8 Penyebab Kenapa Kucing Sehabis Makan Selalu Tidur

Kucing merupakan hewan dengan banyak perilaku yang unik. Perilaku uniknya ini tak jarang membuat pemiik tertawa, bingung ataupun keheranan. Salah satu perilaku unik kucing yang membuat kita heran adalah kucing selalu tidur sehabis makan.


Kenapa Kucing Habis Makan Tidur


Bukan cuma sekali atau dua kali saja, kucing sering kali kita temukan tertidur sehabis makan. Melihat perilaku kucing yang sering kali seperti ini, membuat pemilik kucing heran serta bertanya dalam hati " Mengapa kucing sehabis makan selalu tidur" ?

Apakah kucing sakit ? Apakah ini berbahaya bagi kesehatan kucing atau normalkah hal ini bagi kucing kesayangan kita ? Nah untuk menjawab keseluruhan pertanyaan ini maka Good Readers wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai selesai. Baca dengan perlahan ya.


8 Penyebab Kenapa Kucing Habis Makan Tidur

Kucing kamu habis makan tidur ? Tenang saja, bukan cuma kucing kamu saja kok yang melakukan hal ini. Kebanyakan kucing pada umumnya juga melakukan hal yang serupa. Mereka akan pergi tidur setelah mereka selesai makan.

Hal ini bukanlah hal yang aneh dan bagi kucing ini tergolong hal yang normal. Kucing tidur sehabis makan bukanlah tanpa adanya alasan tertentu. Kucing melakukan hal ini di karenakan penyebab tertentu.

Apa saja sih penyebab kucing tertidur setelah makan. Penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Kekenyangan

Bukanlah aneh lagi jikalau kekenyangan akan membuat mereka yang merasakannya akan berkeinginan untuk pergi tidur. Bukan cuma manusia saja bahkan kucing yang merasa kekenyangan akan membuat tubuhnya menjadi malas bergerak, mengantuk dan jadi ingin tertidur.

Inilah alasan pertama mengapa kucing yang baru saja selesai atau habis makan kebanyakan akan pergi tidur. Jadi, jikalau kamu menemukan kucing tertidur pulas sehabis makan maka hal ini bisa jadi di karenakan sobat bulu kesayangan kamu kekenyangan.

 

2. Suhu Udara Dingin

Penyebab selanjutnya kenapa kucing sehabis makan selalu tidur mungkin di karenakan suhu udara di tempat di mana kamu tinggal sangat dingin. Ini membuat kucing yang baru saja selesai makan memutuskan untuk menghabiskan waktunya dengan tidur.

Ketika suhu udara disekitar dingin, umumnya para kucing akan menjadi sangat tidak aktif. Kucing akan lebih memilih menghabiskan waktunya dengan berkumpul untuk saling menghangatkan diri dengan kucing lainnya, berkumpul dengan pemiliknya, diam di tempat hangat atau pergi tidur.

 

3. Memang Waktu Tidur Kucing

Bukan cuma karena kekenyangan saja ataupun karena suhu udara di sekitar dingin. Kucing pun bisa saja pergi tidur sesudah makan karena pada waktu itu memang waktu di mana kucing biasa untuk tidur.

Misalnya kamu memberi kucing makan di siang hari, pada jam satu siang dan kamu tahu bahwa kucing sering kali tidur di jam-jam tersebut. Di saat kucing selesai makan tentunya si kucing akan langsung tidur.

Hal ini tidaklah aneh karena memang kucing pergi tidur sebab di sekitar waktu tersebut memanglah jadwal kucing untuk tidur.

 

4. Menghemat Tenaga

Tidur merupakan salah satu cara bagi kucing untuk menghemat tenaganya. Kucing menghemat tenaganya agar ia tak mudah lapar ataupun menghemat tenaganya untuk nantinya ia gunakan dalam berburu mangsanya atau berkelahi dengan musuhnya.

Kucing yang menghemat tenaga dengan tujuan berburu atau melawan musuhnya biasanya setelah terbangun akan menjadi sangat aktif. Kucing juga akan lebih senang berkeliaran bebas di luar rumah di bandingkan berdiam diri di rumah.

 

5. Tak Ada Yang Perlu Di lakukan

Ketika kucing merasa tak ada yang perlu di lakukan, kucing akan memilih untuk tidur dan kucing kebetulan melakukan hal ini di saat ia baru saja selesai makan. Sehingga kita merasa bahwa penyebab kucing tidur adalah karena ia makan padahal sebenarnya kucing  tidur karena ia bosan tak ada yang perlu atau bisa ia lakukan.

 

6. Kucing Kelelahan

Sebenarnya kucing yang sehabis makan tertidur bukanlah karena apa yang dia makan atau ia bermasalah dengan kesehatannya tapi karena ia memang sedang kelelahan. Kelelahan sering terjadi pada kucing yang di biarkan bebas berkeliaran di luar rumah.

Ini sering terjadi pada kucing-kucing ini, apalagi jikalau kucing di biarkan bebas di luar pada saat malam maka ketika ia berada di rumah tak jarang kucing ini akan makan terlebih dahulu kemudian ia akan pergi tidur selama berjam-jam lamanya.

Kemudian saat siang hari atau sore menjelang malam, kucing akan kembali pergi untuk beraktivitas di luar rumah. Jadi, ketika kucing kamu tidur sehabis makan, penyebabnya bisa saja karena ia sangat kelelahan.


7. Kucing Kegemukan

Kucing yang selalu tidur setelah makan mungkin akibat kucing kegemukan. Berat badan yang berlebih pada kucing akan membuat kucing menjadi hewan yang malas bergerak, senang berdiam diri dan lebih sering tertidur.

Karena ia kegemukan serta kekenyangan lalu kucing akan lebih senang tidur di saat ia selesai makan. Bila berat badan kucing terlalu berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan tentunya ini dapat membahayakan kesehatan kucing.

Jika kamu merasa bahwa hal ini di sebabkan oleh kegemukan, sebaiknya turunkan berat badan kucing kamu dengan melakukan diet sehat.

 

8. Kucing Mengalami Pergeseran Waktu Aktif

Beberapa kucing mengalami pergeseran waktu aktif menjadi lebih aktif di tengah malam. Kucing memanglah hewan krepuskular sehingga kucing akan menjadi sangat aktif di kala fajar atau senja. Tapi kebanyakan dari mereka jarang aktif di tengah malam.

Jika mereka menjadi aktif di tengah malam, ini berarti kucing mengalami pergeseran waktu aktif yang membuat kucing akan lebih banyak tidur di siang hari. Penyebab inilah yang kadang membuat kucing akan pergi tidur setelah ia makan.

 

Apakah Hal Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Kucing ?

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri, kucing tidur sehabis makan tidak memiliki dampak negatif sama sekali terhadap kesehatan kucing. Buktinya sampai saat ini kucing peliharaan Anggora tak ada yang jatuh sakit hanya karena tidur sehabis makan.

Walaupun kucing jatuh sakit pastinya bukan di sebabkan oleh hal ini. Penyebabnya paling karena kucing terinfeksi bakteri, virus, parasit, keracunan atau karena hal lainnya yang jelas tak ada kaitannya dengan hal ini. Jadi, jangan khawatir jikalau kucing kamu tidur sehabis makan ya. 

 

Bisakah Kucing Di Cegah Untuk Tidak Tidur Setelah Makan ?

Sulit untuk mencegah kucing untuk tak tidur setelah makan. Bahkan jikalau kita mengurangi porsi makan kucing agar kucing tak kekenyangan yang ada kucing tetap akan tertidur karena merasa kelaparan atau karena alasan lainnya.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai 8 penyebab kenapa kucing habis makan tidur dan hal yang berkaitan dengannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url