5 Cara Mengatasi Phobia Kucing

5 Cara Mengatasi Phobia Kucing Fobia | Ketakutan akan suatu hal yang terjadi secara terus menerus tanpa adanya alasan yang kuat ataupun rasional sebab stimulus objek tertentu, kondisi ini di namakan phobia.

 

Cara Mengatasi Phobia Kucing
Ilustrasi Phobia Akan Kucing


Ailurophobia atau phobia terhadap kucing merupakan salah satu contoh dari fobia. Fobia terhadap kucing adalah suatu hal yang merepotkan. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa di indonesia sendiri banyak orang yang memelihara kucing dan banyak kucing liar yang berkeliaran di jalanan.

Di kota Anggora sendiri, saya sering kali menjumpai kucing liar di pasar, pinggiran jalan dan rumah-rumah warga. Ini membuat si penderita phobia kucing akan kesulitan bila mana dia bertemu dengan hewan yang satu ini.

Selain timbulnya rasa takut akibat phobia kucing, rasa malu pun akan timbul bila kerabat dan orang lain menertawakan tingkah kita yang ketakutan berlebihan ketika berjumpa kucing yang lucu.

Pastinya kondisi ini akan membuat si penderita phobia kucing terganggu sebab terbatasnya tindakan serta aktifitas yang bisa di lakukan akibat phobia, apalagi jika kasus fobianya adalah pobia ekstrim.


Mengapa Seseorang Bisa Menderita Ailurophobia ?

Banyak sekali faktor yang mungkin membuat seseorang menjadi pengidap ailurophobia. Beberapa di antara penyebab yang umum yakni :

  • Di gigit kucing dan menyebabkan luka fatal

  • Di cakar kucing yang menyebabkan luka darah dan sobekan di kulit

  • Kecelakaan akibat kucing

  • Trauma di masa lalu atau trauma di masa kecil yang erat kaitannya dengan kucing

 

Rasa takut yang menumpuk dan begitu membekas di hati serta pikiran akan membuat seseorang menjadi penderita fobia.

4 mitos kucing mati di rumah, apa saja sih ? Baca selengkapnya mitos kucing mati di rumah dengan mengklik di sini.


Ciri-Ciri Penderita Phobia Kucing ( Ailurophobia )

Apakah kamu salah satu penderitanya atau bukan ? Agara dapat mengetahuinya kamu bisa melihat ciri dan gejala penderita phobia kucing dengan melihat pertanda berikut :

  • Penderita phobia kucing biasanya akan sangat fokus memperhatikan gerak gerik kucing

  • Kaku bila kucing berada di hadapannya 

  • Takut bila si kucing mendekat

  • Merasa tak nyaman dengan keberadaan si kucing

  • Merasa panik dengan keberadaan si kucing

  • Berusaha menghindar bila berjumpa kucing

  • Tak mampu berpikir jernih

  • Pikiran menjadi kacau

  • Berteriak histeris bila kucing mendekati ataupun mengejarnya

  • Untuk kondisi ekstrim si penderita bisa ketakutan setengah mati


Kucing mengeong terus bisa jadi pertanda kucing melihat hantu loh, baca selengkapnya dengan mengklik di sini.


Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Phobia Kucing

Untuk mengatasi phobia kucing, caranya sama saja dengan phobia lainnya yakni dengan melakukan pengobatan rutin secara teratur setiap harinya sampai pobia ini menghilang. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam upaya mengatasi maupun menghilangkan ailurophobia atau ketakutan serius pada kucing :

1. Sering Melihat Gambar Kucing

Pada tahapan awal kamu bisa melihat gambar kucing dalam bentuk photo hitam putih. Photonya bisa kamu ambil dari google. Lihatlah poto tersebut setiap harinya dan pikirkanlah bahwa kucing tidaklah semenakutkan apa yang kita pikirkan.

Bila kamu sudah merasakan bahwa kamu nyaman melihat poto kucing hitam putih maka selanjutnya lakukan latihan dengan menggunakan poto kucing yang berwarna.

Benarkah mitos atau rumor bahwa memelihara kucing bawa rezeki ? Simak penjelasannya di sini.


2. Gambar Kucing Di Kertas

Saat kamu senggang cobalah menggambar kucing di atas kertas. Gambarlah kucing dan perhatikanlah perasaanmu setiap kali menggambar kucing. Bila saat menggambar kucing kamu tak takut dan merasa nyaman ataupun biasa saja maka kamu bisa lanjut ke cara berikutnya.

5 alasan kenapa kucing selalu menyembunyikan kotorannya di dalam pasir, baca di sini.


3. Tonton Video Kucing

Mintalah kerabatmu untuk mengunduh video kucing dari internet kemudian tontonlah video kucing tersebut. Perhatikan tingkah laku mereka sambil berkata pada diri kita bahwa hewan ini tak begitu berbahaya.

Kucing melahirkan  di rumah pertanda apa ? ketahui pertanda apa dengan membaca di sini.


4. Lihat Kucing Asli

Melihat kucing yang asli tentu sensasinya akan terasa berbeda di banding melihat kucing yang asli. Bila kamu masih takut terhadap kucing, maka kamu tak perlu mendekati kucing dari dekat. Cukup lihat dan perhatikan kucing sembari berkata bahwa kucing hanyalah hewan kecil biasa yang tak menakutkan serta tak dapat melukai dirimu.

Kamu bisa semakin mendekati kucing untuk melihat serta mengamati tingkah lakunya. Semakin kamu tak takut kucing, cobalah untuk mengatur jarak semakin mendekatinya.

Di kencingi kucing merupakan pertanda akan sesuatu loh. Mau tahu apa saja itu, baca di sini.


5. Ulangi Dengan Rutin Dan Teratur

Menghilangkan pobia terhadap kucing akan sulit dilakukan bila tak ada niat sungguh-sungguh dalam diri kita. Karenya untuk bisa sembuh dan mengatasi phobia terhadap kucing, perlu bagi kita untuk terus melakukan langkah di atas secara rutin dan teratur hingga kita yakin bahwa kita telah bebas dari fobia pada kucing.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi phobia kucing. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi tahu mengapa seseorang bisa menderita phobia kucing, ciri orang yang pobia kucing dan cara menghilangkan dan mengatasi fobia kucing.

Bila menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url