Kucing Kena Minyak Goreng Bahayakah ? Ternyata Ini Jawabannya !

Sewaktu kucing berumur muda, kucing bisa di katakan adalah hewan yang tergolong lumayan aktif. Mereka hobi berlarian ke sana kemari di dalam rumah serta memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap benda-benda yang berada di sekitarnya..


Kucing Kena Minyak Goreng

 

Mereka yang penasaran dengan suatu hal pastinya akan mendekati benda tersebut untuk melihat-lihatnya kemudian memegang lalu ketika benda ini di anggap tak berbahaya dan bisa bergerak tentunya mereka akan langsung menjadikannya mainan.

Karena tingkah laku kucing ini, tak jarang banyak di antara mereka yang mengotori tubuh dan bulu dengan cairan atau jenis zat kimia tertentu. Kalau yang mengotori tubuh mereka adalah sesuatu yang tak berbahaya seperti madu maka hal ini tak akan menjadi masalah.

Tapi jikalau yang menempel di tubuh mereka adalah sesuatu yang berbahaya seperti racun serangga dan zat kimia berbahaya lainnya maka tentunya hal ini dapat mengancam nyawa kucing karena dapat menyebabkan kematian.

Salah satu benda yang sering menempel pada tubuh kucing akibat keaktifan dan rasa penasarannya adalah minyak goreng, minyak tanah juga oli. Bagi mereka yang baru saja memelihara kucing dan kucing terkena beberapa benda ini tentunya akan membuat sang pemilik panik.

Hal ini wajar karena sebagai pemilik, tentunya kita takut kucing dalam bahaya karena hal ini. Kita akan mencari tahu apakah hal ini berbahaya dan jikalau ini memang berbahaya, kita akan berusaha mencari cara untuk menghilangkannya.

Lalu apakah kucing kena minyak goreng, kena minyak tanah dan oli adalah hal berbahaya bagi kucing dan bagaimana cara mengatasinya jikalau hal ini berbahaya ? Bagi kamu yang penasaran ingin tahu jawabannya, kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Apakah Kucing Yang Terkena Minyak Goreng Bisa Membahayakan Dirinya ?

Minyak goreng adalah jenis minyak yang di hasilkan dari pengolahan kelapa sawit menjadi minyak. Minyak ini umumnya sering kali kita pakai untuk menggoreng berbagai makanan yang biasa kita makan dalam kehidupan sehari- hari seperti telur goreng, nasi goreng dan makanan yang di goreng lainnya.

Lalu apakah jenis minyak ini berbahaya jika terkena tubuh kucing ? Jawabannya adalah tidak, minyak ini tak akan membahayakan tubuh kucing walaupun banyak minyak goreng yang mengenai tubuh kucing.

Bahkan jikalau kucing menjilati minyak goreng yang menempel di bulunya kemudian memakannya maka ini tak akan membuat kucing keracunan dan membahayakan nyawanya. Hanya saja minyak ini tak boleh di makan kucing dalam jumlah banyak.

Ini karena di dalamnya terkandung kolesterol dan kalori. Selain itu menurut Anggora minyak goreng sifatnya serupa dengan minyak zaitun, sama-sama akan seperti obat pencahar jikalau kucing memakannya terlalu banyak.

Kucing akan menderita masalah pencernaan seperti diare jikalau kucing menelannya terlalu berlebihan. Tetapi jangan khawatir akan hal ini. Biasanya setelah kucing tak lagi memakan atau meminum minyak goreng, gangguan ini akan hilang dengan sendirinya.

Namun jikalau gangguan tak kunjung hilang sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan untuk membantu mengatasi hal ini. Jadi dari penjelasan di atas dapat kamu simpulkan bahwa minyak goreng yang mengenai tubuh kucing tak akan membahayakannya meskipun ia menelannya.

Dengan catatan bahwa minyak goreng yang tertelan dalam jumlah yang sedikit dan masih dalam batas toleransi tubuh kucing.


Bagaimana Dengan Kucing Terkena Minyak Tanah, Bensin Dan Sejenisnya, Apakah Ini Membahayakan Tubuh Kucing ?

Kucing yang terkena minyak tanah, bensin, solar dan sejenisnya bisa membahayakan kucing kalau kucing tanpa sengaja menelannya. Kucing mungkin tak akan menelannya ketika ia menemui minyak tanah, bensin atau sejenisnya di sekitarnya karena benda ini memiliki bau yang menusuk hidung kucing.

Ini membuat kucing tak akan mau menjilatinya, kucing yang mencium bau minyak ini malah akan bersegera menjauhinya karena merasa bahwa bau yang di keluarkan sangat menusuk dan membuat kucing merasa tak nyaman sekaligus terganggu.

Membaca hal di atas mungkin kamu berpikir bahwa kucing tak akan menjilat minyak berbahaya ini karena baunya namun kucing bisa saja menelan minyak ini. Kucing dapat menelannya secara tak sengaja ketika ia menjilati tubuhnya.

Meskipun kucing menelannya dalam jumlah yang sedikit tetap saja hal ini bisa membahayakan kucing. Kucing bisa saja keracunan ataupun organ pencernaannya mengalami gangguan akan hal. Di saat kucing mengalami tanda keracunan, di wajibkan bagi kita untuk meminta pertolongan pertama pada dokter hewan.

Jika kamu tahu penyebab pastinya adalah karena minyak tanah, bensin dan benda sejenisnya maka bawa kucing ke dokter hewan jangan berusaha mengobatinya sendiri di rumah bila kamu tak mau kehilangan kucing kesayangan kamu. 


Lalu Kucing Terkena Oli Bagaimana ? Berbahayakah ?

Serupa dengan minyak tanah, bensin dan sejenisnya maka oli juga bisa membahayakan kucing. Kucing memang tak akan mau menelan benda ini namun lain cerita kalau oli mengenai bulunya. Kucing yang berusaha membersihkan bulunya dari oli yang ia anggap bau akan membuat ia menjilatinya untuk menghilangkan.

Ini akan membuat kucing secara tak sengaja menelannya dan beresiko membuat kucing mengalami keracunan. Kucing yang keracunan biasanya di tandai dengan mulut berbusa, muntah-muntah, kejang-kejang atau langsung mati di tempat.


Kalau Kucing Terkena Cairan Berbahaya Sebaiknya Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Bila kucing tubuh dan bulu-bulunya tanpa sengaja terkena cairan berbahaya seperti racun serangga, minyak tanah, oli dan sejenisnya maka jangan panik. Lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya dan untuk menghindarkan kucing dari keracunan.

Beberapa caranya antara lain :

  • Pastikan kucing tak menjilati tubuhnya, pastikan juga tak ada kucing lain di sekitarnya sehingga tak akan ada kucing lain yang tanpa sengaja menjilati tubuh kucing yang terkena cairan berbahaya

  • Cara mengatasi hal ini cukup mudah kamu hanya perlu memandikan kucing

  • Sebelum pergi mempersiapkan peralatan mandi kucing sebaiknya minta orang lain untuk mengawasi kucing kamu sekaligus mencegah kucing menjilati tubuhnya

  • Setelah perlengkapan mandi telah siap selanjutnya adalah memandikan kucing

  • Fokuslah terlebih dahulu untuk mengatasi area tubuh yang terkena cairan berbahaya baru setelahnya kamu dapat membersihkan area tubuh kucing lainnya

  • Sikat bersih bulu kucing. Bersihkan sampai noda cairan tampak bersih total seperti tak ada bekas warna, tak ada bekas bau dan lainnya.. Bersihkan terus sampai kamu yakin bahwa cairan berbahaya tersebut telah benar-benar di bersihkan dari tubuh kucing

  • Setelah kamu memandikan kucing, keringkan tubuh kucing sampai benar-benar kering total untuk menghindari kucing kedinginan dan jatuh sakit

  • Setelah kucing selesai di mandikan dan tubuhnya benar-benar kering kamu masih harus waspada. Tetap perhatikan kondisi kucing. Bila kamu melihat ada yang salah dengan kondisi kucing maka sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan terdekat

 

Setelah kamu melakukan di atas dengan catatan kucing tak pernah menjilati tubuh yang terkena lumuran cairan berbahaya seperti bensin, racun serangga dan semacamnya maka biasanya setelah kita memandikan kucing akan aman dan tak akan beresiko mengalami bahaya seperti keracunan.


 Itulah dia pembahasan mengenai apakah kucing yang terkena minyak goreng bisa membahayakannya dan hal yang terkait dengannya. Semoga pembahasan ini bermanfaat buat sobat Anggora sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url