8 Penyebab Kenapa Kucing Gelisah Mondar-Mandir

Bagi yang punya kucing peliharaan di rumah tentunya terkadang di herankan oleh perilaku kucing yang terkadang aneh dan menggemaskan. Salah satu perilaku kucing yang aneh sekaligus menggemaskan adalah si kucing mondar-mandir ke sana ke mari.

 

Kucing Gelisah Mondar Mandir

 

Mondar-mandirnya kucing terkadang di sertai dengan meongan kucing. Banyak dari kita para pecinta kucing yang melihat perilaku kucing ini mungkin berpikir bahwa si kucing melakukan hal ini hanya sekedar mencari perhatian, untuk bermain ataupun hanya untuk menghabiskan waktu luangnya saja.

Tetapi sebenarnya tak demikian, mondar-mandirnya kucing adalah karena di sebabkan oleh suatu hal. Lalu apa saja sih yang menyebabkan kucing mondar mandir ? Bagi Good Readers yang penasaran ingin tahu apa aja sebabnya maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini.


8 Penyebab Mengapa Kucing Gelisah Mondar-Mandir

Kucing mondar-mandir bukan cuma sekedar mondar-mandir saja tanpa sebab ataupun tujuan yang jelas. Kucing melakukan hal ini karena alasan tertentu. Lantas mengapa kucing melakukannya ? Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa kucing mondar-mandir di sekitar kita :

1. Kucing Akan Melahirkan

Penyebab yang pertama mengapa kucing gelisah mondar-mandir adalah kucing kamu akan melahirkan. Bila di rumah kamu punya kucing yang sedang dalam keadaan hamil tua kemudian ia terlihat gelisah sembari mondar-mandir ke sana ke mari maka bisa jadi ia akan melahirkan.

Kucing yang akan melahirkan biasanya akan gelisah mondar-mandir ke sana-ke mari. Alasan mengapa kucing melakukan hal ini berdasarkan pengetahuan Anggora sendiri adalah karena kucing :

  • Belum menemukan tempat yang cocok untuk melahirkan

  • Kucing gelisah karena ingin melahirkan

  • Kucing kebingungan karena merasa perutnya tak nyaman biasanya ini terjadi pada kucing yang belum pernah sama sekali mengalami proses melahirkan atau baru pertama kali akan melahirkan

  • Kucing sedang mencari teman atau kucing lain untuk menemaninya ketika melahirkan. Bila kamu melihat kucing kamu yang tengah hamil menggigit tengkuk dan menyeret kucing lain ke tempat di mana yang ia inginkan maka ini adalah pertanda bahwa ia ingin kucing lain menemaninya saat melahirkan

  • Kucing meminta kamu menemaninya. Ini di tandai dengan kucing yang selalu mengikuti kamu sambil mengeong-ngeong kemudian beberapa saat kemudian ia kembali ke tempat ia ingin melahirkan.

    Lalu beberapa saat kemudian ia kembali lagi kepada kamu dengan mengeong. Kucing akan melakukan hal ini berulang-ulang dan di lakukan kucing dalam interval waktu yang berdekatan


2. Kucing Memakan Sesuatu

Penyebab selanjutnya kenapa kucing gelisah dan mondar mandir karena kucing sedang memakan sesuatu. Mungkin kucing kamu menemukan makanan sisa, tulang ayam duri ikan  ataupun ia menemukan hewan kecil yang bisa di makan namun ada kucing lain yang selalu berusaha merebut makanannya tersebut.

Akibatnya kucing tersebut berusaha menghindar dengan berlari menjauh, kucing akan terus melakukan hal ini dan mondar-mandir ke sana ke mari sampai ia merasa aman dari gangguan kucing lainnya.

Nah setelah ia merasa bahwa situasinya telah aman maka ia akan melanjutkan menyantap kembali makanannya itu. Biasanya kucing yang di mulutnya ada makanan atau hewan kecil akan mengeong seolah ia marah dan selalu mencari tempat yang aman serta nyaman baginya untuk menyantap makanannya.


3. Kucing Sedang Berburu

Bisa jadi kucing peliharaan kamu yang mondar-mandir bukannya sedang gelisah namun si kucing sedang tengah asyik berburu hewan-hewan kecil seperti kecoa, cicak, kadal dan hewan kecil sejenisnya.

Kucing yang sedang berburu biasanya tak jarang akan melakukan gerakan mondar-mandir mengikuti hewan buruannya.


4. Kucing Melihat Sesuatu Yang Baru Baginya

Ketika kucing melihat sesuatu hal yang baru baginya, kucing pun akan mondar-mandir ke sana ke mari dengan gelisah. Kucing pun tak jarang akan mengeong-mengeong. Contohnya sewaktu kita pindah ke rumah baru, kita tak jarang akan melihat kucing mondar-mandir mengelilingi rumah.

Kucing akan terlihat gelisah dan juga kebingungan sambil mondar-mandir ke sana ke mari di rumah baru kita. Namun kamu jangan khawatir akan hal ini, biasanya kucing akan kembali berperilaku normal seperti biasanya di saat ia sudah terbiasa dengan hal baru tersebut.


5. Kucing Melihat Sesuatu Yang Menakutkan Baginya

Ketika kucing melihat hal yang menakutkan baginya kucing juga akan gelisah dan mondar-mandir. Kucing yang melihat hal yang menakutkan biasanya akan lari masuk ke dalam rumah kemudian ia akan diam sebentar lalu setelahnya kucing akan kembali keluar rumah dan mengintip.

Ia akan mengintip apakah sesuatu hal yang ia takutkan masih berada di sana, jika masih ada maka si kucing akan kembali berlari masuk ke dalam rumah. Kucing akan terus melakukan hal ini 2 sampai 3 kali atau bahkan akan terus melakukannya sampai penyebab ketakutannya tersebut telah menghilang.


6. Kucing Melihat Sesuatu Yang Menarik Perhatiannya Baginya

Kucing akan mondar-mandir gelisah di saat ia melihat hal yang menakutkan dan hal serupa pun berlaku pada kucing yang melihat sesuatu yang menarik perhatiannya. Jika kucing melihat sesuatu yang menarik perhatiannya dari jendela rumah maka kucing akan berlari ke luar rumah mencari sesuatu yang menarik perhatiannya tersebut.

Nah sewaktu si kucing tak menemukannya maka si kucing akan kembali lagi ke jendela untuk melihat di mana posisi hal yang membuat ia tertarik itu berada lalu ia akan kembali lagi keluar rumah mencarinya. Kucing akan berulang kali mondar-mandir melakukan hal ini sampai ia menemukan apa yang ia cari atau sampai ia menyerah mencarinya.

 

7. Kucing Mendengar Sesuatu Yang Menakutkan Baginya

Kucing bukan cuma gelisah dan mondar-mandir di saat melihat sesuatu hal yang menakutkan tetapi kucing juga akan melakukan hal ini di kala ia mendengar suara yang menakutkan baginya. Pada awalnya kucing akan mondar-mandir ke sana kemari karena keheranan mendengar suara tersebut.

Lalu pada akhirnya kucing akan memutuskan mencari tempat yang aman untuk bersembunyi sampai suara ini menghilang. Di saat suara yang menakutkan tersebut tak terdengar oleh kucing lagi, kucing akan keluar dari persembunyiannya.


8. Ada Anak-Anak Atau Orang Asing Datang Ke Rumah

Entah kenapa kucing peliharaan selalu akan sangat waspada dan takut sewaktu ia melihat ada anak-anak ( bukan anak kita ) ataupun orang asing. Tak hanya itu saja kucing juga akan terlihat gelisah serta mondar-mandir ke sana kemari ketika ada anak-anak ataupun kerabat keluarga berkunjung.

Anggora tahu pastinya bahwa kucing melakukan hal ini karena mereka waspada juga takut dengan anak-anak yang suka memegang mereka dengan kencang dan takut terhadap suara anak-anaknya yang terdengar tinggi pada ukuran telinga kucing.

Namun untuk orang asing yang berkunjung ke rumah pemiliknya, sampai saat ini Anggora masih belum yakin apakah kucing hanya sekedar waspada saja ataukah kucing takut dengan orang-orang yang baru saja di jumpainya.

 

Apakah Yang Mesti Kita Lakukan Dengan Kucing Yang Bersikap Aneh Seperti Ini ?

Bila si kucing gelisah dan mondar-mandir karena kedatangan anak kecil ataupun orang lain ke rumah kita maka tindakan terbaik yang mesti kita lakukan menurut Anggora adalah mengurung kucing dalam kandang ataupun ruangan.

Ini karena kucing beresiko kabur keluar rumah dan tak kembali di sebabkan ia takut dengan anak-anak ataupun orang tersebut walaupun sebenarnya mereka tidak ada niatan jahat ke si kucing. Oh iya tindakan ini khusus bagi kamu yang memelihara kucing hanya dalam rumah saja.

Bagi kamu yang membiarkan kucing bebas keluar masuk rumah maka tindakan seperti mengurung kucing dalam kandang ataupun ruangan tidak di butuhkan. Lalu jikalau kucing kamu mondar-mandir karena akan melahirkan maka tindakan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menemani si kucing dan membantunya melahirkan.

Atau kamu juga bisa membawa kucing ke dokter hewan agar proses melahirkannya menjadi lebih mudah dan aman. Lalu bagaimana jika kucing gelisah dan mondar-mandir karena 6 penyebab lainnya seperti yang di sebutkan di atas ?

Tidak perlu tindakan apa pun, biarkan saja kucing, seiring berjalannya waktu dan sumber penyebabnya hilang atau sudah di atasi kucing maka kucing akan kembali normal dan juga akan berhenti mondar-mandir.


Itulah pembahasan 8 penyebab kenapa kucing gelisah mondar-mandir ke sana ke mari dan tindakan apa yang mesti kita lakukan jika kita melihat kucing seperti ini. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung akan hal ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url