4 Cara Mudah Membedakan Kucing Bengal Asli Dan Palsu

Siapa sih yang tak kenal jenis kucing yang satu ini. Ya benar, kucing bengal. Kucing bengal merupakan salah satu jenis kucing yang populer untuk di jadikan hewan peliharaan di rumah. Selain populer di jadikan hewan peliharaan, kucing yang satu ini juga terkenal dengan harga jualnya yang fantastis.

 

Cara Membedakan Kucing Bengal Asli Dan Palsu


Kucing jenis ini di jual dengan harga berkisar antara 20 juta hingga 40 jutaan. Mengingat harganya yang fantastis tentunya kita sebagai calon pemilik akan berhati-hati dalam memilih kucing bengal yang hendak di adopsi.

Bayangkan saja jikalau kita lalai sedikit aja, bukan cuma tak dapat kucing Bengal yang asli, uang kita yang puluhan juta pun akan lenyap di bawa lari si penipu. Tentunya kita tak ingin jikalau hal ini terjadi pada kita.

Karena itulah wajib bagi kita untuk tahu bagaimana cara membedakan antara kucing Bengal yang asli dengan kucing Bengal yang palsu agar kita tak mudah tertipu. Lalu bagaimanakah cara membedakan kucing Bengal yang asli dengan yang palsu ?

Bagi Good Readers yang penasaran ingin tahu bagaimana caranya. Kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir.

 

Sedikit Info Mengenai Kucing Bengal

Tahukah kamu bahwa kucing Bengal bukanlah jenis kucing alami. Kucing jenis ini merupakan kucing yang tercipta dari rekayasa genetika yang di lakukan oleh seorang ilmuan jenius asal California yang mengawinkan kucing America Shorthair dengan kucing Asian Leopard.

Kemudian anak hasil kawin silang tersebut di kawinkan kembali dengan orang tuanya yang berjenis leopard. Dari perkawinan silang yang kedua kali inilah terlahir kucing jenis bengal. Nama bengal ini sendiri adalah berasal dari bahasa latin.

Bahasa latin tersebut yakni felinebengalenis yang berarti Leopard Cat, meskipun ia bernama Leopard Cat, orang lebih senang memanggil kucing ini dengan sebutan kucing Bengal. Pada akhirnya kucing ini lebih terkenal dengan sebutan kucing Bengal.

Kucing Bengal di Indonesia memang terbilang cukup banyak. Namun kebanyakan kucing bengal di Indonesia tidak berdarah murni lagi. Ini karena kucing ini sudah di kawinkan dengan berbagai jenis ras kucing lain sehingga tampilan fisik kucing bawaan kucing ini yang paling menonjol hanyalah totolnya.

Sementara untuk warna bulu, warna mata dan ciri fisiknya mungkin tampak serupa tetapi tak kelihatan sebagus versi aslinya tentunya.

 

4 Cara Membedakan Kucing Bengal Asli Dan Palsu

Banyak di antara kita yang mungkin kesulitan membedakan antara kucing Bengal yang asli dengan yang palsu. Kucing bengal yang palsu biasanya adalah kucing Hutan atau yang biasa kita sebut di Indonesia dengan sebutan Blacan.

Kedua individu ini memang terlihat sama namun keduanya jelas berbeda. Kucing Bengal tak bisa di samakan dengan kucing Hutan sebab jelas sekali kedua kucing ini merupakan 2 jenis kucing yang berbeda.

Jikalau kalian sudah sangat sering melihat kucing Hutan ( Blacan ) tentunya kalian bisa dengan mudah membedakan antara kucing Bengal dengan kucing Hutan. Tapi bagi mereka yang awam tentu sangat sulit membedakan kedua jenis kucing ini.

Namun jangan khawatir kamu bisa dengan mudah membedakannya dengan melihat 3 ciri fisik berikut ini :

1. Kepala Kucing Bengal

Umumnya bentuk kepala kucing Bengal besar serta tampak panjang, hanya saja ukuran kepala kucing ini jauh lebih kecil bila mana kita bandingkan dengan ukuran kepalanya. Selain memiliki kepala yang besar, kucing Bengal pun memiliki leher yang berotot dan juga besar.

Ukuran lehernya terlihat seimbang dengan ukuran kepalanya. Selain memiliki kepala dan leher yang terlihat seimbang, pada bagian kepala kucing juga terdapat :

  • Hidung lebar dan besar

  • Kulit hidung kemerahan dan garis luar hidung hitam

  • Telinga runcing ke atas

  • Mata bulat dan lebar

  • Warna mata hijau atau warna amber


2. Badan Kucing Bengal

Kucing bengal berbadan besar dan tampak gagah. Kucing jantan bisa memiliki bobot badan sekitar 10 kilogram sementara untuk kucing betina berat badannya bisa mencapai 4 hingga 5 kilogram. Untuk bentuk fisik kucing Bengal bisa di bilang sangat atletis.

Tak cuma itu saja, tubuh kucing ini pun terbilang cukup panjang jika kita membandingkannya dengan kucing dari jenis ras lainnya. Kucing jenis ini umumnya memiliki berat badan ideal yang sesuai ukuran tubuhnya serta memiliki ekor panjang.


3. Warna Kucing Bengal

Berdasarkan pola warna yang ada pada kucing Bengal. Jenis kucing Bengal di bedakan menjadi 2 yakni Rosetted Spotted dan Marble.

A. Jenis Kucing Bengal Spotted

Jenis Kucing Bengal Spotted

 Untuk kucing dengan pola jenis Bengal Spotted ini di bagi menjadi beberapa di antaranya :

  • Pawprint Rosetted

  • Donuts Rosetted

  • Arrow rossetted

  • Dan juga jenis lainnya


B. Jenis Kucing Bengal Marble

Jenis Kucing Bengal Marble

Untuk kucing dengan pola jenis Bengal Marble ini di bagi menjadi beberapa di antaranya :

  • Chaos Pattern Marble

  • Horizontal Flowing Marble

  • Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble

  • dan juga jenis pola marble lainnya


4. Harga Kucing Bengal

Kamu juga dapat membedakan melalui harga. Bila kucing Bengal asli di jual dengan harga murah meriah maka kamu patut curiga, besar kemungkinan kucing yang di jual tersebut adalah kucing Bengal palsu.

Kucing bengal di jual dengan harga mulai dari harga 5 juta untuk anak kucing berumur 2 sampai 3 bulanan yang tak bersertifikat dan bersertifikat seharga 10 hingga 15 jutaan. Sementara untuk kucing bengal mix dome di jual mulai harga 2 jutaaan.

Jadi, jikalau kamu menemukan ada yang menjual kucing bengal dengan harga murah meriah maka besar kemungkinan kucing itu adalah kucing Bengal palsu.


Itulah beberapa cara mudah membedakan kucing Bengal asli dan palsu . Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam membedakan antara kucing bengal yang asli dan bengal yang palsu sehingga kamu tak tertipu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url