9 Cara Melebatkan Bulu Kucing Persia

Semua Cat lovers pastinya ingin agar bulu kucing Persia kesayangannya indah, lembut tak mudah rontok serta menjadi lebat. Sebab dengan penampilannya ini kucing akan terlihat sangat terawat serta semakin menarik, lucu dan menggemaskan.

 

Cara Melebatkan Bulu Kucing Persia

 

Demi hal ini kita sebagai pemilik akan melakukan apa saja yang bisa kita lakukan untuk si sobat bulu bahkan kita tak akan segan-segan mengeluarkan dana lebih untuk perawatan kucing agar kucing memiliki bulu-bulu yang lebat nan indah.

Untuk melebatkan bulu kucing Persia sebenarnya bisa kita lakukan dengan cara yang mudah. Tak hanya mudah cara ini pun terbilang murah dalam segi ekonomi. Lalu bagaimanakah cara melebatkan kucing Persia yang mudah juga hemat biaya ?

Bagi Good Readers yang penasaran bagaimana sih caranya, Good Readers dapat membaca tulisan Anggora yang ada di bawah ini untuk mengetahuinya. Di baca sampai akhir ya Good Readers agar benar-benar paham.

 

Cara Melebatkan Bulu Kucing Persia

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melebatkan bulu-bulu kucing Persia peliharaan kita dan hal ini tentunya tak mesti mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk melebatkan bulu kucing Persia, kamu dapat mengikuti cara berikut ini :

1. Rajin Menyisir Bulu-Bulu Kucing

Rajin menyisir bulu kucing merupakan salah satu cara untuk membersihkan bulu yang rontok dan untuk membersihkan bulu mati yang masih menempel pada kulit kucing. Sisir bulu kucing secara perlahan agar bulu kucing yang rontok serta mati dapat disingkirkan.

Dengan menyingkirkan bulu rontok serta bulu mati, kamu mendapat 2 buah keuntungan yakni :

  • Mengurangi masalah hairball pada kucing

  • membantu bulu baru tumbuh pada kulit yang bulunya mati sehingga bulu kucing dapat kembali lebat

Menyisir bulu kucing dapat kamu lakukan dengan rutin setiap harinya. Lakukan penyisiran minimal sekali dalam sehari.

 

2. Memandikan Kucing

Cara yang kedua untuk melebatkan bulu kucing Persia adalah memandikan kucing. Hal ini biasa kita lakukan sebagai salah satu bentuk perawatan terhadap kucing. Memandikan kucing wajib dilakukan minimal 1 sekali sebulan atau maksimal 2 kali dalam sebulan.

Di saat memandikan kucing, gunakanlah shampoo khusus kucing yang bermanfaat membersihkan kutu, tungau, jamur dan mikroorganisme lainnya. Ini berguna untuk menjaga kulit kucing tetap sehat sehingga masalah kerontokan bulu akibat masalah kulit bisa di hindari.

Dengan kulit yang sehat maka bulu kucing akan terjaga tetap lebat. Di samping memiliki manfaat anti parasit, pastikan juga produk shampoo kucing yang di gunakan juga memiliki manfaat untuk melebatkan bulu kucing.

Jadi, ketika kamu memandikan kucing, kamu tak hanya bisa membuat tubuh kucing Persia kamu menjadi bersih dan harum tetapi kamu juga bisa menghilangkan parasit, menjaga kulit kucing tetap sehat dan membuat bulunya menjadi lebat.

Kamu dapat membeli produk shampoo khusus parasit dan melebatkan bulu kucing di petshop terdekat di kota kamu tinggal. Untuk harga jual shampoo ini sendiri bervariasi berdasarkan merek dan ukuran isinya. 


3. Memberikan Kucing Kuning Telur

Kuning telur merupakan jenis makanan yang baik untuk di berikan pada kucing. Pemberian kuning telur pada kucing selain bermanfaat untuk menggemukkan kucing juga bermanfaat untuk melebatkan bulu-bulu kucing. Ini karena kuning telur mengandung nutrisi serta tinggi protein

Pemberian kuning telur bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu. Penting di perhatikan bahwa saat memberikan telur berikan hanya kuning telurnya saja. Sebab putih telur mengandung senyawa Avidin yang mana dapat mengurangi vitamin B biotin pada tubuh kucing.

Kurangnya vitamin B ini dalam tubuh kucing akan sangat mempengaruhi pertumbuhan kucing dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.


4. Vitamin E

Selain memberikan kucing minyak ikan, umumnya cat lovers juga akan memberikan vitamin E pada kucing sebagai salah satu usaha untuk melebatkan bulu kucing Persia sekaligus agar kucing sehat.


5. Minyak Ikan

Cara yang ke lima adalah memberikan minyak ikan pada kucing Persia. Minyak ikan sangat baik untuk kesehatan bulu kucing karena banyak mengandung Omega 3. Minyak ikan bisa kamu berikan minimal seminggu sekali atau seminggu 2 kali. 

Kamu bisa memberikan minyak ikan langsung pada kucing sebab kebanyakan kucing biasanya sangat menyukai minyak ikan dan langsung menjilatinya ketika di berikan ke hadapannya. Bila kucing tak mau memakannya secara langsung maka kamu dapat mencampurkannya ke dalam makanan basah.


6. Vitamin Pelebat Bulu

Bila kamu malas memberikan kuning telur, minyak ikan atau vitamin E pada kucing maka sebagai alternatif kamu bisa memberikan vitamin khusus pelebat bulu pada kucing. Vitamin ini dapat kamu berikan supaya bulu kucing Persia kamu sehat dan berbulu lebat.

Meskipun akan mengeluarkan sedikit biaya tapi cara ini layak kamu coba untuk melebatkan bulu kucing Persia kamu. 


7. Ganti Makanan Kucing

Ganti makanan utama kucing Persia dengan makanan khusus kucing yang memiliki manfaat melebatkan bulu kucing. Makanan jenis ini selain mengandung nutrisi yang baik bagi kucing juga mengandung protein yang terbilang tinggi. 

Yang mana kita tahu bahwa protein merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat di butuhkan oleh bulu kucing agar bulu tumbuh kuat dan sehat. Makanan jenis ini banyak di jual di pet shop ataupun toko online.

Contoh makanan kucing yang memiliki manfaat untuk bulu kucing antara lain : 

  • Royal Canin Hair And Skin

  • Proplan Adult Derma Plus With Optiderma

  • Equilibrio Persian Cat Food

  • NutriCat

  • Dan lainnya


8. Jemur Kucing Di Panas Matahari

Pada pagi hari luangkan waktu untuk menjemur kucing di bawah panas matahari. Jemur kucing pada jam 9 atau jam 10 pagi agar kucing tak kepanasan. Angkat kandang kucing kemudian jemur kucing dalam kandang yang di letakkan di tempat yang terkena cahaya panas matahari. 

Jemur kucing sebentar saja sekitar 10 sampai 15 menitan atau kita dapat menghentikan penjemuran dengan melihat kondisi kucing saat ia di jemur. Jika kucing tampak gelisah, mengeong atau menjulurkan lidah di saat sedang berjemur maka sebaiknya penjemuran kucing langsung di hentikan saja.


9. Perhatikan Tempat Tinggal Kucing

Tempat tinggal kucing juga berpengaruh pada bulu kucing. Bila kucing di biarkan tinggal di ruangan dengan suhu yang panas, ini akan meningkatkan jumlah bulu kucing yang rontok. Tentunya kita tak mau kalau hal ini akan menghambat progress kita dalam melebatkan bulu kucing. 

Jadi, untuk menghindari hal ini sebaiknya kita menempatkan kucing pada tempat yang memiliki suhu ruangan yang sejuk dan mendapatkan cahaya yang cukup.


Mungkin itu saja cara mudah bagaimana melebatkan bulu kucing Persia. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam usaha melebatkan bulu kucing Persia kesayangan kamu. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url