Bagaimana Cara Agar Kitten Mau Makan Dry Food ? Ternyata Ini Jawabannya !

Melihat tumbuh kembang anak kucing ( kitten ) merupakan suatu hal yang bisa di bilang cukup menyenangkan bagi pemilik kucing itu sendiri. Kesenangan ini mirip dengan kesenangan saat kita menyaksikan tumbuh kembang anak kita sendiri.

 

Cara Agar Kitten Mau Makan Dry Food


Agar kita bisa dengan senang menyaksikan pertumbuhan anak kucing maka kita perlu melakukan hal terbaik untuk merawat kucing dan menyingkirkan sebisa mungkin seluruh masalah yang dapat mengganggu perkembangan dan kesehatan anak kucing.

Salah satu hal yang bisa membuat tubuh anak kucing bisa terganggu baik dari sisi pertumbuhan dan kesehatannya adalah kucing tak mau makan sama sekali. Kitten tak mau makan dry food yang kita berikan padanya padahal dry food yang kita berikan sangat di sukai oleh kucing lainnya.

Sebenarnya apa sih yang membuat kitten tak mau memakan dry food dan bagaimakah caranya agar kitten mau menyantap dry food yang kita berikan padanya. Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu jawaban mengenai hal ini maka silahkan baca penjelasan Anggora di bawah ini.

 

Penyebab Kenapa Kitten Tak Mau Makan Dry Food

Jika kitten tak mau makan makanan kering atau dry food maka hal ini tentunya adalah karena di sebabkan oleh sesuatu hal sebab mustahil kitten akan menolak untuk memakan dry food yang merupakan makanan yang tergolong  lezat bagi lidah kucing.

Kucing manapun pastinya tak akan mau menolak makanan yang satu ini. Di samping lezat, dry food juga merupakan jenis makanan kucing yang bisa memenuhi berbagai nutrisi harian yang di butuhkan oleh kucing serta termasuk jenis makanan yang menyehatkan bagi kucing.

Karena itulah jikalau kitten tak mau memakannya maka ini pasti di sebabkan oleh sesuatu. Umumnya  hal ini di sebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Faktor Usia Kucing.

Penyebab pertama mengapa kitten tak mau makan dry food adalah mungkin di sebabkan oleh faktor usia kucing itu sendiri. Bila kitten masih belum menyentuh usia 2 bulanan ke atas maka kitten tak akan mau memakan dry food.

Pada usia ini kucing memang menunjukkan ketertarikan pada makanan kering yang kita sajikan padanya tetapi ia tetap tak akan mau memakannya meskipun makanan yang kita beri padanya adalah makanan kering terbaik ataupun termahal sekalipun.

Jadi, jikalau kucing kamu tak mau memakan dry food, bisa jadi penyebabnya hanyalah karena ia masih berusia terlalu muda dan belum mencapai usia tertentu


2. ASI Masih Menjadi Makanan Utama Bagi Anak Kucing

Jika kitten masih menganggap bahwa Asi induknya adalah makanan utama baginya maka kitten akan sering kali mengabaikan makanan kering yang kita berikan padanya. Kitten menganggap ia tak membutuhkan makanan ini.

Bahkan tak jarang anak kucing menganggap bahwa makanan yang kita berikan bukanlah makanan baginya. Ini di tunjukkan oleh sikap anak kucing yang menginjak-injak makanan dan mengabaikannnya.

Umumnya kitten dengan pandangan seperti ini adalah kitten dengan usia di bawah 2 bulanan. Pada usia ini, kitten memang masih belum di anggap cukup dewasa dan masih di ibaratkan sebagai anak bayi.


3. Kitten Masih Merasa Kenyang

Kalau kitten tak mau makan makanan yang kamu berikan padanya termasuk tak mau memakan dry food maka jangan berburuk sangka dahulu. Bisa jadi penyebabnya cuma masalah yang sepele seperti anak kucing masih merasa kenyang.

Kita mungkin merasa bahwa kucing tak pernah makan sama sekali padahal sebenarnya tanpa setahu kita kucing sudah banyak minum susu sehingga ia tak lapar lagi. Karena itulah makanan apa pun yang kita berikan padanya tak akan menarik minatnya lagi.

Bukannya makan anak kucing malah pergi tidur. Untuk tahu apakah kitten kenyang karena sudah banyak meminum susu ibunya maka kamu bisa melihat ciri berikut :

  • Perut kucing tampak penuh

  • Kucing tak bernafsu makan-makanan lainnya

  • Kucing tetap aktif meskipun tak makan sama sekali

  • Kucing riang dan tampak bertenaga

  • Lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dari pada tidur


Ketika anak kucing memiliki beberapa ciri di atas maka kamu tak perlu khawatir lagi karena kucing tak mau makan makanan kering cuma karena ia kekenyangan saja bukan karena di sebabkan masalah lainnya.


4. Kitten Merasa Sulit Memakan Dry Food

Dry food memang memiliki tekstur yang bisa di bilang cukup keras dan juga memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk kucing dewasa hal ini bukanlah menjadi masalah namun lain cerita bagi anak kucing.

Sewaktu kitten usianya masih muda mereka mungkin akan kesulitan memakan makanan ini. Hal ini bukan cuma karena pengaruh tekstur dan ukuran makanan kucing saja tetapi juga pengaruh gigi kucing yang masih belum kuat.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri anak kucing yang merasa kesulitan memakan dry food hanya akan memakan ini sedikit saja. Mungkin sekitar 3 sampai 6 saja sebelum pada akhirnya ia akan memutuskan berhenti memakannya dan meninggalkan makanan ini.


5. Kucing Tak Menyukai Dry Food Yang Kita Berikan Padanya

Beberapa anak kucing mungkin tak suka dengan dry food yang kamu berikan padanya itulah mengapa mereka tak mau memakannya. Alasannya mungkin sederhana. Kitten mungkin tak begitu suka dengan rasanya ataupun baunya kurang memikat.


6. Kitten Membenci Dry Food Tertentu

Kucing tak mau memakan dry food yang kamu berikan padanya karena ia benci terhadap dry food tersebut. Hal ini kebanyakan di sebabkan oleh kucing yang tak terbiasa dengan makanan tersebut atau karena ia menganggap bahwa makanan tersebut berbau busuk.

Kucing yang menganggap bahwa makanan tersebut busuk biasanya melakukan tindakan seperti mencakar lantai dan melakukan gerakan seperti hendak mengubur sesuatu seperti yang biasa ia lakukan ketika selesai pup.


7. Kitten Mungkin Sedang Sakit

Penyebab yang terakhir adalah kitten mungkin sedang sakit karena itulah ia kehilangan keinginannya untuk makan dry food yang kita berikan padanya. Bukan cuma dry food saja, saat kucing sakit kucing tak akan mau memakan makanan apapun bahkan makanann yang ia sukai.

Untuk menghindari anak kucing jatuh sakit sebaiknya kamu selalu awasi anak kucing dan berikan mereka perawatan yang baik.

 

Lalu Bagaimana Cara Agar Kitten Mau Makan Dry Food ?

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya kitten atau anak kucing mau memakan dry food. Beberapa cara tersebut antara lain :

  • Tunggu kucing sampai berusia 2 bulanan atau di atasnya

  • Pastikan bahwa Asi bukan lagi makanan utama bagi kucing

  • Beri kucing dry food di saat ia lapar

  • Jika kucing tak menyukai dry food yang kamu beri maka cobalah untuk menggantinya dengan merk lain ataupun varian rasa yang lain 

  • Biasakan kucing memakan dry food agar ia tak membenci makanan tersebut

  • Obati kucing saat ia sakit

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara agar anak kucing mau memakan dry food. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url