16 Sebab Kenapa Kucing Muntah Makanannya Sendiri

Sewaktu anabul kesayangan kita muntah tentunya akan membuat kita khawatir. Nah di saat ini terjadi kebanyakan dari kita akan berpikiran bahwa kucing memuntahkan makanannya sendiri adalah akibat dari kucing menderita penyakit tertentu atau karena makanannya tak sesuai.

 

Kenapa Kucing Muntah Makanannya Sendiri
Foto Kucing Muntah Makanannya Sendiri

 

Namun ini sepenuhnya tak benar, banyak hal yang mungkin jadi penyebab mengapa kucing mengalami hal ini. Bahkan penyebabnya bisa jadi bukan karena kucing sakit ataupun karena jenis makanannya memang tak sesuai bagi kucing.

Meski pun hal ini bisa jadi bukan karena kucing sakit tetapi tetapi tetap saja sebagai pemilik yang baik kita mesti waspada dan sebisa mungkin mencari tahu penyebab utamanya agar bisa sesegera mungkin menyelesaikan masalah kucing memuntahkan makanannya sendiri.

Good Readers pastinya ingin tahu apa saja sih penyebab mengapa kucing memuntahkan makanan yang baru saja ia makan. Simak penjelasan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui penyebabnya.


13 Sebab Kenapa Kucing Muntah Makanannya Sendiri

Seperti yang telah di jelaskan kucing muntah tak sepenuhnya karena kucing itu sakit ataupun karena makanannya tak cocok tapi ada juga faktor lain yang menyebabkan mengapa hal ini dapat terjadi. Faktor tersebut bisa jadi karena ulah kucing kita sendiri.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini Anggora merangkum keseluruhan faktor penyebab kucing muntah dari mulai faktor masalah kesehatan, makanan ataupun karena ulah kucing itu sendiri. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Baru Memakan Rumput

Kemungkinan yang pertama yakni kucing baru saja makan rumput. Perlu kita tahu bahwa kucing sebenarnya tak asal begitu saja memakan rumput. Kucing memakan rumput dengan tujuan tertentu yakni membersihkan perutnya  dan berbagai alasan lainnya.

Lalu bagaimana kita tahu bahwa kucing baru saja makan rumput ? Ada 2 cara mengetahunyai sih berdasarkan pengalaman Anggora, yaitu :

  • Melihat apakah sebelumnya kucing di luar memakan rumput

  • Melihat apakah di muntahan kucing ada rumput. Biasanya akan ada rumput yang tampak meskipun jumlahnya sedikit

Lalu apakah kucing makan rumput berbahaya ? Simak penjelasan selengkapnya dengan mengklik di sini.


2. Makanan Yang Tak Sesuai

Kucing pun dapat memiliki masalah dengan makanannya. Di saat kucing mendapatkan makanan yang tak sesuai dengan perutnya dan juga memiliki masalah alergi terhadap jenis makanan tertentu maka kucing bisa saja memuntahkan makanan yang baru saja di telannya.


3. Parasit

Sebab kedua adalah karena adanya parasit berbahaya di dalam usus. Parasit ini biasanya masuk melalui usus melalui makanan dan minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi. Umumnya parasit yang sering kali menyerang kucing dan menyebabkan muntah adalah cacing.

Kucing yang mengalami cacingan umumnya bertubuh kurus dan berperut buncit. Bukan cuma itu saja kucing pun akan memiliki nafsu makan yang tinggi dan terlihat tak pernah merasa kenyang meskipun telah makan dalam jumlah besar.

Dalam kondisi terparah kucing yang cacingan bisa saja muntah cacing. Baca mengenai kucing muntah cacing dan cara mengobatinya di sini.

 

4. Makan Terburu-Buru

Ketika kucing makan terburu-buru juga dapat menyebabkan kucing akan muntah. Biasanya kucing melakukan hal ini sebab ada kucing lain yang hendak mengganggu makannya atau kemungkinan kucing merasa sangat-sangat kelaparan.

Selain karena sangat kelaparan dan ada kucing lain pengganggu, keberadaan manusia yang di anggapnya sebagai ancaman mendekatinya juga membuat kebanyakan kucing makan buru-buru bahkan tak mau makan meskipun ada makanan yang di sukainya seperti ikan di dekatnya.

 

5. Kucing Keracunan

Banyak hal yang dapat menyebabkan kucing mengalami keracunan. Keracunan bisa di sebabkan oleh :

  • Ada anak kucing yang mati di dalam kandungan

  • Kucing tak sengaja menelan bahan kimia

  • Makanan busuk ataupun kadaluarsa termakan oleh kucing

  • Kucing tak sengaja memakan serangga atau hewan lain yang telah terkena racun

  • Kucing tak sengaja memakan rumput atau tanaman yang telah teracun

  • Kucing di beri makanan yang di racun oleh orang lain

  • Dan lainnya


Saat kucing keracunan, kucing biasanya akan memuntahkan makanannya, mulutnya berbusa, lemas bahkan jalannya pun sempoyongan. Yang terparah adalah kucing akan mendadak mati di jika ia mengalami jenis keracunan yang parah.

Mungkin kamu juga penasaran mengenai penyebab kucing jalan sempoyongan ? Apa saja penyebabnya dapat kamu lihat di sini.


6. Diet

Diet kucing juga dapat menyebabkan kucing memuntahkan makanannya. Produk cemilan makanan kucing umumnya memiliki kandungan protein yang tinggi. Biasanya protein ini banyak berasal dari protein hewani yang banyak di temukan dalam tubuh hewan.

Bukan cuma hanya mengandung protein yang tinggi, makanan kucing ini pun memiliki nutrisi yang cukup komplit. Jika kucing tak dapat mencerna dengan baik makanan ini, tentu saja akan menyebabkan masalah bagi kucing.

Tak hanya karena makanan saja tapi perubahan jenis makanan serta pola makan yang terjadi secara mendadak juga dapat menjadi salah satu penyebab kucing muntah. Mengganti makanan secara mendadak juga dapat membuat kucing mengalami masalah pencernaan seperti diare juga sembelit.

 

7. Susu

Susu merupakan jenis minuman yang sangat menyehatkan bagi kita para manusia. Tetapi itu tak berlaku pada kucing. Kucing memiliki intoleransi laktosa yang membuat mereka tak bisa meminum susu manusia.

Karena itulah kita tak dapat sembarangan memberikan susu pada kucing kesayangan kita karena dapat menyebabkan masalah pencernaan baginya. Masalah pencernaan tersebut dapat berupa muntah-muntah, mual, diare, sembelit dan masalah lainnya.

Jadi, kalau kamu hendak memberikan kucing kamu susu sebaiknya berikan produk susu yang aman di minum oleh kucing. Produk susu yang aman di konsumsi kucing adalah susu kucing dan susu yang bebas laktosa seperti susu beruang.

Apakah kucing aman meminum susu beruang ? Baca penjelasan selengkapnya di sini.

 

8. Kucing Makan Benda Tertentu

Penyebab ke delapan kenapa kucing muntah makanannya adalah karena kucing tak sengaja memakan benda asing. Contoh benda asing yang tak jarang kita temukan di makanan kucing adalah bulu rambut rontok dan juga potongan kecil plastik kemasan.

Jangan kucing, kita saja sebagai manusia apabila ada rambut ataupun potongan plastik yang tak sengaja tertelan ketika kita makan maka tubuh otomatis akan merespon dengan memuntahkan makanan tersebut.

 

9. Masalah Hairball

Kucing dalam kurun waktu tertentu akan memuntahkan isi perutnya untuk mengeluarkan hairbal yang ada dalam tubuhnya. Ini adalah hal normal bagi kucing dan tentu saja tak berbahaya. Tujuan utama kucing memuntahkan hairball adalah agar bola bulu ini tak mengganggu pencernaan kucing.

Sebab jikalau kucing tak mengeluarkan bola bulu ini dari tubuhnya, kucing akan mengalami diare, susah buang air besar ( sembelit ) dan saluran pencernaan akan tersumbat. Pada kasus yang parah,  untuk mengatasi hairball pada kucing, kucing mesti di operasi.

Jika kamu yakin kucing kamu mengalami masalah hairball, kamu dapat mencoba mengatasinya dengan cara tertentu. Caranya dapat kamu lihat dengan mengklik di sini

 

10. Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi saluran pencernaan dapat terjadi jika ada bakteri jahat alias buruk menginfeksi usus. Usus yang tadinya normal akan menjadi sangat terpengaruh. Akibatnya kucing dapat mengalami diare, dan juga muntah-muntah.


11. Muntah Empedu

Muntah empedu seringkali terjadi di saat pagi hari ataupun malam hari karena di saat ini perut kucing kosong. Ketika perut kosong kemudian cairan empedu masuk maka akan membuat kucing muntah. Kucing yang muntah cairan empedu biasanya muntahannya berwarna kuning dan tampak berbusa.

Jika kucing kamu muntah kuning dan berbusa ada kemungkinan kucing kamu muntah empedu. Hal inu tak perlu di khawatirkan bila hanya terjadi sekali dan bukan secara terus menerus. Ketika muntah terjadi terus menerus sebaiknya segera konsultasi ke dokter hewan terdekat.

Apa penyebab kucing mati mengeluarkan cairan kuning ? Penyebabnya dapat kamu lihat di sini.


12. Obstruksi Usus

Tak hanya cairan empedu saja, obstruksi usus pun menjadi salah satu penyebab kucing memuntahkan makanannya. Obstruksi usus umumnya dapat di sebabkan kucing menelan benda asing dan bisa juga di sebabkan hal yang lebih parah seperti hernia maupun tumor

 

13. Radang Usus

Muntah pada kucing juga dapat di sebabkan oleh peradangan pada usus. Radang usus bisa membuat kucing mengalami muntah kronis.

Selain radang usus, radang tenggorokan pun dapat di alami oleh kucing. Apa saja ciri kucing radang tenggorokan bisa kamu lihat di sini.

 

14. Gagal Ginjal Dan Hati Akut

Tidak berfungsinya organ ginjal juga hati yang berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab kucing muntah. Meskipun begitu hal ini di anggap tak berkaitan secara langsung dengan gagal hati serta ginjal.


15. Kucing Tersedak Tulang Atau Duri

Memberi kucing tulang ataupun duri dapat membahayakan kucing. Pemberian tulang dan duri dapat membuat kucing muntah. Ini juga dapat membuat masalah lain seperti radang gusi, radang mulut maupun radang tenggorokan.

Baca juga cara mengeluarkan duri dan tulang dari tenggorokan kucing


16. Gastrointestinal

Gastrointestinal dapat membuat kucing bermasalah dengan saluran pencernaannya. Kondisi ini dapat membuat kucing muntah. Bukan hanya itu saja kondisi ini juga dapat terkait dengan penyakit kanker.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Muntah ?

Untuk kucing yang hanya muntahnya sesekali saja dalam seminggu maka muntah kucing di rasa tak berhubungan dengan masalah kesehatan. Muntah ini bisa jadi hanya di sebabkan kucing baru saja makan rumput, kucing makan terlalu terburu-buru atau kucing mengeluarkan hairball dalam tubuhnya.

Tetapi bila mana muntah ini terjadi terus menerus setiap harinya maka solusi terbaik untuk kucing yang mengalami sering muntah-muntah adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan.

Baca juga sebab kucing megeluarkan lendir dari mulutnya dengan mengklik di sini.

Itulah beberapa sebab kenapa kucing muntah makanannya dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam bertindak tepat ketika kucing kamu memuntahkan makanan yang baru saja ia makan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kucing muntah makanannya sendiri

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url