7 Makanan Yang Boleh Di Makan Kucing

Kucing boleh makan apa saja ? Pertanyaan ini umumnya seringkali terpikirkan oleh kamu yang mungkin baru saja memelihara kucing. Sebab pastinya kita juga berpikir bahwa kucing sama saja dengan manusia.

 

Kucing Boleh Makan Apa Saja
Foto Kucing Sedang Makan

 

Keduanya punya makanan yang boleh dan tak boleh di makan agar kesehatan tetap terjaga. Tetapi berbeda dengan manusia, kucing lebih memiliki sedikit makanan yang boleh di makan di bandingkan makanan yang boleh di makan manusia.

Ini karena kucing bukanlah termausk golongan pemakan segala yakni Omnivora seperti manusia, kucing termasuk hewan Karnivora. Itulah mengapa kebanyakan makanan yang boleh di makan oleh sobat bulu kesayangan kita adalah kebanyakan di peroleh dari hewan.

Lalu apa sajakah makanan yang boleh di makan kucing yang tidak berbahaya sekaligus menyehatkan baginya. Untuk mengetahuinya Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

Makanan Yang Boleh Kucing Makan

Memberikan kucing makan tak boleh di lakukan sembarangan. Sebab dapat menjadi penyebab kucing menderita penyakit gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, kotoran berdarah, kucing mengalami keracunan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Itulah sebabnya mengapa penting bagi kita untuk mengetahui apa saja makanan yang baik dan boleh di berikan ke kucing. Beberapa makanan yang baik dan boleh di berikan ke kucing peliharaan kita antara lain :

1. Ikan

Tentunya kita semua tahu bahwa kucing sangat menyukai ikan dan makanan ini merupakan makanan yang sama sekali tak bisa di tolak oleh kucing. Ikan sendiri kaya akan Omega 3 serta kaya akan kandungan protein.

Proteinnya sendiri adalah potein hewan yang mana sangat baik dan sangat di butuhkan oleh hewan karnivora seperti kucing. Sementara omega-3 yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan jantung dan ginjal.

Meskipun makanan yang satu ini boleh di berikan ke kucing tapi pemberiannya tak boleh asal di berikan begitu saja. Ikan tak boleh di berikan mentah-mentah ke kucing. Ikan mesti di rebus matang terlebih dahulu dan di masak tanpa campuran bumbu.

Memasak ikan hingga matang bertujuan membuat bakteri serta parasit berbahaya yang berada di dalamnya mati. Sementara tak merebus ikan dengan bumbu bertujuan untuk menghindarkan kucing keracunan akibat campuran bumbu tertentu.

Mengapa kucing suka makan ikan? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.

 

2. Daging Ayam

Makanan lain selain ikan yang boleh di makan oleh kucing adalah daging ayam. Daging ayam merupakan salah satu jenis makanan yang boleh di berikan dan di makan oleh kucing. Daging ayam juga kaya akan protein dan vitamin.

Di dalamnya terkandung multivitamin seperti vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D dan Zat Besi, Kalsium serta Magnesium. Berbagai kandungan nutrisi dan protein hewani yang terkandung di dalamnya tentunya akan membuat kucing sehat juga tumbuh dengan baik.

Serupa dengan ikan, daging ayam pun tak boleh di berikan begitu saja tanpa memasaknya hingga matang terlebih dahulu. Alasannya serupa yakni untuk menghindari kucing terinfeksi bakteri ataupun parasit yang berbahaya.

 

3. Telur

Makanan lainnya yang boleh di berikan ke kucing adalah telur. Telur sendiri merupakan jenis makanan yang kaya akan protein. Umumnya kebanyakan kucing suka memakan bagian kuning telur tetapi untuk putih telurnya sendiri sebagian kucing tak menyukainya.

Meskipun telur boleh di berikan ke kucing namun untuk putih telur sendiri sangat tak di anjurkan di berikan ke kucing. Sebab di dalam putih telur terdapat senyawa yang mempu mengikat vitamin B yang menyebabkan kucing akan kekurangan vitamin B yang mana sangat di butuhkan tubuh kucing.

Berbanding terbalik dengan putih telur, kuning telur sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi kucing. Salah satu manfaat kuning telur jika di berikan ke kucing adalah dapat menambah nafsu makan kucing.

Nah untuk manfaat lainnya dapat kamu lihat di sini.


4. Daging Sapi

Yang keempat adalah daging sapi. Bukan cuma ikan saja, daging sapi merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit kucing. Ini karena daging sapi memiliki rasa yang nikmat dan bau yang menggoda.

Karena itulah setiap kali kucing mencium aroma daging sapi, kucing akan berlomba-lomba mendatangi tempat aroma tersebut berasal. Selain karena daging sapi memiliki rasa lezat, daging sapi pun ternyata mengandung banyak nutrisi baik.

Kandungan tersebut antara lain :

  • Air
  • Beta-karoten
  • Riboflavin
  • Seng
  • Retinol
  • Niasin
  • Besi
  • Tembaga
  • Thiami
  • Lemak
  • Abu
  • Kalsium
  • Natrium
  • Kalium
  • Energi
  • Protein
  • Fosfor


Oh iya sebelum memberikan kucing daging sapi sebaiknya masak matang terlebih dahulu ya daging sapinya agar bakteri dan parasit yang ada di dalamnya mati. Juga agar kucing aman memakannya. Untuk jenis makanan yang satu ini sebaiknya berikan dengan porsi yang tepat.

Sebab memberikan kucing terlalu banyak daging sapi untuk dimakan bisa menyebabkan kucing mengalami sembeli serta obesitas ( kegemukan ).

 

5. Nasi

Nasi merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Yang mana karbohidrat ini juga sangat di butuhkan oleh kucing. Memberikan nasi sebagai makanan kucing bukanlah hal yang salah dan tak di larang.

Hanya saja pemberian nasi untuk kucing mestilah di barengi dengan campuran makanan lain seperti ikan, telur, ayam dan makanan sejenisnya. Mengapa harus di barengi dengan makanan lain ? Sebab memberi nasi saja tanpa campuran yang lain, menurut ahli hewan di nilai kurang menyehatkan.

Pembahasan selengkapnya mengenai kucing makan nasi dapat kamu lihat di sini.


6. Sayuran

Meskipun kucing adalah hewan yang suka memakan daging tapi bukan berarti kamu tak boleh memberinya sayuran untuk di makan. Memberikan kepada kucing sayuran secara langsung mungkin agak mustahil sebab kebanyakan kucing tak menyukainya dan tak mau memakannya.

Satu-satunya cara agar kucing mau memakan sayuran adalah dengan mencampurkan sayuran yang telah di haluskan dengan wet food ataupun ikan. Sayuran yang sering kali di berikan catlovers ke kucing adalah wortel, timun, bayam, selada, kangkung, asparagus dan juga brokoli.


7. Snack Atau Makanan Khusus Kucing

Selain 6 makanan di atas, makanan lain yang boleh di berikan ke kucing adalah snack ataupun makanan khusus kucing. Makanan jenis ini dapat dengan mudah kamu temukan di pet store terdekat ataupun dapat membelinya melalu toko online.

Makanan jenis ini adalah makanan yang memang di formulasikan khusus untuk kucing. Umumnya snack ataupun makanan kucing mengandung protein, taurin dan berbagai multivitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh kucing.

Makanan kucing jenis ini pun memiliki banyak manfaat seperti :

  • Menyehatkan tubuh

  • Menyehatkan mata kucing

  • Memperkuat tulang dan gigi kucing

  • Baik untuk bulu

  • Mengendalikan hairball

  • Mengurangi bau busuk kotoran kucing

  • Aman untuk pencernaan kucing


Di pasaran, makanan kucing di jual dari mulai harga 25 ribuan untuk makanan kucing dengan ukuran 1 Kg. Makanan kucing yang umumnya ada di toko adalah 1 Kg, 3 Kg, 5 Kg dan 10 Kg. Sementara untuk snack kucing harganya bervariasi dan di mulai dengan harga 5 ribuan.

Baca juga review makanan kucing Bolt dengan mengklik di sini.

Itulah penjelasan mengenai makanan apa saja yang boleh di makan kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu lebih paham tentang makanan yang baik untuk kucing kamu, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url