6 Sebab Kenapa Kucing Kagetan

Seperti yang kita tahu kucing adalah hewan yang imut dan lucu. Inilah alasan mengapa di berbagai belahan dunia kucing banyak di jadikan peliharaan. Selain imut dan lucu, kucing pun terkenal dengan perilakunya yang unik.


Kenapa Kucing Kagetan


Salah satu perilaku kucing yang unik tersebut antara lain adalah kucing terkadang suka kagetan. Kadang kala kucing suka kaget di saat kita memanggilnya, saat kita menghampirinya ataupun di saat kita berniat memegangnya.

Melihat perilaku kucing yang suka kagetan seperti ini, pastinya kita pernah bertanya dalam hati akan hal ini. Seperti bertanya dalam hati apakah hal ini wajar bagi kucing dan berpengaruhkah hal ini terhadap kesehatan kucing serta pertanyaan sejenisnya yang berkaitan dengan hal ini ?

Bagi kamu yang pernah berpikir akan hal ini dan ingin tahu jawabannya maka kamu berada di tempat yang tepat. Sebab pada tulisan kali ini Anggora akan membahas mengenai beberapa penyebab mengapa kucing suka kagetan dan hal yang terkait dengannya.

Baca hingga akhir ya agar tak melewatkan satu pun informasi penting.

 

6 Penyebab Kenapa Kucing Kagetan

Kucing kaget atau terkejut merupakan hal yang umum terjadi pada kucing. Ini dapat terjadi pada jenis kucing apapun, baik itu jenis kucing ras maupun kucing kampung. Biasanya ini di sebabkan oleh beberapa hal. Jenis penyebabnya bervariasi, mulai dari hal sepele ataupun hal yang berkaitan dengan penyakit.

Lantas apa sajakah penyebab mengapa kucing suka kagetan? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Kucing Sedang Fokus Terhadap Sesuatu

Penyebab pertama mengapa kucing mudah sekali kaget adalah karena kucing sedang befokus pada sesuatu. Kucing sangat fokus sampai-sampai ia tak tahu apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Akibatnya, sedikit saja suara keras yang tiba-tiba muncul di dekatnya akan membuat kucing melompat terkejut.

Biasanya kucing akan fokus ketika ia sedang mengawasi kucing lain yang menjadi musuhnya, melihat sesuatu benda yang menarik perhatiannya, memantau hewan kecil yang akan menjadi buruannya, sedang memakan buruannya ataupun memakan makanan yang ia dapat dari tempat jalanan atau tempat sampah.

Bila kamu tak percaya dengan apa yang Anggora sebutkan di atas maka cobalah meng-kagetkan kucing ketika melakukan beberapa hal di atas. Dekati kucing secara perlahan sehingga ia tak menyadarinya kemudian kejutkan si sobat bulu.

Niscaya kamu akan melihat kucing melakukan gerakan terkejut seperti menoleh ke arah kamu dengan cepat, badan bergetar, gerakan melompat, berlari dan sejenisnya.

 

2. Kucing Tak Menyadari Kehadiran Kamu

Penyebab kedua kenapa kucing mudah kaget adalah karena si kucing tak menyadari kehadiran kamu. Sewaktu kucing tak merasakan kehadiran kamu lalu tiba-tiba kamu memanggil namanya atau memegang tubuhnya maka spontan si kucing peliharaan akan terkejut dengan melompat atau berbalik dengan cepat sambil menoleh ke arah kamu.

Ia menoleh ke arah kamu seolah ia ingin marah kepada kamu atau seolah ia ingin berkata " hei kawan, kamu mengejutkan aku". Jadi, jangan heran jikalau kucing kamu kaget karena bisa jadi ini di sebabkan karena kucing kamu tak menyadari kehadiran kamu.

 

3. Suara Kamu Mengejutkan Kucing

Penyebab selanjutnya yakni suara kamu mengejutkan kucing. Bila kamu mengeluarkan suara yang keras dari dalam mulut ataupun suara keras yang di hasilkan benda-benda tertentu dalam jarak yang cukup dekat dengan kucing maka ini bisa mengejutkan kucing.

Jangankan kucing, kita saja bila mendengar suara keras yang muncul tiba-tiba di dekat kita bisa membuat kita kaget. Karena itulah jikalau kucing kamu mudah kaget bisa jadi ini di karenakan suara kamu atau su huara yang di hasilkan oleh kamu terlalu kuat dan mendadak sehingga membuat kucing menjadi terkejut.

 

4. Kucing Memiliki Trauma Tertentu

Kucing yang memiliki trauma umumnya lebih mudah kaget di bandingkan kucing yang tak memiliki trauma. Ini di karenakan si kucing yang memiliki trauma menjadi sangat penakut terutama pada hal-hal ataupun benda yang berkaitan dengan penyebab traumanya.

Akibatnya kucing menjadi sangat mudah terkejut atau kaget ketika ia mendengar suara tertentu, terkejut ketika kita mendekatinya, terkejut sewaktu kita panggil namanya atau terkejut pada saat kita memegang atau mengelus-elus tubuhnya tanpa sepengetahuannya.

 

5. Kucing Sedang Dalam Mode Waspada

Kucing akan mudah kaget bila ia sedang berada dalam mode waspada. Ini karena sama seperti penyebab nomor 1, kucing yang sedang dalam mode waspada pun akan fokus pada suatu hal yang ia anggap sebagai ancaman dan mengabaikan hal yang tak penting lainnya.

Sehingga bila mana kita mendekati kucing, kucing tak akan menyadari kehadiran kita dan saat kita memegang, mengelus ataupun memanggilnya maka kucing spontan akan terkejut dan bergerak menjauh untuk sesaat.

Selanjutnya kucing mungkin akan mendekati kita untuk sekedar menyapa atau kucing bakal melanjutkan mode waspadanya lagi.

 

6. Kucing Memang Mudah Kagetan

Beberapa kucing memang mudah kaget. Ini bukan karena kucing punya penyakit, bukan. Tetapi kucing memang salah satu tipe kucing yang mudah kaget. Ini mirip seperti beberapa orang yang kita kenal yang mungkin mudah kagetan.

Mereka bukannya punya penyakit tertentu hanya saja memang seperti itukah karakteristik mereka, mudah kaget. Untuk lebih meyakinkan bahwa sobat bulu kesayangan kita bukanlah terkena penyakit maka kamu dapat memeriksakan kucing ke dokter hewan.

Bila tak di temukan tanda bahwa kucing memiliki penyakit maka bisa dipastikan si kucing kesayangan memang adalah tipe kucing yang mudah kaget.

 

Kucing Kagetan Normalkah ?

Kaget ataupun terkejut pada kucing adalah suatu hal yang normal yang dapat terjadi pada kucing dan hal ini tentunya tak akan membuat kesehatannya terganggu dengan catatan kucing tak boleh sering kaget atau sering sengaja di kagetkan.

Sebab bila kucing sering kaget atau terkejut baik secara sengaja maupun tak di sengaja, ini bisa menyebabkan kucing mengalami stress bahkan bisa menyebabkan gangguan pada jantungnya.

 

Adakah Hal Ini Berkaitan Dengan Penyakit Tertentu ?

Sama sekali tidak, kucing mudah kaget tidak ada hubungannya sama sekali dengan penyakit tertentu. Lalu bagaimana dengan penyakit jantung ? Bukankah mudah kaget adalah karena di sebabkan oleh penyakit jantung ?

Sekali lagi Anggora katakan dengan jelas bahwa hal ini tak ada kaitannya sama sekali dengan penyakit terutama penyakit jantung. Perlu kamu tahu bahwa mudah kaget adalah di sebabkan oleh penyakit jantung hanyalah fakta yang tak benar alias bohong.

Baik itu bagi kucing ataupun manusia, penyakit jantung sama sekali tak akan membuat penderitanya mudah kaget. Mudah kaget sendiri adalah kondisi di mana suatu individu tidak siap merasakan ataupun mengalami suatu hal yang muncul secara tiba-tiba.

Jadi dapat di simpulkan bahwa kucing mudah kaget bukanlah pertanda bahwa kucing memiliki atau mengidap penyakit tertentu.

 

Apakah Hal Ini Tak Masalah Di Biarkan ?

Menurut pengalaman Anggora sendiri tak masalah bila hal ini di biarkan, namun jikalau kamu memang merasa khawatir dengan kondisi kucing kamu yang mudah kaget maka tak ada salahnya membawa kucing untuk di periksa ke dokter hewan

Ini kita lakukan dengan tujuan ntuk mengecheck kondisi kucing, menghindari hal yang tak di inginkan ataupun berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai kondisi kucing kita.

 

Itulah 6 penyebab mengapa kucing kamu mudah kagetan atau terkejut. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan kamu seputar penyebab kucing mudah kaget dan hal yang berkaitan dengan hal ini.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url