6 Alasan Kenapa Kucing Aktif Di Malam Hari Yang Perlu Kamu Tahu

Pastinya kita sering terbangun di malam hari. Terbangunnya kita mungkin karena kita ingin minum, merasa lapar dan yang tersering adalah kita bangun di malam hari karena ingin buang air kecil atau besar.

 

Kenapa Kucing Aktif Di Malam Hari

 

Saat kita terbangun, terkadang kita melihat kucing kesayangan tengah aktif atau terbangun di malam hari. Kucing yang melihat kita, pemiliknya terbangun, kemungkinan akan mulai minta di elus-elus, minta di beri makan, mengeong-ngeong dengan suara keras, mengajak bermain,

Bahkan ada yang meminta di bukakan pintu supaya bisa berkeliaran bebas di luar rumah. Melihat kucing kita yang aktif ini tak jarang banyak dari pemilik kucing yang akan abai terhadap permintaan kucing.

Mungkin karena efek masih mengantuk plus pikiran kita berkata bahwa ini masih pagi jadi belum waktunya bagi si kucing untuk medapatkan semua itu. Jikalau si kucing melakukan semua itu pada jam delapan atau sembilan malam sih, mungkin bisa kita terima.

Tapi kalau si kucing aktif pada jam 12 malam atau jam 1 dini hari, tentunya siapapun itu akan malas menerima permintaan sobat bulu kesayangan kita. Walaupun ada, paling hanya beberapa pemilik kucing saja yang akan dengan senang hati menerima permintaan kucing tersebut.

Lalu kenapa sih kucing bisa tiba-tiba aktif di malam hari ? Bagi Cat Lovers yang penasaran ingin tahu apa penyebabnya, kamu bisa membaca tulisan Anggora berikut ini sampai akhir.

 

6 Alasan Kenapa Kucing Aktif Di Malam Hari

Mengapa kucing bisa aktif di malam hari ? Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat kucing yang tadinya berperilaku normal kini menjadi aktif di malam hari. Apa saja penyebabnya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Kucing Termasuk Golongan Hewan Krepuskular

Kucing merupakan hewan krepuskular. Apa itu hewan krepuskular ? Hewan krepuskular adalah golongan hewan yang menjadi sangat aktif saat waktu senja dan pada waktu menjelang terbitnya matahari

Yang artinya kucing menjadi hewan yang sangat aktif ketika matahari mulai terbenam atau di saat matahari akan terbit. Ini di karenakan mangsa alami kucing juga aktif pada waktu-waktu tersebut. Bukannya kucing saya adalah kucing rumahan dan apa kaitannya dengan mangsa alami ?

Mereka sudah di beri makan dengan cukup jadi untuk apa mereka berburu hewan lainnya lagi ? Bisa di bilang ini adalah perilaku yang sudah di wariskan dari generasi ke generasi sehingga kebiasaan ini tetap melekat meskipun kucing bukanlah kucing liar alias kucing rumahan.

Perilaku ini adalah perilaku yang tertanam dalam DNA atau genetik kucing yang membuat perilaku ini akan tetap ada dan sulit untuk di hilangkan. Perilaku ini merupakan perilaku bawaan dari nenek moyang kucing.

Jadi, jikalau kucing peliharaan kamu tiba-tiba menjadi kucing yang aktif di malam hari, bisa jadi penyebabnya adalah hal ini.

 

2. Kucing Terlalu Banyak Di Tidur Siang

Kucing yang terlalu banyak tidur siang akan sulit untuk tidur di malam hari, akibatnya kucing mau tak mau menjadi aktif. Ini karena kucing yang telah terbangun bosan jika hanya berdiam diri saja tanpa melakukan apapun.

Ini membuat kucing berpikir untuk menghabiskan waktunya dengan apa saja yang di rasa ia menarik untuk dilakukan. Kucing dapat bermain sendirian ke sana-ke sini, menggaruk-garuk perabotan, mengeong-ngeong dengan suara keras, menangkap atau memburu hewan kecil seperti nyamuk, tikus kecoa dan sejenisnya.

Tak jarang tingkah laku kucing yang aktif ini akan membangunkan kita yang tengah bermimpi indah dengan suara berisik yang ia timbulkan dan membuat kita kesulitan untuk tidur kembali. Jadi, jika kucing aktif di malam hari itu mungkin karena ia terlalu banyak tidur pada siang hari.

Namun dalam beberapa kasus, kucing yang sering tidur terutama di siang hari adalah kucing yang mengalami masalah kesehatan tertentu dengan syarat :

  • Kucing tidak mau makan sama sekali

  • Kucing hanya mau minum

  • Kucing lemas

  • Kucing berbau busuk

  • Mata kucing terliat kosong dan sayu

  • Kucing kesulitan bergerak dan berjalan

 

Bila kucing tak memiliki seluruh ciri di atas dan masih mau makan dan minum bahkan aktif di malam hari. Dapat di pastikan si kucing hanya terlalu banyak tidur di siang hari sehingga waktu aktifnya yang seharusnya siang hari malah bergeser menjadi malam hari.


3. Kucing Butuh Perhatian

Kucing yang butuh perhatian biasanya akan menjadi aktif di malam hari. Ini karena kucing merasa bahwa dirinya kesepian dan tidak ada teman yang bisa di ajak berinteraksi sehingga kucing merasa bosan serta kucing menjadi kurang bergerak.

Akibatnya kucing akan menjadi sangat aktif di malam hari. Di tambah lagi dengan adanya hewan-hewan kecil yang selalu keluar di malam hari membuat kucing yang merasa kesepian ini menjadi memiliki sebuah hiburan dan teman bermain.

Karena merasa bahwa malam hari jauh lebih menyenangkan dan punya teman bermain, kucing menjadi lebih memilih untuk menghabiskan malam harinya untuk bermain, mengejar buruannya, mengeong-ngeong sementara di siang harinya ia akan lebih memilih diam dan tidur.

Kurangnya perhatian pemilik adalah salah satu sebab mengapa kucing menjadi lebih aktif di malam hari. Seringkali hal ini di sebabkan sang pemilik yang sibuk bekerja atau beraktivitas di siang hari. Jika punya kucing di rumah sebaiknya beri perhatian dan sering berinteraksi dengannya.


4. Kucing Merasa Ketakutan

Alasan selanjutnya adalah kucing merasa ketakutan. Perasaan ini adalah hal wajar yang di miliki oleh setiap makhluk hidup, termasuk kucing. Kucing yang merasa ketakutan biasanya detak jantungnya akan berdetak sangat kencang dan sulit untuk tidur.

Ketika kucing terkejut dan takut biasanya kucing akan terbangun kemudian berlari untuk bersembunyi di tempat tertentu. Rasa takut ini juga membuat kucing akan menjadi lebih waspada sehingga kucing memilih untuk tetap terbangun sampai ia merasa bahwa situasinya telah aman.

Salah satu contoh kucing yang tidak bisa tidur karena ketakutan adalah kucing yang takut akan suara hujan, kilat dan petir. Pernah suatu ketika di malam hari hujan turun dengan sangat deras. petir menyambar-nyambar dan kilat berulang kali menerangi langit dalam waktu sesaat.

Kucing Anggora yang ketakutan tidak bisa tidur, mereka malah terbangun, saling berkumpul satu salam lain sembari terus melihat ke arah langit dan ventilasi udara yang terkadang menampakkan sinar putih akibat kilat yang muncul.

Mereka terus melakukan hal tersebut sampai hujan berhenti akibatnya mereka menjadi tak tidur di malam hari dan malah lebih banyak tidur di siang hari. Kenapa Anggora bisa tahu mereka tak tidur ? Karena pada saat itu Anggora juga di sana ikut begadang bersama mereka hehehe.

Ketika kucing banyak tidur di siang hari maka otomatis mereka akan menjadi aktif di malam hari. Ketakutan inilah yang memicu hal ini. Untuk mengatasi hal ini perlu mengatasi rasa takut kucing serta mengatur ulang jadwal tidur kucing, agar kucing tak banyak tidur di siang hari.


5. Kucing Sedang Dalam Masa Birahi

Kucing yang sedang birahi cenderung akan sangat sulit untuk tidur terutama di malam hari apalagi bila birahinya tak di salurkan. Ini karena kucing yang birahi mengeluarkan hormon estrogen yang memicu situs estrus yang membuat tubuhnya menjadi sangat panas.

Kucing yang birahi memiliki ciri-ciri umum seperti :

  • Sering spraying ( kencing sembarangan )

  • Hobi berguling-guling

  • Malas makan

  • Selalu meminta untuk keluar rumah

  • Jarang pulang

  • Senang mengejar atau di kejar kucing yang berjenis kelamin berbeda

  • Sering mengeong-ngeong keras

  • Dan lainnya


Kucing yang sedang birahi akan sangat aktif di malam hari dan bisa sangat amat mengganggu tidur kita. Kucing bisa mengeong-ngeong dengan suara yang keras, spraying sembarangan, menggaruk-garuk pintu rumah agar di keluarkan dan juga memberantakan barang-barang di dalam rumah.

Untuk mengatasi hal ini hanya ada 2 cara yakni mengawinkan kucing kamu dan yang kedua melakukan steril kucing.


6. Terlalu Memanjakan Kucing

Alasan yang terakhir adalah kamu terlalu memanjakan kucing. Setiap kali kucing meminta makanan maka kamu selalu memberikan ia makanan. Bahkan jika ia meminta pada tengah malam, kamu tanpa keberatan memberinya makanan.

Akibatnya kucing akan selalu terbangun pada jam yang sama dan terus meminta makan pada kamu. Kucing berpikir bahwa saat ia lapar, ia boleh meminta makan pada pemiliknya walaupun pada saat itu sang pemilik sedang tertidur.

Untuk membangunkan kamu, kucing akan melakukan berbagai hal. Mulai dari memijat-mijat, duduk di atas dada, menjilati muka, menggosokkan mukanya ke wajahmu, mencakar dan sebagainya, kucing akan melakukan hal ini sampai kamu terbangun dan memberi ia makan.

Ketika kucing menjadi aktif di malam hari, ini murni bukan sepenuhnya dari kesalahan mereka. Kesalahan ini bisa berasal dari kita sang pemiliknya yang terlalu menyayangi kucing dan tak bisa bertindak tegas terhadap mereka.

Jika kamu tak ingin kucing menjadi seperti ini sebaiknya ubahlah kebiasaan kucing dan beri makan kucing pada waktu yang telah di jadwalkan saja atau beri cemilan di saat waktu-waktu tertentu saja dan jangan beri makan kucing pada tengah malam atau pada dini hari.

 

Bagaimana Cara Membuat Kucing Menjadi Tak Aktif Di Malam Hari ?

Nah untuk mengatasi kucing yang menjadi sangat aktif di malam hari, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini :

  1. Atur jadwal makan kucing secara teratur

  2. Jangan biasakan memberi makan kucing pada saat tengah malam atau dini hari

  3. Jika kucing ketakutan, hilangkan rasa takutnya agar ia bisa kembali tidur

  4. Kalau kucing kamu ternyata sedang birahi maka kawinkan kucing atau sterilkan kucing agar kucing tak lagi aktif di malam hari

  5. Sering berinteraksi dengan kucing, bila tak sempat berinteraksi karena sibuk bekerja minimal berikan kucing teman ( kucing lainnya ). Kucing yang memiliki teman akan banyak menghabiskan waktunya bermain dengan temannya sehingga di malam hari ia lelah dan tertidur

  6. Sewaktu menjelang tidur, beri makan kucing sampai cukup kenyang. Ini akan membuat kucing nyenyak tidur dan tak kepikiran untuk berburu hewan di saat malam atau dini hari.

  7. Kandangkan kucing pada saat menjelang tidur. Kucing yang di kandangkan akan merasa gerakannya di batasi dan cepat merasa bosan sehingga kucing akan lebih memilih untuk tidur selama ia di kandangkan. Ini akan membuat kucing lebih banyak tidur di malam hari dan hanya akan aktif pada pagi sampai sore hari

  8. Matikan lampu di tempat di mana kucing berada. Ini akan membuat penglihatan kucing menjadi gelap sehingga kucing mengira bahwa hari masih malam dan belum pagi. Kucing pun akan merasa susah bergerak karena sulit melihat dalam gelap sehingga kucing akan memilih untuk tidur sampai ia merasa bahwa dunia sudah lebih terang.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa alasan mengapa kucing menjadi sangat aktif di malam hari dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu memahami hal ini serta menambah wawasan kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url