Kucing Tahan Tidak Makan Berapa Hari ? Ini Penjelasannya !

Kucing tahan tidak makan sampai berapa hari ? Pertanyaan ini sering kali muncul pada pecinta kucing ataupun bagi orang yang sekedar penasaran tentang seberapa kuat daya tahan kucing ketika mereka sedang mengalami kelaparan.

 

Kucing Tahan Tidak Makan Berapa Hari
Foto Kucing Tidak Makan Beberapa Hari

 

Berbeda dengan orang yang sekedar penasaran, bagi pecinta kucing pertanyaan ini muncul bukan tanpa alasan yang tak jelas ataupun rasa penasaran semata. Ini timbul karena kondisi tertentu yang membuat pemilik merasa khawatir.

Kondisi tersebut biasanya sebab kucing hilang, kucing tersesat ataupun kucing yang tak pernah pulang kembali kerumah dalam beberapa hari. Ini umumnya terjadi bagi para pemilik kucing yang biasa membiarkan kucingnya pergi keluyuran keluar rumah.

Kebanyakan yang melakukan hal ini adalah pemilik kucing domestik ( kucing kampung ) ataupun jenis kucing mixdome. Untuk kucing jenis ras murni biasanya pemilik lebih senang mengurung kucingnya dalam kandang ataupun ruangan spesial.

Kembali ke pembahasan yang utama yakni berapa lama kucing bertahan hidup tanpa makan, tentunya Good Readers penasaran jawabannya. Lalu berapa lamakah kucing mampu hidup tanpa makan ? Simak penjelasan Anggora berikut ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

 

Kucing Tahan Tidak Makan Sampai Berapa Hari ?

Berdasarkan sebuah penelitian, manusia dapat bertahan hidup hingga selama 3 minggu  tanpa makanan di tempat yang bersuhu dingin. Tetapi bila manusia tersebut berada di tempat yang panas tanpa makan dan minum maka kemungkinan besar hanya dapat bertahan dalam 1 minggu.

Lalu bagaimanakah dengan kucing ? Berapa lama kucing mampu bertahan ketika kucing tidak makan ataupun tidak minum ? Untuk kucing sendiri, mereka akan mampu bertahan hidup tanpa makan selama 2 minggu.

Bila kamu tak percaya kucing dapat bertahan hidup tanpa makan selama 2 minggu, kamu dapat melihat salah satu bukti nyata kucing dapat bertahan hidup selama 1 minggu lebih. Buktinya adalah Madix seekor kucing hitam yang terjebak dalam reruntuhan dapat bertahan selama 9 hari tanpa makan.

 

Kucing Tahan Tidak Makan Berapa Hari
Sumber Gambar Kompas.Com

Di kutip dari Kompas.com bahwa Madix adalah kucing asal Kentucky, Amerika Serikat. Yang mana kucing hitam ini ( Madix ) terjebak dalam reruntuhan akibat badai tornado ganas yang menyerang Kentucky, Amerika Serikat, pada 10 Desember 2021 lalu. 

Kucing ini berhasil selamat dari badai dan terjebak selama 9 hari dalam reruntuhan tanpa makan dan minum. Untunglah saat di temukan oleh pemiliknya ( Sonny Gibson ), Madix dalam kondisi tak terluka hanya saja ia lemas karena kelaparan dan juga dehidrasi.

Meskipun berdasarkan fakta ilmiah bahwa kucing mampu bertahan hidup dalam 2 minggu tanpa makan tetapi kondisi tubuh mereka perlahan akan memburuk. Kucing yang tak makan dalam jangka waktu yang lama akan mengalami penipisan berat tubuh.

Yakni kondisi di mana tubuhnya akan semakin kurus, berat tubuh berkurang, bulu kusam, kotor dan mengalami kerontokan. Ini terjadi akibat tubuh tak mendapatkan nutrisi dan energi dari makanan akibatnya tubuh akan mengambil cadangan energi dari tubuh.

Sementara bulu kotor, kusam dan bau terjadi sebab kucing kurang mendapatkan nutrisi protein yang di butuhkan bulunya serta karena si kucing tak merawat tubuhnya sama sekali akibat rasa lapar yang dia derita juga karena tubuhnya sangat lemas.

Semakin lama kucing tidak makan akan semakin kurus ia, semakin tak terawat serta kondisi tubuhnya semakin lemas juga memprihatinkan. Bila mana kondisi ini terus di biarkan di khawatirkan kucing akan segera kehilangan nyawanya.

Dalam penelitian lain di sebutkan bahwa kucing hanya mampu bertahan hidup selama 3 hingga 4 hari jika kucing tak mendapatkan asupan protein untuk tubuhnya. Ia hanya akan bertahan 3 hingga 4 hari saja meskipun ia memiliki air sebagai minumannya. 

Kucing kamu tak mau makan dry food ? Baca cara mudah mengatasinya dengan mengklik di sini.


Bagaimana Cara Kucing Mampu Bertahan Dari Rasa Laparnya ?

Mungkin caranya hampir sama dengan saat manusia mengalami kelaparan dan tak bisa makan sama sekali. Di saat tubuh kucing membutuhkan energi lalu kucing tak menemukan makanan maka satu-satunya cara bertahan hidup adalah tubuh kucing terpaksa akan mengeluarkan senyawa tertentu.

Fungsi senyawa ini adalah memecahkan jaringan lemak yang ada dalam tubuh kucing dan menjadikannya sejenis senyawa yang bisa di jadikan sumber energi pengganti yang mampu membuat kucing dapat bertahan hidup untuk sementara hingga ia menemukan makanan.

Namun di sisi lain jika kucing tak segera mendapatkan makanan maka hal ini akan membuat tubuh kucing yang tadinya gemuk dan memiliki banyak lemak lambat laun akan menjadi kurus dan semakin lemah. Ini seperti pisau bermata 2 yang bisa memberi kehidupan sekaligus kematian.

 

Bagaimana Cara Menolong Kucing Yang Kelaparan ?

Ketika kamu menemukan kucing yang sedang kelaparan tetapi kelihatannya masih mampu makan, menolongnya dapat kamu lakukan dengan hanya sekedar memberikan ia makanan yang layak di makan serta memberikan minuman.

Kemudian bawalah pulang ke rumah untuk di bersihkan dan di rawat dengan baik. Tetapi kalau kamu merasa tak mampu memeliharanya maka berikanlah makanan sebanyak mungkin sampai ia merasa kenyang serta cukup berenergi sehingga nantinya ia bisa kembali mencari makanannya sendiri.

Tetapi jika kucing tersebut sedang sekarat dan kondisinya sangat lemah, cara yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke dokter hewan untuk memeriksa kondisinya. Selanjutnya dokter hewan memberi obat serta vitamin sekaligus memberitahu cara merawat kucing agar ia kembali sehat.

Baca juga cara membuat kucing tak buang kotoran sembarangan di sini.

 

Informasi Tambahan

Kucing memang dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama yakni 2 minggu tanpa makan. Tetapi kucing takkan bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa air minum. Paling lama kucing hanya akan bertahan dalam 2 sampai 3 hari tanpa minum air.

Ini karena tubuh kucing sebagian besar teediri dari kandungan air. Kondisi tubuh kucing mirip dengan kondisi tubuh manusia. Kucing yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi, penurunan kesehatan bahkan kematian.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing tahan tidak makan berapa lama dan bagaimana cara menolong kucing yang kelaparan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu memahami lebih dalam tentang kucing.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kucing tahan lapar berapa lama, kucing tahan lapar berapa hari

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url