7 Cara Supaya Kucing Tidak Hamil

Cara Supaya Kucing Tidak Hamil | Mungkin kamu adalah seseorang catlovers yang memelihara kucing betina. Dan merasa kerepotan manakala nantinya kucing kamu akan hamil dan memiliki banyak anak. Karenanya kita sebisa mungkin berusaha agar kucing peliharaan kesayangan kita tidak hamil.


Cara Supaya Kucing Tidak Hamil
Ilustrasi Cara Supaya 1 Kucing Tidak Hamil

Agar kucing tidak hamil sebenarnya banyak hal yang bisa di lakukan. Mulai dengan cara berbayar sampai dengan cara yang tak terbayar. Kita dapat memilih langkah mana yang menurut kita sesuai dengan kondisi dompet atau dengan keinginan kita. Lantas apa sajakah langkah yang bisa kita ambil untuk mencegah kucing betina kita supaya tak hamil ?

Untuk mengetahui apa saja langkah-langkahnya, simak penjelasannya dalam artikel ini.


7 Cara Supaya Kucing Tidak Hamil

Untuk mencegah agar kucing kita tak hamil kamu bisa mengikuti 7 langkah atau cara berikut ini. Sebaiknya baca cara di bawah ini dengan perlahan agar tak ada hal yang terlewati dan lebih meningkatkan persentase kucing tidak akan hamil. Berikut 7 cara mencegah kucing agar tak hamil versi Anggora.


1. Pastikan Kucing Sedang Birahi Atau Dalam Musim Kawin

Hal yang paling pertama yang mesti kita lakukan adalah dengan cara memastikan kucing betina sedang birahi ( masa kawin ) atau bukan. Sia-sia saja dong bila kita menerapkan cara-cara agar kucing gak hamil sementara si kucing sedang tak dalam musim kawin. Lalu saat kucing dalam masa birahi kita tak menerapkan cara ini.

Sederhananya kita menerapkan caranya di saat yang tidak tepat akibatnya kucing bukannya tak hamil malah tetap akan hamil. Jadi sebelum menerapkan cara ini pastikan dulu apakah si kucing betina sedang birahi atau dalam masa kawin.

Untuk memastikannya kamu bisa melihat apakah ada beberapa pertanda berikut pada kucing : 

  • Sangat manja ke pemiliknya di bandingkan biasanya

  • Pemarah ke kucing sekitarnya

  • Mengeong dengan keras dan sering

  • Bunyi meongan memiliki nada yang berirama

  • Seringkali menyodorkan pantatnya ke pejantan

  • Sering kali berguling di depan pejantan demi mendapatkan perhatiannya

  • Kencing sembarangan


2. Sterilkan Kucing

Bagi kamu yang punya dana berlebih, tak mau repot serta neko-neko maka cara ini bisa kamu lakukan. Cukup dengan sekali mensterilkan kucing, seterusnya kamu tak akan khawatir kalau-kalau kucing kesayangan kamu akan hamil lagi. Nah untuk mensterilkan kucing, kamu hanya perlu membawanya ke dokter hewan terdekat.

Selanjutnya kucing kamu akan di tangani oleh dokter hewan yang ahli di bidangnya dalam proses pemandulan kucing. Lalu berapa biaya steril kucing betina ? biayanya cukup terjangkau menurut anggora yakni sekitar 500 ribuan untuk kucing kampung dan sampai satu jutaan untuk kucing ras.

Harga ini terbilang murah atau terjangkau bila di setarakan dengan manfaatnya, yakni kucing tak akan dapat berkembang biak ataupun hamil lagi semasa hidupnya hingga ia tiada.

Cara berkembang biak kucing bagaimana sih, simak penjelasannya dengan mengklik di sini.

 

3. Buat Suhu Kandang lebih hangat

Masukkan kucing dalam kandang lalu naikkan suhu dalam kandang agar lebih hangat. Ini bertujuan untuk membuat kucing tenang dan agar ia bisa melewati masa birahi atau musim kawin tanpa berisik. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mencegah kucing hamil namun kamu tak menginginkan kucing kamu di steril atau kamu masih berusaha mengumpulkan dana agar bisa melakukan steril kucing. 

 

4. Isolasi Kucing Dalam Kandang Atau Ruangan

Bila kamu memiliki kucing jantan dan betina dalam satu rumah, serta kedua-duanya masih belum di sterilkan. Maka cara yang bisa kamu lakukan adalah memisahkan kucing dan mengurung salah satu atau kedua-duanya dalam kandang.

Selanjutnya atur kandang agar sedikit hangat agar kucing tak berisik dan mampu melewati musim kawinnya dengan tenang.

Pada usia berapa kucing baru bisa hamil ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


5. Gunakan Aroma Tertentu

Berikan aroma yang di sukai kucing agar ia bisa tenang, contohnya aroma tanaman catnip. Kamu bisa juga menggunakan aroma buatan seperti aroma feliway. Aroma-aroma ini sangat di sukai oleh kucing dan tentunya bisa menenangkan kucing.

Aroma feliway akan bekerja dengan mengeluarkan efek bau yang serupa dengan facial pheromones yang di produksi oleh tubuh kucing. Aroma ini merupakan aroma yang biasa di pakai kucing dalam menandai area miliknya serta berguna untuk menarik betina.

 

6. Gunakan Obat Penurun Birahi

Cara lainnya untuk mencegah supaya kucing tak hamil adalah dengan memberi ke kucing obat tertentu yang memiliki fungsi menurunkan birahi kucing. Obat penurun libido bekerja dengan cara menekan maupun menghillangkan birahi kucing. Berikan ke kucing jantan dan betina kamu agar mereka tak lagi pingin kawin.

Kamu bisa membeli obat penurun libido ini di petshop atau toko online. Biasanya obat penurun libido ini di jual dengan kisaran harga 25 ribuan untuk obat ukuran 5 ml. Pemberian obat pada kucing dosisnya di sesuaikan atas berat badan tubuh kucing dan hanya di berikan sekali dalam sebulan saja.

Kamu punya kucing hamil namun tak tahu apakah kucing hamil boleh dimandikan, dapatkan jawabannya hanya dengan mengklik di sini.


7. Berikan Obat Penenang Pada Kucing

Cara yang terakhir ini terbilang kurang manusiawi dan sangat jarang saya gunakan. Yaitu memberi kucing obat bius ( obat penenang ). Memberikan kucing obat penenang hanya karena ia ingin kawin atau menghindari kucing hamil menurut saya kurang manusiawi.

Namun bila kamu rasa hanya ini cara satu-satunya maka kamu bisa membeli obat obat penenang di petshop terdekat di kotamu. Sebelum membeli tanyakan ke penjual apakah obat penenang aman atau tak memiliki efek samping berbahaya ketika di berikan ke kucing .

 

Demikan pembahasan mengenai bagaimana cara agar kucing betina atau peliharaan tidak hamil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url