Apakah Kucing Keracunan Bisa Sembuh Sendiri

Kucing tak selamanya akan terus-terusan sehat. Akan ada di mana kucing jatuh sakit dan terkadang sakitnya kucing bisa terjadi secara mendadak. Salah satu jenis penyakit yang sering terjadi secara mendadak adalah keracunan.

 

Apakah Kucing Keracunan Bisa Sembuh Sendiri


Keracunan ini sendiri umumnya terjadi karena kucing yang asal makan sembarangan sewaktu mereka berada di dalam atau di luar rumah. Sesuatu hal yang sering mereka makan dan menyebabkan keracunan seperti makanan kadaluarsa, makanan busuk, rumput tetangga, serangga dan lainnya.

Keracunan bisa di picu oleh hal-hal di atas namun dapat juga terjadi karena di sebabkan hal lainnya, contohnya adalah kucing secara sengaja di racun oleh tetangga kamu yang merasa terganggu atau sangat membenci kucing.

Jadi, sewaktu kucing berada di luar rumah sebaiknya awasi kucing agar tak memakan sembarang benda serta tak di racun tetangga. Oh ya, bicara soal keracunan, mungkin banyak di antara kita yang bertanya tanya apakah kucing keracunan bisa sembuh dengan sendirinya ?

Pertanyaan ini sering timbul mungkin akibat kekhawatiran pemilik atas si kucing kesayangan. Bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka sobat Anggora dapat menemukan jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah. Simak hingga akhir ya.


7 Tanda Kucing keracunan

Sewaktu kucing keracunan kita tak boleh asal begitu saja menyimpulkan bahwa kucing kita sedang keracunan karena bisa jadi kucing bukannya keracunan tetapi kucing hanya memiliki penyakit tertentu saja.

Nah untuk menentukan kucing keracunan atau tidak, kita dapat melihat beberapa pertanda berikut pada kucing :

  • Adanya busa yang keluar dari mulut kucing ( kucing keracunan mulut berbusa )

  • Kucing muntah-muntah

  • Kucing terlihat lemas

  • Kucing kelihatan sulit berjalan atau kucing jalannya sempoyongan

  • Kucing lebih banyak tidur

  • Kucing kejang-kejang

  • Kucing kejang-kejang lalu langsung mati di tempat

 

Minimal kucing memiliki 3 atau 4 tanda di atas sehingga kita bisa yakin bahwa kucing benar-benar keracunan dan tanda wajib yang ada di antara 3 atau 4 tanda tersebut adalah mulut kucing mengeluarkan busa.

 

Lalu Apakah Kucing Keracunan Bisa Sembuh Sendiri ?

Setelah kita tahu beberapa tanda bahwa kucing sedang keracunan, kini kita akan membahas mengenai apakah keracunan pada kucing bisa sembuh dengan sendiri. Keracunan pada kucing memang bisa sembuh dengan sendirinya namun kesempatannya sangat rendah yakni sekitar 5 hingga 10%.

Kemungkinan sembuh cuma 5 hingga 10% sementara sisanya adalah kematian. Persentase ini berlaku untuk kucing yang keracunan ringan hingga menengah. untuk kucing dengan keracunan berat maka kemungkinan sembuh sangat kecil, kebanyakan dari kucing yang keracunan parah akan mati.

Penyebab kematian kucing akibat keracunan ini sendiri menurut Anggora di akibatkan oleh berbagai faktor seperti :

  • Tubuh kucing yang lemah karena tak mau makan akibat kehilangan nafsu makan. Kehilangan nafsu makan pada kucing di pengaruhi oleh kondisi tubuh yang sakit dan rasa pahit saat menelan makanan

  • Kucing hanya mau minum saja

  • Kucing tak bisa minum sama sekali pada tahapan di mana tubuhnya sudah lemah

  • Kucing kelihatan seperti tak punya semangat untuk hidup

  • Adanya organ dalam yang rusak akibat racun

  • Kegagalan fungsi organ vital seperti gagal jantung atau gagal ginjal

  • Kucing mengalami masalah pernafasan seperti batuk, bersin atau kesulitan bernafas

  • Dan lainnya

 
Pada kasus keracunan parah, umumnya kematian kucing sering terjadi akibat kerusakan organ dalam dan kegagalan fungsi ginjal. Dari apa yang kamu baca di atas bisa di simpulkan bahwa kucing keracunan bisa sembuh dengan sendirinya namun persentase kemungkinan kucing sembuh cukup kecil dan kebanyakan berujung kematian.

Karena itulah di saat kucing sedang keracunan di sarankan untuk melakukan perawatan pada kucing dan sebaiknya yang melakukan perawatan pada kucing adalah mereka yang ahli dalam bidangnya yakni dokter hewan untuk meningkatkan kemungkinan kucing sembuh dari keracunan.

 

Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan Dengan Cara Tradisional

Bila kamu hendak mengobati kucing yang keracunan kamu dapat mencoba menggunakan cara-cara tradisional yakni dengan menggunakan air kelapa, madu murni untuk kucing keracunan, arang aktif ataupun dengan menggunakan susu beruang.

Namun perlu kamu ingat bahwa keracunan yang dapat di sembuhkan oleh 4 cara di atas hanya keracunan ringan. Keracunan sedang atau berat akan sangat sulit mengobatinya dengan cara di atas. Untuk keracunan sedang kamu membutuhkan bantuan dokter untuk mengobatinya.

Sementara untuk kucing keracunan berat, kebanyakan kucing biasanya akan mati sebelum kita sempat mengobatinya atau membawanya ke dokter hewan. Meskipun begitu kamu masih tetap bisa menggunakan cara di atas untuk mencoba menolong kucing kamu yang keracunan berat.

Untuk mengobati kucing keracunan dengan air kelapa, madu murni ataupun susu beruang kamu dapat mencarinya pada situs ini. Masukkan di kolom pencarian kata kunci "Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Air Kelapa, Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang ataupun Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Madu".

Setelah menggunakan cara tersebut dan kucing mengalami kesembuhan maka di sarankan untuk tetap memberikannya sampai kucing benar-benar sembuh tetapi kalau kondisi kucing tak ada perubahan atau malah memburuk maka sebaiknya bawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

Tanda Kucing Sembuh Dari Keracunan

Untuk mengetahui apakah kucing telah sembuh dari penyakitnya kita bisa melihat beberapa pertanda yang di tunjukkan oleh kucing. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri beberapa pertanda kucing mulai sembuh dari keracunan adalah sebagai berikut :

  • Kucing mulai mau makan meskipun hanya sedikit

  • Kucing yang tadinya tak mau minum kini sudah mulai mau minum

  • Kucing yang tadinya mau makan sedikit kini makannya mulai banyak

  • Kucing mulai mau membersihkan tubuhnya dengan cara menjilati bulu-bulunya

  • Kucing mulai banyak bergerak dan tak sering tidur atau berdiam diri

  • Mata kucing tak sayu lagi dan tampak bersemangat

  • Kucing kelihatan bertenaga dan sudah kelihatan tak lemas lagi

 

Perlu di ingat bahwa di saat kucing sudah mulai menunjukkan bahwa ia mulai sembuh, masih di sarankan bagi kita untuk melanjutkan pengobatan kucing yang keracunan. Lakukan pengobatan secara terus-menerus hingga kita melihat bahwa kucing telah benar-benar sembuh dari keracunan.

 

Berapa Hari Kucing Sembuh Dari Keracunan ?

Umumnya kucing dengan keracunan ringan akan sembuh dalam jangka waktu 1 mingguan. Sementara untuk kucing keracunan berat kebanyakan butuh waktu yang agak lama untuk sembuh, biasanya di atas 1 mingguan.

Beberapa kucing mungkin dapat sembuh lebih cepat namun ini tergantung seberapa kuat daya tahan tubuh kucing dan seberapa baik obat dan penangan yang kita lakukan. Bila pengobatan dan obat yang di berikan sangat efektif serta daya tahan tubuh kucing kuat maka kucing bisa sembuh lebih cepat.

Sementara untuk kucing dengan kasus keracunan berat, kebanyakan dari mereka akan mati di tempat atau mati dalam perjalanan menuju dokter hewan.

 

Apakah Kucing Keracunan Bisa Mati ?

Kucing keracunan bisa mengalami kematian. Bahkan walaupun keracunanan tergolong ringan namun tak di berikan perawatan yang tepat maka ini akan berujung kematian pada kucing. Karena itulah saat kucing keracunan segera obati dan jangan mengharapkan bahwa kucing keracunan dapat sembuh dengan sendirinya.


Apakah Ada Obat Kucing Keracunan Di Apotik ?

Ada sih namun obat ini sebenarnya bukan untuk kucing tetapi untuk manusia dan biasanya di gunakan untuk mengatasi diare, keracunan atau untuk hal lainnya. Namun obat ini ternyata sering di gunakan oleh para pecinta kucing untuk mengobati keracunan pada kucing mereka.

Obat Norit ini sendiri memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi kucing keracunan

  • Mengatasi keracunan yang di sebabkan oleh obat ( overdosis )

  • Mengobat diare karena zat asing yang berbahaya

  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan

  • Obat yang aman di gunakan karena tak akan di serap oleh darah


Obat ini bernama Norit. Obat ini bisa dengan mudah kamu temukan di apotek terdekat di kotamu dan harganya cukup terjangkau. Untuk 1 box Norit isi 40 tablet, obat ini di jual dengan harga 27 ribuan. Harga di tiap kota mungkin berbeda namun selisihnya palingan cuma berbeda seribu atau 2 ribuan.

Obat ini memiliki kandungan karbon aktif  ( arang aktif ) dan aman di gunakan ke kucing peliharaan. Untuk mengatasi keracunan kamu dapat memberi anak kucing setengah tablet sementara untuk kucing dewasa kamu bisa memberikan satu tablet.

Saat menggunakan obat ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu :

  • Jangan takut jikalau kotoran kucing berubah menjadi berwarna hitam karena ini pertanda bahwa obat bekerja mengeluarkan racun melalui kotoran kucing

  • Obat bisa di berikan ke kucing yang sehat sekali dalam sebulan sebagai detox

  • Dilarang menyimpan obat di dalam kulkas, tempat yang lembab ataupun tempat-tempat yang terkena langsung sinar matahari

  • Setelah obat di berikan ke kucing sebaiknya jadikan obat sebagai obat kucing saja jangan di berikan ke manusia

  • Cuci tangan setelah memberikan obat ke kucing untuk menghindari tangan terkena sisa racun di mulut kucing

  • Bila setelah obat di berikan kondisi kucing tak kunjung membaik dan kucing muntah tak mereda atau tubuh kucing semakin lemas maka di sarankan segera bawa kucing ke dokter hewan.


Itulah dia pembahasan mengenai apakah kucing keracunan bisa sembuh dengan sendirinya dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url