4 Bagian Tubuh Yang Disukai Kucing Saat Dielus Yang Wajib Kamu Tahu

Kucing kamu sering kabur atau mencakar ketika di elus tubuhnya ? Jika iya ini mungkin karena kucing tak menyukai elusan kamu. Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa kucing tak menyukai kamu atau kucing sifatnya buruk namun yang kamu pikirkan sebenarnya salah.



Kucing menjauhi kamu dan tak senang kamu elus adalah karena cuma ia tak senang saja saat kamu elus. Kemungkinan besar kamu salah mengelus kucing sehingga membuat kucing tak betah berada di sisimu.

Karena itulah jikalau kamu ingin kucing kamu nyaman berada di sisi kamu saat kamu mengelusnya maka kamu harus paham bagian tubuh mana saja yang kucing perbolehkan dan suka di elus. Terus bagian mana saja sih yang sangat kucing senangi dielus oleh kita ?

Bagi kamu yang ingin tahu bagian mana saja yang kucing sukai untuk dielus maka kamu dapat mengetahui jawabannya pada tulisan Anggora berikut ini.

 

Tanda Kucing Menyukai Elusan Tangan Kita

Jika  kamu perhatikan secara seksama, kamu bisa mengetahui apakah kucing suka dengan elusan kita atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya secara mudah dengan hanya melihat beberapa pertanda yang kucing tunjukkan ketika ia senang di elus.

Kebanyakan kucing akan menunjukkan pertanda ini. Umumnya pertanda tersebut antara lain :.

  •  Ketika kucing di elus ia bukannya menjauh malah semakin mendekati kita

  •  Ekor kucing bergoyang-goyang ke atas ke bawah

  •  Kucing mengibas-ngibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri

  •  Kalau kucing suka dengan elusan kamu biasanya ia akan mendengkur

  •  Beberapa kucing juga terkadang akan melakukan pijatan ringan pada tubuh kamu

  •  Kucing terlihat nyaman dan tak akan pergi dari kamu

  •  Saat di elus biasanya kucing akan semakin mencondongkan tubuhnya ke tangan yang mengelusnya. Ini sering terjadi di kala kamu mengelus pipi atau dagu kucing.

  • Kucing akan menutup matanya atau ketiduran saat di elus

  • Kalau kamu berhenti mengelusnya terkadang beberapa kucing akan menangkap tangan kamu seolah ia ingin berkata "jangan berhenti mengelusnya".

  • Kalau kamu berhenti mengelus kucing biasanya kucing akan mendorong tubuhnya ke tempat di mana kamu berada


Bila kamju melihat beberapa pertanda di atas pada kucing kamu. Itu berarti kucing suka dengan elusan yang kamu berikan dan merasa nyaman dengan hal ini. Kamu pun bisa melanjutkan mengelus kucing kamu hingga kamu puas melakukannya.


Tanda Kucing Tidak Menyukai Elusan Tangan Kita

Kalau tadi kita baru saja bicara mengenai tanda kucing menyukai elusan kita, sekarang kita akan bicara tentang beberapa pertanda yang umumnya kucing tunjukkan di saat ia tak menyukai dielus oleh seseorang.

Ketika kucing tak suka kamu mengelusnya, biasanya kucing akan menunjukkan perilaku sepeti :

  • Langsung kabur dari kamu di saat kamu baru saja mengelusnya

  • Tiada pertanda dari ekor yang bergoyang ke atas atau ke bawah

  • Kucing tak mengibaskan ekornya ke kiri dan ke kanan

  • Kucing tak mendengkur sama sekali

  • Kucing kelihatan tak nyaman

  • Melihat kamu dengan tatapan tak suka

  • Mendorong tangan kamu yang hendak mengelusnya

  • Telinga kucing bergerak ke arah belakang

  • Kucing tak mempedulikan kamu, ia malah sibuk melakukan perawatan terhadap tubuhnya

  • Jika kamu terus mengelusnya saat ia tak suka, seringkali kucing akan menangkap kemudian menggigit atau mencakar tangan kamu


4 Bagian Yang Disukai Kucing Saat Dielus

Agar tak salah mengelus dan membuat kucing tak nyaman maka kamu wajib tahu bagian mana saja yang kucing sukai untuk di elus. Ada beberapa bagian pada tubuh kucing yang kucing senang bila kamu mengelusnya.

Nah apa saja bagian tersebut dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Kepala Bagian Atas Kucing

Bagian yang pertama yakni kepala kucing. Kucing suka sekali ketika kepalanya di elus secara lembut dan berulang-ulang. Di kutip dari IDN Times.com, Nicholas Dodman yang merupakan seorang ilmuwan menemukan sebuah fakta menarik terkait elusan pada kepala kucing.

Fakta tersebut antara lain adalah elusan pada bagian kepala kucing bisa membuat kucing mengenang kembali ingatan masa kecilnya. Ingatan tersebut adalah saat di mana sang ibunya sering menjilati kepala kucing tersebut.

Fakta ini berhasil Nicholas temukan dari hasil penelitiannya yang berkaitan dengan hal ini. Oh iya selain elusan kepala bisa merangsang ingatan masa lalu kucing, elusan ini juga bisa memberi rasa aman serta nyaman untuk sobat bulu kita.

Kucing juga akan merasa bahwa dirinya sangat di sayang. Itulah mengapa tak mengherankan bila kucing suka menggosokkan kepala mereka ke tubuh orang yang di sayangnya. Ini adalah sebuah kode bagi kita agar kita paham bahwa si kucing meminta untuk di elus kepalanya.

 

2. Tengkuk Hingga Pangkal Ekor

Selain pada bagian kepala, kucing pun sangat suka bila kamu mengelus mulai dari tengkuk hingga pangkal ekornya. Bila saat kamu mengelus bagian ini dan kucing meregangkan tubuhnya dengan cara mengangkat bagian belakang tubuh dan memendekkan bagian depan tubuhnya maka ini berarti kucing suka di elus di bagian ini.

Untuk mengelus kucing pada bagian ini sebaiknya kamu elus searah saja, karena kucing tak suka bila mana kamu mengelusnya bolak-balik. Saat mengelus kucing, pastikan kamu mengelusnya dengan perlahan dan lembut.


3. Pipi Kanan Dan Kiri Kucing

Kucing juga sangat menyukai di elus pada bagian pipinya. Ini karena pada bagian ini terdapat kelenjar aroma. Kelenjar ini nantinya akan mengeluarkan aroma tertentu yang kucing sukai dan yang dapat mencium aroma tersebut cuma kucing saja.

Nah untuk mengaktifkan kelenjar ini, kelenjar tersebut mesti di gosok-gosok oleh tangan kita. Selain karena adanya kelenjar ini, kucing juga senang dielus pada bagian pipinya karena ia merasa elusan di bagian ini sangat enak serta menyenangkan baginya.

 

4. Daerah Sekitar Dagu

Daerah sekitar dagu merupakan salah satu bagian yang kucing sukai dan perbolehkan untuk kita elus. Sama dengan area pipi, area ini juga memiliki kelenjar yang menghasilkan feromon. Tapi bukan cuma ini saja yang membuat kucing suka di elus di bagian dagunya.

Alasan lainnya yakni bagian ini merupakan bagian yang sangat sulit bagi kucing untuk menggaruk ataupun menjilatinya dan juga tempat aman berkumpulnya kutu. Karena itulah di saat kita menggosok bagian ini dengan tangan kita, kucing akan merasakan sensasi kenikmatan.

Kucing akan merasa bahwa elusan kita di area dagu benar-benar mampu menghilangkan rasa gatal pada area ini dan membuat nyaman dirinya.

 

Beberapa Bagian Dari Tubuh Yang Tak Kucing Sukai Dielus

Kucing pun punya beberapa bagian dari tubuhnya yang tak boleh di sentuh atau kucing sangat tak suka bila kamu menyentuhnya. Para pecinta kucing yang sudah berpengalaman memelihara kucing pastinya tahu bagian mana saja yang Anggora bicarakan tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu bagian mana saja yang paling kucing tak suka di elus maka di sini Anggora akan memberi tahu bagian mana saja bagian tersebut.

1. Perut Kucing

Bukan hal yang asing lagi bagi bahwa kucing sangat benci di pegang perutnya. Kucing tak suka perutnya di pegang atau di elus karena ini sangat menggelikan, memberi stimulus berlebih pada kucing dan juga kucing merasa bahwa tindakan seperti elusan pada perut kucing adalah hal berbahaya.

Sewaktu kamu menyentuh perut kucing secara refleks kucing akan mendorong atau mencakar serta menggigit tangan kamu ataupun lari menjauhimu.


2. Ekor Kucing

Tak cuma perut saja, ekorpun termasuk dalam daftar bagian tubuh yang tak boleh di pegang dan sangat di benci kucing untuk di elus. Bagi kucing mengelus ekor sama saja dengan mengganggu dirinya atau berniat melukainya.

Ini karena ekor merupakan bagian yang kucing sangat lindungi sebab di dalamnya banyak sekali tulang, saraf dan otot yang rentan rusak bila ekor terluka. Karena itulah sebaiknya jangan sesekali memegang bagian ini kalau kamu tak mau di benci oleh kucing kesayangan kamu.


3. Kaki Kucing

Bagian tubuh selanjutnya yang kucing tak suka di sentuh ataupun dielus adalah kaki kucing. Mau itu kaki depan juga kaki belakang, keduanya tak kucing sukai di sentuh. Alasannya mungkin kucing merasa tak nyaman saja dan juga kucing merasa ini mengganggu pergerakannya.

Tak hanya itu saja bila kamu memegang kaki kucing lalu ia merasa bahwa ia kehilangan pijakannya maka si kucing akan panik dan membuat ia berontak dan bersegera mungkin menjauhi kamu. Sebaiknya tak usah menyentuh kaki kucing kecuali urgen.

Lagi pula aneh saja kalau ada orang yang hobi memegang kaki kucing hanya untuk mengelus kakinya.

 

Cara Mengelus Kucing Yang Baik Dan Benar

Walau terkesan sepele tetapi mengelus kucing tak boleh di lakukan sembarangan karena dapat membuat kucing yang di elus merasa tak nyaman, terganggu bahkan hal ini bisa membuat kucing membenci kita.

Agar hal ini tak terjadi maka kita harus mengelus kucing dengan baik dan benar. Lalu bagaimana caranya ? Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum mengelus kucing sapalah kucing kamu terlebih dahulu

  2. Pastikan kucing yang hendak kamu elus tidak sedang sibuk dengan aktivitas hariannya seperti menjilati tubuhnya bermain ataupun sejenisnya

  3. Elus kucing di bagian yang ia bolehkan atau sukai untuk di elus

  4. Elus tubuh kucing secara perlahan dan lembut

  5. Jangan mengelus kucing dengan terlalu bertenaga ataupun secara cepat karena tindakan ini kucing nilai sangat menggangu

  6. Untuk bagian tertentu seperti punggung kucing sebaiknya jangan melakukan elusan bolak-balik karena ini sangat tak nyaman bagi kucing

  7. Jika kucing sudah puas dielus sebaiknya biarkan kucing pergi karena jika kamu terus mengelusnya yang ada ia malah berontak

  8. Jangan memaksa kucing untuk di elus ketika ia tak menginginkannya


Kesimpulan

Setelah membaca tulisan Anggora ini, kini kamu sudah tahu kan bagian tubuh mana saja yang kucing sukai saat dielus. Bagian tersebut antara lain :

  • Bagian atas kepala

  • Bagian tengkuk hingga pangkal leher

  • Bagian pipi

  • Area sekitar dagu kucing


Kini kamu telah mengetahui beberapa bagian yang kucing sukai ketika di elus dan sekarang kamu akan lebih bisa memanjakan kucing dengan elusan kamu. Terus ikuti informasi terbaru dari kami secara gratis dengan menekan tombol subscribe pada menu subscribe di bagian terbawah situs ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url