Apakah Kucing Yang Mengalami Stres Bisa Mati ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang sedikit memiliki kesamaan dengan manusia. Salah satu hal yang sama antara manusia dan kucing adalah kedua makhluk hidup ini dapat merasakan stress. Namun stress pada kucing cenderung memiliki penyebab yang berbeda di bandingkan manusia.


Apakah Kucing Stres Bisa Mati

 

Kalau manusia mungkin stressnya biasanya di picu oleh hal yang berkaitan dengan pikiran, emosi, rasa letih dan keuangan. Sementara untuk kucing sendiri, stress biasanya di picu oleh beberapa hal yang tak ada sangkut pautnya dengan pikiran dan juga emosi.

Ketika kucing stress yang terpikirkan bagi kita sang pemilik adalah apa penyebab stress pada kucing, bagaimana cara mengatasi stress kucing, dampak buruk kucing stress dan apakah stress ini bisa membuat kucing mati, dll.

Pertanyaan ini timbul sebagai respon kepedulian kita terhadap kucing yang sedang mengalami stress dan dengan terjawabnya pertanyaan ini akan membantu kita dalam menentukan tindakan terbaik untuk di lakukan terhadap sobat bulu kesayangan.

Untuk menghilangkan rasa keingintahuan sekaligus menjawab pertanyaan tersebut, Sobat Anggora sekalian dapat membaca tulisan berikut ini. 


Penyebab Kucing Stress

Berbeda dengan manusia, stress pada kucing tak ada angkut pautnya dengan pikiran, emosi, rasa letih dan keuangan. Stress pada kucing itu sendiri di picu oleh beberapa hal seperti :

  • Keinginan yang tak terpenuhi ( seperti keinginan untuk melakukan perkawinan )

  • Akibat perjalanan jauh

  • Berganti pemilik

  • Berganti tempat tinggal

  • Tak mendapatkan perawatan yang baik

  • Kebutuhan makan dan minum tak terpenuhi

  • Rasa sakit seperti rasa sakit akibat kecelakaan, terjatuh dari ketinggian dan sejenisnya

  • Penyakit yang menyebabkan rasa tak nyaman serta sakit berlebih pada area tubuh tertentu

  • Rasa takut yang berlebihan

  • Selalu di kurung dalam kandang ataupun di dalam rumah ( tidak di bolehkan berkeliaran bebas di luar rumah )

  • Dan lainnya
     

 

 Dampak Buruk Stress Pada Kucing

Sama halnya dengan apa yang terjadi pada manusia, stres pada kucing dapat menimbulkan dampak buruk tersendiri pada si kucing. Dampak buruk tersebut bisa berupa perubahan perilaku kucing, hilangnya nafsu makan dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai dampak buruk stress pada kucing, dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Perubahan Perilaku Pada Kucing

Kucing yang mengalami stress dapat menyebabkan perilaku kucing mengalami perubahan. Seperti kucing yang tadinya riang dan aktif kini akan berubah menjadi muram dan pemalas. Kucing yang senang berada dekat dengan manusia kini akan menjadi lebih senang menyendiri.


2. Kucing Lebih Sering Tidur

Dampak buruk lainnya yang terjadi pada kucing yang mengalami stress adalah kucing menjadi lebih sering tidur. Kucing yang mengalami stress akan lebih memilih untuk lebih banyak tidur di bandingkan melakukan rutinitas hariannya.

Oh iya kucing sering tidur tak sepenuhnya bisa di kaitkan dengan kucing yang mengalami stress. Bila kucing hanya sering tidur dan tak memliki ciri kucing stress maka bisa di pastikan penyebab kucing sering tidur adalah hal yang normal atau karena masalah lainnya.


3. Kucing Menjadi Sangat Aggresif

Dampak selanjutnya yakni kucing menjadi sangat agresif. Kucing akan menjadi pemarah, tak suka di peluk ataupun di pegang oleh orang lain maupun pemiliknya. Kucing pun akan marah dan menghajar kucing lain ataupun hewan lainnya yang berada di dekatnya.

Dalam beberapa kasus, kucing yang mengalami stress tak jarang akan menyerang pemiliknya sendiri. Mereka akan mencakar ataupun menggigit tangan pemiliknya. Jadi saat kucing kamu yang stress mulai berperilaku aggresif, sebaiknya kamu berhati-hati saat berinteraksi dengannya.

 

4. Terkadang Berprilaku Abnormal

Beberapa kucing yang mengalami stress juga di laporkan memiliki perilaku abnormal. Perilaku abnormal dalah suatu perilaku yang tak biasa ataupun dapat di katakan sebagai perilaku yang menyimpang.

  • Perilaku abnormal pada kucing yang stress antara lain:

  • Pica

  • Coprophagia

  • Agresif

  • Menggigit ataupun menjilati bulu secara berlebihan

  • Dan lainnya

 

Jika kamu menemukan kucing kamu memiliki perilaku abnormal seperti beberapa hal yang ada di atas maka dapat di pastikan kucing kamu mengalami stress

 

5. Sering Mengeong

Sering mengeong mungkin tak bia di katakan sebagai dampak yang terlalu buruk. Ini hanya berdampak buruk bagi kita sang pemilik terutama jikalau kucing sering melakukan hal pada tengah malam atau dini hari.

Ini dapat membuat waktu tidur kita berkurang, tidur tak berkualitas. Bukan cuma mengganggu kita saja ini bahkan dapat mengganggu tetangga sekitar.


6. Hilang Nafsu Makan

Pada beberapa kucing yang mengalami stress, kucing kehilangan nafsu makannya. Kucing tak akan mau makan meskipun kita telah menyajikan di hadapannya makanaan kesukaannya. Jika kucing tak mau makan tentunya hal ini akan memperburuk kesehatannya.

Sewaktu kucing kehilangan nafsu makannya di sarankan bagi kita untuk memaksa kucing makan dengan menyuapkan langsung makanan ke dalam mulut kucing dengan menggunakan spuit ( suntik tanpa jarum ).


7. Kucing Suka Buang Air Besar Ataupun Buang Air Kecil Sembarangan

Dampak buruk yang terakhir dari kucing yang stress adalah kucing menjadi suka buang air sembarangan. Kucing akan buang air di tempat manapun yang ia kehendaki tanpa terkecuali. Kucing bahkan akan buang air besar dan kecil di kasur, kursi dan tempat terlarang lainnya.

 

Apakah Kucing Stress Bisa Mati ?

Stress pada kucing umumnya jarang sekali menimbulkan kematian pada kucing dengan catatan kucing tidak mengalami penyimpangan perilaku seperti pica dan sejenisnya serta kucing yang mengalami stress masih makan dengan normal.

Karena bila kucing kehilangan nafsu makannya lalu si kucing tak mau makan sama sekali, juga kucing memiliki perilaku menyimpang maka kematian pada kucing yang mengalami stress besar kemungkinan dapat terjadi. 

Jadi dapat di simpulkan bahwa stress pada kucing jarang menimbulkan kematian, namun bukan berarti stress pada kucing tidak dapat mengakibatkan kematian.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Sedang Stress ?

Pada umumnya stress pada kucing dapat hilang dengan sendirinya di saat kucing sudah terbiasa dengan hal baru di sekitarnya ataupun di saat sumber penyebab stressnya sudah teratasi. Namun bila stress pada kucing tak kunjung hilang maka di sarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah stress dapat membuat kucing mati, apa penyebab stress pada kucing, dampak buruk kucing stress serta bagaimana cara mengatasinya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url