7 Cara Mudah Mengatasi Kucing Ngambek

Bermain dengan kucing memang seru apalagi kalau kita menggodanya dengan sedikit bertingkah jahil. Namun ketika menggoda kucing kita secara tak sengaja keterusan dan membuat si kucing menjadi ngambek. 

 

Cara Mengatasi Kucing Ngambek

 

Ketika kucing ngambek atau merajuk, wajahnya terlihat semakin lucu dan tampak menggemaskan. Meskipun kucing terlihat semakin menarik saat ia ngambek namun hal ini tak boleh di biarkan begitu saja.

Karena bila kucing di biarkan terus ngambek di khawatirkan kucing dapat mengalami stress. Tentunya kita tak ingin hal ini terjadi pada kucing kesayangan kita. Sewaktu si kucing sudah mulai jengkel sebaiknya kita segera berhenti menggoda kucing.

Lalu cobalah untuk mengatasi kucing yang merajuk atau ngambek tadi. Bagaimana caranya ? Caranya sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa memakai cara yang biasa Anggora lakukan terhadap kucing ngambek. 

Caranya bisa Good Owners lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya !!

 

7 Cara Mudah Mengatasi Kucing Ngambek

Sewaktu kucing merajuk atau ngambek jangan di biarkan. Karena ini bisa membuat kucing menjadi stress sehingga kesehatan mentalnya dapat terganggu dan dapat membuat kucing menjadi berperilaku abnormal seperti perilaku Pica, Coprohagia, Anggresif, dan lainnya.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk segera mengatasi kucing yang sedang mengambek. Nah untuk cara mengatasinya adaalah sebagai berikut :

1. Biarkan Kucing Sendiri Atau Menyendiri

Jikalau kamu sedang kesal pada seseorang pastinya kamu ingin menghabiskan waktumu untuk sendirian ( menyendiri ). Kamu melakukan ini untuk menghilangkan rasa marah, kesal serta untuk menenangkan diri.

Nah hal serupa juga berlaku buat kucing. Dikala kucing sedang ngambek maka biarkan ia menyendiri atau sendirian terlebih dahulu. Jangan di ganggu walaupun niat kamu mengganggunya hanyalah untuk menghibur dia agar dia tak kesal dengan cara memeluknya ataupun mengelus-elus bagian tubuh yang ia sukai.

Soalnnya menghibur kucing tak akan membuat si kucing luluh seperti pada manusia dan sama sekali tak akan memperbaiki perasaan. Jadi jikalau dia sedang ngambek, berhenti menggodanya, biarkan ia menyendiri dahulu dan mengganggunya untuk beberapa saat.


2. Jauhkan Ia Dari Hal Yang Membuat Ia Marah

Cara mengatasi kucing ngambek yang kedua adalah dengan cara menjauhkan ia dari hal-hal yang membuat ia marah. Terkadang kucing bukannya ngambek terhadap kamu tetapi terhadap hal yang berada di sekitarnya.

Contohnya adalah kucing yang ngambek akibat adanya anak kucing yang bermain di sekitarnya, atau ada kucing baru yang kamu adopsi yang selalu mendekatinya. Hal-hal inilah yang dapat membuat kucing menjadi kesal sendiri lalu ngambek.

Nah untuk mengatasi hal ini kamu cukup menjauhkan kucing yang sedang ngambek dari kucing lain yang mengganggunya atau mejauhkan hal-hal yang membuat ia kesal dari dekatnya. Dengan melakukan hal ini biasanya kucing tak akan lagi ngambek dan moodnya akan kembali seperti biasanya.


3. Membuat Kucing Merasa Nyaman

Cara selanjutnya untuk membuat kucing tak lagi ngambek adalah dengan cara membuat ia merasa nyaman. Kamu bisa memberi ia catnip, memeluknya ataupun mengelus elus kepala atau bagian tertentu tubuhnya untuk membuat ia merasa nyaman.

Kucing yang merasa nyaman biasanya akan lupa dengan perasaan kesalnya bila kamu membuatnya merasa nyaman. Bahkan setelahnya mungkin dia akan bermanja dengan kamu yang membuat dia kembali nyaman.

Oh iya jikalau kamu ingin membuat kucing kamu merasa nyaman tapi si kucing menolak kamu dengan cara berontak ataupun mencakar ketika di pegang maka sebaiknya urungkan niat untuk membuat ia nyaman dan biarkan ia menyendiri dulu sampai ia tenang.

 

4. Ajak Ia Bicara Dengan Lembut

Sewaktu kucing ngambek dan kamu telah membiarkan ia sendiri untuk beberapa saat maka selanjutnya cobalah berbicara dengan lembut kepadaya. Bicaralah untuk membujuk ia agar tak marah lagi.

Kamu bisa membujuknya dengan mengatakan alasan kenapa kamu menjahilinya dan berjanji tak akan membuat ia marah lagi.  Sembari berbicara dengan si kucing, kamu dapat mengeluss-elus tubuhnya agar ia merasa nyaman.

 

5. Minta Maaf Padanya

Pernah lihat tidak ada kucing peliharaan yang ngambek karena ia ingin di buang oleh pemiliknya. Kenapa bisa tahu si kucing ngambek  ? Ini karena si kucing tiba-tiba menjadi pendiam, penyendiri dan tampak murung beberapa saat sesudah ia mendengar bahwa ia akan di buang.

Tetapi pemiliknya yang sudah terlanjur sayang padanya tak jadi membuangnnya dan merasa aneh melihat sikap si kucing yang berubah drastis. Setelah ia meminta maaf pada si kucing, tahu tidak apa yang terjadi ?

Si kucing sikapnya berubah, ia kembali menjadi aktif, riang  dan senang berinteraksi dengan manusia. Ini seolah kucing mengerti atas apa yang di ucapkan pemiliknya. Kucing memang  tak paham bahasa manusia namun kucing mengerti apa yang di ucapkan manusia melalui perasaan dalam kalimat yang di sampaikan padanya.

 

6. Beri Ia Makanan Yang Ia Sukai

Cara yang ke enam untuk mengatasi kucing yang ngambek adalah dengan memberikan kucing makanan yang ia sukai. Ini mirip dengan saat kita sedang kesal maka dengan memakan makanan yang sangat kita sukai tersebut dapat membuat rasa kesal tersebut bisa di redakan atau bahkan di hilangkan.

Hal ini juga berlaku pada kucing loh. Ketika kucing kesal alias ngambek maka cobalah memberikan ia makanan yang ia sukai seperti dry food, wet food, ikan, ayam dan sejenisnya. Kucing yang melihat makanan yang ia sukai di sajikan hadapannya akan membuat ia lupa dan buru-buru menyantap makanannya.

Cara ini merupakan salah satu cara yang terbilang cukup efektif dari ke enam cara yang telah Anggora sebutkan di atas. Memang cara ini terbilang cukup efektif hanya saja ia punya sisi negatifnya sendiri yakni kucing akan menjadi lebih sering meminta makanan di luar jam utamanya.

Yang mana bila kita terus ikuti kemauannya maka si kucing bisa mengalami kenaikan berat badan secara berlebih dan terkena Obesitas. 


7. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Kucing yang ngambek memang seringkali di karenakan faktor tertentu yang berasal dari luar kucing itu sendiri namun tak jarang penyebab kucing ngambek dan suka marah-marah adalah karena ia sedang sakit.

Sedikit cerita nih ya, dulu ada satu kucing peliharaan Anggora yang tiba-tiba menjadi pemarah terhadap siapapun yang mendekatinya bahkan pemiliknya sendiri. Bukan cuma itu saja si kucing pun cenderung pendiam.

Anggora pun merasa curiga terhadap si kucing dan merasa ada suatu yang salah dengannya. Ternyata setelah di cek, ada duri yang nyangkut di antara gigi-giginya dan membuat ia merasa tak nyaman dan sakit.

Setalah duri diangkat, kucing pun kembali bersikap seperti biasanya dan senang bermanja dengan pemiliknya. Jadi jikalau kucing kamu ngambek, cobalah cek dulu apa penyebab sebelumnya. Jika ia ngambek bukan karena kamu atau orang lain jahili, bisa jadi penyebabnya adalah karena ia sakit.

Sewaktu kamu merasa bahwa penyebabnya karena kucing sakit maka di sarankan segera membawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mudah mengatasi kucing yang sedang ngambek. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url