11 Cara Mudah Mengobati Pup Kucing Lembek

Banyak yang bilang bahwa pup kucing yang lembek adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan pada kucing. Pup kucing lembek sering kali di kaitkan dengan masalah pencernaan pada kucing.

 

Cara Mengobati Pup Kucing Lembek

 

Ada juga yang bilang bahwa ini adalah karena kucing mengalami infeksi virus, infeksi bakteri, serangan parasit dan juga karena organ pencernaan kucing bermasalah. Sebenarnya apa yang mereka katakan tidaklah salah.

Namun sebaiknya ketika kucing mengalami pup lembek, sebagai pemilik kita tak harus mulai mengasumsikan bahwa penyebab kucing pup lembek adalah karena sobat bulu kesayangan mengalami penyakit parah.

Sebab pup lembek tak hanya di karenakan kucing mengalami penyakit parah tetapi bisa saja ini di karenakan penyebab lainnya dan terkadang bisa juga di sebabkan oleh masalah sepele seperti efek gonta-ganti makanan.

Karena itulah di saat kucing pup lembek cobalah untuk mengatasinya sendiri di rumah dalam beberapa hari sebelum memutuskan untuk membawa kucing ke dokter hewan. Lalu bagaimanakah cara mengatasi pup kucing lembek ?

Untuk mengatasi pup kucing lembek Good Owners dapat mengikuti cara-cara yang Anggora tuliskan di bawah ini. 

 

9 Penyebab Pup Kucing Lembek

Sebelum masuk ke cara mengatasi pup kucing lembek, wajib bagi kita sebagai pemilik untuk tahu apa saja yang menjadi penyebab pup kucing lembek. Tujuannya adalah agar di masa depan kita dapat mencegah kucing agar tak lagi mengalami pup lembek dengan menghindari penyebabnya.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora ada beberapa penyebab utama yang menjadi penyebab umum pup lembek pada kucing. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Cacingan

  • Parasit

  • Infeksi Bakteri Atau Virus

  • Susu

  • Air Mentah

  • Makanan Mentah

  • Efek samping obat

  • Makanan Yang Tak Cocok

  • Efek Gonta Ganti Makanan


Lalu Bagaimanakah Cara Mengobati Kucing Pup Lembek ?

Mungkin bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang baru saja memelihara kucing, pup lembek merupakan hal yang di anggap remeh. Padahal sebenarnya ini bukanlah hal remeh, bila di biarkan ini bisa menjadi masalah serius yang bahkan bisa merenggut nyawa kucing.

Oleh sebab itu sewaktu kucing kita pupnya menjadi aneh karena menjadi sangat lembek maka sebaiknya kita segera mungkin untuk mengobatinya. Nah untuk mengobatinya kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini : 

1. Lakukan Peralihan Makanan Lama Dengan Makanan Yang Baru

Bila kamu merasa bahwa pup kucing yang lembek adalah karena kamu baru saja mengganti makanan kucing yang lama dengan makanan kucing merk lainnya maka kemungkinan besar pup kucing kamu menjadi lembek adalah karena kamu baru saja mengganti makanan kucing kamu.

Pup kucing lembek setelah pergantian makanan kucing adalah hal yang wajar dan ini terjadi karena makanan kucing masih tak begitu cocok dengan pencernaan kucing akibatnya pencernaan kucing butuh waktu untuk beradaptasi dengan makanan yang baru.

Umumnya proses adaptasi ini berlangsung selama beberapa hari atau sampai semingguan lamanya sampai pup menjadi normal. Bagi kamu yang ingin agar proses penggantian makanan tak begitu memberikan efek pup kucing lembek maka kamu bisa melakukan cara peralihan makanan.

Cara ini sangat di anjurkan oleh dokter hewan untuk di lakukan ketika kita melakukan penggantian makanan caranya yakni mencampur jenis makanan kucing yang lama dengan yang baru dengan perbandingan mulai dari 1/4, 1/2, 2/3 dan seterusnya.

Lakukan peralihan ini selama semingguan. Terus lakukan bahkan walaupun pupnya tetap lembek. Setelah satu mingguan biasanya pup kucing akan kembali normal dan kamu bisa menghentikan proses peralihan makanan.

 

2. Jangan Gonta-Ganti Makanan Kucing

Seperti yang di jelaskan di atas bahwa menggonta-ganti makanan kucing dapat menjadi sebab pup kucing menjadi sangat lembek atau bahkan kucing dapat mengalami mencret. Ini terjadi karena ketidakcocokan antara makanan kucing dengan pencernaan kucing.

Butuh waktu bagi pencernaan kucing untuk beradaptasi atau bahkan makanan kucing tak akan pernah sama sekali cocok dengan pencernaan kucing karena di sebabkan oleh alergi tertentu yang di miliki oleh kucing peliharaan kita.

Jikalau kamu hobi menggonta-ganti makanan kucing sehingga kucing kamu mengalami masalah pup lembek maka sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini agar pup kucing kembali normal dan kucing tak mengalami masalah pencernaan. 

Kemudian pikirkanlah satu jenis merk makanan kucing yang kamu rasa cocok dengan kucing kamu dan berilah makanan itu sebagai pakan utama kucing setiap harinya.

 

3. Obati Kucing Dengan Obat Cacing

Bila kamu yakin bahwa kucing kamu tak ada masalah dengan makanannya dan kamu bukanlah tipe orang yang hobi gonta-ganti makanan maka bisa jadi pup kucing kamu yang lembek adalah karena kucing kamu cacingan.

Kucing yang cacingan biasanya memiliki ciri :

  • Rakus makan tapi tak gemuk-gemuk

  • Rakus makan tapi badanya malah makun kurus

  • Perut kucing gemuk tapi badannya kurus

  • Sebagian mata kucing tertutup selaput putih

  • Kucing diare atau mencret

  • Pup kucing lembek

  • Pada kasus parah kucing akan muntah cacing atau pup cacing dan bahkan pup berdarah

  • Dan lainnya


Setelah kamu melihat ciri di atas serta menemukan bahwa ada minimal 4 ciri kucing cacingan pada kucing kamu dan kamu merasa yakin bahwa kucing kamu cacingan maka cobalah memberikan kucing obat cacing.

Setelah beberapa hari kucing di beri obat cacing dan ada banyak cacing putih yang keluar bersama kotoran maka ini pertanda bahwa obat tersebut ampuh dan pertanda bahwa kucing akan segera sembuh dari cacingannya.

Jika cacing sudah banyak keluar dan pup kucing tak lagi lembek ataupun kucing tak lagi mencret maka bisa di pastikan bahwa kucing sudah sembuh. Biasanya kucing akan sembuh dari penyakit cacingannya setelah lebih dari satu minggu untuk kasus cacingan ringan.


4. Hindari Memberi Air Mentah Sebagai Minuman Kucing

Jangan berikan kucing kamu air mentah sebagai minuman karena air mentah sangat berbahaya bagi kesehatan pencernaan kucing. Ini karena di dalam air mentah banyak mengandung parasit yang dapat menyerang maupun menginfeksi saluran pencernaan kucing.

Bila kamu sering memberikan air mentah sebagai minuman kucing maka kucing kamu bisa menjadi sembelit, pup lembek, mencret, sering buang air besar atau kecil dan menderita berbagai masalah pencernaan lainnya.

Lalu bagaimana jikalau kita sudah terlanjur memberi kucing air mentah ? Apa yang mesti kita lakukan ? Cobalah memberi kucing obat cacing khusus kucing terlebih dahulu dan lihatlah apakah masalah pencernaan kucing menunjukkan tanda membaik dalam beberapa hari.

Jikalau kondisi kucing semakin membaik maka kamu dapat terus memberikan obat cacing hingga si kucing sembuh total namun bila kondisi kucing tak kunjung membaik maka sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan.


5. Jangan Beri Kucing Makanan Mentah

Sama halnya dengan air minum mentah, makanan mentah juga dapat menjadi penyebab utama pup lembek pada kucing. Dari pada memberikan kucing makanan mentah sebagai makanan kucing, lebih baik memberikan kucing makanan kucing instan seperti dry food atau wet food yang mana banyak di jual di petshop ataupun toko online.


6. Jangan Beri  Ke Kucing Susu Manusia

Memberikan susu manusia ke kucing merupakan salah satu penyebab pup kucing menjadi lembek bahkan kucing sering di beri minum susu dapat mengalami muntah dan mencret. Ini terjadi karena adanya kandungan laktosa pada susu yang mana kebanyakan kucing intoleran terhadap hal ini.

Kalau kamu merasa bahwa sebelumnya kamu telah memberi kucing susu sehingga pupnya menjadi lembek maka mulai sekarang berhentilah memberi susu pada sobat bulu kesayangan kamu. Biasanya beberapa hari sesudah kita berhenti memberikan kucing susu maka pup kucing akan kembali normal.


7. Berikan Kucing Makanan Khusus Kucing

Mekipun kamu di rumah hanya memelihara kucing kampung ataupun kucing kampung mixdome di sarankan memberikan kucing peliharaan kamu makanan khusus kucing. Makanan jenis ini lebih baik di bandingkan memberi makanan manusia pada kucing.

Makanan ini mampu membuat kucing terhindar dari masalah pup lembek. Makanan ini juga sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kucing karena di dalamnya banyak mengandung nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh kucing.

Bukan cuma itu saja makanan ini pun mampu mengurangi hairbal karena tinggi serat, mampu mengurangi bau pup, menjaga kesehatan pencernaan dan menghindari masalah FLUTD pada kucing.


8. Ganti Makanan Kucing

Coba ingat deh apakah kamu baru saja mengganti makanan kucing kamu, jika iya maka bisa jadi makanan kucing yang baru kamu ganti tersebut tak cocok dengan pencernaan kucing sehingga membuat pup kucing menjadi lembek.

Untuk mengatasi hal ini kamu cukup mengganti makanan kucing yang baru dengan makanan kucing yang sebelumnya kamu gunakan. Kalau kucing sembuh dari masalah pup lembeknya maka dapat di pastikan bahwa kucing pupnya lembek adalah karena ia bermasalah dengan makanan barunya.


9. Hindari Memberi Makanan Atau Minuman Berbahaya Pada Kucing

Pup kucing lembek bisa jadi karena kamu memberikan kucing kamu sembarangan makanan dan minuman. Karena itulah sebaiknya sebelum kamu memberi kucing makanan dan minuman, perhatikan terlebih dahulu apakah makanan tersebut aman di berikan pada kucing.

Beberapa jenis makanan yang berbahaya dan dapat menimbulkan masalah pencernaan pada kucing antara lain :

  • Kismis

  • Anggur

  • Ragi

  • Bawang merah

  • Bawang Putih

  • Susu dan produk susu yang berlaktosa

  • Minuman coklat

  • Dan sejenisnya


10. Hentikan Pengobatan Dengan Obat Tertentu

Efek samping obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping seperti pup kucing lembek. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan penghentian pemberian obat pada kucing.

Kemudian konsultasikanlah hal ini pada dokter hewan langganan kamu, konsultasikan apakah hal ini berbahaya bagi kucing ataukah hal ini wajar bagi kucing yang mengkonsumsi obat tersebut. Bila dokter berkata bahwa ini tak berbahaya maka pemberian obat dapat di lanjutkan kembali.

 

11. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Setelah kamu melakukan ke 10 cara di atas namun pup kucing kamu tetap saja lembek dan tak kunjung normal maka langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan.

Apalagi jikalau pup kucing berdarah, berwarna hitam maka membawa kucing berobat ke dokter hewan merupakan pilihan terbaik yang dapat kamu lakukan.

 

Itulah pembahasan seputar apa penyebab kucing pupnya lembek dan bagaimana cara mengatasi pup lembek pada kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung tentang bagaimana cara mengobati kucing yang pupnya lembek.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url