7 Alasan Kenapa Kucing Marah Saat Ada Kucing Baru

Mereka yang sangat suka memelihara kucing pastinya akan memelihara lebih dari satu kucing. Alasannya bukan hanya karena ia begitu menyukai kucing sehingga ia memilih memelihara lebih dari satu kucing atau memelihara banyak kucing.


Kenapa Kucing Marah Saat Ada Kucing Baru

 

Terkadang ini karena ia menemukan kucing lain di jalanan dengan kondisi yang menyedihkan dan tak terawat. Melihat hal ini ia pun memutuskan mengadopsi kucing ini untuk membantu kucing malang yang kondisinya terlihat mengenaskan ini.

Saat kita memutuskan untuk memelihara kucing lainnya sering kali kucing peliharaan kita tak menyukai hal ini. Walaupun ada kucing kita yang bersikap biasa saja atau cuma kebingungan di saat ada kucing baru namun beberapa lainnya malah seolah membenci kucing baru dan sering memarahinya.

Melihat hal ini kamu jangan memarahi atau bahkan memukul kucing. Kamu cukup usir saja ia dari dekat kucing yang baru kamu adopsi agar ia tak berkelahi dengan kucing lainnya. Kucing kamu yang marah sebenarnya bukan karena ia jahat.

Ini sebenarnya di sebabkan oleh beberapa alasan dan saat kamu mengetahui alasannya kamu pastinya akan paham mengapa kucing melakukan ini. Lalu apa saja alasan yang membuat kucing marah saat ada kucing baru ?

Bagi sobat Anggora yang ingin tahu jawabannya maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat Anggora.


7 Alasan Kenapa Kucing Marah Saat Ada Kucing Baru

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa kucing marah pada kucing yang baru saja kita adopsi adalah karena adanya alasan tertentu. Karena itulah saat kucing melakukan hal ini kamu jangan marah dulu padanya dan menganggapnya jahat, nantinya kamu bisa menyesal sendiri saat tahu alasan sebenarnya.

Lalu apa saja sih alasan yang membuat kucing peliharaan kita yang lama marah terhadap kucing yang baru kita adopsi. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Bukanlah Hewan Berkelompok

Tahu tidak, kucing bukanlah hewan berkelompok. Itulah mengapa ketika ada kucing lain yang berada di dekat mereka, mereka akan memusuhinya. Mereka menganggap bahwa kucing baru ini adalah ancaman karena mereka masuk ke wilayah kucing.

Wilayah di sini bukan hanya di luar rumah tetapi juga dalam rumah. Kucing yang baru ini berpotensi akan merebut wilayah mereka, mengusir mereka ataupun mengambil seluruh makanan dan juga pemilik yang mereka cintai.

Ini membuat kucing lama akan marah bahkan banyak diantara mereka yang tak akan ragu menghajar kucing baru ini. Padahal sebenarnya meskipun kita memiliki banyak kucing, kita sebagai pemilik yang baik tak akan membeda-bedakan kucing tersebut serta tetap menyayangi mereka.

Kucing tak mengetahui hal ini, ini wajar mengingat kucing tak dapat menggunakan otaknya untuk berpikir. Kucing peliharaan hanya mengandalkan instingnya untuk menjalani kehidupan seperti yang di lakukan oleh kucing liar yang berada di jalanan

 

2. Kucing Menganggap Bahwa Kucing Tersebut Ancaman

Meskipun orang yang membawa kucing baru baru tersebut adalah pemiliknya namun tetap saja kucing akan menganggap bahwa kucing tersebut adalah ancaman. Ini karena kucing tersebut masuk ke wilayah yang telah ia anggap sebagai wilayah kekuasaannya.

Kucing yang merasa bahwa kucing baru tersebut ancaman baginya akan melakukan tindakan seperti mengeong keras dan memarahi kucing yang baru saja di adopsi tersebut dengan tujuan untuk mengusir kucing keluar rumah.

Bila kucing baru ini menghiraukannya maka kucing ini tak akan ragu untuk mengajak kucing berkelahi dan langsung menghajar kucing tersebut di tempat. Inilah salah satu alasan yang membuat kucing akan marah saat ia melihat ada kucing baru adopsi yang berada di sekitarnya.


3. Kucing Tak Terbiasa Dengan Adanya Kucing Lain Di Rumah

Bila kamu memelihara satu kucing di rumah maka tentunya ketika ada kucing lainnya yang berada dalam rumah maka kucing yang telah kamu pelihara lama akan merasa tak terbiasa dengan keadaan ini.

Karena kondisi ini tak jarang kucing akan mendekati kucing lainnya untuk menciuminya dan di saat kucing melakukan hal ini tak jarang ia akan memarahi kucing baru tersebut karena ia tak mengenali baunya.

Beberapa kucing lainnya yang tak terbiasa dengan keberadaan kucing lainnya terkadang akan pergi menjauh sembari terus mengamati kucing yang baru adopsi dengan rasa penasaran. Sesekali mereka kadang akan mengamati dari jarak yang dekat.

Ada juga kasus lucu mengenai kucing yang tak terbiasa dengan kucing baru di rumah. Bila yang baru kita adopsi adalah anak kucing, tak jarang kucing yang tak terbiasa dengan keberadaan kucing lainnya akan memukul anak kucing tersebut dan memperlakukannya seperti mainan.

Alasannya mungkin karena ia asing dengan keberadaan kucing lainnnya dan ukuran anak kucing yang terlalu kecil membuat si kucing menganggap pemiliknya membawa mainan baru untuknya.


4. Kucing Membenci Kucing Lain Yang Berada Di Sekitarnya

Sama halnya dengan manusia, ketika ada hal lain yang di bencinya berada di sekitarnya maka kucing akan menjadi mudah marah. Si kucing akan marah terhadap kucing ini sampai si kucing pergi menjauhinya.

Karena jikalau si kucing lain tak mau menjauhinya, sebagai langkah terakhir kucing akan mengahajar kucing ini sampai si kucing berlari menjauh karena ketakutan.

 

5. Keberadaan Kucing Lain Membuatnya Terganggu

Ketika ada kucing lain yang membuatnya terganggu maka kucing akan menjadi mudah marah dan mudah menggerakkan tangannya. Umumnya ini sering terjadi pada kucing yang merasa ia terancam, merasa tidak nyaman, kucing sedang sakit dan kucing yang sedang menyendiri.

Karena alasan di atas, keberadaan kucing lainnya membuat si kucing merasa terganggu yang mana mengakibatkan kucing marah lalu mendesis ke arah kucing yang mengganggunya. Tak sekedar mendesis, kucing juga sering memukul kucing lainnya untuk menyuruhnya pergi menjauh darinya.

Ketika kucing terganggu, kucing akan melakukan beberapa hal di atas, ia akan melakukan hal ini tak peduli pada kucing usia berapapun bahkan kucing akan melakukannya terhadap anak kucing yang masih kecil.

Bagi kita ini mungkin tergolong kejam namun begitulah cara hidup di dunia hewan, yang kuat akan berkuasa di atas yang lemah dan tak akan pandang bulu terhadap siapapun.


6. Kucing Tak Menyukai Bau Kucing Yang Baru Kamu Adopsi

Kucing memiliki kemampuan penciuman yang lebih tajam di bandingkan anjing. Kemampuan kucing dalam pencium mungkin bisa di bilang jauh beberapa kali lebih baik dari pada anjing serta manusia. Ini membuat kucing menjadi lebih sensitif terhadap bau di sekitarnya.

Bila kamu baru mengadopsi kucing terutama kucing jalanan yang tak terawat. Tentunya bau kucing ini akan sangat bau dan menusuk di hidung kita. Bau busuk dan menusuk ini akan berubah menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya di saat kucing menciumnya.

Bayangkan kita yang merasa kucing sudah sangat bau dengan baunya ini harus merasakan bau busuk yang lebih buruk beberapa kali lipat dari ini. Tentunya kita tak akan tahan dan berusaha membersihkan ataupun menjauhi sumber bau.

Itulah alasan mengapa kucing akan marah di saat ada kucing baru di dekatnya, ini karena ia tak menyukai dan tak tahan dengan bau busuk yang keluar dari tubuh kucing tersebut.


7. Kucing Merasa Takut Terhadap Kucing Tersebut

Jikalau kucing yang kamu baru adopsi adalah kucing dewasa sedangkan kucing yang ada di rumah kamu adalah kucing yang masih remaja atau anak-anak maka ini akan membuat kucing tersebut merasa ketakutan terhadap kucing baru tersebut.

Ini akan membuat kucing akan marah terhadap kucing sewaktu kucing baru adopsi tersebut berada di dekatnya. Ketika kucing tersebut mengabaikan peringatannya maka si kucing akan lari menjauh darinya dan bersembunyi di tempat yang menurutnya aman.


Kini kamu sudah tahu apa saja alasan mengapa kucing marah saat ada kucing baru di dekatnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url