Apakah Kucing Boleh Makan Jagung Rebus ? Ternyata Ini Jawabannya !

Bicara soal kucing, yang kita tahu bahwa kucing adalah hewan pemakan daging atau yang biasa kita sebut sebagai hewan Karnivora. Meskipun kucing adalah hewan pemakan daging namun ada saat di mana kucing akan menunjukkan ketertarikan pada makanan lainnya.

 

Apakah Kucing Boleh Makan Jagung Rebus


 

Ini membuat kita tak jarang akan melihat pemandangan di mana kucing memakan makanan lain selain daging. Salah satu contohnya adalah kucing memakan jagung rebus yang di berikan padanya. Makanan ini bukanlah daging namun kucing tampak menyukainya.

Tanpa kita sadari, sewaktu kucing meminta jagung rebus pada kita, kita selalu memberikannya. Kita asal memberikanya begitu saja pada kucing kesyangan tanpa tahu apakah kucing boleh memakan makanan ini atau tidak.

Lalu apakah kucing boleh makan jagung rebus ? Bagi sobat Anggora yang penasaran atas jawabannya maka sobat Anggora dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan di bawah ini.

 

Sedikit Informasi Mengenai Jagung

Jagung adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sama seperti gandum dan padi. Pada negara seperti Afrika dan juga beberapa wilayah di Indonesia, jagung di jadikan sebagai makanan utama untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh.

Selain sebagai makanan utama jagung pun juga sering di jadikan sebagai bahan dasar pembuat minyak pangan dan tepung maizena. Tak hanya itu saja jagung pun juga sering di gunakan dalam industri farmatika, kimia maupun dalam bidang kosmetik.

Jagung juga di beberapa negara di jadikan sebagai pakan utama untuk hewan peternakan seperti ayam, burung dan sejenisnya. Perlu kamu tahu bahwa jagung mengandung nutrisi sebagai berikut :

  • Air 73 persen

  • Kalori 96 gr

  • Karbohidrat 21 gr

  • Protein 3,4 gr

  • Serat 2,4 gr

  • Gula 4,5 gr

  • Lemak 1,5 gr


Lalu Apakah Di Perbolehkan Kucing Makan Jagung Rebus ?

Sewaktu kucing meminta makan jagung rebus secara refleks kita akan langsung memberikan apa yang ia minta padanya. Lalu apakah kucing boleh makan jagung rebus ? Jawabannya adalah boleh saja tetapi ada tapinya.

Makanan ini hanya boleh di jadikan sebagai cemilan dan di berikan sesekali saja untuk kucing, bukan di jadikan sebagai makanan utama. Ini di karenakan makanan ini hanya bisa mengenyangkan perut kucing namun tak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Loh bukannya jagung juga mengandung protein yang di butuhkan oleh tubuh kucing. Memang benar tetapi jenis protein ini bukanlah protein hewani tetapi protein nabati. Tentunya jenis protein ini tak terlalu baik bagi tubuh kucing.

Di samping itu jagung juga mengandung karbohidrat. Bagi manusia karbohidrat mungkin adalah salah satu penghasil energi terbaik bagi tubuh mereka tapi hal ini sangat berbeda bagi kucing yang merupakan hewan karnivora.

Bagi tubuh kucing karbohidrat merupakan makanan yang agak sulit di ubah menjadi energi. Penyerapan karbohidrat menjadi energi lebih lambat 2 kali lipat di bandingkan dengan penyerapan protein menjadi energi.

Tak hanya itu saja jagung juga tak mengandung jenis nutrisi lain yang di butuhkan oleh tubuh kucing seperti taurin, kalsium multivitamin dan sejenisnya. Karena itulah jagung tak cocok di jadikan sebagai pakan utama bagi kucing.

Jadi, kesimpulannya adalah jagung di perbolehkan untuk di berikan sebagai makanan untuk kucing selama pemberiannya hanya sesekali saja dan bukan di jadikan sebagai makanan utama.


Apakah Ada Efek Samping Pemberian Jagung Rebus Pada Kucing ?

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri tak ada efek samping yang terjadi pada kucing yang di berikan jagung rebus dengan catatan bahwa pemberian makanan ini hanya di berikan sesekali saja pada kucing kesayangan.

Selama ini Anggora sering kali memberikan makanan ini pada kucing dan hasilnya tak ada apapun yang terjadi pada kucing. Kucing justru senang di berikan makanan ini dan tak berhenti meminta di berikan jagung pada mereka.

Sementara untuk efek samping pemberian jagung rebus dalam jangka panjang atau terus menerus, Anggora tak cukup mengetahuinya namun berdasarkan pengetahuan Anggora sendiri bisa membuat kucing menderita malnutrisi.

Ini di karenakan kebutuhan harian nutrisi kucing tak terpenuhi sama sekali yang dapat berakibat pertumbuhan kucing menjadi terganggu, mata kucing menjadi kurang tajam, tulang dan gigi kucing juga tak tumbuh dengan baik serta kuat dan lainnya.

Dari pembahasan di atas dapat kamu simpulkan bahwa tak ada efek samping yang akan terjadi pada kucing selama makanan hanya di berikan sesekali saja, bukan di berikan secara terus menerus setiap harinya sebagai makanan utama untuk kucing. 


Kucing Saya Sakit Sehabis Makan Jagung, Apakah Jagung Memang Bisa Mendatangkan Penyakit ?

Sejauh yang Anggora tahu tidak ada satupun jagung rebus yang bisa membuat mapupn mendatangkan penyakit pada kucing. Walaupun ada paling hanya karena kucing memakan jagung yang telah rusak sehingga ia sakit perut.

Bila kucing kamu sakit sesaat sesudah ia kamu beri makan jagung tersebut maka bisa jadi ini di karenakan oleh penyebab lainnya seperti tanpa sepengetahuan kamu kucing mungkin makan-makanan kotor atau kadaluarsa di tempat sampah, kucing memakan hewan kecil seperti serangga, tikus dan sejenisnya dan beberapa penyebab lainnya.

Setelah kucing memakan ini kemudian kucing memakan jagung maka akan tampak seolah kucing jatuh sakit karena ia baru saja makan jagung rebus. Ini tentunya bakal menimbulkan salah paham pada pemiliknya.

Bila kamu masih tak percaya dengan penjelasan Anggora di atas maka kamu dapat mengkonsultasikan hal ini pada dokter hewan terdekat untuk membuat kamu yakin bahwa jagung tak dapat membuat kucing sakit apalagi sakitnya terlalu parah.


Jika Kucing Kita Sakit Sesudah Memakan Jagung Apa Yang Mesti Di Lakukan ?

Perlu Anggora tekankan lagi bahwa kucing tak mungkin sakit karena jagung rebus, ini mungkin di sebabkan oleh hal lain. Apapun penyebabnya, saat kucing jatuh sakit maka yang wajib kamu lakukan adalah mengobati kucing dengan cara membawanya ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

Dokter mungkin akan bertanya beberapa pertanyaan sebelum pada akhirnya melakukan pemeriksaan dan memberikan obat-obatan serta multivitamin. Bila di perlukan dokter juga akan melakukan penyuntikan terhadap si kucing.


Itulah pembahasan seputar apakah kucing boleh memakan jagung rebus. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url