10 Cara Mudah Mengeringkan Bulu Kucing Tanpa Hair Dryer

Bagaimanakah cara mengeringkan bulu kucing tanpa hair dryer ? Pertanyaan ini sering kali muncul ketika bulu kucing basah karena baru saja kita mandikan atau karena kucing tanpa sengaja menumpahkan air ke tubuhnya.

 

Cara Mengeringkan Bulu Kucing Tanpa Hair Dryer

 

Untuk kucing yang baru saja di mandikan umumnya para pecinta kucing memang selalu menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan pada bulu-bulu kucing. Tapi bagaimana jikalau kita tak memiliki alat ini.

Bagaimana jikalau kita memiliki alat ini namun secara kebetulan alat ini hilang atau mengalami kerusakan. Tentunya mau tak mau kita wajib mengeringkan bulu si kucing kesayangan menggunakan cara lain.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengeringkan bulu-bulu sobat kesayangan kita. Nah bagaimana caranya ? Caranya dapat sobat Anggora lihat pada tulisan Anggora yang ada di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat.

 

10 Cara Mengeringkan Bulu Kucing Tanpa Hair Dryer

Kamu yang biasanya menggunakan jasa grooming atau semacamnya mungkin akan kebingungan ketika kamu memandikan sendiri kucing kamu dan ini juga berlaku bagi mereka yang baru pertama kali memandikan kucing.

Mereka akan bingung sewaktu hendak mengeringkan bulu kucing yang basah karena tidak memiliki alat pengering rambut atau yang biasa di sebut hair dryer. Bila ini terjadi pada kamu, maka sebaiknya kamu jangan bingung dan tetap tenang karena masih ada kok cara lain untuk mengeringkan bulu kucing kamu.

Kamu bisa mengeringkan bulu-bulu kucing kamu tanpa hair dryer. Lalu bagaimana caranya ? Beberapa caranya antara lain : 

1. Menggunakan Handuk Bersih Dan Kering

Selain menggunakan hair dryer kamu masih bisa kok menggunakan handuk untuk mengeringkan bulu kucing. Gunakan handuk bersih yang kering untuk mengeringkan bulu kucing kamu. Gunakan ini untuk membuat kering bulu kucing yang basah akibat terkena tumpahan air ataupun karena dimandikan.

Lap bagian tubuh kucing yang kamu rasa basah dengan menggunakan handuk tersebut. Lap hingga tubuh kucing di rasa benar-benar kering. Cara ini efektif untuk mengeringkan bulu-bulu kucing yang basah.

Hanya saja agar bulu kucing benar-benar kering kita mesti berulang-ulang menggosokkan handuk ke tubuh kucing. Melakukan hal ini tentu saja akan menghabiskan tenaga yang lumayan dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama sampai bulu kucing mengering total

Oh iya bila setelah melakukan hal ini namun bulu kucing masih di rasa agak basah maka kamu dapat membantu pengeringan bulu dengan menjemur kucing di bawah sinar matahari.


2. Memakai Kain Bersih Serta Kering

Nah cara yang ke dua ini hampir sama saja dengan cara yang pertama di atas hanya saja yang membedakan adalah di sini kita menggunakan kain bersih dan kering sebagai alat bantu untuk membuat bulu kucing mengering.

Bungkus seluruh tubuh kucing menggunakan kain. Kemudian bila kain yang di gunakan cukup basah, gantilah kain dengan kain lain. lap seluruh tubuh kucing hingga bulu kucing di rasa cukup kering atau kering total.

Jikalau bulu kucing masih di rasa agak sedikit basah kamu dapat mengeringkan sisa bulu yang basah dengan cara menjemur kucing di bawah sinar matahari.


3. Menggunakan Penghangat Ruangan

Bagi kamu yang di rumahnya ada alat penghangat ruangan, kamu juga bisa loh mengeringkan tubuh kucing dengan menggunakan alat ini. Kamu cukup mengatur alat ini agar mengeluarkan suhu yang hangat sehingga seluruh ruangan juga ikutan hangat.

Lalu kucing yang habis kamu mandikan ataupun bulunya basah karena cipratan air kamu letakkan di dalam ruangan ini. Meskipun bulu kucing bisa kering dengan sendirinya ketika berada dalam ruangan ini tetapi ada baiknya juga kamu membantu pengeringan bulu kucing.

Bantu bulu agar cepat kering dengan mengelap tubuhnya dengan kain ataupun handuk bersih. Setelah bulu kucing tak terlalu basah alias hanya sedikit basah saja maka barulah kamu boleh membiarkan bulu kucing mengering dengan sendirinya dengan carabmembiarkan ia tetap berada di ruangan tersebut.

Oh iya jangan terlalu lama membiarkan kucing di dalam ruangan yang terlalu hangat. Kalau tubuh kucing sudah kering sebaiknya suhu alat pengatur ruangan di atur ulang atau di matikan saja untuk menghindari kucing kepanasan atau kucing mengalami dehidrasi.

Selain bisa mengeringkan bulu kucing tanpa hair dryer, menggunakan cara ini juga dapat membuat kamu bebas memandikan kucing kapanpun dan dalam kondisi cuaca apapun tanpa terkecuali. Bahkan kamu dapat memandikan kucing pada musim dingin ( salju ).

 

4. Menggunakan Bantuan Sinar Matahari

Untuk cara yang satu ini di butuhkan timing yang tepat. Kamu harus memilih waktu di mana suhu udara sangat panas dan matahari bersinar dengan cerah. Biasanya kondisi ini terjadi sekitar jam 12 hingga jam 2 siang.

Bila kamu merasa bahwa hari tersebut sangat panas bahkan membuat dirimu bercucuran keringat maka ini adalah momen yang tepat untuk memandikan kucing kamu. Mandikan kucing kamu kemudian lap bulu-bulunya dengan kain atau handuk kering sampai tak ada air yang menetes.

Setelah itu jemur kucing dalam kandang di bawah sinar matahari yang panas. Dengan cara ini, bulu kucing akan cepat kering serta kucing tak akan merasakan kedinginan sesaat setelah ia di mandikan meskipun tubuhnya masih agak basah.

Pastikan kamu menjemur kucing dalam kandangnya ya karena jikalau kamu tak melakukan hal ini yang ada kucing malah pergi ke pasir atau tanah kemudian ia menggosokkan tubuhnya di sana dengan tujuan mengeringkan tubuhnya.

Tentu saja ini pastinya akan membuat tubuh kucing kembali kotor. Tentunya kamu tak ingin kan memandikan kucing kesayangan sampai 2 kali berturut-turut.


5. Pakai Tisu Khusus Kucing

Kamu juga bisa menggunakan tisu untuk mengeringkan bulu kucing. Ini bisa jadi pilihan alternatif di kala kamu tak ada hair dryer di rumah. Tapi untuk tisunya sendiri bukan tisu yang biasa di gunakan oleh manusia.

Gunakan jenis tisu yang khusus di buat untuk kucing. Tisu jenis ini bisa kamu beli di pet shop atau membelinya di toko online. Selain bisa di gunakan untuk mengeringkan bulunya si kucing. Tisu ini juga bisa di gunakan untuk membersihkan bulu kucing.

Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan tubuh kucing kamu yang kotor karena ia bermain atau melakukan kegiatan lainnya. Tissu ini memang bisa di gunakan untuk membersihkan tubuh kucing tetapi jangan terlalu sering menggunakannya ya.

Karena katanya tisu ini tak baik bagi tubuh kucing jika di pakai terlalu berlebihan. Oh iya ketika membeli tisu, belilah tisu yang berbahan baik untuk kucing. Lebih baik lagi kalau bahan pembuat tisu adalah bahan alami karena bahan ini jelas aman bagi kucing.

Perhatian : Beberapa kucing mungkin memiliki alergi terhadap tisu ini. Cobalah memakai tisu ini ke kucing dan lihat responnya. Bila setelah tisu di pakai kucing menjadi alergi maka hentikan penggunaan tisu, kalau tak ada reaksi maka tisu bisa tetap di gunakan.


6. Menggunakan Blower

Kalau kamu punya blower di rumah, kamu bisa juga menggunakan alat ini untuk mengkeringkan bulunya si kucing. Namun sebelumnya kamu lap dulu bulu si anabul dengan menggunakan kain atau handuk.

Selanjutnya barulah gunakan blower untuk membuat bulu kucing tak lagi basah. Angin-anginkan seluruh tubuh kucing memakai alat ini, anginkan dalam beberapa menit atau angin-anginkan sampai tubuh si kucing tak lagi basah.


7. Keringkan Pakai Kipas Angin

Kipas angin juga dapat di gunakan untuk membuat bulu kucing kering. Hanya saja cara ini tak di sarankan di gunakan ketika cuaca tidak panas karena bisa membuat kucing jatuh sakit ataupun mengalami hipotermia.

Gunakan cara ini hanya di saat cuaca cukup panas. Sebelum mengkipasi kucing dengan kipas angin di sarankan untuk mengeringkan bulu kucing dahulu dengan kain atau handuk hingga tak ada lagi air di tubuhnya menetes serta bulu sudah agak kering.

Angin-anginkan bulu kucing menggunakan kipas angin. Gunakan setelan angin dalam mode max speed supaya tubuh kucing semakin cepat kering. Kipas tubuh kucing sampai tubuhnya benar-benar kering.

Ingat ya kamu hanya di bolehkan menggunakan cara ini di saat cuaca sangat panas, jangan lakukan di saat udara sedang dingin. Kalau kamu tetap melakukannya maka tanggung sendiri resikonya bila kucing kamu sakit atau mati.


8. Menggunakan Kipas Tangan

Cara ini sering kali di lakukan oleh orang-orang zaman dahulu untuk mengeringkan tubuh kucing di saat belum adanya alat canggih seperti kipas angin, hair dryer ataupun blower.  Mereka sering melakukan ini sesaat sesudah memandikan kucing.

Kucing yang baru saja di mandikan akan mereka lap dengan kain sampai air tak menetes dan tubuh kucing agak kering lalu selanjutnya mereka akan mengipas tubuh kucing dengan kipas tangan selama beberapa saat.

Mereka akan melakukan hal ini sambil menjemur kucing di bawah sinar matahari. Meskipun membutuhkan tenaga dalam melakukannya namun cara ini lumayan efektif untuk mengkeringkan tubuh kucing.

Serupa dengan menggunakan kipas angin, cara ini juga hanya boleh di pakai di saat suhu udara di sekitar kamu cukup panas.


9. Menggunakan Perapian

Apakah di rumah kamu punya perapian ? Bila iya maka ini bisa kamu gunakan untuk membuat bulu kucing kamu cepat kering. Cara mengeringkan kucing menggunakan perapian cukup mudah. Kamu hanya perlu mendekatkan kucing ke perapian.

Namun jangan terlalu mendekatkan kucing dengan perapian ya takutnya bulu kucing malah terbakar atau kucing bisa tak nyaman karena tubuhnya terasa sangat panas. Letakkan kucing pada jarak yang cukup aman dan cukup hangat dari perapian.

Untuk melakukan cara ini kamu wajib memegangi kucing kamu supaya ia tak pergi jauh dari perapian. Kalau kamu malas melakukannya kamu dapat mengurung kucing dalam pet cargo yang di letakkan dekat dengan perapian.

Lakukanlah cara ini sampai kamu merasa bahwa bulu kucing benar benar telah kering secara keseluruhan.


10. Menggunakan Api

Cara ini bisa kamu lakukan di kala keadaan sedang mendesak, di rumah hanya ada api, kondisi cuaca dingin serta kucing sangat kedinginan. Bila kondisi tidak mendesak maka sebaiknya jangan gunakan cara ini, gunakan cara lain yang lebih aman.

Keringkan tubuh kucing dengan kain sampai airnya tak menetes serta agak kering. Kemudian Gunakan kompor atau kayu bakar untuk menghasilkan api. Ukur panas api dengan menggunakan tangan kamu dan perkirakan pada bagian mana yang cukup hangat dan tak berpotensi melukai tubuh kucing.

Kemudian pegang kucing di tangan kamu sembari mengangkatnya di atas area api yang kamu tandai tadi ( tempat yang di rasa aman dan tak akan membakar tubuh ataupun badannya ). Kemudian terus pegangi tubuh kucing di dekat api sampai bulunya selesai di keringkan.

Kalau kamu merasa bahwa tangan kamu kepanasan maka tak ada salahnya untuk mengambil jeda istirahat sebelum kembali menghangatkan tubuh kucing. Cara ini sebenarnya cukup aman kalau kamu pandai mengatur jarak antara kucing dengan api.

Ibu Anggora sendiri pernah melakukan hal ini beberapa kali pada kucing kami yang jatuh ke parit saat malam hari. Alhasil tubuh kucing kering dan kucing kembali sehat. Kekurangan cara ini hanyalah membutuhkan kesabaran serta waktu yang cukup lama agar bulu kucing selesai di keringkan.


Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengeringkan bulu kucing tanpa bantuan hair dryer beberapa di antaranya antara lain :

  • Menggunakan handuk bersih dan kering

  • Memakai kain bersih serta kering

  • Menggunakan penghangat ruangan

  • Menggunakan bantuan sinar matahari

  • Pakai tisu khusus kucing

  • Menggunakan blower

  • Keingkan pakai kipas angin

  • Menggunakan kipas tangan

  • Menggunakan perapian

  • Menggunakan api


Kamu dapat menggunakan beberapa cara di atas untuk membuat kucing kamu kering. Sebelum menggunakan cara di atas sebaiknya kamu membaca dahulu dengan baik penjelasannya supaya aman di lakukan dan kucing kamu tak jatuh sakit.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url