close

6 Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Ikan

Kenapa Kucing Suka Makan Ikan | Kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Yang suka memakan hewan seperti serangga, kadal, cicak dan hewan sejenisnya sebagai makanan. Tapi di antara semua hewan tersebut, kucing lebih menyukai ikan untuk di makan.

 

Kenapa Kucing Suka Makan Ikan
Ilustrasi Kucing Suka Makan Ikan


Tak hanya dalam kondisi matang, kucing pun senang memakan ikan dalam keadaan mentah. Mungkin bagi kamu yang seorang cat lovers sekaligus pencinta ikan hias atau memelihara ikan untuk ternak, pastinya tak jarang kamu akan memergoki si kucing sedang berusaha menangkap ikan dari dalam aquarium ataupun kolam ikan.

Kita tahu bahwasanya kucing suka memakan ikan, tapi apakah kita tahu alasan mengapa si kucing suka makan ikan ? Pertanyaan ataupun kuis semacam ini mungkin pernah terlintas di benak kita atau pernah kita dapatkan dari orang lain yang berada di sekitar kita. Ketika teka-teki atau pertanyaan ini terlontarkan ke kita banyak yang tak tahu menjawabnya atau asal menjawab saja.

Lalu apakah alasan kucing bisa suka makan ikan ? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Kenapa Kucing Suka Makan Ikan

Ada beberapa alasan mengapa kucing di katakan menyukai ikan. Alasan tersebut bisa berasal dari kucing itu sendiri ataupun dari luar. Nah bagi kamu yang ingin menambah wawasan atau sekedar penasaran kenapa sih kucing itu suka makan ikan,  kamu bisa lihat beberapa alasannya di bawah ini :

 

1. Keyakinan Yang Di Wariskan

Sebenarnya kucing tak hanya menyukai ikan namun kucing pun menyukai makanan lainnya seperti daging, udang, lobster dan hewan sejenisnya. Namun kenapa dalam pikiran kita terpikirkan bahwa makanan yang paling sangat amat di sukai kucing hanyalah ikan ? Ini karena pandangan ini telah tertanam di pikiran kita.

Ini di tanamkan secara tak langsung semenjak kita kecil. Lalu siapakah yang menanamkannya ? jawabannya adalah orang tua, orang di sekitar kita dan bahkan masyarakat. Saat kita kecil kita mungkin sering mendengar orang tua berkata seperti  jangan kasih itu nak, kucing cuma suka makan ikan".

Tak hanya di rumah bahkan di sekolah pun guru mengajarkan hal yang serupa dalam pelajaran pengenalan hewan, belajar membaca ataupun belajar kosa kata baru ( contohnya kucing sangat gemar memakan ikan ). Bahkan teman, saudara dan orang-orang di masyarakat akan berkata yang serupa pada kita.

Hal ini terus berlangsung hingga kita tumbuh dewasa akibatnya secara tak sadar kita meyakini bahwa kucing sangat menyukai ikan ketimbang makanan lainnya. Lalu saat kita dewasa dan memiliki anak, keyakinan tersebut akan kembali kita wariskan ke anak atau cucu kita kelak. Proses ini akan terus terulang-ulang ke generasi selanjutnya.

Keyakinan ini mirip dengan keyakinan masyarakat mengenai kucing yang melihat ruangan kosong dengan tatapan serius dan mengeong seolah bicara ke sesuatu adalah contoh kucing yang sedang melihat hantu.

Bagaimana reaksi kucing saat melihat hantu atau makhluk halus, ketahui tanda-tandanya dengan mengklik di sini.

 

2. Sebuah Kebiasaan 

Alasan lain kenapa kucing menyukai ikan adalah karena kebiasaan. Selain warisan keyakinan, kebiasaan merupakan alasan lain mengapa kita menjadi kepikiran bahwa kucing suka makan ikan. Orang tua ataupun kita terbiasa memberikan kucing ikan akibat keyakinan bahwa kucing suka makan ikan.

Hal ini tak hanya terjadi pada cat lovers yang memelihara kucing kampung maupun ras, namun juga menjadi kebiasaan masyarakat yang tak suka kucing namun tak begitu membencinya. Biasanya mereka akan memberikan kucing ikan asin, daging ikan atau bahkan tulang ikan sebagai makanan kucing.

Bahkan bila di sana tersedia lauk lainnya seperti telor, biasanya mereka cenderung akan lebih memilih memberikan ikan ataupun tulang ikan kepada kucing. Pengambilan keputusan ini di picu oleh keyakinan dan kebiasaan yang telah tertanam dalam diri orang tersebut.

Selain memberikan kucing makan ikan ternyata memberi kucing telur juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kucing loh,apa saja manfaatnya ? Untuk mengetahuinya klik di sini.

 

3. Kucing Menyukai Aroma Ikan

Kucing hanya akan mau memakan makanan yang tercium harum di hidungnya. Makanan yang menurutnya baunya tak enak tak akan di anggap makanan yang layak untuk di makan sama sekali. Bahkan kadang kala bila bau makanan di rasa terlalu aneh dan dianggap busuk oleh kucing, kucing akan melakukan gerakan tangan seolah-olah hendak mengubur kotoran kucing.

Itulah salah satu alasan mengapa kucing suka ketika di berikan ikan. Namun walaupun kucing memang meyukai ikan dari aromanya tapi kadangkala kala kucing akan memilih makanan lain yang memiliki aroma yang lebih harum dan enak di hidungnya. Contohnya kucing lebih memilih memakan daging ayam ataupun sapi di bandingkan ikan.

Jangan asal memberikan kucing makanan, ketahui makanan apa saja yang tak boleh di berikan ke kucing dengan mengklik di sini.


4. Kucing Menyukai Daging Ikan

Selain memiliki aroma kuat yang di sukai kucing, ikan sendiri memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nikmat bagi lidah kucing. Daging kucing juga mengandung banyak protein hewani yang tentunya sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh kucing.

Tak hanya memakai ikan sebagai makanan kucing, ternyata kamu bisa juga membuat makanan bagi kucing yang menderita diare dengan memakai tempe, caranya bisa kamu lihat di sini

 

5. Kucing Adalah Hewan Karnivora

Walaupun kucing merupakan hewan yang tergolong jinak dan sering di jadikan hewan peliharaan. Kadang kala kita lupa bahwa kucing termasuk kelompok hewan karnivora. Hewan karnivora adalah hewan yang makanan utamanya adalah hewan lain atau daging. Hewan karnivora biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki gigi yang tajam yang mampu mengoyak tubuh mangsanya

  • Memiliki cakar

  • Pemakan daging

  • Menjadikan hewan lainnya sebagai sumber makanan


Karena itulah saat kita memberikan kucing daging sapi, daging ayam, daging ikan dan sejenisnya, kucing akan dengan senang hati memakan makanan tersebut sampai habis. Tetapi sebelum memberikan kucing daging, sebaiknya berikan dalam keadaan mentah agar kucing tak terkena cacingan.

Bila kamu sudah terlanjur memberikan kucing makanan mentah maka untuk mengetahui apakah kucing kamu cacingan atau tidak dan bagaimana cara mengatasinya, kamu bisa baca dengan mengklik di sini.

 

6. Ikan Mudah Di Dapat Dan Harga Terjangkau

Ikan merupakan jenis makanan yang mudah kita temukan. Di pasar manapun di indonesia ini pastinya banyak yang menjual ikan. Kita dapat membeli ikan dalam ukuran kiloan bahkan sesuai dana uang yang kita punya. Tak hanya itu harga sebagian jenis ikan pun tergolong terjangkau.

Saat membeli ikan kiloan juga kita bisa mendapatkan banyak ikan. Sebagian bisa di jadikan lauk kita, sebagiannya lagi bisa di jadikan makanan kucing. Karena alasan inilah banyak orang yang senang memberikan kucing makanan ikan dan kucing pun dengan senang hati menerima ikan sebagai makanan utama sehari-hari mereka.

Kamu bisa juga loh membuat makanan kucing bernutris sendiri di rumah dengan ikan, lihat caranya dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai alasan kenapa kucing sangat suka makan ikan. Setelah membaca artikel ini kamu jadi tahu mengapa kucing bisa suka ikan. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url