Apakah Kucing Bisa Sakit Mata ? Ternyata Ini Jawabannya !

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang amat penting bagi makhluk hidup yang memiliki mata terutama untuk kucing. Bagi kucing mata memiliki banyak fungsi dan kebanyakan fungsinya ini erat kaitannya dengan penglihatan.

 

Apakah Kucing Bisa Sakit Mata


Fungsi mata bagi kucing seperti untuk membedakan yang mana musuh dan yang mana yang bukan, untuk mengawasi pergerakan buruan atau musuhnya, untuk melihat di malam hari, untuk mengingat dan memahami keadaan lingkungan sekitar dan lainnya.

Bicara mengenai mata kucing ada beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai hal ini seperti apakah kucing bisa sakit mata, apa saja penyakit mata yang sering terjadi pada kucing, apakah sakit mata kucing bisa sembuh sendiri dan lainnya.

Pertanyaan ini sering kali muncul dari pemilik kucing yang kurang pengetahuan tentang kucing dan khawatir mengenai masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada mata kucing mereka. Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan di atas maka kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini.

Baca hingga akhir ya sobat Anggora !


Apakah Kucing Bisa Sakit Mata ?

Bisakah kucing sakit mata ? Jawabannya adalah bisa, kucing bisa mengalami sakit mata. Serupa dengan manusia, kucing pun bisa mengalami yang namanya sakit mata. Pada kucing sendiri ada beberapa penyebab umum yang membuat kucing sakit mata.

Penyebabnya antara lain karena infeksi pada mata, parasit, penyakit ataupun karena beberapa faktor lainnya. Sewaktu kucing mengalami sakit mata kamu dapat melihatnya beberapa pertanda fisik yang menunjukkan kucing sakit mata.


Pertanda Kucing Sakit Mata

Sewaktu kucing sakit mata kita dapat dengan jelas mengetahuinya dengan melihat mata kucing. Umumnya kita akan melihat pertanda fisik yang muncul pada mata kucing untuk lebih meyakinkan bahwa kucing peliharaan kita matanya memang sakit.

Beberapa pertanda pertanda fisik yang biasanya muncul pada kucing yang mengalami sakit mata antara lain :

  • Mata kucing keluar kotoran terus menerus

  • Mata kucing berair

  • Selaput mata kucing bengkak

  • Selaput mata kucing sangat kemerahan

  • Mata kucing tertutuop selaput putih

  • Kotoran mata kucing berubah menjadi kuning, hijau atau agak abu-abu

  • Bola mata tampak membengkak

  • Dan lainnya


Penyakit Mata Yang Umum Di Derita Kucing

Setelah penjelasan Anggra di atas kini kamu tahu bahwa mata kucing bisa sakit. Lalu apa saja penyakit yang biasa terjadi pada mata kucing ? Menurut apa yang Anggora ketahui ada 3 jenis penyakit yang biasa terjadi pada mata kucing.

Beberapa penyakit mata tersebut antara lain :

1. Infeksi Mata

Kucing juga bisa loh mengalami infeksi mata. Infeksi mata pada kucing kebanyakan di karenakan serangan virus ataupun bakteri. Sebenarnya serangan virus ini tidak langsung menyerang mata melainkan mereka menyerang saluran pernapasan atas .

Mereka menyerang saluran pernapasan kemudian lama kelamaan mereka menyebar ke hidung ataupun mata kucing. Saat mereka sampai ke mata kucing kemudian mereka akan menginfeksi mata kucing dan menyebabkan penyakit infeksi mata.

Apakah infeksi pada mata kucing ini bisa menular ke kucing lainnya ? Penyakit ini dapat menular ke kucing lainnya berdasarkan penyebabnya. Jikalau penyebabnya adalah virus maka tak menutup kemungkinan penyakit ini bisa menginfeksi kucing lainnya. 

 

2. Mata Kucing Mengalami Konjungtivitas 

Penyakit selanjutnya yang dapat membuat kucing sakit mata adalah penyakit Konjungivitas. Mungkin banyak dari kamu yang bertanya sebenarnya Konjungtivitas itu apa ? Bagi kamu yang belum tahu apa itu Konjungtivitas, Konjungtivitas adalah sejenis peradangan yang terjadi pada selaput lendir dalam kelopak mata ataupun kelopak luar mata.

Perlu kamu tahu bahwa Konjungtivitas pada mata kucing serupa dengan Konjungtivitas yang terjadi pada mata manusia, dua-duanya bisa menular. Ketika kucing mengalami Konjungtivitas, kelopak mata kucing yang meradang biasanya akan berubah menjadi berwarna merah  muda.


3. Penyakit Glaukoma

Penyakit mata yang ke tiga yang biasa terjadi pada kucing adalah penyakit Glaukoma. Glaukoma adalah sakit mata pada kucing yang terjadi karena adanya penumpukan cairan pada mata. Banyaknya cairan yang menumpuk di mata kucing membuat mata kucing mengalami tekanan.

Ketika penyakit ini terjadi pada kucing sebaiknya kucing segera di obati oleh dokter hewan. Karena jikalau kucing di biarkan begitu saja atau cuma di rawat secara mandiri di rumah maka besar kemungkinan mata kucing akan cacat dan mengalami kebutaaan.]

 

Bisakah Sakit Mata Kucing Sembuh Sendiri ?

Bisa sih bisa. Hanya saja penyakit mata kucing yang bisa sembuh dengan sendirinya adalah penyakit ringan atau sejenis iritasi yang di sebabkan oleh abu, asap atau sejenisnya. Untuk kucing yang bisa sembuh dari penyakit mata ringan hanyalah kucing dengan tingkat imunitas tinggi.

Kalau kucing tak memiliki imunitas tinggi maka meskipun penyakitnya tergolong ringan maka tetap saja kucing sulit sembuh dengan sendirinya. Kebanyakan dari kucing tak memiliki imunitas yang tinggi.

Meskipun ada tetapi kita tak dapat mengetahui apakah kucing yang memiliki imunitas yang kuat atau tidak itu adalah termasuk kucing peliharaan kita. Karena itulah di saat kucing sakit mata sebaiknya segera obati mata kucing karena kucing tak dapat sembuh dengan sendirinya dari penyakit mata mereka.

Dengan mengobati mata kucing sesegera mungkin dapat membuat tingkat kesembuhan lebih tinggi, proses kesembuhan mata kucing semakin mudah dan cepat serta mencegah mata kucing mengalami cacat permanen yang mengarah kepada kebutaaan.

 

Jika Mata Kucing Sakit Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Tindakan terbaik yang mesti kita lakukan di saat kucing menderita sakit mata adalah dengan membawa kucing berobat ke dokter hewan. Dokter hewan akan memeriksa kucing kemudian memberikan obat yang sesuai, dokter juga terkadang akan memberikan vitamin untuk kucing.

Bila penyakit mata kucing terbilang parah, tindakan operasi mungkin harus di lakukan demi kesembuhan mata kucing. Selain membawa kucing berobat ke dokter hewan, kamu sebenarnya juga dapat mengobati mata kucing di rumah.

Kamu dapat membeli obat khusus untuk mata kucing di pet shop di kota kamu. Saat kamu membeli obat di sana cobalah menanyakan obat apa yang cocok untuk penyakit mata kucing kamu. Biasanya mereka akan paham akan hal ini dan merekomendasikan obat tertentu.

Dengan rekomendasi obat dari mereka biasanya obat akan sesuai dengan penyakit kucing dan bisa menyembuhkan mata kucing. Namun meskipun sudah memakai obat mata sebaiknya tetap awasi kucing kamu.

Bila kondisi matanya semakin lama semakin membaik maka kamu hanya perlu terus melanjutkan pengobatan mata kucing secara mandiri di rumah tetapi jikalau kondisi mata kucing tak segera membaik sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan terdekat.

 

Berapa Lama Mata Kucing Bisa Sembuh ?

Tergantung seberapa parah penyakit mata pada kucing. Bila penyakit mata kucing tergolong penyakit mata ringan maka bila kita mengobati kucing, waktu yang di butuhkan untuk kesembuhan mata kucing secara total hanyalah sekitar paling lama 2 mingguan.

Namun jikalau penyakit mata kucing tergolong parah maka mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Walaupun mata kucing dapat sembuh dengan operasi tetapi tetap saja waktu pemulihan untuk kesembuhan kucing jauh lebih lama dari pada kucing dengan sakit mata ringan.

Karena itulah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata kucing demi mencegah penyakit mata kucing atau minimal meminimalisir terjadinya penyakit mata pada kucing.

 

Lalu Bagaimanakah Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kucing Agar Matanya Tak Sakit ?

Mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi kucing maka bagian tubuh yang satu ini mesti di jaga agar tetap sehat karena jika tidak maka kucing bisa sakit mata. Untuk menjaga kesehatan mata kucing, kita mesti menggunakan cara tertentu.

Lalu bagaimana caranya ? Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar mata kucing sehat dan tak mudah sakit :

  • Lakukan vaksinasi pada kucing contohnya melakukan Vaksinasi Feline Herpes pada kucing

  • Potong kuku kucing

  • Sering membersihkan mata kucing

  • Obati penyakit kucing karena beberapa penyakit kucing seperti cacingan, penyakit saluran pernapasan atas dapat membuat kucing mengalami sakit mata

  • Jangan biarkan kucing kamu mengalami stress


Itulah dia pembahasan mengenai apakah kucing dapat mengalami sakit mata dan beberapa pertanyaan yang terkait dengannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url