7 Sebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dan Minum Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dan Minum | Mungkin ada saatnya di mana kucing yang tadinya sehat dan aktif tiba-tiba saja menjadi lebih sering tidur. Mungkin kalau sebatas hanya sering tidur saja, tak ada yang perlu di khawatirkan. Hanya saja yang jadi masalah adalah kucing sering tidur serta tak mau makan dan minum air putih sama sekali.

 

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dan Minum Dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Kucing Hanya Tidur Saja Serta Tidak Mau Makan Dan Minum


Sebagai tuan yang baik tentunya perubahan sikap dan perilaku hewan peliharaan kita ini, terutama aktivitas tidur, kucing yang tadinya senang makan kini tak mau makan serta tak mau minum akan membuat kita khawatir. Karena sering kali penyebab kondisi ini adalah akibat dari penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai ke penyakit terparah. 

Bahkan bila sebab penyakitnya adalah penyakit ringan, kita tak boleh anggap remeh. Karena kematian sekalipun bisa terjadi pada kucing dengan kasus penyakit ringan, seringkali ini akibat pemilik yang abai terhadap kesehatan kucingnya dan menganggap remeh penyakit ringan yang di derita oleh si kucing peliharaan.

Itulah mengapa kita perlu mendeteksi secara  dini apakah penyebab utama kondisi kucing yang gak mau makan atau minum sama sekali ini. Saat kita telah mengetahuinya kita akan bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasinya.

Lantas apa saja sebab mengapa kucing tak nafsu makan dan minum ini ? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

 

7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Dan Minum

Berikut beberapa penyebab kucing menjadi sering tidur, tak mau makan dan tidak mau minum versi Anggora :

1. Cuaca Terlalu Dingin

Sama halnya dengan manusia, saat cuaca terlalu dingin maka kucing sekalipun akan menjadi malas makan dan minum. Tak hanya itu kucing akan meniadakan seluruh aktivitas hariannya dan justru lebih memilih untuk tidur. Hal ini biasa terjadi pada musim penghujan, musim dingin ataupun musim salju.

Biasanya hal ini tak terlalu membahayakan bagi kucing dan kucing pun bakal lebih banyak menghemat tenaganya akibat lebih sering tertidur. Kucing saya sendiri saat musim hujan dan cuaca amat dingin, mereka lebih sering tiduran dan terkadang tak mau makan karena malas gerak. Tetapi saat cuaca tak lagi dingin, kucing kembali seperti biasanya dan rajin makan dan mau minum.

Yang jadi masalah adalah apabila kucing masih saja malas makan serta tak mau minum dan lebih sering tertidur bahkan setelah cuaca sudah panas kembali maka bisa di pastikan ada masalah pada kesehatan kucing kita.

 

2. Depresi Atau Stress

Kucing yang sedang depresi ataupun stress umumnya akan sangat malas makan dan minum. Ini juga di tandai dengan perubahan sikap serta prilaku kucing seperti kucing yang tadinya ramah, riang dan aktif kini menjadi cenderung pendiam, malas gerak, sering menghindari tuannya atau manusia dan tak nafsu makan serta jarang minum.

Bila kamu yakin bahwa kucing kamu benar-benar stress atau depresi, kamu bisa mencoba 9 cara mengatasi stress dengan mengklik di sini.


3. Birahi

Kucing yang sedang pingin kawin atau birahi juga bisa membuat kucing tak mau makan dan minum. Kucing akan lebih fokus mencari betina dan keluyuran ke sana kemari mencari betina untuk di kawini. Ketika kucing jantan sedang birahi seringkali mereka jarang pulang kerumah dan baru pulang ketika mereka mau makan atau minum saja.

Bahkan saat mereka di suguhkan makanan, mereka akan terkesan abai dan malah tak niat memakannya sama sekali. Biasanya kucing birahi hanya akan makan serta minum sekali atau dua kali dalam sehari. Sama halnya dengan kucing jantan, kucing betina yang sedang birahi juga akan malas makan dan minum.

Bagi kamu yang belum tahu apa saja sih ciri-ciri kucing yang sedang birahi atau sedang dalam musim kawin, kamu bisa lihat ciri-cirinya di sini.


4. Akibat Makanan

Makanan sekalipun bisa jadi sebab mengapa kucing gak mau makan. Makanan yang di sajikan mungkin tidak sesuai selera kucing, contohnya makanan yang di sajikan kurang harum di hidung kucing dan sulit di kunyah.

Pernah dahulu di saat Anggora mengganti makanan kucing bolt yang bentuk tuna ke bolt bentuk donat, tiba-tiba saja sebagian kucing saya gak mau memakannya. Saat itu saya pun kebingungan, untung saja waktu itu masih ada sisa bolt tuna lalu langsung saya berikan ke kucing yang tak mau makan tadi.

Alhasil, kucing makan lahap seperti biasanya. Dari situlah saya ambil kesimpulan bahwa makanan bolt yang benuk donat bagi sebagian kucing saya mungkin sulit di kunyah atau baunya kurang harum. Karena itu mereka jadinya tak mau makan.

Jenis makanan juga berpengaruh bagi kucing yang menderita sariawan, radang mulut dan tenggorokan. Bila makanan sulit di kunyah dan keras, kucing penderita ganggguan ini akan lebih memilih untuk tidak makan dan hanya minum saja.

Makanan kucing Bolt bagus gak sih ? lihat review lengkapnya dengan mengklik di sini.


5. Akibat Minuman

Minuman yang di sajikan juga berpengaruh bagi kucing yang tak mau minum. Sifat pemilih pada manusia juga ada pada kucing. Kucing akan lebih memlih gak minum sama sekali ketimbang minum air putih yang bau, kotor atau berubah warna. 

Kucing kamu malas minum? Ketahui 9 alasan kenapa kucing gak mau minum di sini.


6. Terserang Penyakit

Kucing yang sedang sakit akan lebih memilih untuk diam dan tidur. Sebab saat ia terserang penyakit, kucing merasa bahwa kondisi tubuhnya berat dan tidak enak. Selain itu kucing juga akan kehilangan nafsu makannya serta jarang minum.

Kucing yang sakit biasanya di tandai dengan :

  • Perubahan prilaku seperti dari aktif menjadi pendiam dan lebih sering tidur
  • Adanya gejala tanda penyakit yang tampak pada tubuh seperti nafas sesak, hidung dan mata mengeluarkan cairan dan sejenisnya
  • Tubuh kucing menjadi semakin kurus
  • Mata kucing semakin lama semakin kehilangan cahayanya
  • Kesulitan bergerak
  • Tak mau makan
  • Tak mau minum
  • Tak mau makan hanya mau minum saja

7. Keracunan

Keracunan bisa juga menjadi penyebab utama mengapa kucing kita menjadi tak mau makan dan minum. Kucing biasanya terkena racun saat ia bermain di luar rumah dan tanpa sengaja memakan tanaman, tikus, serangga yang telah di semprot racun anti hama seperti pestisida ataupun insektida.

Ciri kucing keracunan yang paling tampak adalah mulut kucing berliur atau seperti mengeluarkan busa. Lama kelamaan mulut kucing akan berubah menjadi hitam dan bau. Tak hanya itu bila keracunan cukup parah maka kucing yang keracuna bisa kejang-kejang lalu mati di tempat.

Untuk ciri selengkapnya mengenai kucing keracunan tikus ataupun serangga bisa kamu lihat dengan mengklik di sini. 

 

Cara Mengatasi Masalah Kucing Tak Mau Makan dan Minum ?

Bagaimanakah cara mengobati kucing tak mau makan dan minum ? Caranya sederhana saja sih, cukup cari tahu apa sebab utamanya lalu lakukan penanganan yang sesuai misalkan kucing sedang birahi, cukup carikan saja pasangan untuknya.

Bila kucing ternyata malas makan karena makanannya sulit di kunyah atau tak sesuai seleranya, tinggal ganti saja ke jenis makanan yang baunya lebih harum dan mudah di kunyah gigi kucing. Untuk mendeteksi penyebabnya kamu bisa lihat 7 alasan kucing enggak mau makan dan minum di atas, lalu bila kamu menemukan penyebab utamanya, kamu tinggal cari jenis penanganan yang sesuai.

Untuk kasus kucing yang terserang penyakit sebaiknya segera membawa ke dokter untuk segera di obati. Tindakan sigap kita ini akan membuat kucing lebih cepat sembuh dan mengurangi resiko kematian. Biaya pengobatan kucing sakit sendiri bervariasi tergantung jenis penyakitnya sendiri.

Jikalau penyakit ternyata ringan maka kamu hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari 50 ribuan dan maksimal 100 ribuan. Sementara untuk penyakit parah berkisar di atas 100 ribuan hingga jutaan karena mungkin butuh tindakan medis yang mendalam seperti operasi, obat-obatan yang mahal, suntikan tertentu dan sejenisnya.

Kucing keracunan pun sebaiknya segera di bawa ke dokter hewan tapi kalau kondisi keracunannya tak begitu parah maka kamu bisa mengobatinya sendiri di rumah dengan air kelapa ataupun susu beruang.

Cara mengobati kucing keracunan dengan air kelapa dan susu beruang bisa kamu lihat dengan mengklik di sini dan di sini.


Demikan pembahasan mengenai alasan mengapa kucing tidak mau makan dan minum serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url