6 Keunikan Gigi Kucing Dan Ada Berapa Jumlah Gigi Kucing

Gigi Kucing Ada Berapa ? | Di antara kita mungkin banyak yang senang memelihara kucing. Alasannya mungkin hewan yang satu ini sangat jinak dan mudah sekali untuk di rawat. Alasan lainnya karena kucing merupakan hewan imut berprilaku lucu serta menggemaskan.

 

Gigi Kucing Ada Berapa
Foto Gigi Kucing

 

Bicara tentang kucing, pastinya kita tahu bahwa kucing adalah hewan karnivora ( pemakan daging ). Itulah mengapa hewan yang satu ini memiliki taring yang tajam dan giginya yang kuat untuk merobek dan mengunyah makanannya.

Meskipun kucing tergolong hewan karnivora namun kucing tak begitu buas dan tidak suka melukai manusia. Kebanyakan kucing justru memiliki sikap yang ramah dan sangat jinak, ini sangat bertolak belakang dengan ordonya yang merupakan hewan Karnivora.

Banyak sekali hal dari kucing sendiri yang menarik untuk di bahas, salah satunya adalah mengenai gigi kucing.  Di kesempatan ini Anggora akan membahas mengenai keunikan gigi kucing dan jumlahnya.

Simak sampai akhir ya Good Readers


Keunikan Gigi Kucing

Kucing merupakan hewan karnivora. Karenanya kucing memiliki taring dan gigi yang tajam serta kuat. Selain itu ternyata kucing juga memiliki keunikan tertentu yang membuat giginya jauh berbeda jika di bandingkan dengan gigi manusia.

Berikut ini beberapa hal yang unik pada gigi kucing :

1. Gigi Kucing Di Rancang Untuk Berburu

Gigi kucing mirip mahkota terbalik. Bentuk ini adalah bentuk gigi sejati dari hewan karnivora. Gigi-gigi kucing di rancang sedemikian rupa oleh sang pencipta untuk memudahkan kucing dalam berburu mangsanya.

Contohnya adalah saudara kucing yakni kucing hutan. Sewaktu kucing hutan berburu, kucing akan menangkap mangsanya dengan menggunakan cakarnya kemudian melumpuhkan dan membunuh mangsanya dengan menggunakan gigi-giginyanya.

Lalu  ia akan mengoyak daging dan kulit musuhnya dengan taringnya dan menggunakan gigi lainnya untuk memotong serta mengunya makanannya dalam mulut agar mudah melewati tenggorok dan makanan mudah di cerna organ pencernaan.

Kucing juga suka berburu jangkrik. Lalu bahayakah kucing makan jangkrik ? Simak penjelasannya dengan mengklik di sini.

 

2. Gigi Kucing Memiliki Fungsinya Sendiri

Kita pastinya sudah pernah melihat gigi kucing. Masing-masing giginya memiliki bentuk yang berbeda. Ada yang tajam dan besar dan ada juga gigi berukuran kecil serta tumpul yang terletak di antara gigi-gigi yang tajam.

Gigi-gigi ini memiliki kegunaannya masing-masing. Contohnya gigi taring digunakan untuk berburu dan mengoyak makananan. Sementara gigi-gigi kucing yang kecil di gunakan kucing untuk menggigit sesuatu.

Tak hanya itu saja, gigi-gigi kecil ini pun seringkali digunakan kucing untuk membersihkan kuku, mencabut bagian kuku yang mulai lepas serta menggigit bagian kulit pada tubuh yang mereka rasa gatal.


3. Gigi Kucing Tak Akan Pernah Berlubang

Gigi kucing tak akan pernah berlubang seperti apa yang di alami oleh manusia dan anjing. Ini karena gigi kucing tak punya tabel oklusal ( permukaan horizontal ) pada giginya. Sehingga gigi kucing tak akan mengembangkan lesi karies.

Itulah sebab mengapa kucing giginya tak akan pernah berlubang. Sampai saat ini belum pernah di temukan kasus kucing domestik yang mengalami masalah gigi berlubang. Masalah gigi berlubang hanya di temukan pada fosil kucing dari abad ke 13.

Meskipun gigi kucing tak akan pernah berlubang namun bukan berarti kucing tak akan mengalami masalah gigi dan masalah mulut. Kucing juga dapat mengalami sakit gigi, radang gusi, radang mulut gingivostomatitis dan kanker mulut.

Bukan cuma itu saja, kucing juga rentan dengan resorpsi gigi. Ketika kucing mengalami resorpsi gigi, dokter hewan akan cenderung menyarankan gigi kucing untuk di cabut.

Meskipun gigi kucing tak berlubang tetapi kucing tak boleh memakan coklat. Alasan kenapa kucing tak boleh makan coklat dapat kamu lihat di sini.

 

4. Walaupun Gigi Di Cabut Kucing Masih Tetap Bisa Makan

Jangan khawatir jikalau kucing kamu terpaksa giginya harus di cabut oleh dokter hewan. Sebab kucing masih tetap bisa makan dengan normal meskipun ia telah kehilangan sebagian ataupun semua gigi-giginya .

Kucing masih tetap akan bisa memakan-makanan seperti wet food ataupun dry food. Lebih baik bagi kucing kehilangan gigi-ginya di bandingkan kucing menderita rasa sakit yang menyakitkan akibat masalah pada gigi

 

5. Kucing Tak Pernah Tampak Seperti Sakit Gigi

Kucing adalah tipe hewan yang suka menyembunyikan rasa sakit. Saat kucing mengalami sakit gigi akan sulit bagi kita untuk menemukan tanda atau gejala kucing sedang mengalami masalah atau penyakit pada giginya.

Penting bagi kita untuk rajin memperhatikan bau mulut, perubahan air liur, gusi dan nafsu makan kucing serta kecepatan nafas kucing. Di saat kita merasa ada yang aneh atau janggal sebaiknya kita segera membawa kucing ke dokter hewan untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Sama seperti saat kucing sakit gigi, kucing juga tak akan menunjukkan rasa sakitnya ketika ia mengalami radang tenggorokan. Lihat ciri-ciri kucing radang tenggorokan di sini.

 

6. Gigi Kucing Dan Manusia Memiliki Kesamaan

Bentuk gigi kucing ketika kita perhatikan secara seksama memiliki bentuk yang berbeda jika di bandingkan dengan gigi manusia. Tetapi kucing dan manusia memiliki kesamaan yakni sama-sama makhluk diphyodont.

Makhluk diphyodont yakni memiliki dua pasang gigi yang berurutan. Pasangan pertama yaitu pasangan gigi susu dan sulung yang akan rontok ketika masih berusia muda sementara pasangan gigi yang satunya lagi adalah gigi permanen.

Meskipun sama sama memiliki 2 pasang gigi, gigi kucing lebih cepat tumbuh dan berganti di bandingkan gigi manusia. Kucing akan memiliki gigi susu di saat mereka berusia 2 mingguan. Ketika kucing berusia 3 bulanan gigi susu seluruhnya akan tanggal dan di gantikan oleh gigi permanen.

 

Lalu Berapa Sih Jumlah Gigi Kucing ?

Gigi kucing ada berapa sih ? Pertanyaan yang satu ini mungkin pernah tersirat dalam benak kita sebagai pecinta kucing ataupun orang yang hanya tertarik dengan kucing. Bukan hanya orang dewasa kadang kala anak-anak pun tak jarang memikirkan dan melontarkan pertanyaan serupa.

Berapa sebenarnya jumlah gigi kucing ? Gigi kucing berjumlah 30 untuk kucing dewasa sementara untuk kucing yang masih anak-anak biasanya ada 26 gigi. Sederhananya sih 26 gigi susu dan 30 gigi permanen.

Jika di bandingkan jumlah gigi kucing dengan gigi manusia, gigi manusia dewasa lebih banyak di bandingkan gigi kucing dewasa yakni sekitar 32 gigi permanen. Sementara anjing memiliki 42 gigi permanen pada anjing yang sudah dewasa.

Baca juga alasan kucing lari-lari sendiri dengan mengklik di sini.


Bagaimana Cara Merawat Gigi Kucing ?

Merawat gigi kucing cukup mudah, kamu hanya perlu menyikatnya sekali sehari saja. Saat menyikat gigi kucing sebaiknya gunakan sikat gigi khusus kucing untuk memudahkan kamu menyikat gigi kucing. Jangan lupa juga memakai odol ( pasta gigi ) khusus kucing.

Sikat bagian dalam dan luar gigi-gigi kucing secara perlahan dan lembut agar tak melukai gigi dan gusi sobat bulu kesayangan kita. Sikat sekali setiap harinya. Itu saja sih cara perawatan untuk gigi kucing.

Oh iya saat kamu merasa ada masalah dengan mulut dan gigi kucing jangan lupa untuk membawanya ke dokter hewan untuk di periksa dan segera di obati.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai keunikan gigi kucing dan gigi kucing ada berapa jumlahnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu paham kelebihan gigi kucing dan jumlah gigi kucing ada berapa banyak.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url