6 Bagian Tubuh Kucing Yang Tidak Boleh Disentuh

Menyentuh kucing merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Di tambah lagi bila menyentuh tubuhnya sembari mengelus-elus tubuhnya maka hal ini bukan cuma menyenangkan tetapi juga bisa menenangkan hati kita sekaligus mampu meredakan stress yang ada pada diri kita.

 

Bagian Tubuh Kucing Yang Tidak Boleh Disentuh


Menyentuh kucing memang menyenangkan sekaligus dapat memberikan beberapa manfaat bagi diri kita. Tetapi menyentuh kucing tak boleh begitu saja asal di lakukan. Ada beberapa bagian dari tubuh kucing yang tak tidak boleh kita sentuh.

Sebab bila kita menyentuhnya, ini bisa membuat kucing merasa tak nyaman serta tak betah berada di dekat kita. Akibatnya kucing akan lebih memilih menjauhi kita. Kucing juga mungkin akan membenci kita bila kita melakukan hal ini tanpa tahu bahwa hal itu terlarang untuk kucing.

Tentunya kamu tak ingin kalau kucing menjadi tak menyukai kamu hanya karena akibat kelalaian kamu sendiri. Karena itulah sebagai pemilik kucing kita wajib tahu area mana saja pada tubuh kucing yang terlarang untuk di sentuh.

Untuk mengetahui area mana saja yang terlarang untuk di sentuh maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya Good Readers.

 

6 Bagian Tubuh Kucing Yang Tidak Boleh Disentuh

Ada beberapa bagian dari anggota tubuh kucing yang tak boleh untuk kita sentuh. Bila kita menyentuhnya maka kucing akan merasakan perasaan tak nyaman lalu akan pergi jauh dari kita. Ini juga bisa membuat kucing mengalami trauma jika kita paksa untuk menyentuhnya secara terus menerus.

Nah yang mana saja bagian dari tubuh kucing yang tak boleh kita sentuh, berikut beberapa di antaranya :

1. Perut Kucing

Nah yang pertama adalah perut kucing. Setiap kali kita memegang perut kucing, kita pastinya melihat bahwa si kucing kesayangan terlihat tak senang di pegang perutnya. Kucing akan melihat tangan kita dengan tatapan tak suka, mendorongnya, mencakar maupun menggigiti tangan kita.

Lalu kucing kemudian akan lari bila ia rasa ada kesempatan melarikan diri. Melihat hal ini pastinya kamu akan bertanya dalam hati mengapa kucing tak memperbolehkan kita menyentuh perutnya. Ini karena adanya folikel bulu di atas perutnya.

Yang mana folikel bulu ini sendiri bila di sentuh akan memberikan rangsangan luar biasa terhadap perut kucing. Bukan cuma itu saja kucing pun menganggap bahwa perut adalah bagian vital yang wajib di lindungi.

Karena itulah kucing sangat menjaga perutnya dan tak memperbolehkan siapapun termasuk pemiliknya menyentuhnya. Selain karena hal di atas, ada alasan lain mengapa kucing tak suka di pegang perutnya. Lihat alasan lainnya di sini.

Ada satu fakta yang unik mengenai hal ini, kucing memang tak memperbolehkan perutnya dipegang namun lain cerita saat ia sedang tertidur. Ketika kucing tak sadarkan diri kucing akan membiarkan siapapun menyentuh perutnya.

 

2. Ekor Kucing

Ekor kucing merupakan salah satu bagian yang tak boleh kita sentuh. Sebenarnya kita boleh saja menyentuhnya sih tapi bagi kucing ini adalah hal yang mengganggu sekali karena itulah banyak yang mengatakan bahwa bagian ini tak boleh di sentuh.

Selain karena memegang ekor kucing adalah tindakan yang mengganggu bagi kucing, memegang ekor kucing bisa membuat kucing merasa tak aman dan terancam. Ini karena pada ekor kucing terdapat banyak sekali sistem saraf, otot ataupun tulang yang mana rawan mengalami kerusakan bila ekor terluka.

Ekor juga berfungsi sebagai alat bantu untuk membantu keseimbangan tubuh kucing. Ini sangat berguna pada saat kucing berjalan di tempat tinggi yang sangat sempit. Beberapa alasan inilah yang membuat kucing sangat menjaga ekornya.

Kucing akan mencakar atau menggigit tangan orang yang memegang ekornya serta ia akan berusaha menarik ekornya supaya terlepas, kucing melakukan ini karena memang kucing tak suka dan merasa tindakan ini bisa melukai ekornya. 

Oh iya bila kamu hendak menarik kucing mendekati kamu sebaiknya jangan tarik ekornya ya sebab ini bisa melukai kucing itu sendiri. Anggora berkata seperti ini untuk sekedar mengingatkan karena berdasarkan penglihatan Anggora sendiri masih banyak orang ataupun pecinta kucing yang melakukan hal ini.

Kemungkinan besar sih karena ketidaktahuan mereka saja menurut anggora, meskipun banyak juga oknum yang melakukannya dengan sengaja untuk menyakiti kucing.


3. Kaki Kucing

Kaki kucing sebenarnya boleh saja kita sentuh namun bagi kucing bagian ini bukanlah bagian yang ia perbolehkan untuk di sentuh manusia. Coba deh kamu sentuh atau pegang kaki kucing kamu, pastinya si kucing akan menarik kakinya dari genggaman kamu sesaat setelah kamu menggenggam kakinya.

Ini menunjukkan bahwa kucing memanglah tak memperbolehkan bagian ini untuk kita pegang. Alasan mengapa kucing tak memperbolehkannya menurut Anggora hanyalah karena kucing memang tak nyaman saja bila kita melakukan hal ini padanya.

Selain itu kucing juga akan sedikit panik bila bagian yang satu ini kita pegang karena itulah kucing akan bergegas menarik kakinya sesaat setelah kita memegangnya.


4. Hidung Kucing

Serupa dengan kaki kucing, ketika memegang hidung kucing maka kucing akan langsung merespon dengan mendorong, mencakar ataupun menggigiti tangan kita. Respon kucing ini seolah melarang kita untuk memegang hidungnya.

Kucing sangat tak suka di pegang hidungnya karena memegang hidung kucing dapat membuat kucing merasa ada yang terasa aneh dengan hidungnya, merasa hidung gatal, ataupun memancing hidung bersin ( ini terjadi jikalau kita memegang hidungnya dengan menekannya kuat ).

Apa yang terjadi pada hidung kucing mirip dengan apa yang terjadi pada saat kita memegang hidung manusia. Perasan aneh yang tak kucing inginkan terjadi pada hidungnya inilah yang membuat kucing melarang kita menyentuh bagian hidungnya.

 

5. Bagian Dalam Telinga Kucing

Bagian dalam telinga kucing merupakan salah satu bagian yang tak boleh untuk di sentuh. Kenapa ? Bagian ini akan membuat kucing merasa sangat gatal dan risih, setiap kali kamu memasukkan tangan kamu ke dalamnya maka kucing akan langung menggaruk telinganya.

Ini juga bisa mmebuat telinga kucing mengalami kerusakan bila kamu memasukkan tanganmu ataupun benda lainnya ke dalam telinga kucing. Selain karena dapat membuat kucing gatal, risih dan juga terluka hal ini juga bisa membuat tangan kita kotor.

Saat kita menyentuh telinga bagian dalam kucing tangan kita dapat terkena kotoran telinga kucing, bila kita lupa mencuci tangan sebelum makan dan kotoran ikut masuk ke dalam perut maka bisa saja kita beresiko jatuh sakit.

Sebaiknya jangan menyentuh bagian dalam telinga kucing kecuali jika kita di haruskan menyentuhnya karena alasan yang urgen.


6. Bagian Kelopak Atau Mata Kucing

Tak ada bedanya dengan mata manusia, bagian mata kucing merupakan area yang sensitif. Bila kita asal menyentuh bagian ini, hal ini bisa saja memberi dampak negatif pada mata kucing. Mulai dari mata kucing menjadi terasa sakit ataupun kucing bisa mengalami kebutaaan bila kita menyentuh bagian mata dengan kuat.

Mungkin kita sebagai orang dewasa tahu akan hal ini namun tidak demikian dengan anak-anak, mereka bisa saja menekan mata kucing dengan kuat. Oleh sebab itu bila kamu di rumah memiliki anak-anak sebaiknya larang mereka untuk menyentuh mata kucing.

Bukan cuma melarang saja sebaiknya hal ini di ikuti dengan memberi pelajaran pada anak kita mengenai apa yang boleh dan tak boleh di pegang pada tubuh kucing.

 

Apa Yang Terjadi Bila Kita Menyentuh Bagian-Bagian Ini ?

Menyentuh bagian-bagian ini sebenarnya tak akan terlalu menyakiti kucing bila kita menyentuhnya secara perlahan ( kecuali mata ). Ini hanya akan membuat kucing merasa tak nyaman juga merasa terganggu.

Selain itu bila mana kita menyentuhnya dengan tak berhati-hati maka ini justru bisa memberikan dampak negatif pada tubuh kucing. Contohnnya bila kita memegang ekor kucing terlalu kuat dan tanpa sengaja menarik ekornya maka ini akan membuat kucing berteriak kesakitan.

Bukan cuma itu saja tindakan ini pun dapat memicu trauma pada kucing. Kucing yang ekornya terluka tadi akan sangat ketakutan bila di pegang oleh manusia, terutama bila kita hendak memegang bagian ekornya.

Kucing yang melihat seseorang hendak memegang ekornya maka ia akan langsung ketakutan dan lari menjauh. Pernah ada saat di mana seorang kerabat bertamu membawa anaknya kerumah Anggora. Anak ini bisa di bilang sangat senang melihat kucing.

Sehingga ia pun mengelus-elus perut kucing yang sedang tidur namun karena elusannya terlalu kuat si kucing malah terlihat kesakitan dan lari kabur. Kucing terus kabur dan tak kembali lagi ke rumah sampai keesokan harinya.

Atas kejadian tersebut kucing mengalami trauma terhadap anak kecil. Dari situlah setiap kali kucing ini melihat anak kecil maka ia akan lari ketakutan dan bersembunyi. Padahal sebelumnya kucing biasa saja ketika melihat kucing.

Hal ini juga bisa terjadi pada kita yang sering mengganggu kucing dengan memegang bagian-bagian di atas, apalagi bila kita memegangnya terlalu kuat.

 

Wajib Bagi Kita Dan Orang Sekitar Kita Tahu Akan Hal Ini

Wajib bagi kita untuk tahu bagian mana saja dari tubuh kucing yang tidak boleh di sentuh. Terutama orang di sekitar kita dan anak-anak kita. Tujuannya adalah agar hal yang tak di inginkan tidak terjadi pada kucing seperti contoh yang Anggora sebutkan di atas.

Beritahukan pada keluarga dan anak-anak kita bagian tubuh mana saja yang tak boleh dan boleh di sentuh. Bagaimana cara memegang atau mengelus kucing yang baik dan sebagainya.

Dengan melakukan hal ini akan membuat kita merasa aman bila kita meninggalkan kucing di rumah bersama kerabat atau anggota keluarga dan anak-anak kita.

 

Mungkin sekian pembahasan ini. Semoga bermanfaat. Oh iya, jangan lupa untuk subscribe dengan menekan tombol subscribe yang ada di halaman terbawah situs ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari kenangananggora.com secara gratis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url