8 Sebab Kucing Memakan Kotorannya Sendiri

Kucing Memakan Kotorannya Sendiri | Ada saja perilaku lucu dari kucing kesayangan kita yang membuat kita terhibur. Tapi bukan cuma menghibur saja, sobat bulu juga dapat membuat si pemilik merasakan cemas dengan perilakunya yang aneh dan tidak biasa.

 

Kucing Memakan Kotorannya Sendiri
Foto Kucing Memakan Kotorannya Sendiri

 

Salah satu perilaku yang membuat kita cemas adalah kucing kesayangan kita memakan kotorannya sendiri. Perilaku ini pada hewan sering di sebut juga Coprophagia. Coprophagia pada beberapa hewan lain merupakan hal yang biasa alias normal.

Tetapi pada kucing sendiri perilaku ini bisa di bilang adalah perilaku yang menyimpang. Perilaku ini seringkali terjadi akibat kucing kesayangan mengalami stress dan gangguan medis. Karena itulah saat ini terjadi pada kucing peliharaan, kita mesti sigap mencari tahu sebabnya dan segera mengatasinya.

Karena bila di biarkan begitu saja kucing bisa saja beresiko mengalami kematian. Lalu kenapa kucing makan kotorannya sendiri dan bagaimanakah cara mengatasinya ? Untuk mengetahuinya Good Readers dapat menyimak artikel Anggora di bawah ini hingga akhir.


Penyebab Kenapa Kucing Memakan Kotoran Sendiri

Perilaku kucing makan kotoran bukanlah sesuatu yang normal bagi kucing. Kecuali jika kucing makan kotoran anaknya yang mana anaknya masih menyusui maka hal ini adalah hal yang normal dan umum di lakukan oleh induk kucing.

Ini di lakukan induk kucing untuk membersihkan anaknya dari kotoran dan juga sebagai upaya dalam membantu anak kucing belajar untuk buang air besar sendiri. Ini juga di lakukan induk kucing dalam upaya menjaga anak kucing tersebut tetap sehat.

Lalu apakah sebab kenapa kucing memakan kotorannya sendiri ? Berikut ini beberapa penyebab utama mengapa kucing memakan kotorannya sendiri.

  • Kekurangan Vitamin Tertentu ( Defisiensi Vitamin )

  • Penyakit Tiroid ( Thyroid Disease )

  • Penyakit Gula ( Diabetes )

  • Kurang Nutrisi ( Malnutrisi )

  • Inflammatory Bowel Disease ( suatu penyakit radang usus kronis yang mempengaruhi saluran lapisan pencernaan)

  • Kurang Darah ( Anemia )

  • Gangguan Syaraf ( Neurological Disease )

  • Stress

 

Ada juga penyebab lain yang mungkin menyebabkan perilaku Coprophagia pada kucing yakni Pica. Yakni kondisi ekstrim di mana kucing memakan makanan yang bukan makanannya seperti memakan kotoran, gelang karet, plastik kecil, kain dan benda sejenisnya.

Kondisi Pica di picu oleh adanya gangguan Obsesif Kompulsif yang mana kucing tak mampu mengendalikan keinginannya sendiri untuk tidak memakan benda-benda biasa ataupun aneh yang bukan merupakan makanan.

Selain suka makan kotorannya sendiri kucing pun suka makan rumput. Cari tahu penyebab kucing suka makan rumput dengan mengklik di sini.


Cara Dokter Hewan Menentukan Sebab Corophagia Pada Kucing

Pertama dokter akan bertanya beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi kucing saat ini lalu dokter memeriksa kondisi fisik kucing kemudian akan melakukan serangkaian medical test. Medical test tersebut termasuk tes haematology dan darah.

Dokter juga akan memberikan rencana perawatan yang di dalamnya termasuk diet, makanan khusus, jadwal olahraga kucing kepada pemilik kucing. Tak hanya itu dokter juga akan memberikan pelajaran singkat dan sederhana mengenai Coprophagia untuk menambah wawasan pemilik.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Coprophagia Pada Kucing ?

Jika kamu yakin bahwa penyebabnya bukanlah penyakit atau kamu ingin mencoba mengatasi kebiasaan kucing memakan kotorannya sendiri sembari mengobati kucing. Maka kamu dapat mencoba beberapa cara di bawah ini :

1. Membersihkan Kotoran Kucing Sesegera Mungkin

Cara pertama untuk menghindari atau menangani kucing agar tak memakan kotorannya adalah dengan membuang kotorannya sesegera mungkin. Sesaat setelah kucing buang air besar, bersihkanlah kotoran kucing.

Dengan cara ini kucing yang tadinya ingin memakan kotorannya sendiri menjadi tak bisa memakannya. Sebab saat ia hendak memakan kotorannya ia tak dapat menemukan kotoran di sekitarnya untuk di makan.

Buat kucing tak buang air sembarangan di halaman dengan cara yang ada di sini.

 

2. Bersihkan Litter Box Setiap Hari

Kalau kamu tak bisa membersihkannya sesegera mungkin maka kamu dapat membersihkannya litter box setiap hari ( sekali sehari ). Sebab terkadang perilaku Coprophagia hanya timbul dalam jangka waktu tertentu, contohnya sekali sehari atau 2 kali sehari.


3. Buat Kucing Tak Dapat Menyentuh Fesesnya

Batasi akses kucing ke tempat di mana ia biasa membuang kotorannya. Saat ia selesai buang air besar, kamu dapat memindahkan litter boxnya ataupun menyimpannya di ruang tertentu agar ia tak dapat menjangkaunya.

Kucing juga tak boleh memakan coklat loh, bahaya. Lihat bahaya kucing makan coklat di sini.


4. Berikan Makanan Yang Bernutrisi

Salah satu penyebab kenapa kucing memakan kotorannya adalah karena defiensi vitamin dan malnutrisi vitamin. Menyediakan makanan bernutrisi dan baik bagi pencernaan kucing merupakan salah satu cara mengatasi masalah ini.


5. Tambah Porsi Makan Kucing

Saat kucing kenyang kucing akan menjadi lebih malas bergerak, lebih sering tidur dan tak akan mau makan lagi termasuk memakan kotorannya sendiri. Untuk membuat kucing kita dapat menambah porsi makanannya.

Setelah kucing berhenti dari memakan kotoran sebaiknya kembalikan porsi makan kucing ke porsi standar. Ini untuk menghindari kucing mengalami kegemukan alias obesitas dan menjadi kucing yang kurang aktif.. 

Kucing tak mau makan dry food ? Lihat cara mengatasinya di sini.

 

6. Larang Kucing

Melarang kucing memakan kotorannya adalah satu dari banyak cara yang terbukti efektif mencegah kucing memakan kotorannya sendiri. Caranya yakni dengan mengusir, mencegah dan menyiram kucing dengan percikan air ketika kita melihat kucing hendak memakan kotorannya.

Lakukan cara ini berulangkali setiap harinya maka lama kelamaan kucing akan kehilangan minatnya untuk memakan kotorannya dan kembali normal seperti biasanya. Cara ini mesti di lakukan dengan rutin dan sabar agar dapat berhasil


7. Berikan Cemilan

Cara yang terakhir mirip dengan cara nomor 5. Tujuannya sama yakni agar si kucing kenyang dan tak bisa makan kotoran kucing lagi. Ketika kucing merasa lapar, berilah cemilan kucing sebanyak yang ia inginkan.

Kucing yang merasa kenyang sehabis makan cemilan biasanya tak akan mau makan kotorannya lagi. Kucing akan lebih memilih untuk pergi tidur, menjilati tubuhnya hingga bersih dan sibuk bermalas-malasan.

Baca juga review makan kucing Felibite dengan mengklik di sini.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab kenapa kucing memakan kotoran sendiri. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham mengenai hal ini dan kamu dapat mengatasinya dengan mudah.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kucing memakan kotoran sendiri

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url