Bolehkah Memandikan Kucing Dengan Air Dingin ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kucing memang dapat mandi dengan caranya sendiri yakni dengan cara menjilati keseluruhan bulunya setiap harinya. Meskipun kucing dapat mandi dengan caranya sendiri namun tetap saja kita sebagai pemilik wajib memandikan kucing.

 

Bolehkah Memandikan Kucing Dengan Air Dingin


Kita wajib memandikan kucing sekitar 2 kali dalam sebulan. Dengan melakukan hal ini kita bisa tetap menjaga kebersihan bulu dan tubuh kucing, merawat bulu kucing dan juga menjaga kesehatan kulit serta tubuh kucing.

Bagi kita yang sudah expert dalam merawat kucing maka hal ini tergolong mudah. Sebaliknya bagi mereka yang baru saja memelihara kucing maka hal ini tergolong sulit dan menimbulkan berbagai pertanyaan tersendiri pada pikiran mereka.

Salah satu pertanyaan yang sering kali terbesit di pikiran mereka para pemula yang hendak memandikan kucing adalah bolehkah kucing di mandikan dengan air dingin ? Untuk menjawab pertanyaan ini maka pada tulisan kali ini Anggora akan membahas seputar hal ini.


Alasan Seseorang Memandikan Kucing Dengan Air Dingin

Ketika seseorang di tanyakan mengenai kenapa ia memandikan kucing dengan menggunakan air dingin maka ada beberapa jawaban yang akan muncul mengenai hal ini. Jawaban tersebut biasanya lebih mengarah seperti sebuah alasan mengapa seseorang melakukan hal ini.

Mereka yang di tanyai mengapa mereka memandikan kucing dengan air dingin biasanya akan menjawab dengan alasan seperti berikut ini. :

  • Mereka biasa memandikan kucing dengan air dingin, air dingin di sini bukan air es melainkan air putih dengan suhu normal yang biasa kita minum dalam kehidupan sehari-hari kita

  • Tak sempat mempersiapkan air hangat

  • Lebih mudah memandikan air kucing menggunakan air dingin

  • Di wilayah mereka memandikan kucing dengan air dingin atau air biasa tak akan membuat kucing jatuh sakit

  • Mudah dalam persiapannnya karena tak perlu repot lagi memanaskan air hingga hangat dan menyesuaikan suhu air agar hangatnya sesuai dengan toleransi tubuh kucing

  • Budaya lokal atau mitos masyarakat

  • Pemikiran yang salah

  • Pandangan yang di wariskan, contohnya orang tua berkata bahwa kucing tak perlu harus di mandikan dengan air hangat lebih baik menggunakan air dingin. Hal ini terus dilakukan oleh anggota keluarga sehingga pandangan ini menjadi pandangan atau kepercayaan yang di wariskan turun temurun

  • Dan lainnya

 

Beberapa alasan di atas merupakan alasan yang umum di lontarkan oleh para pecinta kucing yang ingin memandikan kucingnya dengan menggunakan air dingin.


Lalu Apakah Boleh Memandikan Kucing Dengan Air Dingin

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwa ada banyak alasan seseorang memandikan kucing dengan air dingin. Lalu sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah boleh bagi kita memandikan kucing dengan air dingin ?

Memandikan kucing dengan air dingin boleh di lakukan dan tidak boleh di lakukan, hal ini berubah sesuai dengan keadaan tertentu. Bila cuaca di sekitar kita tinggal tergolong hangat atau cukup panas maka boleh bagi kita untuk memandikan kucing.

Namun bila sebaliknya, yakni jikalau udara di sekitar kita tinggal cukup dingin maka memandikan kucing dengan air dingin adalah sesuatu yang tak di perbolehkan. Memandikan kucing ketika cuaca dingin dan memandikannya dengan air yang dingin airnya tak terlalu dingin yakni hanya seperti air yang biasa kita minum tetap saja tak di perbolehkan atau sangat tak di sarankan.

Ini karena memandikan kucing dalam kondisi ini hanya akan membuat kucing bisa jatuh sakit. Kucing bisa terkena penyakit demam, flu dan sejenisnya. Bukan cuma bisa mengalami sakit seperti beberapa penyakit yang barusan Anggora sebutkan tetapi kucing pun bisa beresiko mengalami Hipotermia.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Hipotermia, Hipotermia adalah kondisi di mana tubuh sebuah individu seperti manusia ataupun kucing mengalami penurunan suhu secara drastis yang membuat mereka tak mampu mempertahankan panas dalam tubuhnya sehingga tubuhnya semakin kedinginan.

Saat tubuh melebihi batasnya dalam menahan dingin tersebut maka organ vital seperti jantung, ginjal, paru-paru dan sejenisnya akan mengalami gagal fungsi. Ini bisa membuat si penderita yang organ vitalnya gagal berfungsi mengalami kematian.

Karena itulah Hipotermia yang terjadi pada kucing tak boleh dianggap sepele. Kematian akibat Hipotermia pada kucing mungkin jarang terjadi, penyebabnya adalah karena kebanyakan pemilik kucing tak sembarangan dalam memandikan kucing kesayangannya.

Namun ketika kita abai atau lalai maka hal ini dapat terjadi pada kucing kita. Ada kasus di mana seorang pemilik yang mungkin karena kurang pengetahuan tentang memandikan kucing membuat kucingnya mati akibat Hipotermia.

Untuk beberapa kasus lainnya Anggora sendiri pernah melihat kucing mati karena Hipotermia. Kucing tersebut di buang di dalam parit dan terlambat di selamatkan. Kucing mati beberapa saat setelah di temukan dan ketika tubuhnya sedang berusaha di keringkan serta di hangatkan.

Jadi, memandikan kucing dengan air dingin di perbolehkan selama ia di mandikan ketika kondisi udara cukup hangat dan tak di perbolehkan memandikan kucing dengan air dingin ketika suhu udara cukup dingin.


Bagaimana Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dengan Air Dingin ?

Bagi kamu yang ingin memandikan kucing kamu dengan air dingin namun tak ingin salah memandikannya dan membuat kucing jatuh sakit atau mengalami Hipotermia, maka kamu dapat mencoba cara yang ada di bawah ini :

  • Perhatikan udara di tempat kamu tinggal, kalau suhu udara terbilang hangat atau cukup panas maka kamu bisa memandikan kucing kamu dengan air dingin. Air dingin di sini bukan air es ya tetapi air yang suhu udaranya normal seperti air yang biasa kita mandikan

  • Persiapkan seluruh peralatan mandi terlebih dahulu seperti ember mandi kucing, air, sikat khusus untuk bulu kucing, shampoo kucing, hair dryer dan peralatan lainnya

  • Setelah perlengkapan mandi di siapkan, ambil kucing dan masukkan ke dalam ember mandi kucing. Ember kucing berfungsi untuk membuat kucing sulit kabur, agar kucing tak mudah tergelincir saat di mandikan serta memudahkan dalam memandikan kucing.

  • Bilas seluruh tubuh kucing dengan air bersih agar tubuh kucing basah lalu mudah di beri shampoo

  • Berikan shampoo pada tubuh kucing kemudian sikat tubuh kucing dengan sikat mandi khusus kucing untuk membersihkan bagian yang kotor dan bagian tubuh lainnya

  • Untuk area dalam telinga, daerah sekitar mata dan hidung sebaiknya jangan menggunakan sikat, bersihkan dengan kain halus agar tak melukai mata, hidung atau teling dalam kucing

  • Bila kamu merasa tubuh kucing sudah bersih secara keseluruhan maka selanjutnya bilas tubuh kucing dengan air dingin yang bersih. Bilas sampai seluruh tubuh bersih dari shampoo

  • Selanjutnya keringkan tubuh kucing menggunakan handuk atau kain sampai bulu kucing agak kering

  • Masukkan kucing dalam pet cargo atau kandang kucing kemudian keringkan tubuh kucing dengan menggunakan hair dryer. Keringkan bulu kucing sampai benar-benar kering

  • Bila kamu di rumah tak punya hair dryer maka kamu mesti mengeringkan tubuh kucing dengan handuk atau kain hingga benar-benar kering kemudian letakkan kucing di tempat yang cukup hangat agar bisa membantu mengeringkan bulunya sekaligus menjaga tubuhnya tetap hangat sampai tubuhnya benar-benar kering

  • Setelah bulu kucing kering, kucing telah selesai di mandikan dengan benar

 

Dengan menggunakan cara di atas kamu dapat memandikan kucing dengan air dingin tanpa takut kucing kamu jatuh sakit atau terkena Hipotermia beberapa saat setelah kamu selesai memandikan kucing peliharaan. 

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh di mandikan dengan air dingin dan hal yang berkaitan dengannya. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan kamu serta bermanfaat buat kamu 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url