3 Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput

Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput | Terkadang kita sering memergoki kucing makan rumput saat tengah menjemur pakaian, menyapu halaman ataupun saat melakukan berbagai aktivitas yang umumnya biasa kita lakukan di luar rumah. Saat kucing memakan rumput seringkali ia akan menolak untuk di ajak masuk ke rumah ataupun di panggil.

 

Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput
Ilustrasi Kucing Dikelilingi Rumput Dan Suka Memakan Rumput

 

Bahkan saat di angkat paksa pun, kucing seringkali kabur dan kembali ke rumput yang barusan ia makan tersebut. Ini menandakan seolah kucing sangat menyukai ataupun senang memakan rumput. Tapi sebenarnya ada alasan di balik mengapa kucing suka memakan rumput.

Setelah memakan rumput kadangkala kucing juga senang memburu serangga, cicak maupun kadal yang ada di luar rumah untuk di makan. Kucing bukan hanya gemar memakan rumput namun sebenarnya kucing punya alasan ataupun tujuan lain yang menyebabkan kenapa kucing setiap harinya selalu memakan rumput.

Agar kamu tidak penasaran kenapa kucing suka memakan rumput, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Kenapa Kucing Suka Makan Rumput

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa si kucing kurang kerjaan karena hobi makan rumput dan juga kucing jorok karena makan rumput yang biasa di injak oleh orang lain. Pemikiran ini biasa muncul dalam pikiran seseorang yang masih belum paham apa saja manfaat mengunyah rumput bagi kucing.

Dan hal ini cukup wajar mengingat kurangnya pengetahuan seseorang tentang dunia perkucingan, hehehe. Lalu apa saja sih alasan atau manfaat rumput bagi kucing yang suka mengunyah rumput. Berikut ini beberapa alasan kucing suka makan rumput-rumputan :

1. Baik Bagi Pencernaan Kucing

Rumput mengandung asam folat yang biasanya ada pada susu induk kucing tak hanya itu rumput juga mengandung vitamin esensial yang terbilang sangat baik bagi pencernaan kucing, membantu produksi hemoglobin serta menyokong pertumbuhan sel.

Saat kucing merasa bahwa tubuhnya membutuhkan vitamin ini maka secara alami kucing akan mencari rumput terdekat yang ada di sekitarnya kemudian memakannya.


2. Obat Sakit Perut Kucing

Memakan rumput bagi kucing ternyata berfungsi sebagai obat sakit perut. Saat kucing merasakan bahwa perutnya bermasalah, kucing akan bersegera pergi ke luar rumah untuk mencari rumput untuk di makan.

Setelah memakan rumput, tubuh kucing secara alami akan memuntahkan seluruh isi perutnya karena kurangnya enzim yang berguna untuk mencerna rerumputan. Ini biasa di lakukan kucing untuk membersihkan saluran pencernaannya dari benda yang sulit di cerna tubuh seperti bulu, tulang dan benda sejenisnya

Selain untuk membersihkan perutnya, kucing juga suka memakan rumput dengan tujuan mengatasi berbagai gangguan yang terjadi pada pencernaannya. Salah satunya adalah mengatasi masalah sembelit. 


3. Pencahar Alami

Bagi kucing, rumput merupakan pencahar alami. Karenanya saat kucing mengalami susah buang air besar, kucing akan memakan rumput-rumputan. Dengan memakan rumput, insting alami kucing yakin bahwa akan lebih lancar baginya buang air besar dan saluran pencernaan lebih bersih dan sehat.


Apakah Memakan Rumput Bisa Menimbulkan Efek Samping Atau Bahaya Bagi Kucing

Memakan rumput tentu saja tak akan menimbulkan bahaya ataupun efek samping bagi kucing, bahkan bila kucing keseringan memakan rumput pun tak akan menimbulkan gangguan kesehatan baginya. Hanya saja kita mesti yakin bahwa rumput yang di makan kucing adalah rumput yang aman dan tak terkontaminasi zat kimia berbahaya seperti racun herbisida serta insektisida.

Karena jika rumput terkontaminasi senyawa berbahaya, kucing bisa keracunan ringan maupun keracunan parah. Itulah mengapa sebelum membiarkan kucing makan rumput di pekarangan rumah sebaiknya kita pastikan bahwa rumput aman di makan kucing.

Oh iya pastikan juga kucing kamu tak makan rumput di pekarangan rumah tetanggamu ya. Ini demi menghindari kucing keracunan juga. Sebab kita pastinya tak tahu apakah rumput di pekarangan atau halaman rumah tetangga telah di semprot herbisida atau tidak. Bahaya kan kalau kucing menelan rumput yang sudah di semprot racun tanaman, bisa-bisa kucing keracunan karena ketidak tahuan kita.

Untuk mengobati keracunan ringan, kamu bisa menggunakan susu beruang, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


Bagaimana Kalau Kucing Muntah-Muntah Setelah Makan Rumput ?

Jangan khawatir karena hal ini gak berbahaya kok bagi kesehatan kucing. Seperti yang di jelaskan di atas bahwa sesaat setelah kucing selesai memakan rumput, kucing akan mulai muntah-muntah bahkan terkadang ia muntah kuning.

Reaksi ini adalah hal normal bagi kucing serta kucing yang memuntahkan isi perutnya bukanlah karena ia sedang sakit. Kucing memuntahkan isi perutnya dengan tujuan membersihkan saluran pencernaan serta perutnya dari benda-benda yang sulit dicerna seperti bola bulu, tulang-tulang dan sejenisnya.

Reaksi ini normal dengan syarat kucing baru saja makan rumput. Namun bila ternyata kucing muntah bukan sebab ia baru saja memakan rumput, bisa jadi hal ini adalah akibat penyakit tertentu. Saat ini terjadi sebaiknya segera memeriksakan kucing ke dokter hewan terdekat.

Kucing muntah darah dan cacing, kenapa bisa begitu ? cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini dan di sini.

 

Apa Saja Yang Mesti Diperhatikan Ketika Kucing Akan Makan Rumput ?

Hal yang perlu di perhatikan menurut anggora sendiri adalah sebagai berikut ini :

  • Pastikan rumput halaman rumah aman di makan

  • Pastikan rumput tak di semprot racun tanaman ( herbisida ) dan sejenisnya

  • Pastikan di rumput tak ada benda yang tajam dan berbahaya bila tertelan kucing

  • Pastikan di rumput tak ada serangga, karena kucing bisa diare bila salah makan serangga

  • Pastikan kucing tak makan rumput tetangga untuk menghindari kucing makan rumput yang telah di racun tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuan kita

 

Itu saja sih yang perlu di perhatikan agar kucing tak kenapa-napa setelah memakan rumput. Anggora menyarankan agar kamu selalu melakukan hal di atas kalau kamu tak mau kucing sakit dan mati.


Bagaimana Kalau Kucing Keracunan Sehabis Makan Rumput ?

Solusinya yang terbaik menurut anggora adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Mau itu keracunan ringan maupun keracunan berat sekalipun, lebih baik membawa kucing ke dokter hewan. Ini akan meningkatkan persentase kesembuhan kucing dan menurunkan resiko kematian kucing.

Atau mungkin jika kucing keracunan ringan kamu bisa menggunakan air kelapa untuk mengatasinya, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


Ciri-Ciri Kucing Keracunan Rumput Bagaimana Sih ?

Kalau kucing sudah terlanjur makan rumput dan keracunan, pastinya akan ada tampak tanda atau ciri tertentu. Pastikanlah apakah kucing benar-benar keracunan dengan melihat beberapa tanda berikut ini:

  • Sempoyongan

 

Tanda kucing keracunan rumput mirip-mirip dengan kucing keracunan racun tikus, cari tahu ciri atau tandanya dengan mengklik di sini.


Mungkin sekian saja pembahasan mengenai alasan kenapa kucing sangat suka makan rumput. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya pada kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url