7 Cara Mudah Membuat Kuning Telur Dan Madu Untuk Kucing

8 Cara Membuat Kuning Telur Dan Madu Untuk Kucing | Selain mengenyangkan, kuning telur ternyata sangat baik loh untuk kesehatan apalagi jika di tambah madu pastinya akan lebih menyehatkan. Tak hanya manusia, telur campur madu juga baik bagi kesehatan kucing.

 

Cara Membuat Kuning Telur Dan Madu Untuk Kucing
Foto Telur Dan Madu

 

Kuning telur dan madu dapat kamu berikan ke kucing sebagai makanan utama. Agar kucing tak bosan makan dry food serta wet food melulu atau bisa juga di jadikan cemilan tambahan yang bernutrisi di luar jam makan utama.

Dengan memberikan kucing kuning telur kamu dapat membuat dia senang, kenyang dan tumbuh sehat. Tetapi gimana sih cara memberikan dan membuat kuning telur dan madu untuk kucing supaya si sahabat berbulu mau memakannya dengan mudah ?

Bagi kita yang baru saja mulai memelihara kucing tentunya hal ini akan membuat kita bingung. Di tambah lagi jika sahabat berbulu adalah tipe kucing yang pemilih maka akan sulit baginya untuk memakan kuning telur yang kita berikan.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat kuning telur plus madu untuk kucing, Good Readers dapat melihat penjelasan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

10 Manfaat Telur Campur Madu Untuk Kucing

Sebelum masuk ke cara membuat dan memberikan kuning telur dan madu untuk kucing tak ada salahnya kamu tahu sedikit mengenai manfaat kuning telur campur madu bagi kucing. Manfaatnya dapat kamu lihat di bawah ini :

  • Anti bakteri

  • Baik untuk bulu kucing

  • Menambah nafsu makan kucing

  • Meningkatkan stamina kucing

  • Mengobati flu

  • Memguatkan imun tubuh kucing

  • Memperkuat tulang dan gigi kucing

  • Mempercepat proses penyembuhan pada kucing sakit

  • Menurunkan demam

  • Menyehatkan saluran pencernaan

 

Itulah beberapa manfaat yang mungkin kucing kita dapatkan ketika ia telah mengkonsumsi kuning telur campur madu.


7 Cara Mudah Membuat Dan Memberikan Kuning Telur Dan Madu Untuk Kucing

Terkadang memberikan kuning telur dan madu pada kucing sangatlah sulit. Apalagi jika kucing yang hendak kita berikan adalah tipe kucing yang hobi memilih-milih makanan. Kita butuh cara tertentu agar kucing mau memakannya.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kuning telur dan madu untuk kucing agar kucing mau memakannya. Bagi kamu yang tak tahu caranya kamu dapat menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk membuat dan memudahkan pemberian kuning telur dan madu bagi kucing :

1. Mencampurkan Kuning Telur Dan Madu Dalam Wet Food

Cara pertama untuk membuat kuning telur dan madu adalah dengan cara mencampurkannya langsung ke dalam wet food. Kamu bisa menggunakan kuning telur mentah dan kuning telur yang telah di rebus untuk di campurkan langsung ke dalam wet food.

Kemudian tambahkan setengah sendok makan madu ke dalam wet food. Pastikan ukuran perbandingan wet food dan madu adalah 5 : 1 agar wet food tak berubah rasanya dan kucing tetap senang memakannya.

Sebab jika bau makanan tak berubah maka kucing masih mengira bahwa ia hanya memakan wet food padahal sebenarnya makanan tersebut telah kita campurkan dengan telur dan sedikit madu.


2. Mencampur Madu Dan Kuning Telur Mentah

Cara selanjutnya membuat kuning telur dan madu dapat dengan mudah di makan kucing adalah dengan cara mencampurkannya langsung. Untuk cara ini kamu perlu menggunakan kuning telur yang mentah.

Gunakan telur ayam kampung saja karena telur ayam kampung bebas dari bakteri salmonella tak seperti telur ayam biasa. Ambil kuning telur kemudian campurkan dengan setengah sendok makan madu. Setelah itu berikan ke kucing dengan menggunakan mangkuk makan.

Biasanya setelah mencium aroma kuning telur dan madu, kucing akan menjilati makanan ini sampai habis. Tetapi jika kucing tak mau memakannya, kita dapat menyendokkannya langsung ke dalam mulut kucing.

Atau agar lebih aman kita dapat menggunakan spuit untuk memasukkan makanan ini ke dalam mulut kucing dengan mudah.

Baca juga cara memberikan makanan kucing yang baik dengan mengklik di sini.


3. Mencampur Kuning Telur Setengah Matang Dan Madu

Cara ini hampir sama dengan cara di atas hanya saja yang membedakan adalah telur yang di gunakan. Telur yang di gunakan mesti di rebus setengah matang dahulu sebelum mencampurkannya dengan madu.

Rebus kuning telur setengah matang kemudian langsung campurkan dengan setengah sendok makan madu. Lalu tinggal berikan ke kucing. Kucing akan langsung memakan campuran kuning telur setengah matang dan madu dengan lahap.

 

4. Mencampurkan Kuning Telur Serta Madu Dengan Ikan

Selain mencampurkan dengan wet food, kamu juga dapat mencampurkannya dengan ikan yang di rebus matang. Untuk campuran telurnya, kamu bebas mau menggunakan telur mentah maupun telur setengah matang.

Campur telur dengan madu kemudian campurkan dengan ikan secara merata. Perbandingan ikan dan campuran telur plus madu adalah 3 : 1 ini agar bau ikan lebih kuat sehingga kucing akan lebih mudah memakannya.

Mau makanan kucing yang mudah di buat serta murah. Coba resep makanan kucing yang ada di sini.


5. Mencampurkannya Dengan Daging, Ceker Atau Dengan Kepala Ayam

Tak hanya dengan ikan, jika kebetulan di rumah ada daging, ceker ataupun kepala ayam maka kamu dapat mencampurkannya dengan telur dan madu. Cara membuatnya cukup mudah dan mirip dengan cara mencampurkan kuning telur plus madu dengan ikan yang telah kita bahas sebelumnya

 

6. Mencampurkannya Dengan Tempe Rebus

Tempe sangat baik bagi pencernaan kucing. Tempe pun dapat menggemukkan tubuh kucing. Untuk memberikan kuning telur dan madu ke kucing, kamu dapat menggunakan campuran tempe. Sebelum mencampurkannya, potong dahulu tempe kecil kecil dengan ukuran yang pas sesuai mulut kucing.

Kemudian rebus tempe, setelah tempe matang taruhlah tempe di mangkuk dan tuangkan campuran madu dan kuning telur di atasnya. Kemudian kamu dapat menyajikan langsung ke kucing atau mencampurnya sampai rata sebelum di berikan ke kucing.

Kamu bisa juga menggunakan tempe sebagai variasi makanan kucing. Untuk membuatnya kamu dapat memakai resep yang ada di sini.


7. Mencampurkannya Dengan Susu

Bukan cuma dengan makanan saja, dengan susu pun, kuning telur dan madu bisa kamu campurkan. Sebab seperti yang kita tahu bahwa minuman yang satu ini sangat di gemari oleh kucing. Campurkan kuning telur yang masih mentah dan setengah sendok makan madu ke dalam segelas susu.

Lalu aduk merata kemudian pisahkan sebagian susu campur madu ke mangkuk minum kucing sebab kucing mungkin hanya minum sedikit saja. Sisanya bisa kamu minum atau di berikan ke orang lain. Untuk susu yang di gunakan sebaiknya memakai susu khusus kucing.

Jika tak ada susu kucing di rumah maka sebagai alternatif kita dapat menggunakan susu manusia yang bebas laktosa seperti susu beruang, SGM LLM, susu UHT Cimory dan sejenisnya. Kamu juga bisa menggunakan susu kambing.

Tapi jangan terlalu banyak sebab susu kambing masih mengandung sedikit laktosa. Saat mencampur kuning telur dan madu dengan susu kamu juga bisa menambahkan VCO (Virgin Coconut Oil)  dan minyak ikan untuk menambah khasiatnya.


Hal Yang Mesti Di Perhatikan Sebelum Mencampurkan Telur Dan Madu Dengan Makanan Lain

Sebelum memberikan kucing telur dan madu ada beberapa hal penting yang mesti kita perhatikan. Ini supaya pemberian madu dan telur akan memberikan manfaat kesehatan dan bukannya malah mendatangkan penyakit.

Apa saja hal penting itu ? Berikut beberapa di antaranya :

  • Madu mesti madu asli bukan campuran atau bohongan

  • Telur yang di berikan mesti telur ayam kampung sebab telur ini bebas bakteri salmonella walaupun di berikan mentah-mentah

  • Tak masalah menggunakan telur ayam biasa dan bebek hanya saja akan ada resiko kucing terinfeksi bakteri salmonella jika di berikan dalam kondisi mentah. Pemberian dengan cara di rebus matang lebih Anggora anjurkan untuk telor jenis ini.

  • Jangan berikan bumbu tambahan pada telur, ikan, daging maupun tempe. Bumbu yang lezat bagi manusia bisa jadi racun bila masuk ke dalam tubuh kucing

  • Bagi kucing yang sedang sakit dan tak mau makan, sebaiknya pemberiannya menggunakan spuit untuk memudahkan kucing memakannya.


Baca juga bahaya kucing makan cicak dan jangkrik dengan mengklik di sini dan di sini.


Wah ada banyak ya cara membuat dan memberikan kuning telur dan madu pada kucing dengan mudah. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung mengenai bagaimana cara memberikan kucing kuning telur beserta madu.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url