5 Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Dipegang perutnya

Beberapa dari kita mungkin punya kebiasaan senang memegang perut kucing. Alasannya simpel sih, ini karena perut kucing enak di pegang soalnya agak empuk-empuk gimana gitu dan agak nyaman serta menyenangkan di pegang.


Kenapa Kucing Tidak Mau Dipegang perutnya


Berbanding terbalik dengan kita yang senang memegang perut kucing, kucing sangat tidak suka perutnya di pegang. Bila kita memegang perutnya kucing akan merespon dengan beberapa aksi yakni kucing akan berpaling dari kita, kucing akan mencakar kita atau kucing bakal menggigiti tangan kita.

Sebenarnya ada alasan di balik kenapa kucing tak mau perutnya di pegang. Beberapa alasan tersebut umumnya tak berkaitan dengan penyakit dan hanya sesuatu hal yang berhubungan dengan perasaan kucing itu sendiri.

Lalu apa saja alasan yang membuat kucing tak mau di pegang perutnya. Sobat Anggora dapat mengetahuinya dengan membaca artikel ini.

 

5 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Di Pegang Perutnya

Beberapa kucing mungkin suka di pegang perutnya namun kebanyakan kucing sangat tidak suka di pegang pada bagian ini. Itulah mengapa setiap kali kita mengelus bagian ini kebanyakan kucing akan menolak dan melakukan berbagai cara untuk menghindari elusan tersebut.

Ketidak sukaan kucing ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan mengapa kucing sangat tak ingin di pegang perutnya. Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa kucing tak mau di pegang perutnya.

Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Perut Merupakan Area Sensitif

Perut kucing sama saja dengan ekor, sama-sama merupakan area yang sangat sensitif. Ini karena pada area perut kucing terdapat folikel bulu. Folikel ini sangat sensitif, apalagi bila terkena sentuhan. Bila ia di sentuh oleh tangan kita maka ini akan memberikan stimulasi yang berlebihan pada kucing.

Karena itulah ketika kita menyentuh area perut, kebanyakan kucing akan memilih menjauh atau bertindak agresif. Ini adalah akibat kucing merasakan efek samping stimulasi yang berlebihan itu.


2. Geli

Kucing pun bisa merasakan rasa geli terutama saat kita memegang perutnya. Sama dengan manusia, di saat anggota tubuh yang membuat geli di sentuh maka kucing secara spontan akan pergi menjauh ataupun menahan tangan kita agar kita berhenti melakukannya.

Kucing melakukan tindakan spontan tersebut karena memang kucing tak suka tindakan ini. Inilah salah satu alasan yang membuat kucing tak mau di pegang bagian perutnya.

 

3. Kucing Merasa tak Nyaman

Selain karena dua alasan diatas, kucing pun tak merasa nyaman bila perutnya kita pegang. Di saat kucing merasa tak nyaman tentulah kucing akan memilih untuk menolak dipegang perutnya. Bila kita memaksa memegang perut kucing maka kucing bakal berontak lalu pergi kabur dari kita. 

 

4. Kucing Merasa Terancam

Perut merupakan salah satu bagian dari tubuhnya yang kucing anggap bagian vital karena itulah tindakan seperti memegang perutnya akan di anggap sebagai tindakan berbahaya yang dapat mengancam nyawanya. Akibatnya kucing akan spontan melawan ketika perutnya dipegang. 

Apalagi kalau kamu spontan menyentuh perutnya tanpa basa-basi sama sekali maka si kucing akan terkejut dan panik dengan kelakuan kamu dan benar-benar menganggap kamu membahayakan dirinya. Walaupun sebenarnya kita sama sekali tak ada niatan untuk melukai kucing. 

Kita melakukan hal tersebut karena cuma ingin mengelus juga memegang perut kucing yang penuh bulu, sangat empuk dan menggemaskan. Jadi sewaktu kucing tak mau di pegang perutnya, kemungkinan besar dirinya merasa terancam. 


5. Kucing Sangat Menjaga Perutnya

Seperti yang barusan Anggora jelaskan pada alasan nomor 4 di atas bahwa perut adalah bagian tubuh yang dianggap kucing cukup vital karena itulah kucing sangat menjaga perutnya. Bahkan ketika kucing tidur kucing akan tidur dalam posisi melingkar demi menjaga agar perutnya tetap aman.

Posisi ini merupakan posisi yang menurut kucing mampu melindungi seluruh bagian tubuhnya terutama bagian perut yang merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap serangan dan merupakan bagian vital.


Karena beberapa alasan di ataslah kucing tak memperbolehkan manusia memegang perutnya meskipun orang yang memegang perutnya bukanlah orang jahat dan hanya ingin berniat menyentuh perut kucing yang menggemaskan.


Apakah Ada Cara Membuat Kucing Agar Mau Di Pegang Perutnya ?

Berdasarkan sepengetahuan Anggora tak ada cara yang dapat membuat si kucing kesayangan mau di pegang perutnya ketika ia sedang terbangun. Kecuali kalau kucing sedang tertidur barulah si kucing akan mau kamu pegang perutnya karena dalam kondisi ini kucing sedang tak sadarkan diri.

Lalu bagaimana dengan beberapa kucing yang mau di pegang perutnya ? Kalau itu sih tergantung mood kucing itu sendiri. Bila ketepatan kucing sedang dalam mood yang baik dan tak masalah baginya bila perutnya di pegang maka kucing akan membiarkan kita memegang perutnya.

Kalau kucing sedang tak ingin perutnya di pegang maka cara apapun percuma kita lakukan untuk membujuk si kucing. Bahkan walaupun kamu berusaha menyogok kucing dengan makanan favoritnya tetap saja kucing jual mahal dan tak akan mau di pegang perutnya.

 

Bagaiman Dengan Orang Yang Di Sayangnya, Apakah Kucing Tetap Akan Menolak Perutnya Di Pegang ?

Meskipun orang tersebut adalah orang yang kucing kenal ataupun orang yang menjadi pemilik kesayangannya. Kucing tetap saja akan enggan bila mana perutnya di pegang. Ini bukan karena kucing kurang ajar ataupun tak tahu balas budi pada orang yang merawatnya.

Kucing hanya merasa bahwa jikalau ia tak nyaman bila perutnya di pegang maka kucing akan menolaknya mentah-mentah dan kucing tahu bahwa pemiliknya akan paham bahwa si kucing kesayangan tak menyukai tindakan ini karena kucing tak nyaman.

Sifat kucing ini bisa di bilang mirip dengan sikap anak manusia yang polos. Yang mana jika anak manusia tersebut merasa terganggu ia langsung berterus terang dengan marah atau menangis pada saat itu juga sehingga orang yang berada di dekatnya paham atas apa yang ia inginkan.

 

Kesimpulan

Ada beberapa alasan yang membuat kucing enggan perutnya di pegang, beberapa alasan tersebut antara lain :

  • Perut merupakan area sensitif

  • Kucing merasa geli

  • Kucing merasa tak nyaman

  • Kucing merasa terancam

  • Kucing sangat melindungi perutnya

 

Karena itulah kucing tak mau di pegang perutnya oleh orang di sekitarnya bahkan oleh pemiliknya sendiri. Jadi bila kucing tak ingin perutnya di pegang-pegang, sebaiknya biarkan saja dan jangan terlalu memaksakan kehendak kamu padanya.

Karena jikalau kamu memaksakannya dan terus-terus memegang perut kucing setiap harinya maka yang ada kucing bisa menjadi stress, takut padamu ataupun bisa saja kucing menjadi trauma. Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini.

Oh iya jangan lupa untuk mengikuti informasi terbaru dari kenangananggora.com secara gratis dengan menekan tombol subscribe yang ada pada bagian terbawah situs ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url