Kucing Makan Sehari Berapa Kali Seharusnya ? Ini Penjelasannya !

Kucing Makan Sehari Berapa Kali | Untuk tumbuh dan berkembang, kucing pun membutuhkan makanan layaknya manusia. Makanan di butuhkan sebagai sumber tenaga dalam menjalankan aktivitas hariannya dan juga sumber nutrisi bagi tubuh kucing. Tanpa makanan kucing tak akan mampu bertahan hidup dan akan mati.

 

Kucing Makan Sehari Berapa Kali ?
Ilustrasi Kucing Mau Makan


Lalu berapa kalikah dalam sehari kucing mesti di beri makanan ? Tentunya kamu yang baru saja memelihara kucing pasti ingin tahu jawabannya. Kamu tak ingin kucing yang baru saja kamu pelihara nantinya kurus serta jatuh sakit akibat salah memberi jatah makan kucing.

Agar mengetahui jawabannya silahkan simak penjelasan Anggora di bawah ini.

 

Kucing Makan Sehari Berapa Kali ?

Walaupun pertumbuhan kucing 15 kali lipat lebih cepat daripada manusia namun untuk ukuran perut, perut kucing lebih kecil dibandingkan manusia. Untuk porsi makanan dan berapa kali makanan kucing di berikan bisa di lihat berdasarkan usia kucing itu sendiri.

Usia 6 Minggu

Pada usia ini anak kucing masih menyusui dan dalam proses menyapih, yakni peralihan dari sumber makanan ASI ke sumber makanan selain ASI. Kadangkala kucing dengan usia ini akan mulai ikut-ikutan makan ketika kita menghidangkan makanan pada kucing yang usianya lebih tua dari mereka.

Layaknya anak kecil saat mencium aroma kue, anak kucing pun akan berlarian saat mereka mencium bau sedap dari makanan yang menarik perhatian mereka. Berikan makanan bagi anak kucing berupa jenis makanan kucing yang gampang di kunyah seperti wet food dan sejenisnya kepada anak kucing yang giginya masih belum kuat.

Berikan setiap kali  mereka datang karena mencium bau makanan dan berikan secukupnya saja sesuai ukuran perut anak kucing. Bila kamu memberikan makanan pada anak kucing selain makanan instan seperti wet food ataupun dry food, pastikan bahwa makanan kucing yang akan kamu berikan adalah makanan matang agar tak menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing akibat parasit.

Kamu bisa memberi makanan sebesar 1/3 besar perut kucing. Kenapa terlalu sedikit ? Pemberian yang sedikit ini karena mungkin perut anak kucing masih lamban dalam mencerna makanan dan lagi pula kucing dalam umur segini masih tetap menyusui pada induknya.

 

Usia Di atas 6 Minggu

Kucing di atas usia 6  minggu bisa kamu berikan makanan kucing sebanyak 3 kali sehari. Berikan pada pagi, siang dan malam  hari. Sesuaikan porsi makanan kucing dengan besar tubuh, besar perut dan berat tubuh kucing.

Agar pemberian makanan kucing bisa lebih sehat dan tak membuat kucing mengalami masalah obesitas, sesak nafas akibat makan berlebih dan menjadi kurang aktif alias pemalas.

 

Apa Saja Yang Perlu Di Perhatikan Saat Memberikan Makan Kucing

Yang perlu di perhatikan kalau menurut Anggora sendiri adalah ketepatan waktu. Berikan makanan tepat waktu atau sesuai jadwal jangan sampai kelupaan atau di tunda-tunda terlalu lama. Karena sama halnya manusia yang bisa terkena penyakit saat makan  tak teratur, kucing pun pastinya dapat mengalami hal yang sama juga.

Lalu pastikan juga memberikan kucing makanan yang sudah di masak alias matang. Bila kamu tipe orang yang tak mau  repot membuat makanan kucing sekaligus ingin makanan kucing yang bernutrisi.

Kamu bisa kok membeli makanan instan dry food di toko hewan di kotamu. Untuk harga cat food sendiri bervariasi, mulai dari 25 ribuan atau  di atasnya untuk ukuran 1 Kg. Oh ya saat memberikan kucing makanan, jangan lupa sediakan juga mangkuk berisi minuman kucing di sampingnya.

Sebelum membeli makanan kucing pastikan kamu mencari tahu dulu apakah makanan tersebut bagus untuk kucingmu serta dompetmu. Untuk review makanan kucing bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

Ganti minuman kucing minimal sekali sehari dan berikan air minum yang telah matang ke kucing. Ini bertujuan untuk menghindarkan adanya larva, perubahan rasa, air kotor yang bisa menyebabkan masalah pencernaan kucing seperti mencret, diare, cacingan dan gangguan sejenisnya.

Selain itu pastikan bahwa kamu tak memberikan kucing makanan secara sembarangan, contohnya memberikan kucing coklat. Coklat sendiri bisa menimbulkan keracunan pada kucing karena kandungan kafeinnya serta senyawa methylxanthunes.

 

Bagaimana Kalau Memberikan Makanan 2 Kali Sehari ?

Buat kamu yang memiliki banyak kucing atau memiliki dana minim namun punya kucing yang ingin di pelihara maka kamu bisa memberikan kucing makanan 2 kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Pada siang hari berikan saja mereka campuran nasi dengan lauk yang kamu makan.

Misalkan laukmu hari ini adalah ikan tongkol maka campurkan saja nasi dengan tongkol kemudian berikan pada kucingmu . Bagi yang memiliki banyak kucing bisa memberikan rebusan air tongkol kemudian di campur nasi dan sedikit daging ikan tongkol secara merata.

Bagi pemilik kucing ras mungkin cara ini kurang di sarankan karena makanannya kurang begitu bernutrisi bagi kucing. Tetapi di bandingkan kucing tak makan siang karena memang kondisi kita low budget atau karena memiliki banyak kucing, cara ini patut kamu pertimbangkan.

Untuk makanan pagi dan malam tetap gunakan dry food atau wet food ( pilih salah satu yang menurut kamu lebih hemat dari segi ekonomi ). Penggunaan salah satu dari 2 jenis makanan kucing ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi kucing tetap terpenuhi dan kucing bisa tumbuh dengan sehat serta aktif.

 

Mungkin itu saja pembahasan berapa kali kucing harus makan dalam sehari. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu bahwa berapa kali pemberian makanan yang baik dalam sehari, apa saja yang mesti di perhatikan saat memberikan makan kucing dan apakah aman memberikan makan kucing 2 kali dalam sehari.

Bila menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url