Bolehkah Memandikan Kucing Di Malam Hari ? Ternyata Ini Jawabannya !

Memandikan kucing merupakan hal yang wajib kita lakukan sebagai pemilik kucing. Dalam sebulan kita wajib memandikan kucing minimal 2 kali dalam sebulan, tujuannya agar kebersihan tubuh kucing terjaga sekaligus kita dapat menjaga kesehatan tubuh luar dan kulit kucing.

 

Bolehkah Memandikan Kucing Di Malam Hari


Meskipun kita wajib memandikan kucing minimal 2 kali dalam sebulan namun terkadang kita tak sempat memandikannya. Alasannya mungkin karena kita sibuk bekerja di luar rumah ataupun sibuk dalam mengurus anak-anak kita.

Apapun alasannya yang jelas kita tak sempat memandikan kucing karena sesuatu yang penting. Karena terlalu sibuknya bahkan kita pun tak sempat memanggil jasa Grooming kucing ke rumah kita atau mungkin kita tak kepikiran untuk melakukan hal ini karena terlalu sibuk.

Karena tak sempat memandikan kucing di waktu siang hari maka banyak di antara kita yang mungkin kepikiran untuk memandikan kucing di malam hari. Ini membuat kita ingin tahu apakah boleh memandikan kucing di malam hari.

Bagi kamu yang ingin tahu apakah boleh memandikan kucing pada saat malam hari maka kamu dapat membaca penjelasannya di bawah ini.

 

Manfaat Memandikan Kucing

Memandikan kucing bukan cuma sekedar untuk membuat tubuh kucing bersih tetapi ada tujuan lainnya. Para pecinta kucing pastinya sudah tahu apa saja hal tersebut namun walaupun begitu di sini Anggora akan sedikit membahas hal ini.

Memandikan kucing memiliki banyak manfaat beberapa di antaranya :

  • Membuat tubuh kucing bersih

  • Membersihkan kotoran dan debu yang ada pada tubuh kucing

  • Membersihkan tungau ( jamur)

  • Membersihkan bakteri

  • Membersihkan kutu

  • Menjaga kesehatan tubuh kucing

  • Menjaga kesehatan kulit kucing

  • Agar bulu kucing tak mudah rontok

  • Agar tubuh kucing tak bau dan agar tubuhnya menjadi berbau harum

  • Agar kucing tak sakit

  • Dan lainnya


Untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas maka kita sebagai pemilik mau tak mau harus memandikan kucing kesayangan kita.

 

Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Kucing

Menurut para pakar hewan bahwa memandikan kucing yang paling ideal adalah di saat cuaca cukup hangat yakni sekitar pukul 11 siang hingga pukul 2 siang. Sebab di waktu ini kucing tak akan merasa terlalu dingin bahkan walaupun kita menggunakan air biasa untuk memandikannya.

Selain itu memandikan kucing di waktu ini juga dapat membuat kucing terhindar dari jatuh sakit dan juga hipotermia. Penyakit yang seringkali akan kucing alami jikalau tak di mandikan di waktu yang tepat adalah seperti flu, demam, sesak napas dan sejenisnya.

Selain beberapa penyakit di atas, Kucing juga dapat terkena hipotermia jikalau kita asal memandikan kucing dan memandikannya di waktu yang tak tepat. Hipotermia adalah kondisi di mana suhu tubuh kucing mengalami penurunan secara cepat.

Walaupun terkesan sepele namun Hipotermia tak jarang dapat menyebabkan kematian bagi kucing penderitanya. Ada kasus di mana sang pemilik kucing yang asal memandikan kucingnya lalu membuat si kucing mengalami Hipotermia.

Karena itulah memandikan kucing tak bisa asal sembarang di lakukan dan mesti menunggu waktu yang tepat untuk memandikannya agar si kucing terhindar dari hal-hal yang tak di inginkan

 

Lalu Apakah Boleh Memandikan Kucing Malam Hari ?

Memang benar memandikan kucing di malam hari tak di sarankan atau tak di perbolehkan sama sekali karena kucing bisa jatuh sakit atau mengalami Hipotermia lalu mati. Namun ini berbeda jikalau kamu memiliki set lengkap alat untuk memandikan kucing, hair dryer dan ruangan yang memiliki alat penghangat ruangan.

Jika kamu memiliki semua ini maka kamu tak hanya boleh memandikan kucing di malam hari tetapi kamu pun dapat memandikan kucing di musim salju sekalipun. Namun jika kamu tak memilikinya maka sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk memandikan kucing di malam hari.

Lebih baik kamu urungkan niat kamu memandikan kucing di malam hari daripada kucing kamu nantinya akan jatuh sakit karena tindakan kamu. Mandikan saja kucing di saat kamu libur kerja atau sedang tak sibuk melakukan aktivitas harian.


Cara Memandikan Kucing Di Malam Hari

Nah bagi kamu yang memiliki alat yang lengkap, hair dryer dan ruangan dengan penghangat ruangan maka kamu dapat memandikan kucing dengan beberapa cara berikut ini :

  • Siapkan alat perlengkapan untuk kucing mandi

  • Sediakan air hangat untuk air mandi kucing, usahakan suhu airnya tak terlalu panas untuk kucing

  • Basahi tubuh kucing dengan air hangat kemudian bersihkan tubuhnya dengan menggunakan shampoo kusus kucing

  • Bersihkan tubuh kucing sambil merendamnya di dalam baskom yang berisi air hangat untuk mencegah ia kedinginan di saat di mandikan

  • Bersihkan area yang kotor dan hindari area yang sensitif seperti area mata dan dalam telinga serta area-area sensitif lainnya.

  • Setelah tubuh kucing bersih lalu bilas tubuh kucing hingga bersih dari shampoo menggunakan air hangat

  • Keringkan tubuh kucing menggunakan handuk sampai tak ada air yang menetes, keringkan secepat mungkin agar kucing tak terlalu kedinginan

  • Kemudian bawa kucing keruangan hangat dan keringkan bulu kucing dengan mengggunakan hair dryer di sini. Atur ruangan sehangat mungkin untuk membantu mengeringkan tubuh kucing sekaligus menjaga tubuhnya tetap hangat

  • Meskipun pengeringan agak lama di lakukan namun ini tak akan membuat kucing menderita kedinginan sebab ia berada di ruangan yang hangat

  • Jikalau saat kucing tubuhnya di keringkan dia selalu melawan maka kamu dapat mengurung kucing di dalam kandang atau pet cargo untuk mempermudah proses pengeringan tubuh kucing dengan menggunakan hair dryer

  • Setelah tubuh kucing selesai di keringkan maka biarkan kucing tetap berada di ruangan tersebut sampai suhu tubuhnya stabil dan kucing tak tampak kedinginan lagi

  • Kalau si kucing tampak sudah tak kedinginan lagi maka kamu dapat membiarkan kucing berada di ruangan tersebut dan mengatur ulang suhu ruangan agar tak terlalu hangat atau mengeluarkannya dari dalam ruangan tersebut.


Apakah Cara Di Atas Aman Di Lakukan Untuk Kucing ?

Cara di atas aman di lakukan untuk memandikan kucing di malam hari dan tak akan membuat kucing jatuh sakit ataupun mengalami Hipotermia sesaat setelah kucing di mandikan. Cara di atas adalah cara yang Anggora ambil dari para cat lovers di luar negeri yang terkadang memandikan kucingnya di musim salju.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kita boleh memandikan kucing di malam hari. Semoga apa yang di tuliskan di sini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url