close

9 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dan Mencret

9 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dan Mencret | Kucing sama saja dengan hewan lainnya. Mereka tak akan selamanya riang, aktif dan juga sehat. Akan ada saat di mana kucing peliharaan kita jatuh sakit.

 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dan Mencret
Ilustrasi Kucing Tidak Mau Makan Dan Mencret

 

Salah satu penyakit yang bisa di derita oleh kucing adalah mencret. Selama kucing mencret tapi mau makan, pastinya kita merasa bahwa penyakit kucing tak terlalu berat dan selama ini pula kita dapat mencari sendiri apa sih penyebab kenapa kucing kita mengalami mencret.

Setelah tahu apa penyebabnya, tentunya kita dapat dengan mudah mencari solusi agar kucing sembuh dari mencretnya. Tetapi ketika kucing kita yang mencret tak mau makan, waktu untuk kita mencari tahu penyebabnya akan sempit karena nyawa kucing dapat menjadi taruhannya.

Agar mempermudah kamu untuk mengetahui apa penyebab kucing mencret dan bagaimana cara mengatasi kucing yang tak mau makan karena mencret. Di tulisan kali ini Anggora akan membahas seputar hal ini. Simak sampai akhir ya good reader.


Penyebab Kucing Mencret

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, beberapa penyebab yang mungkin dapat membuat kucing mengalami mencret adalah ssbagai berikut ini :

  • Cacingan

  • Parasit

  • Infeksi

  • Makanan

  • Efek samping obat

  • Susu

  • Air Mentah

  • Makanan Mentah


Di kesempatan kali ini saya tak akan membahas penyebabnya secara mendalam. Untuk penjelasan lengkap mengenai penyebab kucing mencret secara mendalam dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Tak Mau Makan Dan Mencret ?

Penyakit mencret mungkin terdengar remeh bagi kita, terutama bagi mereka yang baru saja memelihara kucing. Padahal sebenarnya walaupun terlihat remeh penyakit ini dapat merenggut nyawa kucing bila tak segera di obat.

Bagi kamu yang ingin kucing segera sembuh dan ingin kucing kembali mau makan, ada beberapa cara yang mungkin dapat kamu coba untuk menghilangkan atau mengobati mencret pada kucing. Beberapa cara tersebut diantaranya :

1. Jangan Beri Kucing Susu Manusia

Memberikan susu manusia ke kucing merupakan salah satu sebab kucing mengalami mencret. Ini di karenakan adanya kandungan laktosa yang tinggi dalam susu manusia yang dapat menyebabkan kucing mengalami muntah serta mencret-mencret.

Setelah membaca ini, hentikan kebiasaan memberi kucing atau anak kucing susu manusia. Bila ternyata penyebabnya adalah pemberian susu manusia ke kucing maka ketika kita berhenti memberi susu manusia ke kucing.

Dalam beberapa hari biasanya pup kucing akan kembali normal dan kucing kembali mau makan.


2. Obati Kucing Dengan Obat Cacing

Bila kamu yakin bahwa penyebabnya bukanlah susu melainkan cacingan maka solusi tercepat untuk mengatasi hal ini adalah memberikan kucing obat cacing untuk mengobati masalah diarenya. Setelah beberapa hari pemberian obat, biasanya akan ada cacing putih keluar bersama kotoran kucing.

Jangan khawatir hal ini adalah normal dan ini pertanda kondisi kucing akan mulai membaik. Jika cacing sudah keluar, perhatikan kondisi pup kucing. Biasanya dalam waktu semingguan setelah pemberian obat, pup atau kotoran kucing akan berangsur-angsur menjadi normal.

Untuk jenis obat yang di gunakan dan cara memberinya ke kucing dapat kamu lihat di sini.

 

3. Hindari Memberi Kucing Air Putih Mentah

Air mentah mengandung banyak parasit yang berbahaya bagi kucing. Jika kucing meminum air mentah maka parasit ini akan menyerang atau menginfeksi saluran pencernaan pada kucing. Akibatnya kucing menjadi sembelit, mencret, sering buang air kecil atau sulit buang air kecil dan penyakit sejenisnya.

Untuk mengobati hal ini caranya hanyalah memberikan obat tertentu untuk membunuh parasit dan bakteri penyebab gangguan saluran pencernaan pada kucing.

 

4. Hindari Memberi Kucing Makanan Mentah

Sama halnya dengan air mentah, makanan mentah juga akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan kucing. Untuk menghindari hal ini sebaiknya berikan kucing makanan dry food atau wet food ketika kamu tak sempat memasak makanan matang untuk di berikan ke kucing kamu.

Bagaimana cara memberikan makan kucing yang sakit gak mau makan dengan mudah ? Jawabannya dapat kamu lihat di sini.

 

5. Cobalah Mengganti Makanan Kucing Dengan Merk Lain

Makanan kucing juga merupakan salah satu sebab mengapa kucing mengalami mencret. Makanan yang tak cocok dengan pencernaan kucing sering kali membuat kucing mencret. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengganti merk dry cat food kamu dengan merk dry cat food yang lain.

Tak hanya makanan kucing yang tak cocok, namun peralihan makanan dari satu merk ke merk lain dapat memicu terjadinya mencret pada kucing. Hanya saja mencret ini hanya berlangsung selama semingguan saja dan tak membuat nafsu kucing menjadi hilang.

 

6. Cobalah Mengganti Makanan Kucing Dengan Wet Food

Sewaktu kucing mencret tak mau makan cobalah memberi wet food ke kucing yang sedang sakit. Beberapa kucing biasanya akan mau kembali makan setelah makanannya di ganti menjadi wet food atau makanan basah.

Jika cara ini berhasil jangan berhenti hanya sampai mengganti makanan kucing saja tetapi tetap berikan obat cacing dan lakukan langkah selanjutnya yang ada di bawah ini.

Kucing kamu tak mau makan whiskas ? Cari tahu penyebabnya dengan mengklik di sini.

 

7. Hentikan Pengobatan Dengan Obat Tertentu

Efek samping obat tertentu juga dapat menimbulkan efek samping seperti mencret pada kucing. Untuk menghentikan efek samping ini, menghentikan pengkonsumsian obat oleh kucing adalah hal yang tepat untuk di lakukan.

Konsultasikanlah hal ini dengan dokter hewan apakah ini akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan kucing dan mintalah dokter meresepkan obat yang lebih aman bila ternyata efek samping ini berbahaya bagi kesehatan kucing kita.

 

8. Beri Kucing Air Kelapa Muda Atau Madu

Kucing menderita mencret bisa juga akibat kucing keracunan ringan. Berilah air kelapa ataupun madu sebagai penawar alami untuk kucing yang keracunan ringan. Selain itu air kelapa dan madu juga dapat menjadi sumber energi dan suplemen bagi kucing yang sakit tak mau makan.

Cara pemberian air kelapa ke kucing dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

9. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Ketika kamu sudah menerapkan 8 cara di atas dan ternyata kucing tetap saja mencret dan tak mau makan maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan. Apalagi jika mencret kucing berdarah, mencretnya berwarna hitam dan kucing keracunan berat maka membawa kucing ke dokter hewan adalah pilihan yang tepat.

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing yang tak mau makan dan mengalami mencret. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam mengobati kucing kamu yang sedang diare atau mencret.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : cara mengatasi kucing muntah mencret dan tidak mau makan, cara mengobati kucing yang mencret dan tidak mau makan, cara mengobati kucing yang tidak mau makan dan mencret

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url