8 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menjauh Dari Kita

Kucing adalah hewan yang ramah dan mudah akrab dengan manusia. Tak hanya mudah akrab dan ramah, ketika kita merawat kucing dengan baik banyak di antara mereka yang bahkan menganggap kita sebagai orang tua mereka sendiri. Orang tua dari jenis spesies yang berbeda.

 

Kenapa Kucing Menjauh Dari Kita

 

Karena hal ini tak jarang kucing akan senang mengikuti dan menempel dengan kita. Mereka juga senang mengajak kita bermain. Bahkan ketika kita sedih, mereka juga hadir untuk menghibur kita sehingga beban hati menjadi terasa lebih ringan.

Namun hal ini tak selamanya akan seperti ini. Akan ada masanya di mana kucing akan menjauhi kita dan membuat kita sebagai pemilik menjadi keheranan. Tindakan ini kucing lakukan karena alasan tertentu.

Lalu apakah alasan yang membuat kucing menjadi suka menjaga jarak serta cenderung menjauhi kita. Bagi kamu yang penasaran apa alasannya. Kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya. Baca hingga akhir ya Good Readers.

 

8 Alasan Kenapa Kucing Menjauh Dari Kita

Sewaktu kucing tiba-tiba seolah menjaga jarak atau selalu menjauhi kita, tentunya kita sebagai orang yang merawatnya dengan baik serta menyayangi akan menjadi keheranan atas perilakunya ini. Beberapa di antara kita tak hanya keheranan tapi juga akan merasa sedikit kesal.

Hal ini wajar mengingat tingkah kucing yang tiba-tiba berubah 180 derajat terhadap kita. Tapi kamu jangan terlalu bingung atau terlalu kesal dahulu sebab kucing yang menjauhi kita adalah karena alasan tertentu. Nah apa saja alasan kucing menjauhi kita adalah sebagai berikut :

1. Kucing Sedang Hamil

Alasan yang pertama adalah kucing kamu sedang hamil. Kucing yang sedang hamil biasanya cenderung lebih senang menyendiri dan tak suka banyak bergerak. Mengapa demikian? Ini karena pengaruh kehamilan itu sendiri.

Serupa dengan manusia, kehamilan juga memberi pengaruh seperti mual, merasa ingin muntah serta perut terasa tak nyaman bagi kucing. Selain itu kucing yang sedang hamil pun akan menjadi sangat sensitif serta pemarah.

Bukan cuma itu saja, bila usia kehamilan cukup tua, si kucing akan lebih banyak diam atau tidur. Bila kucing terkesan menjaga jarak dan menjauhi kamu mungkin kucing kamu sedang hamil. Untuk memastikan kucing sedang hamil atau tidak, kamu bisa melihat dari besar puting dan warna puting.

Bila puting kucing membesar atau agak membengkak dan warnanya berubah menjadi merah muda maka bisa di pastikan kucing kamu sedang hamil. Kucing yang menjauhi kamu karena hamil biasanya akan bersikap normal kembali di saat ia telah melahirkan.

 

2. Badan Kamu Bau

Kucing merupakan hewan yang memiliki penciuman yang tajam bahkan ketajaman penciuman kucing 2 kali lebih baik dari pada penciuman anjing. Karena itulah ketika ia merasakan ada sesuatu yang sangat bau serta ia membenci bau tersebut maka kucing akan cenderung menjauhinya.

Jika ia merasa kamu sangat bau dan ia membenci bau kamu maka ia akan menjauhi kamu. Kucing pun tak akan ragu untuk berlari menjauhi kamu kalau bau kamu itu benar-benar membuat ia muak. Untuk mengatasi ini kamu sendiri mungkin tahu bagaimana cara mengatasinya.

Benar, caranya mengatasinya cukup dengan mandi. Sewaktu kamu merasa bahwa bau kamu agak busuk bersegeralah mandi agar kucing kamu tak menjauhi kamu.

 

3. Kucing Sedang Birahi

Alasan selanjutnya adalah kucing kamu sedang birahi. Kucing yang sedang birahi umumnya tak peduli dengan orang yang berada di sekitarnya. Jangankan dengan orang sekitarnya, ia bahkan tak peduli dengan dirinya sendiri.

Kucing yang sedang birahi biasanya akan jarang makan atau malas makan, mereka cenderung lebih senang berkeliaran di luar rumah mengejar-ngejar atau di kejar-kejar lawan jenisnya. Mereka juga terkesan agak menjauh dari kita.

Bahkan ketika kita berada di luar rumah dan menghampiri mereka, mereka akan berlari menghindari kita. Namun kamu jangan terlalu khawatir dengan hal ini sebab kucing akan kembali berperilaku normal di saat ia telah melewati masa kawinnya.

Atau jikalau kamu tak ingin kucing kamu berperilaku seperti ini mungkin kamu dapat mencoba alternatif lain untuk mengatasi perilakunya ini yakni menggunakan cara steril kucing. Dengan mensterilkan kucing, kucing akan lebih ramah serta tak senang berkeliaran di luar rumah.


4. Kamu Pernah Memukul Kucing

Kucing serupa dengan manusia, mereka juga memiliki trauma. Ketika kucing pernah di pukul oleh pemiliknya maka hal ini akan membekas di ingatan. Ingatan inilah yang membuat kucing akan memilih menjauhi orang yang pernah memukul.

Apalagi bila orang tersebut sering memukulnya maka setiap kali kucing melihatnya, kucing akan berlari ketakutan. Nah jika kamu tak ingin kucing menjauhi kamu, usahakanlah untuk tak memukulnya setiap kali ia melakukan kesalahan.

Cukup memarahinya saja dan cobalah mengajarinya untuk tak melakukan kesalahan dengan latihan tertentu.


5. Kamu Sering Berkata Kasar Atau Membentak Kucing

Meskipun kucing tidak bisa berbahasa manusia tetapi kucing bisa mengerti bahasa manusia. Sewaktu kamu sering berkata kasar atau membentaknya, kucing bisa memahaminya. Ini membuat kucing takut berada di dekat kamu sehingga ia lebih memilih untuk menjauhi kamu.

Mungkin beberapa dari kamu mengira bahwa hal ini terdengar konyol namun kenyataan ini adalah benar. Banyak dari cat lovers yang kucingnya kelihatan menjauhinya setelah mereka sering memarahi kucing.

Bila kucing kamu telah menjauhi kamu karena alasan ini maka satu-satunya solusinya adalah dengan tak lagi sering membentaknya atau memarahinya.

 

6. Kucing Sedang Sakit

Kucing yang menjauhi kamu kemungkinan sedang sakit. Itulah mengapa kucing tak senang di dekati sebab ia merasa keberadaan orang lain yang berada di dekatnya hanya membuat rasa sakit yang ia rasakan bertambah.

Lalu bagaimana kita mengetahui kucing sedang sakit atau tidak ? Caranya dengan melihat apakah kucing kamu memiliki ciri berikut:

  • Kucing seharian tidak mau makan

  • Kucing seharian hanya mau minum saja

  • Kucing lebih sering tidur

  • Kucing tampak lemas

  • Mata kucing tampak tak memiliki semangat

  • Kucing terlihat semakin kurus

  • Kucing mengeluarkan bau busuk

  • Kucing mengeluarkan liur, ingus atau tahi mata yang berlebihan

  • Dll

 

Bila ternyata kucing kamu sakit maka agar kucing bersikap normal seperti biasanya, kamu hanya perlu mengobatinya.

 

7. Kucing Mengalami Stress

Sewaktu kucing mengalami stress kucing akan mengalami perilaku yang abnormal seperti kucing akan sering menjilati atau menggigiti kulitnya, menjadi agresif, memakan kotorannya, memakan benda asing dan berbagai perilaku abnormal lainnya.

Termasuk salah satunya adalah kucing menjadi lebih suka menyendiri, pendiam dan suka menjauhi manusia. Kalau kucing kamu sikapnya berubah drastis lalu memiliki sikap abnormal yang biasanya tak ada pada kucing, bisa di pastikan kucing sedang stress.

 

8. Kucing Akan Mati

Alasan yang terakhir adalah kucing tahu ia akan segera mati. Dengan insting alaminya, kucing dapat mengetahui bahwa umurnya telah mencapai batas. Kucing yang akan mati umumnya akan mencari tempat yang tersembunyi dan sulit di jangkau oleh manusia.

Itulah sebabnya mengapa kucing yang akan mati terkesan berusaha menjauhi kita. Oh iya kucing mati yang menjauh biasanya hanya di lakukan kucing yang mengalami penyakit yang cukup parah. Untuk kasus kucing mati mendadak seperti tertabrak kendaraan, jatuh dari ketinggian dan lainnya maka hal ini tak berlaku.

Itulah pembahasan mengenai 8 penyebab mengapa kucing menjauh dari kita. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan dan membuat kamu mengerti alasan kenapa kucing kamu bertingkah aneh seperti itu.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url