9 Penyebab Kenapa Kucing Tiba Tiba Menjauh

Sebagai pemilik kucing tentunya kita sangat senang jikalau sobat bulu kesayangan kita begitu manja dengan kita, suka berinteraksi dengan kita ataupun senang berada di dekat kita. Apalagi jikalau kucing sering mengikuti kita dan selalu menempel dengan kita maka hal ini malah akan membuat kita semakin merasa senang melihatnya.

 

Kenapa Kucing Tiba Tiba Menjauh

 

Dan sebaliknya jikalau si kucing mendadak menjauh kita, sebagai pemilik pastinya kita akan merasa sedih dan terasa sakit dalam hati kita. Ini tak aneh mengingat kucing yang tadinya sangat amat menyukai kita dan tak ingin lepas dengan kita, kini menjadi menjauhi kita.

Selain merasa sedih, juga akan timbul sejumlah pertanyaan mengenai hal ini dalam pikiran kita. Salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait kondisi ini adalah pertanyaan seperti "kenapa kucing tiba-tiba menjadi menjauhi kita ? ".

Sebenarnya kucing menjauhi kita bukan tanpa adanya sebab. Ini di sebabkan oleh beberapa penyebab. Lalu apa saja penyebabnya ? Bagi Good Owners yang penasaran ingin tahu apa sebabnya, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.


9 Penyebab Kenapa Kucing Tiba Tiba Menjauh

Sewaktu kucing kamu menjaga jarak dengan kamu ataupun menjauhi kamu maka kamu jangan bersedih, karena ini bukan berarti kucing benci pada kamu. Kucing melakukan hal ini sebenarnya di sebabkan oleh beberapa penyebab.

Apa saja penyebabnya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Kucing Tak Menyukai Bau Badan Kamu

Penyebab pertama mengapa kucing menjauhi kamu mungkin adalah karena badan kamu bau. Seperti yang kita tahu bahwa penciuman kucing sangat tajam. Bahkan penciuman kucing bisa di bilang 2 kali lipat lebih tajam di bandingkan anjing.

Karena itulah kucing sangat sensitif terhadap bau di sekitarnya. Bila ia merasa bahwa kamu sangat bau maka jangan salahkan jika si kucing menjauhi kamu. Kucing menjauhi kamu karena kucing membenci bau kamu.

Namun kamu tak perlu khawatir akan hal ini sebab setelah badan kamu tak bau lagi atau kamu sudah mandi maka si kucing akan bersikap normal kembali terhadap kamu. Anggora bisa berkata seperti ini sebab dahulu di kala Anggora tak sempat mandi karena sibuk melakukan suatu pekerjaan, kucing peliharaan Anggora menjauh.

Namun setelah mandi dan badan kembali harum, si sobat bulu kesayangan malah mendekat dan bersikap manja seperi biasanya.


2. Kucing Dewasa

Kucing dewasa terutama kucing dengan jenis kelamin jantan akan menjadi lebih menjaga jarak dengan kita. Menjaga jarak di sini bukannya sering menjauhi kita namun hanya kadang-kadang saja terutama jikalau kucing sedang dalam masa kawin.


3. Kucing Stress

Di saat kucing mengalami stress, perubahan perilaku adalah hal umum yang terjadi pada kucing. Seperti kucing yang tadinya riang, aktif dan senang berada di dekat tuannya kini menjadi murung, lebih sering tidur dan menjadi penyendiri. Stress pada kucing sendiri dapat di sebabkan oleh :

  • Kucing hamil

  • Kucing tak bisa kawin

  • Trauma

  • Stress akibat lingkungan baru

  • Akibat perjalanan jarak jauh

  • Penyakit

  • Dan lainnya


Sama seperti kucing trauma, dengan mengatasi stress kucing maka kucing akan kembali riang, aktif dan tak akan menjaga jarak lagi dari kamu.


4. Kucing Ngambek

Sama seperti manusia, kucing juga bisa loh ngambek dan ngambeknya kucing mirip juga seperti ngambeknya manusia. Kucing yang ngambek biasanya akan bermuka masam, menjadi pendiam dan cenderung menjauhi kita. 

Biasanya kucing menjadi ngambek di karenakan ulah pemiliknya yang jahil. Pemilik menjahili kucing karena merasa bahwa tingkah si kucing yang marah begitu lucu tetapi karena pemiliknya keterusan maka si kucing akhirnya jadi ngambek. 

Untuk mengatasi hal ini kamu cukup berhenti menjahili kucing kemudian meminta maaf padanya. Bagi orang lain mungkin hal ini aneh karena manusia harus minta maaf pada kucing dan mereka pun berpikir tiada gunanya melakukan hal ini sebab si kucing pun tak akan mengerti atas apa yang kita ucapkan. 

Namun kenyataannya berbeda dari apa yang mereka pikirkan. Banyak dari pecinta kucing yang melakukan hal di atas dan merasa bahwa kucing mengerti atas permintaan maaf yang mereka ucapkan. Buktinya sebelum mereka meminta maaf, kucing tetap bermuka masam, pendiam dan cenderung menjauh, kucing terus melakukan hal ini selama berhari-hari lamanya. 

Namun setelah mereka meminta maaf, si kucing kembali berperilaku seperti sebelumnya.

 

5. Kucing Trauma

Penyebab selanjutnya mengapa kucing menjauhi kamu mungkin karena kucing memiliki trauma tertentu. Biasanya ini hanya sering terjadi pada kucing yang biasa di bebaskan keluar masuk rumah. Akibatnya pada saat kucing berada di luar rumah kucing mengalami kejadian yang membuat ia ketakutan dan sangat kesakitan. 

Contohnya seperti kucing di pukul tetangga dengan balok kayu, kucing di tabrak sepeda motor, kucing di lempar batu oleh orang jahat serta berbagai kejadian lainnya yang mungkin terjadi pada kucing sewaktu kucing berada di luar rumah dan hal-hal ini terjadi tanpa sepengetahuan kita.

Ini membuat kucing mengalami trauma dan kitalah yang terkena hasil dari traumanya ini. Kucing menjadi takut ketika melihat kita dan malah memilih menjaga jarak dari kita. Untuk mengatasi hal ini satu-satunya cara yang harus kita lakukan adalah mengatasi trauma kucing.

Setelah kucing sembuh dari traumanya kucing akan kembali bersikap normal seperti sebelumnya.

 

6. Kucing Birahi

Baik itu kucing jantan maupun kucing betina ketika mereka memasuki masa birahi maka mereka akan lebih fokus dengan keinginan mereka untuk melakukan hubungan intim. Kucing yang memasuki masa birahi biasanya akan :

  • Lebih senang berada di luar rumah

  • Tidak betah berada dalam rumah

  • Jarang makan

  • Jarang pulang

  • Sibuk mengejar kucing yang merupakan lawan jenisnya ( ini lebih sering di lakukan kucing jantan) 

  • Spraying

  • Lebih agresif 

  • Menjadi teritorial

  • Malas berada di dekat pemiliknya dan menjauhi pemiliknya

  • Dan lainnya


7. Kucing Hamil

Penyebab yang ketujuh adalah kucing sedang hamil. Kita tahu sendirilah bahwa kucing yang sedang hamil perilakunya akan berubah. Awalnya si kucing akan manja pada kita dan senang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kita pada masa awal kehamilannya.

Lalu pada masa pertengahan kehamilannya kucing mulai akan berubah sikapnya. Setelah kucing memasuki masa hamil tua, kucing akan menjadi lebih sering tidur, terkadang malas makan dan terkesan menjauhi orang-orang di sekitarnya ataupun pemiliknya.

Jadi, bila si kucing dalam kondisi hamil kemudian ia sering menjauhi kita maka besar kemungkinan ini disebabkan oleh pengaruh kehamilannya.


8. Kucing Sakit

Mungkin alasan kenapa kucing kamu menjauhi kamu adalah karena ia sedang sakit. Rasa sakit dari penyakitnya membuat kucing merasa tubuhnya dalam keadaan tidak baik sehingga kucing memilih untuk banyak beristirahat dengan cara tidur atau sekedar berdiam diri.

Kucing yang sakit akan memilih tempat yang terasa aman baginya dan tempat yang cenderung sepi. Selain itu kucing yang sakit tak suka di pegang, di elus ataupun di gendong. Bagi kucing tindakan ini adalah sesuatu hal yang mengganggu dan membuat ia merasa bahwa rasa sakitnya malah bertambah. 

Karena itulah kucing yang sakit tak jarang akan menjauhi pemiliknya ataupun orang yang yang menyayanginya yang berada di sekitarnya dan senang berada di tempat sepi serta tersembunyi. 

 

9. Kucing akan mati

Penyebab terakhir kenapa kucing menjauhi kamu adalah mungkin di karenakan kucing sadar bahwa ia akan mati. Kucing mengetahui hal ini melalui insting alaminya dan biasanya hal ini sering kali di lakukan oleh kucing yang sakit terutama bagi kucing yang sedang sakit parah.

Bila kamu memiliki kucing yang sedang sakit di rumah maka sebaiknya kamu memberikan pengobatan terbaik pada kucing seperti membawa kucing berobat ke dokter hewan agar ia bisa segera sembuh.

Karena jikalau kamu tak berusaha memberikan yang terbaik pada kucing kamu selagi ia hidup maka di saat ia tiada maka nantinya akan ada penyesalan dalam hati kamu.


Lalu Bagaimana Cara Agar Kucing Tak Menjauhi Kita ?

Untuk mengatasi hal ini, kamu tinggal lihat apa penyebabnya dan cari solusi yang tepat sesuai penyebabnya. Misalnya bila mana penyebabnya adalah karena kucing trauma maka agar kucing kembali bersikap normal dan tak menjauhi kita, kita mesti mengobati trauma kucing.

Bila penyebabnya adalah karena kucing sedang sakit maka obatilah penyakit kucing tersebut hingga ia sembuh, di saat ia sembuh maka kucing akan kembali bersikap normal seperti biasanya dan tak lagi menjauhi kita.

Intinya ntuk mengatasi hal ini kamu cukup cari tahu sebabnya lalu berikan solusi yang tepat sesuai sumber penyebabnya.


Itulah 9 penyebab kenapa kucing tiba-tiba mendadak menjauhi kita. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan kamu seputar penyebab kucing yang mendadak tiba-tiba menjauhi kita.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url