Benarkah Kucing Kedinginan Bisa Mati ? Ini Jawabannya !

Pernah tidak mendengar bahwa kedinganan bisa menyebabkan kematian pada manusia. Pastinya kamu pernah mendengarnya, bukan. Kematian akibat kedinginan dapat terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis.

 

Kucing Kedinginan Bisa Mati

 

Tubuh kehilangan panas secara cepat di bandingkan panas yang di hasilkan. Di saat ini terjadi beberapa organ vital seperti jantung dan organ vital lainnya akan mengalami kegagalan fungsi. Inilah penyebab umum terjadinya kematian pada mereka yang mengalami kedinginan ekstrim.

Kondisi kedinginan yang bisa menyebabkan kematian umumnya dalam dunia kedokteran di sebut dengan Hipotermia. Kita lebih sering mendengar hipotermia sering terjadi pada manusia namun apakah ini dapat terjadi juga pada kucing ?

Apakah kucing yang mengalami kedinginan bisa mengalami kematian dan bagaimanakah cara mengatasi sekaligus mencegah hal ini terjadi pada kucing kita ? Bagi Good Owner yang penasaran dan ingin tahu jawabannya, kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca sampai akhir ya.


Apakah Hipotermia Dapat Terjadi Pada Kucing ?

Banyak kesamaan anatara manusia dan kucing. Seperti kucing dapat mengalami mabuk perjalanan, stress, demam dan sejenisnya. Dan kesamaan lainnya antara manusia dan kucing adalah keduanya dapat mengalami Hipotermia.

Mungkin banyak di antara kamu yang berpikir bahwa kucing mustahil bisa mengalami hipotermia sebab kucing memiliki bulu yang lebat terutama kucing jenis ras Ragdoll, Siberia, Birman, Anggora, Maine Coone dan kucing sejenisnya yang memiliki bulu yang lebat.

Tapi sebenarnya apa yang kalian pikirkan itu salah, kucing juga dapat mengalami kedinginan bahkan walaupun mereka memiliki bulu yang lebat. Kucing dapat merasakan kedinginan bila tingkat suhu dingin tersebut di luar toleransi yang bisa tubuh mereka tahan.

Jika mereka tak mampu lagi menahan suhu dingin tersebut maka mereka akan mengalami kedinginan dan yang terparah adalah mereka dapat mengalami hipotermia.


Apakah Kucing Kedinginan Bisa Mati ?

Benar bahwa kucing bisa mati akibat kedinginan dengan catatan bahwa kucing mengalami penurunan suhu tubuh yang drastis dan berlangsung dengan jarak waktu yang terbilang cukup cepat ( Hipotermia ).

Hipotermia umumnya terjadi akibat si kucing berada dalam lingkungan yang cukup dingin terlalu lama. Selain itu hipotermia juga dapat terjadi akibat :

  • Kucing di mandikan pagi hari contohnya sekitar jam 6 hingga 8 pagi

  • Kucing di mandikan pada malam hari

  • Kucing berada di luar rumah ketika hujan salju

  • Kucing di biarkan kehujanan di luar rumah

  • Kucing berada di luar rumah di saat udara dingin ( umumnya terjadi pada negara yang memiliki suhu udara yang terbilang cukup rendah seperti kanada,, rusia, finlandia, mongolia dan lainnya )

  • Dan beberapa penyebab lainnya


Kedinginan pada kucing memang terlihat sepele namun faktanya kedinginan pada tingkat tertentu seperti Hipotermia, ini dapat menyebabkan kematian pada kucing. Anggora sendiri memang belum pernah memiliki kucing yang mati akibat Hipotermia namun pecinta kucing lainnya pernah mengalaminya.

Mereka bercerita di komunitas grup pecinta kucing bahwa ada salah satu kucingnya yang mati setelah ia mandikan. Ia bercerita bahwa kucingnya mati setelah kedinginan karena di mandikan. Ada dua hal yang mungkin menjadi penyebab hal ini yakni :

  1. Kucing di mandikan saat suhu udara dingin

  2. Tubuh kucing di biarkan basah dan tak segera di keringkan

 

Anggora berpikir bahwa kesalahan ini hanya bisa di lakukan oleh mereka yang baru saja memelihara kucing dan tak tahu bagaimana cara merawat kucing yang benar sehingga akibatnya mereka kehilangan kucing yang mereka cintai.

Di Indonesia sendiri kematian kucing peliharaan akibat kedinginan sangat jarang terjadi dan hanya terjadi jikalau pemiliknya tak tahu bagaimana cara yang benar dalam merawat kucing peliharaan mereka.

Sementara untuk kucing liar di Indonesia, kematian akibat Hipotermia lumayan sering terjadi. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri, ada beberapa kucing liar yang Anggora pernah lihat mati karena kedinginan.

 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Kedinginan Pada Kucing ?

Untuk mengatasi kedinginan pada kucing sebenarnya caranya cukup mudah yakni :

  • Bila bulu kucing basah maka segera keringkan bulu kucing dengan hair dryer atau menggunakan handuk atau kain kering

  • Naikkan suhu ruangan, bila di rumah kamu memilik pengatur suhu ruangan seperti air conditioner maka cobalah untuk mengaktifkan mode pemanasnya

  • Biarkan kucing tidur di tempat yang menurut ia hangat seperti di dekat perapian, di bawah lampu, di kasur, di atas benda elektronik dan benda-benda lain yang ia anggap hangat

  • Terus awasi si kucing sampai kamu melihat bahwa kucing kesayangan sudah tak terlihat kedinginan lagi

  • Bila kondisi kucing tak kunjung membaik maka sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan. 

 

Adakah Cara Mencegah Kedinginan Pada Kucing Peliharaan ?

Agar kucing kita tak mengalami kedinginan dan terhindar dari Hipotermia maka satu-satunya cara yang dapat kita lakukan hanyalah mencegah kucing agar kucing tak mengalami kedinginan. Bagaimana caranya ? Caranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Jangan sembarangan memandikan kucing. Mandikanlah kucing di waktu yang suhu udaranya terbilang hangat yakni di siang hari antara jam 11 hingga jam 2 siang

  2. Di saat kamu melihat tubuh kucing kamu basah, entah itu karena kehujanan, terkena salju, di siram orang atau karena penyebab lainnya maka segeralah keringkan tubuh dan bulu kucing kamu

  3. Sesaat setelah kucing di mandikan, keringkanlah tubuhnya untuk mencegah kucing kedinginan dan mencegah kotoran atau bakteri menempel lagi serta mencegah kucing jamuran

  4. Jangan biarkan kucing berada di luar rumah di saat suhu udara sangat dingin terutama di saat hujan ataupun turun salju

  5. Pantau terus kondisi kucing kamu, jika kamu merasa ia kedinginan maka segera lakukan berbagai cara untuk menghangatkan tubuhnya

  6. Atur suhu ruangan sesuai dengan suhu udara yang baik untuk manusia dan kucing yakni sekitar 38 hingga 39 derajat celcius

 

Jika Kucing Sakit Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Sama seperti yang biasa Anggora sarankan yakni jikalau kucing sakit setelah kedinginan maka sebaiknya kucing di bawa sesegera mungkin untuk berobat ke dokter hewan. Ini kita lakukan untuk mencegah penyakit kucing semakin parah dan agar kucing dapat segera sembuh.


Itulah pembahasan mengenai bisakah kucing kedinginan mati, bagaimana cara mengatasi kedinginan pada kucing dan bagaimana cara mencegah agar kucing peliharaan kesayangan kita tak mengalami kedinginan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url