyiram kucing dengan air setiap kali dia ingin buang air di halaman rumah. Tetapi cara ini cukup efektif untuk membuat kucing kapok tak akan buang air lagi di halaman rumah.

Agar sewaktu kucing di siram tak jatuh sakit, siram wajahnya saja dengan sedikit air. Jangan menyiram seluruh tubuhnya karena ini dapat membuat kucing kedinginan dan terkena flu, demam dan semacamnya.

Menyiram hanya bagian wajah saja akan membuat kucing lebih mudah menjauh dan mengingat bahwa tempat tersebut tak boleh di kotori. Tak hanya itu menyiram wajah juga akan membuat kita mudah melap wajahnya dengan kain kering dan menghindari kucing jatuh sakit.


7. Menempatkan Pasir Di Pinggir Halaman

Setelah mencoba cara di atas dan ternyata tak berhasil juga maka cara ini dapat kamu coba. Cara ini cenderung mengarahkan daripada mencegah. Caranya dengan menempatkan banyak pasir di pinggir halaman.

Kucing biasanya akan memilih tempat yang enak dan lembut seperti tanah dan pasir untuk buang air besar. Sewaktu kucing melihat ada pasir maka kucing akan buang air besar dan kecil di sana, bukan di halaman ataupun di dalam taman.

Supaya cara ini berhasil kamu harus membuat kucing tahu bahwa ada pasir di pinggir halaman. Caranya cukup dengan mengangkat kucing ke atas pasir sekali sehari sampai kamu melihat kucing buang air besar dan kecil di pasir tersebut.

Agar halaman tak bau, timbun pasir dengan pasir lainnya sampai bau kotoran dan kencing tak tercium. Kemudian buang dan ganti pasir setiap seminggu sekali.

Kucing kamu tak jinak ? Coba cara untuk menjinakkan kucing yang ampuh di sini.

Nah itulah cara mencegah agar kucing liar dan kucing rumahan tidak buang air besar di halaman rumah. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mencegah kucing kamu buang air besar dan kecil sembarangan di halaman rumah.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : agar kucing tidak buang air besar di halaman, mencegah kucing buang kotoran di halaman, supaya kucing tidak buang air di halaman, mencegah kucing buang kotoran di halaman rumah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url