Bolehkah Kucing Di Beri Makan Bakso ? Ternyata Ini Jawabannya !

Siapa sih yang tak kenal dengan bakso, makanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang sangat di gemari di seluruh pelosok Indonesia. Bentuknya yang bulat, tekstur yang cukup padat dan ketika di gigit terasa lembut merupakan ciri khas dari makanan yang satu ini.

 

Bolehkah Kucing Makan Bakso

 

Selain bisa di makan langsung begitu saja atau menambahkan sedikit saos atau kecap manis di atasnya, makanan ini pun sering kali di sajkan bersamaan dengan mie biasa, mi ayam ataupun makanan lainnya. Ini membuat makanan ini tak akan bosan untuk di makan.

Oh iya pastinya kita tahu bahwa bakso bukan cuma bisa membuat manusia bernafsu untuk memakannya tetapi kucing pun juga merasakan hal yang serupa. Kucing yang melihat pemiliknya yang sedang memakan bakso di sekelingnya pastinya akan datang mendekat.

Mereka mendekati dengan harapan bahwa kita yang sedang memakan bakso akan memberikannya sedikit untuk di makan. Sebagai pemilik tentunya kita ingin memberi kucing makan bakso tetapi mungkin kita takut bahwa bakso bukanlah makanan yang baik untuk kucing dan bisa saja makanan ini berbahaya bagi kucing.

Karena itulah kita bakal mencari informasi seputar hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memberikan kucing bakso. Lalu apakah bakso boleh di makan kucing dan amankah bakso bila di makan kucing ?

Sobat Anggora bisa mencari tahu jawabannya dengan mmbaca tulisan Anggora di bawah ini.


Apa Itu Bakso ?

Bakso merupakan sebuah makanan yang umumnya merupakan perpaduan antara tepung tapioka dengan daging sapi giling. Seiring berjalannya waktu kini bakso bukan hanya sekedar campuran daging sapi giling tetapi ada juga yang di campur dengan daging ikan, udang ataupun daging kerbau.

Bakso pada awalnya merupakan makanan yang berakar dari makanan seni kuliner antara Tionghoa-Indonesia. Kita bisa melihatnya dari kata bakso itu sendiri. Bakso berasal dari kata Bak dan So, bak berarti daging giling dalam bahasa Hokkien.

Harusnya makanan ini berbahan dasar daging giling Babi, karena di Indonesia kebanyakan beragama Islam maka makanan ini di ganti dengan daging yang lebih halal untuk menyesuaikannya dengan lidah dan agama orang yang berada di Indonesia.

 

Lalu Apakah Bakso Boleh Di Makan Di Oleh Kucing ?

Mungkin di antara kita banyak yang berpikir bahwa bakso adalah makanan yang aman untuk di berikan ke kucing karena makanan ini hanya terbuat dari tepung dan campuran daging sapi, daging ayam atapun daging ikan.

Tetapi kenyataannya tidak demikian. Bakso juga di campur dengan bahan lainnya seperti :

  • Kaldu ayam bubuk

  • Lada putih bubuk

  • Garam

  • Bawang putih

  • Baking powder 

  • Putih telur


Bagi tubuh manusia bahan-bahan ini memang tergolong aman namun bagi kucing bahan-bahan ini bisa membahayakan kesehatannya. Contohnya seperti bawang putih yang mana bahan ini bisa beracun untuk kucing.

Bagi kucing, bawang putih dapat menyebabkan Anemia. Ini karena  bawang putih memiliki kandungan zat N-propil disulfida yang mana zat ini sendiri dapat menghancurkan sel darah merah pada kucing dan menyebabkan anemia tertentu yang di sebut Anemia Heinz.

Selain bawang putih, garam dan lada pun dapat membuat tubuh kucing terganggu. Lada dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing sementara garam dapat menimbulkan masalah kerontokan pada kucing dan beberapa masalah kesehatan lainnya bila terlalu banyak di konsumsi.

Lalu apakah ini berarti kucing tak boleh di beri makan bakso ? Berdasarkan apa yang barusan Anggora jelaskan di atas ini berarti kucing di sarankan tak di beri makan bakso, apapun jenisnya sebaiknya jangan di beri ke kucing.

 

Adakah Cara Agar Kucing Dapat Memakan Bakso ?

Sebenarnya ada sih caranya agar kucing bisa memakan bakso yakni dengan memastikan bakso yang akan di beri sebagai makanan pada kucing bebas bawang ataupun lada. Caranya yakni kamu bisa membuat bakso sendiri di rumah untuk kamu makan dan beri ke kucing.

Dengan membuat bakso sendiri di rumah kamu bisa memberikan ke kucing kesayangan kamu bakso tanpa khawatir makanan ini membahayakan tubuhnya. Di samping itu kamu juga dapat menambahkan bahan lainnya yang mungkin menyehatkan bagi kucing ke dalam bakso buatan kamu.     

Kamu pun bisa membeli bakso pada tukang bakso keliling. Kalau Anggora sendiri akan membeli bakso tusuk yang harganya murah. Kenapa ? Karena biasanya bakso jenis ini besar kemungkinan hanya menggunakan bahan dasar yang lebih sedikit untuk menghemat biaya produksi.

Meskipun mungkin bahan dasarnya tergolong lebih sedikit dan besar kemungkinan tak memakai bahan bawang atau lada tetapi sebaiknya jangan lupa untuk menanyakannya langsung ke pada bapak tukang baksonya apakah baksonya ada bawang dan ladanya.

Dengan cara ini kamu bisa memberikan bakso pada kucing dengan tenang tanpa khawatir kalau dia akan jatuh sakit sesudah makan bakso. Oh iya bakso di sini yang Anggora maksud adalah bakso dalam kondisi standar yakni masih belum di beri saus, kecap manis maupun kuah kaldu.


Bolehkah Kucing Memakan Bakso Secara Terus Menerus ?

Memang benar bakso boleh di berikan kepada kucing selama ia tak mengandung bahan yang berbahaya untuk tubuh kucing tetapi apakah kita boleh memberikan bakso secara terus menerus pada kucing ?

Jawabannya adalah tidak. Memang sih kita bisa membuat bakso yang aman untuk di makan kucing dan juga menyehatkan tetapi apakah kita bisa menjamin bahwa bakso tersebut bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi harian yang di butuhkan oleh kucing. tentunya tidak.

Karena itulah pemberian bakso pada kucing sebaiknya tak di lakukan secara terus-menerus setiap harinya dan hanya di lakukan sesekali saja atau beberapa kali dalam jarak tertentu.


Bila Kucing Terlanjur Makan Bakso Apakah Berbahaya ?

Mungkin kamu khawatir karena kamu tanpa sengaja telah memberi kucing kamu makan bakso yang mana bakso itu sendiri terindikasi mengandung bawang, lada atau garam. Kamu juga memberi kucing bakso yang telah di lumuri oleh kuah kaldu ayam atau sapi.

Atas masalah ini kamu tak perlu khawatir karena kucing tak akan memiliki masalah gangguan kesehatan atas hal ini selama bakso hanya di berikan pada kucing 1 kali dalam 2 minggu atau 1 kali sebulan.

Walaupun ada masalah palingan kucing hanya diare sesaat saja namun hal ini jarang Anggora temukan untuk kucing dengan kasus memakan bakso standar ( tanpa bumbu ) yang mengandung bahan pembuatan dari bawang, lada, ataupun garam.

Ini juga berlaku untuk bakso yang telah terendam di dalam kuah kaldu dengan catatan kuahnya tidak pedas. Meskipun kucing yang terlanjur makan bakso tak akan menimbulkan masalah kesehatan sebaiknya di sarankan untuk tak memberikan kucing bakso dengan kandungan berbahaya untuk menjamin kesehatannya.

Satu lagi hal yang penting untuk di perhatikan pada kucing yang terlanjur memakan bakso yang mengandung bahan yang berbahaya bagi kucing, bila kucing tampak tak sehat atau sakit dan tak mau makan sebaiknya segera bawa kucing untuk di obati ke dokter hewan terdekat.


Itulah dia pembahasan seputar bolehkah kucing makan bakso dan hal yang berkaitan dengan hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url