Bolehkah Kucing Makan Pisang Dan Pisang Goreng ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing memanglah hewan yang berperilaku acak yang mana perilakunya ini sulit sekali kita tebak. Salah satu dari perilaku acak kucing yang mungkin sama sekali tak bisa kita duga adalah kucing suka memakan pisang.

 

Bolehkah Kucing Makan Pisang

 

Pisang yang kucing makan di sini bukanlah pisang goreng melainkan pisang biasa yang telah matang dan belum di olah sama sekali. Kalau pisang goreng sih mungkin merupakan hal yang biasa bagi kebanyakan kucing untuk menyukainya dan senang memakan makanan yang satu ini.

Kucing yang memakan pisang yang belum di olah sama sekali bisa di bilang adalah hal yang unik karena kebanyakan kucing tak menyukai pisang sebelum pisang di masak dengan campuran tepung atau campuran lainnya.

Melihat kucing yang suka makan pisang tentunya sebagai pemilik kita ingin memberikan sebanyak mungkin untuk menyenangkan sekaligus mengenyangkan kucing kesayangan namun kita tak bisa melakukannya sebelum kita tahu apakah pisang boleh di makan kucing.

Lalu apakah pisang boleh di makan oleh kucing kesayangan kita dan amankah ini untuk di berikan ke kucing ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Sedikit Informasi Mengenai Pisang

Siapa sih yang tak kenal dengan buah pisang, buah yang satu ini bisa kita temukan di mana saja kita berada. Pisang meruapakan buah lembut, lezat dan nikmat yang mana buah ini dapat kita beli dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dengan harga 50 ribuan untuk satu tandannya.

Kamu juga bisa membeli pisang dengan ukuran satu sisir yakni mulai dari harga 10 ribuan untuk satu sisir yang biasanya berisi sekitar 10-12 buah. Selain memiliki harga terjangkau, pisang pun memiliki banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan, resiko stroke, menjaga kesehatan pencernaan dan lainnya.

Selain memiliki banyak manfaat, pisang juga memiliki berbagai nutrisi. Kandungan nutrisinya antara lain :

  •     Air: 67,8 gr

  •     Karbohidrat: 30,2 gr

  •     Protein: 0,8 gr

  •     Kalsium: 12 mili gr

  •     Natrium: 3 mili gr

  •     Energi: 128 kalori

  •     Kalium: 382,0 mili gr

  •     Lemak: 0,5 gr

  •     Serat: 8,1 gr

  •     Fosfor: 28 mili gr


Kandungan nutrisi di atas merupakan kandungan nutrisi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

 

Lalu Apakah Boleh Kucing Makan Pisang ?

Melihat kucing yang meminta pisang pada kita maka biasanya kita akan langsung memberikan kepada kucing makanan ini begitu saja tanpa mempedulikan apakah pisang baik atau tidak di berikan kepada kucing kesayangan.

Setelah kita terlanjur memberikan pisang ke kucing barulah kita sadar bahwa pisang tak boleh di berikan ke kucing sampai kita tahu apakah makanan ini boleh di berikan ke kucing. Lalu  apakah boleh kucing di berikan pisang ?

Jawabannya adalah pisang boleh di berikan ke kucing, ini karena pisang merupakan jenis buah-buahan yang memang aman di konsumsi oleh kucing. Hanya saja pisang tak boleh di berikan terlalu sering pada kucing.

Kenapa ? Karena pisang sendiri tinggi akan kandungan serat sehingga akan sulit bagi perut kucing untuk mencerna makanan ini. Jikalau di berikan terlalu sering pada kucing maka tak menutup kemungkinan kucing akan mengalami gangguan pencernaan.

Di samping itu pisang juga mengandung sedikit gula yang mana ini bisa mengganggu pencernaan kucing. Karena itulah sebaiknya jikalau kamu hendak memberikan pada kucing kesayangan pisang maka di sarankan untuk tak memberikan pisang setiap hari dan jangan memberinya pisang dalam porsi besar.

 

Kalau Pisang Goreng Bagaimana, Bolehkah Kucing Makan Pisang Goreng ?

Pisang biasa dan pisang goreng sama-sama boleh di berikan ke kucing peliharaan. Meskipun pisang goreng mengandung minyak namun minyak goreng aman bila termakan oleh kucing bahkan minyak goreng bisa melancarkan pencernaan kucing yang sedang sembelit.

Namun jangan terlalu banyak memberikan kucing kamu pisang goreng ya karena pada dasarnya pisang masih mengandung gula dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing. Sementara minyak goreng bisa berbahaya bagi kucing bila di makan oleh kucing terlalu banyak karena kandungan kalori serta kolesterol yang ada di dalamnya.


Adakah Efek Samping Pemberian Pisang Untuk Kucing ?

Sepertinya tak ada sih kalau berdasarkan pengalaman Anggora sendiri tapi dengan catatan kucing hanya di berikan pisang sesekali saja, tidak di berikan dalam porsi yang terlalu banyak atau tak di berikan sesering mungkin atau setiap harinya.

Bila kucing terlalu sering di beri pisang maka akan ada kemungkinan kucing mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi atau sulit buang air besar karena pisang sulit di cerna oleh perut kucing, kucing mengalami diare karena kandungan gula dalam pisang dan lainnya.

Jikalau kamu tak ingin kucing kamu mengalami masalah pada kesehatannya maka sebaiknya kamu batasi pemberian pisang pada kucing dan jangan terlalu memanjakan kucing dengan memberikan terlalu banyak pisang.


Kucing Sakit Setelah Makan Pisang, Apa Pisang Memang Bisa Mendatangkan Penyakit ?

Pisang tak akan dapat mendatangkan penyakit bila kamu hanya memberikan sedikit pisang kepada kucing kamu. Kamu mesti curiga bahwa ini kemungkinan di sebabkan oleh beberapa penyebab lainnya.

Seperti kucing kamu memakan makanan kotor, memakan makanan kadaluarsa, memakan hewan liar, memakan rumputan beracun, terinfeksi virus atau bakteri dan mungkin di sebabkan beberapa penyebab lainnya yang tak kamu ketahui.

Jadi, pisang tak akan mendatangkan penyakit apalagi penyakit parah jikalau pemberiannya hanya sesekali saja dan pisang kamu berikan bukanlah pisang yang busuk. Lalu bagaimana jikalau pisang di berikan secara sering ? apakah akan mendatangkan penyakit pada kucing.

Kucing bisa mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi ataupun diare namun untuk mendatangkan penyakit sepertinya tak ada. Jadi, dapat di simpulkan bahwa pisang tak akan mendatangkan penyakit untuk kucing yang memakannya.


Jika Kucing Kita Sakit Sesudah Memakan Pisang Apa Yang Mesti Di Lakukan ?

Perlu Anggora tekankan sekali lagi bahwa pisang tak akan mendatangkan penyakit bagi kucing. Ketika kamu merasa bahwa kucing sakit setelah memakan pisang maka kamu dapat langsung membawa kucing berobat ke dokter hewan.

Nah di sana kamu dapat menannyakan apakah kucing sakit karena memakan pisang yang baru kamu beri. Dokter akan menjawab hal ini dengan ilmu pengetahuannya dan pastinya ia akan menjawab bahwa ini bukanlah karena kucing makan pisang.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing yang memakan pisang dan pisang goreng. Semoga tulisan apakah kucing boleh makan buah pisang ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url